Apa Itu Kalimat utama Dalam Paragraf, Cara Menentukan & Contoh

Posted in: Edukasi

Apa Itu Kalimat utama Dalam Paragraf, Cara Menentukan & Contoh -Kalimat dalam sebuah paragraf adalah susunan kata yang disusun dengan menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Sebuah kalimat terdiri dari subjek dan predikat, diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda baca. 

Kumpulan beberapa kalimat yang memiliki kaitan tertentu kemudian membentuk satu gagasan pokok disebut sebagai paragraf. Kalimat utama adalah sebuah ide pokok, pikiran pokok, ide utama, gagasan utama  atau ide utama yang ada dalam sebuah paragraf.

Kalimat utama Dalam Paragraf

unsplash.com

 Manfaat dari kalimat pokok sangat penting untuk menjadi kerangka pengembangan paragraf yang dibuat. Sebuah paragraf jika tidak memiliki kalimat pokok maka bisa disebut tak memiliki isi atau inti paragraf karena tak memiliki kesesuaian dengan paragraf lainnya. 

Adapun cara untuk menentukan kalimat pokok dalam sebuah paragraf adalah dengan membaca paragraf untuk menentukan apakah kalimat pokok  berada di awal atau akhir paragraf. 

Mengetahui Ciri Kalimat Utama dan Cara Menentukannya dalam Sebuah Paragraf

Selain disebut sebagai ide atau gagasan pokok, kalimat pokok juga sering disebut sebagai kalimat topik atau kalimat pemicu. Hal tersebut dikarenakan kalimat ini bisa memicu munculnya kalimat lain dalam paragraf tersebut. 

Letak kalimat utama sendiri bisa di beberapa tempat yaitu di awal, tengah maupun akhir. Ada juga paragraf yang memiliki kalimat pokok  yang terletak di bagian awal dan akhir kalimat. 

Adapun ciri dari kalimat utama ada beberapa. Diantaranya adalah mengandung permasalahan yang diuraikan lebih lanjut dalam paragraf tersebut. Bahwa dalam kalimat pokok memiliki penjelasan masalah tersendiri yang kemudian akan dijelaskan oleh anak kalimat yang ada di dalam paragraf tersebut. 

Ciri yang kedua adalah dimana kalimat pokok harus bisa berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal. Maka dalam kalimat yang utama tak diperbolehkan ada kata rujukan seperti ini, itu dan tersebut. Begitu juga dengan kata penghubung kecuali kata penghubung dalam kalimat yang menyatakan kesimpulan. 

Kata penghubung yang menyatakan kesimpulan diantaranya adalah dengan demikian, jadi atau oleh karena itu. 

Ciri yang berikutnya adalah bahwa kalimat yang utama harus bersifat umum namun memiliki arti yang lebih jelas meski tanpa adanya kalimat lain. Dalam artian, kalimat berikutnya dalam paragraf tersebut akan bersifat khusus atau sebagai penjelas dari  kalimat  utama. 

Dalam jenis kalimat ini ada jenis kalimat yang utama deduktif. Hal ini bisa dilihat apakah paragraf ditandai dengan kata merupakan, ialah atau adalah yang berada di awal paragraf. 

Kemudian yang kedua adalah termasuk jenis kalimat yang utama tipe induktif, dengan  penggunaan kata yang dipakai umumnya adalah jadi, dengan demikian dan oleh karena itu. Kalimat yang utama memiliki perbedaan dengan gagasan utama.  

Contoh :

Kalimat utama : Melalui pembelajaran gaya belajar siswa maka akan ditemukan berbagai pola gaya belajar yang dimiliki oleh siswa masa kini. 

Gagasan utama  : Pola gaya belajar siswa masa kini. 

Langkah Untuk Menentukan Kalimat Utama dalam Sebuah Paragraf

unsplash.com

Setidaknya untuk menentukan apakah sebuah paragraf memiliki kalimat pokok yang berada di awal atau akhir paragraf dengan melakukan beberapa langkah. Berikut ulasan langkah untuk menentukan kalimat pokok dari paragraf yang dimaksud. 

Langkah yang pertama adalah dengan membaca awal atau akhir paragraf. Bahwa sebuah paragraf memiliki kalimat pokok di awal atau akhir kalimat hanya dengan membaca paragraf dengan seksama.  Langkah yang kedua adalah dengan menentukan ide atau gagasan pokok dari kalimat tersebut. 

Kalimat yang di dalamnya mengandung gagasan pokok itulah yang disebut kalimat yang utama. Langkah berikutnya adalah dengan melihat kalimat yang utama dipastikan berada di awal paragraf jika terdapat kata hal tersebut, hal ini, ini, itu dan lainnya. 

Karena kata tersebut adalah menjadi acuan untuk permasalahan yang sedang dibahas di dalam teks paragraf. Langkah yang terakhir adalah dengan memperhatikan apa dan siapa yang dirujuk oleh kalimat penjelas dalam paragraf. 

Contoh Kalimat Utama dalam Sebuah Paragraf Secara Lengkap

unsplash.com

Memahami letak kalimat pokok dalam sebuah paragraf paling tepat dilakukan dengan menganalisis contohnya langsung dalam sebuah paragraf. Seperti misalnya contoh dalam paragraf berikut. 

 1.  Contoh kalimat pokok yang ada di awal paragraf

Virus Corona atau yang dikenal dengan covid 19 mulai masuk ke negara Indonesia pada bulan Maret 2020 yang lalu, dengan organ pernafasan adalah menjadi organ paling pertama di serang setelah terinfeksi. Virus ini menjadi salah satu virus yang terbilang mematikan karena bisa menyerang siapa saja dan menyerang daya tahan tubuh manusia dengan cepat. Virus ini menyerang organ pernafasan manusia kemudian membuat daya tahan tubuhnya menurun drastis hingga akhirnya ajal menjemput. Sudah banyak korban jiwa yang meninggal akibat serangan virus yang mematikan ini. 

Kalimat pokok dalam paragraf ini adalah : Virus Corona atau yang dikenal dengan covid 19 mulai masuk ke negara Indonesia pada bulan Maret 2020 yang lalu, dengan organ pernafasan adalah menjadi organ paling pertama di serang setelah terinfeksi. 

Gagasan utama : Virus Corona menjadi virus mematikan yang menyerang organ pernafasan manusia. 

2. Contoh untuk kalimat yang utama yang berada di akhir paragraf. 

Permainan game online bisa dimainkan oleh siapa saja dengan menggunakan hp atau gadget android miliknya. Banyak yang bermain game online bersama dengan teman atau keluarga yang bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja. Beraneka ragam produk pendukung permainan game pun tersedia di toko online yang siap membuat pengalaman bermain game Anda lebih menyenangkan. Oleh karena itulah, game online saat ini semakin digemari oleh penikmat game yang ada di seluruh dunia. 

Kalimat utama : Oleh karena itulah, game online saat ini semakin digemari oleh penikmat game yang ada di seluruh dunia. 

Gagasan utama : Game online saat ini semakin digemari oleh penikmat game yang ada di seluruh dunia. 

3.  Contoh kalimat pokok berada di awal atau akhir paragraf

Penggunaan masker dengan benar dan sikap menjaga jarak saat berada di kerumunan pada masa pandemi ini menjadi hal yang krusial untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Semakin banyak penderita Corona yang terjangkit virus dari orang lain yang bahkan tanpa gejala yang harus Kita waspadai dengan ketat. Oleh karena itu, sangat penting untuk Kita menggunakan masker dengan benar dan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah kapan pun dan dimanapun Kita berada. 

Kalimat pokok : Oleh karena itu, sangat penting untuk Kita menggunakan masker dengan benar dan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah kapan pun dan dimanapun Kita berada. 

Gagasan utama : Penggunaan masker dengan benar dan sikap menjaga jarak saat berada di kerumunan pada masa pandemi ini menjadi hal yang krusial untuk diperhatikan.

Demikian ulasan singkat untuk pengertian kalimat utama, cara menentukan dan contohnya. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah