5 Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya yang Baik dan Benar

5 Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya yang Baik dan Benar – Pernahkah kamu mendengar tentang teks eksposisi? Mungkin masih banyak yang belum begitu memahami terkait teks eksposisi ini. Jika kamu juga demikian, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan info terkait contoh hingga struktur teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi dan Strukturnya

unsplash.com

Sebenarnya, teks eksposisi sudah kita pelajari sedari kita duduk di bangku sekolah. Teks eksposisi ini juga bersifat ilmiah dan kerap digunakan ketika seseorang sdang melakukan kegiatan diskusi dalam forum seminar. Umumnya, teks eksposisi digunakan untuk menjelaskan dan menyampaikan informasi yang memuat pengetahuan secara rinci dan terstruktur dengan dasar argument yang kuat.

Apa itu Teks Eksposisi?

Pengertian teks eksposisi adalah paragraph yang mengandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat dan akurat. Jika menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksposisi dapat diartikan sebagai uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan seperti suatu karangan. Teks eksposisi ini memiliki struktur tesis atau pernyataan umum, rangkaian argument dan penegasan ulang.

Bagaimana Ciri-ciri Teks Eksposisi?

Merujuk pada buku karya Taufiqur Rahman berjudul “Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasan (2018)”, ada beberapa ciri dalam teks eksposisi yakni.

  1. Harus menjelaskan segala informasi atau pengetahuan. 
  2. Harus menggunakan gaya informasi yang persuasif atau mengajak. 
  3. Harus memberikan penyampaian secara lugas dan mengeluarkan bahasa yang baku. 
  4. Tidak melakukan pemihakan yang artinya tidak untuk memaksanakan kehendak penulis terhadap pembaca.
  5. Harus menyajikan sebuah fakta yang digunakan sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi.

Jenis Jenis Teks Eksposisi

  1. Teks eksposisi analisis: teks berisi pemisahan masalah dari gagasan pokok menjadi beberapa sub-bagian, kemudian dikembangkan berurutan.
  2. Teks eksposisi berita: teks berisi informasi suatu kejadian. Teks eksposisi tersebut seringkali ditemukan pada surat kabar dan berita.
  3. Teks eksposisi definisi: teks berisi teks perisi paparan definisi atau pengertian suatu topik.
  4. Teks eksposisi ilustrasi: teks berisi informasi dan penjelasan gambaran sederhana tentang topik tertentu yang mempunyai kesamaan dalam hal-hal tertentu.
  5. Teks eksposisi laporan: teks berisi paparan laporan peristiwa atau penelitian suatu hal.
  6. Teks eksposisi perbandingan: teks berisi ide atau gagasan yang disampaikan dengan cara membandingkan.
  7. Teks eksposisi pertentangan: teks berisi hal-hal yang dipertentangkan satu sama lain
  8. Teks eksposisi proses: teks berisi cara atau tahapan melakukan suatu hal dari awal hingga akhir

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Teks eksposisi diharuskan untuk menggunakan kaidah kebahasaan yang sesuai, yakni.

Menggunakan pronomina

Mengutip dari situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pronominal adalah kata yang digunakan untuk mengganti orang atau benda. Contohnya seperti saya, aku, kita, dan kamu. Pronomina ini digunakan dalam bagian pernyataan pendapat atau tesis dan penegasan ulang pendapat.

Menggunakan nomina

Berbeda dengan pronominal, nomina adalah kelas kata dalam bahasa Indonesia yang ditandai oleh tidak dapatnya bergabung dengan kata tidak. Contohnya seperti rakyat, komunitas, atau negara.

Menggunakan verba

Verba adalah kata kerja yang menggambarkan proses ataupun perbuatan. Contohnya seperti dituntut, dibentuk (verbal pasif), mendorong, menetapkan (verbal aktif).

Menggunakan adjektiva

Adjektiva adalah kata yang menerangkan kata benda dan dapat melekat pada kata sangat, sekali. Contoh, optimistis, potensial, dan yakin.

Menggunakan adverbial

Adverbia adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, dan abjektiva. Contoh, tidak berpotensi, sangat optimistis, dan yakin sekali.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi juga tak bisa lepas dari strukturnya. Adapun berikut struktur teks eksposisi yang wajib kamu ketahui. 

Tesis

Pernyataan pendapat atau yang lebih dikenal dengan tesis merupakan bagian pembuka dari teks eksposisi. Bagian ini berisikan gagasan utama yang ingin disampaikan berdasarkan dengan masalah yang diangkat.

Argumentasi

Argumentasi digunakan sebagai unsur penjelas yang mendukung tesis. Bagian ini berisi penjelasan yang lebih lengkap dari tesis yang dikemukakan pada pembuka teks. Umumnya berupa data hasil temuan, pernyataan ahli, alasan logis, dan fakta-fakta yang terjadi berkaitan dengan masalah yang dipaparkan.

Penegasan ulang

Sama dengan namanya, bagian ini bertujuan untuk menegaskan kembali atau menguatkan pendapat yang sudah disampaikan di awal. Tak hanya itu saja, bagian ini juga memuat tentang rekomendasi atau saran dari permasalahan yang diangkat.

Contoh Contoh Teks Eksposisi

Untuk memahami lebih lanjut seputar teks eksposisi, berikut ada beberapa contoh teks eksposisi singkat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Contoh Teks Eksposisi Pencemaran Air Sungai

Judul: Pencemaran Air Sungai

Tesis:

Pencemaran air merupakan peristiwa masuknya zat, unsur, serta komponen-komponen lain ke dalam air yang akhirnya menyebabkan kualitas air menjadi terganggu. Pencemaran air saat ini menjadi masalah serius yang dihadapi Indonesia.

Argumentasi:

Pencemaran air yang terjadi di Indonesia cukup mengkhawatirkan, khususnya air di daerah sungai. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas manusia yang sering kali tidak bertanggung jawab, seperti membuang sampah sembarangan. Pencemaran air yang terjadi di daerah sungai sebagian besar berasal dari limbah domestik atau rumah tangga. Pencemaran yang terjadi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kualitas air yang menurun, rusaknya ekosistem air, dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, dan lain-lain. 

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hampir 68% atau mayoritas mutu air sungai di 33 provinsi di Indonesia dalam status tercemar berat pada tahun 2015. Data tersebut menunjukkan bahwa kualitas air sungai di negeri ini sebagian besar dalam kondisi tercemar. Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat air sungai sampai saat ini masih menjadi sumber utama air bersih yang dikonsumsi oleh mayoritas penduduk Indonesia. Sumber air yang tercemar tentu akan mengancam kondisi kesehatan masyarakat maupun makhluk hidup lain yang mengkonsumsi air tersebut.

Penegasan Ulang:

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah pencemaran air sungai yang berasal dari limbah domestik, perlu dilakukan langkah-langkah pengendalian pencemaran. Langkah-langkah tersebut antara lain adalah mengubah kebiasaan membuang sampah sembarangan, memantai kualitas air sungai, serta membangun instalasi pengolahan air limbah. Dengan demikian, pencemaran dapat diminimalisir dan kualitas air dapat terjaga.

2. Contoh Teks Eksposisi Peran Penting Orang Tua Terhadap Remaja

Judul: Peran Penting Orang Tua terhadap Remaja

Tesis:

Orang tua tentu merasa bahagia ketika melihat pertumbuhan dan perkembangan yang baik pada anaknya. Namun, ketika anak-anak mulai menginjak usia remaja, mereka lebih suka menghabiskan waktu tanpa ingin diawasi oleh orang tua. Inilah salah satu hal yang mengkhawatirkan dan cukup berbahaya bagi remaja. Maka dari itu peran orang tua tetap sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, meski mereka sudah beranjak dewasa.

Argumentasi:

Diawali dengan karakter seorang remaja yang ingin tahu dan ingin mencoba banyak hal baru, tak jarang mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar. Selain itu, remaja merupakan masa ketika anak-anak mulai belajar tentang siapa diri mereka dan bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, peran orang tua dibutuhkan sebagai penyangga agar anak-anak tidak jatuh ke lubang yang salah dan dapat menempatkan diri dengan baik di lingkungan mereka. Komunikasi antara orang tua dan anak juga merupakan salah satu peranan penting dalam mendidik dan membimbing anak remajanya, misalnya dengan membantu mengarahkan, menyayangi, menasehati, dan lain sebagainya.

Penegasan Ulang:

Berdasarkan pernyataan tersebut, orang tua akan selalu memegang peranan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Meskipun mereka sudah beranjak remaja, mereka tetap harus dikontrol dan dibina oleh orang yang lebih tua.

3. Contoh Teks Eksposisi Kegiatan Ekonomi Rakyat

Judul: Kegiatan Ekonomi Rakyat

Tesis:

Ekonomi rakyat merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat banyak. Dalam kegiatan pertanian, kegiatan ekonomi rakyat ini dimaksudkan seperti kegiatan ekonomi peternak, petani atau nelayan kecil. Kegiatannya bukan merupakan perkebunan atau peternak yang besar.

Argumentasi: 

Sebenarnya ekonomi rakyat bisa dilihat dari perspektif lain. Hal ini didasari dari jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.” Kalau dalam ungkapan tersebut, maka setiap kegiatan perekonomian tersebut terhubung dengan sumber daya ekonomi yang diberikan rakyat. Itu artinya semua proses dari produksi hingga konsumsi dilakukan dan ditetapkan oleh rakyat.

Penegasan Ulang: 

Bisa dikatakan bahwa ekonomi rakyat tidak ada pembatasan terkait jenis produk, sifat usahanya, besaran usaha, dan modal. Ekonomi ini tidak memiliki sifat eksklusif tetapi terbuka. Agar bisa berkembang, maka norma dan transaksinya ditetapkan berdasarkan perkembangan sosial masyarakat dalam hal ekonomi.

4. Contoh Teks Eksposisi Kemacetan dan Masa Depan Kota

Judul: Kemacetan dan Masa Depan Kota

Tesis:

Transportasi merupakan kebutuhan dari berbagai kegiatan sosial maupun ekonomi. Tipe kegiatan sosial maupun ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

Argumentasi:

Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang sifatnya berulang, misalnya terjadi pada para pekerja dan orang-orang yang menempuh pendidikan di sekolah atau kampus. Di Kota Yogyakarta, kemacetan terjadi hampir setiap hari di titik-titik yang menjadi jalur pergerakan utama para pekerja kantoran menuju lokasi kerja, serta siswa dan mahasiswa yang menuju sekolah dan kampus. Kemacetan yang berulang dalam jangka waktu yang lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan dan menjelang hari raya. 

Pada tahap arus mudik dan arus balik, kemacetan parah akan terjadi di jalan-jalan arah luar kota, seperti Jalan Magelang, Jalan Solo, dan Jalan Wates. Dalam rentang waktu tersebut, kemacetan juga dapat dirasakan di pusat kota sebagai tujuan wisata dan tempat menginap seperti Malioboro, Prawirotaman, serta jalan-jalan yang menuju objek wisata seperti Parangtritis.

Penegasan Ulang:

Kemacetan harian yang dominan umumnya ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan. Jika tidak, maka kemacetan akan terus berulang dan akan memberikan dampak pada masyarakat itu sendiri.

5. Contoh Teks Eksposisi Metode Pembelajaran Terbaru

Judul: Metode Pembelajaran Terbaru

Tesis:

Metode belajar mengajar satu arah baiknya mulai ditinggalkan. Siswa dapat menerima suatu pembelajaran bila ada komunikasi dua arah. 

Argumentasi:

Bila guru menjelaskan dan menerangkan pelajaran tanpa mengajak siswa berinteraksi, kelas akan terasa kering. Materi pelajaran yang dibahas dengan melibatkan siswa secara aktif, dinilai lebih efektif. Siswa akan merasa lebih dihargai dan belajar untuk menyampaikan pendapat. 

Penegasan Ulang: 

Guru dapat mengajak siswa berdiskusi. Metode belajar satu arah sudah kuno dan tidak efektif lagi. Siswa semakin berkembang, begitu juga metode belajar.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait contoh teks eksposisi mulai dari pengertian, contoh, struktur, ciri, jenis hingga kaidahnya. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu memahami lebih jauh terkait teks eksposisi ya. Jika kamu masih membutuhkan informasi lainnya khususnya terkait info kost-kostan, kamu bisa unduh aplikasi Mamikos dan temukan infonya disana.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah