Paragraf Eksposisi, Contoh, Karakteristik dan Cara Mengembangkan

Posted in: Mapel Pelajar

Paragraf Eksposisi, Contoh, Karakteristik dan Cara Mengembangkan – Dalam sebuah karangan atau karya tulis, paragraf menjadi bagian penting di dalamnya dan menjadi suatu susunan yang bersatu menjadi sebuah teks panjang. Dalam teks-teks bacaan contohnya, di dalamnya dapat terdiri dari beberapa jenis paragraf eksposisi sesuai dengan isi dan fungsinya.

Adapun fungsi umum dari paragraf tersebut adalah sebagai penjelas, untuk memaparkan atau menerangkan informasi. Agar mudah dipahami, paragraf tersebut ditulis secara singkat, padat, dan juga tentunya jelas.

Jenis-Jenis Paragraf Eksposisi dan Contohnya

unsplash.com

Eksposisi Definisi

Jenis yang pertama adalah eksposisi definisi, yakni kumpulan kalimat yang ditulis dengan tujuan memberikan pengetahuan bagi para pembacanya berupa definisi atau pengertian dari suatu topik yang dibahas.

Fokus paragraf jenis ini adalah karakteristik topik yang tengah menjadi pembahasan dalam paragraf. Cara mengembangkan paragraf ini adalah dengan menjelaskan karakteristik topik yang telah didefinisikan sebelumnya menggunakan kata ‘adalah’, ‘merupakan’, ‘ialah’, dan sebagainya.

Karakteristik tersebut dapat disusun dengan urutan umum ke spesifik atau dari yang umum ke yang khusus.

Contoh:

Istilah unicorn dalam keuangan adalah istilah yang merujuk pada perusahaan rintisan yang memiliki nilai kapitalisasi melebihi USD 1 miliar. Aileen Lee yang merupakan seorang investor start-up sekaligus pendiri Cowboy Ventures menjadi orang pertama yang memperkenalkan istilah unicorn.

Eksposisi Proses

Seperti namanya, eksposisi proses merupakan paragraf yang menjelaskan suatu proses atau langkah-langkah dari kegiatan atau topik tertentu yang sedang dibahas. Paragraf jenis ini umumnya berisi tahapan-tahapan yang ditulis urut dari awal hingga akhir.

Eksposisi proses banyak dijumpai pada teks-teks prosedur, seperti buku petunjuk penggunaan, buku karya seni terapan, dan juga buku maupun artikel resep makanan. 

Karena berisi tahapan, cara mengembangkan paragraf ini salah satunya dengan menggunakan konjungsi temporal sesuai urutan langkah-langkahnya.

Contoh:

Cara mengaktifkan bluetooth di Windows 10 cukup mudah, Anda hanya perlu membuka jendela Windows dengan klik tombol Windows atau klik ikon Windows di pojok kiri layar atau bisa langsung klik kolom pencarian. 

Setelah itu, ketikkan “Bluetooth” di kolom pencarian, klik Bluetooth and other device settings. Aktifkan bluetooth dengan menggeser tombol Non Aktif menjadi Aktif.

Eksposisi Ilustrasi

Selain bentuk tahapan-tahapan, isi paragraf juga bisa berisi gambaran atau ilustrasi yang dinamakan dengan eksposisi ilustrasi. Paragraf jenis ini menjelaskan gambaran mengenai topik tertentu yang disandingkan dengan topik lain yang mirip atau memiliki kesamaan.

Karakter sekaligus cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan paragraf jenis ini adalah dengan memakai konjungsi perbandingan, seperti ‘seperti’, ‘layaknya’,’bagaikan’,  ‘misalnya’, dan lainnya. 

Contoh:

Secara umum, bakso memiliki ukuran yang beragam, namun bentuknya tetap sama. Bakso yang bagus memiliki bentuk bulat sempurna seperti bola pingpong maupun bola kasti untuk bakso yang berukuran besar. Bakso juga bisa diisi dengan daging, telur, maupun isian yang lainnya.

Eksposisi Pertentangan

Jenis paragraf selanjutnya adalah eksposisi pertentangan yang merupakan paragraf berisi perbandingan suatu hal dengan hal yang lainnya dengan karakter berbeda atau sifatnya saling berlawanan.

Untuk mengembangkan paragraf jenis ini, Anda bisa menggunakan konjungsi pertentangan, seperti ‘meskipun begitu’, ‘akan tetapi’, ‘walaupun’, ‘sebaliknya’, ‘namun’, dan sebagainya.

Contoh:

Berbeda dengan Korea Selatan, Korea Utara justru masih belum terjamah dengan teknologi yang memadai untuk seluruh rakyatnya. Masyarakat di sana bahkan sangat dibatasi dalam menggunakan teknologi seperti telepon seluler maupun komputer.

Eksposisi Perbandingan

Eksposisi perbandingan merupakan paragraf yang menjelaskan tentang perbandingan suatu hal dengan hal lainnya, baik dari segi perbedaannya maupun persamaannya. Kalimat-kalimat perbandingan pun digunakan untuk menyampaikan informasi dalam sebuah teks.

Untuk mengembangkan paragraf ini, Anda cukup mencari karakteristik dari masing-masing topik yang ingin diperbandingkan, kemudian paparkan karakteristik tersebut dari segi persamaan maupun perbedaannya.

Contoh:

Ponsel pintar atau smartphone kini telah merajai pasar sebagai benda yang digemari masyarakat pada umumnya. Kehadiran ponsel pintar yang semakin ringkas juga mengancam keberadaan laptop atau komputer.

Bedanya, ponsel pintar yang kecil belum bisa menyamai kemampuan laptop maupun komputer dalam bekerja. Bentuk laptop yang besar juga mendukung pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, sedangkan smartphone yang ringkas cukup melelahkan jika digunakan untuk hal tersebut.

Eksposisi Berita

Meskipun terkesan berdiri sendiri, rupanya berita juga masuk ke dalam paragraf eksposisi, yakni eksposisi berita. Paragraf yang satu ini merupakan paragraf yang ditulis untuk menyampaikan atau melaporkan terjadinya suatu peristiwa.

Tidak hanya berupa kejadian atau peristiwa, eksposisi berita juga kerap digunakan untuk menyampaikan informasi berupa sebuah penelitian. Karena sifatnya menyampaikan informasi pada khalayak umum, paragraf ini sangat mudah dijumpai pada media-media cetak maupun media online.

Untuk mengembangkan paragraf ini, Anda bisa membuat kerangkanya terlebih dahulu dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H yang pastinya sudah diketahui. Setelah itu, kerangka tersebut tinggal disusun menggunakan kata-kata yang lebih rapi.

Contoh:

Jonathan Christie berhasil melaju ke babak selanjutnya dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar mulai kemarin, Sabtu (24/7/2021). Jojo, sapaan akrabnya, berhasil mengalahkan lawannya, Aram Mahmoud, dua gim langsung dengan skor 21 – 8, 21 – 14.

Tak hanya Jojo, pemain bulu tangkis lainnya yakni pasangan ganda putri Greysia Polli dan Apriyani Rahayu juga berhasil melaju ke babak selanjutnya setelah mengalahkan pasangan Malaysia Chow Mei Kuan dan Lee Meng Yean.

Eksposisi Klasifikasi

Untuk memudahkan penjelasan mengenai suatu topik yang memiliki keanekaragaman jenis, eksposisi kualifikasi digunakan sebagai jenis paragraf. Seperti namanya, eksposisi kualifikasi memuat penjelasan berupa pengelompokan suatu hal berkaitan dengan topik yang dibahas.

Pengelompokan berdasarkan kesamaan ciri-ciri, tujuan, maupun kategori lainnya dimaksudkan agar pembaca lebih mudah memahami penjelasan yang disampaikan oleh penulisnya. Agar penjelasan dapat dipahami dengan mudah, paragraf disusun secara terstruktur dan juga rinci.

Contoh:

Kingdom Animalia diklasifikasikan ke dalam dua jenis berdasarkan ada atau tidaknya tulang belakang. 

Hewan-hewan yang memiliki tulang belakang dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah kelompok bernama Vertebrata, sedangkan hewan tak bertulang belakang masuk ke dalam kelompok Avertebrata. Vertebrata sebagian besar ditempati oleh kelompok Mamalia dan burung-burungan.

Sedangkan Avertebrata ini banyak ditempati oleh hewan melata seperti Gastropoda dan yang lainnya. 

Eksposisi Analisis

Jenis paragraf yang terakhir adalah eksposisi analisis, yakni jenis paragraf yang memuat kalimat-kalimat penjelasan mengenai analisis topik tertentu yang menjadi pokok pikiran pada paragraf tersebut.

Jenis paragraf yang satu ini banyak digunakan dalam laporan-laporan penelitian maupun pengungkapan peristiwa penting yang membutuhkan sebuah pengamatan atau analisis mendalam. 

Agar mudah dipahami, gagasan utama dalam bahasan akan dibagi ke dalam beberapa sub bagian dengan paparan yang urut dan runtut.

Contoh:

Nomina konkret merupakan seluruh nama benda yang memiliki wujud nyata dan bisa ditangkap oleh panca indera, misalnya televisi, manusia, pohon, bangku, dan lain sebagainya. Adapun kata ‘ilmu’ merupakan sebuah nomina yang tidak bisa dilihat wujudnya seperti apa dan bagaimana.

Oleh karena itu, kata ‘ilmu’ termasuk ke dalam kategori nomina abstrak, atau nomina yang tidak bisa dilihat wujudnya dan tidak bisa dirasakan panca indera.

Penjelasan mengenai jenis paragraf eksposisi di atas bisa Anda gunakan sesuai dengan tujuan atau isi informasi yang ingin disampaikan. Tentunya informasi di atas dapat menjadi acuan atau pengetahuan tambahan untuk Anda yang sedang belajar tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta