Cara Cepat Menemukan Ide Pokok Dalam Paragraf + Contoh

Cara Cepat Menemukan Ide Pokok Dalam Paragraf Siapa, nih yang sering kesal saat mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia dengan soal bacaan yang sangat panjang? Ternyata banyak, loh yang sering melewatkan soal-soal ini untuk dikerjakan paling akhir. Mengapa Begitu? Biasanya, soal bacaan meminta untuk menemukan ide pokok / gagasan utama.

Banyak orang mengalami kesulitan untuk menemukan ide pokok secara langsung sehingga mereka harus membaca bacaan berulang kali. Mereka jadi terpaku pada satu soal dalam waktu yang cukup lama dan akhirnya membuang banyak waktu. Itulah alasannya.

Cara Menemukan Ide Pokok

pixabay.com

Kamu sering melewatkan soal bacaan juga, tidak? Masalahnya, soal bacaan Bahasa Indonesia tidak terjadi satu atau dua kali saja saat di bangku sekolah. Kamu akan terus menghadapi soal-soal ini bahkan sampai tes pekerjaan dan lain sebagainya. Mungkin kamu sering bertanya-tanya, bagaimana cara menemukan ide pokok dalam paragraf dengan mudah? Cara tersebut sebenarnya ada atau tidak? 

Jawaban Mamikos, Ada! Ada cara menemukan ide pokok dalam paragraf dengan mudah. Sebagai tips awal, ketika kamu menghadapi soal bacaan, bacalah terlebih dulu soal-soal yang ditanyakan. Biasanya  tidak semua paragraf diminta untuk menemukan ide pokoknya. Cara ini agar kamu tidak membacanya berulang kali  sampai kehilangan banyak waktu. 

Apa Itu Ide Pokok?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menemukan ide pokok dalam paragraf. Terlebih dahulu kamu harus tahu apa yang dimaksud dengan ide pokok. Ide pokok atau gagasan utama adalah ide/gagasan/inti dalam sebuah paragraf atau tulisan. Keberadaan ide pokok berguna untuk memberi tahu kepada pembaca mengenai inti pembahasan. Ide pokok adalah bagian terpenting dalam sebuah paragraf. Jika ide pokok tidak jelas, paragraf atau bacaaan akan sulit untuk dipahami. 

Ciri Khas Ide Pokok Paragraf

Ide pokok letaknya tidak selalu di tempat yang sama, kadang ada yang di awal paragraf dan ada juga yang berada di akhir paragraf. Meskipun tempatnya berbeda-beda fungsi ide pokok masih tetap sama yaitu menjadi inti pembahasan paragraf.

Kalau baru pertama kali ingin membuat ide pokok pastinya banyak kesulitan yang akan dihadapi meskipun sudah mengikuti cara menentukan ide pokok paragraf kadang masih tetap saja salah. Kalau mau ide pokoknya benar maka harus memenuhi ciri-ciri seperti berikut ini.

  1. Mempunyai kalimat pendukung
  2. Menjadi inti dari paragraf atau bisa dikatakan sebagai pusat pembahasan paragraf
  3. Ada kalimat pendukung, bisa berupa penjelasan atau bisa juga berupa alasan yang menguatkan ide pokok

Fungsi Utama Ide Pokok Dalam Paragraf

Sebuah paragraf biasanya terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Fungsi kalimat utama adalah memberikan gambaran secara ringkas dari inti paragraf yang disajikan. Sedangkan fungsi penjelas adalah memberikan keterangan pendukung yang mendukung kalimat utama.

Ide pokok suatu paragraf memiliki hubungan yang cukup erat dengan kalimat utamanya. Kata kunci- kata kunci utama dari ide pokok bacaan terdapat pada kalimat utama. Fungsi ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami paragraf tersebut.

Jenis-Jenis Ide Pokok Berdasarkan Jenis Paragraf

Ide pokok itu tidak hanya ada satu jenis saja tetapi jenisnya cukup banyak, ide pokok bisa sampai berbeda jenisnya sebab jenis paragraf juga ada banyak. Untuk tahu ide pokok itu apa saja maka perlu tahu dulu jenis paragrafnya dan berikut penjelasannya.

1. Paragraf Deduktif

Ide pokok pada paragraf deduktif ini tidak sulit ditemukan, cara menentukan ide pokok paragraf bisa melihat dulu kalimat awal paragraf tersebut saja. Ide pokok di paragraf jenis ini selalu ada di awal paragraf dan untuk bentuk ide pokoknya berupa kalimat pernyataan yang kemudian diikuti kalimat penjelas.

2. Paragraf Induktif

Untuk paragraf induktif ini ide pokonya bukan ada di awal tetapi adanya di akhir paragraf. Seringnya paragraf ini akan menyebutkan peristiwa penting di awal paragraf dan kemudian kesimpulan dari paragraf tersebut ada di akhir. Biasanya ide pokoknya pakai kalimat konjungsi, contohnya akibatnya, oleh karena itu dan maka dari itu.

3. Paragraf Deduktif-Induktif

Kalau jenis yang terakhir ini ide pokonya ada dua, yaitu di awal dan juga di akhir paragraf. Karena ada dua kalimat topik tersebut membuat paragraf lebih mudah dipahami isinya sebab setiap kalimat topik mempertegas informasi dalam paragraf. Agar bisa membuat paragraf seperti ini maka pelajari cara menentukan ide pokok paragraf. 

Cara Menemukan Ide Pokok Dalam Paragraf

Cara menemukan ide pokok dalam paragraf adalah dengan menemukan kalimat utamanya. Kalimat utama mengandung inti permasalahan. Kalimat utama juga memiliki ciri-ciri, yaitu kalimatnya lengkap dan dapat berdiri sendiri serta memiliki kalimat penjelas yang mengikutinya. Kalimat utama dapat berada di awal paragraf, di tengah, atau di akhir paragraf. Kalimat utama yang terletak di akhir paragraf biasanya menggunakan kata seperti jadi, dengan demikian, kesimpulannya, dapat disimpulkan, dan lain-lain.   

Ingat ya, kalimat utama mengandung ide pokok. Jadi, cara menemukan ide pokok dalam paragraf adalah dengan menemukan kalimat utama. 

Bagian-Bagian Paragraf

Untuk menemukan kalimat utama kamu harus tahu struktur atau bagian-bagian paragraf terlebih dahulu, sebagai berikut:

  1. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok. Ide tersebut bisa disampaikan secara lugas atau tersirat.
  2. Gagasan utama adalah ide pokok yang dibahas dalam paragraf tersebut. Ingat! hanya ada satu gagasan utama saja dalam sebuah paragraf.
  3. Kalimat penjelas adalah kalimat yang isinya berupa penjelasan, uraian, dan rincian dari kalimat utama.
  4. Gagasan penjelas adalah ide yang ingin disampaikan tentang gagasan pokok dalam kalimat utama.

Dalam satu paragraf terdapat 1 kalimat utama dan 2 – 3 kalimat penjelas. Kalimat penjelas bersifat khusus dan tidak dapat berdiri sendir. Di dalam kalimat penjelas biasanya terdapat konjungsi atau kata sambung dari kalimat sebelumnya. Jika kalimat utama adalah pernyataan, kalimat penjelas dapat berupa fakta, opini, dan data. 

Contoh-Contoh Soal Menemukan  Ide Pokok

Soal 1

Cermati bacaan di bawah ini.

(1) Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. (2) Hal ini dilontarkan kepada remaja ketika lingkungan sudah menjadi rusak. (3) Tuduhan tersebut barangkali muncul karena secara kebetulan melihat remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, misalnya remaja yang membuang sampah sembarangan. (4) Memang benar ada sebagai remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, tetapi masih banyak remaja yang mau memperhatikan lingkungannya, misalnya, di sekolah-sekolah pada siswa ditekankan untuk memelihara kebersihan kelas dan sekolah. (5) akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkunganya?

Kalimat utama paragraf tersebut adalah..

(A). (5)

(B) (4)

(C) (3)

(D) 2)

(E) (1)

Jawaban : (E) (1)

Soal 2

Cermati bacaan di bawah ini.

Problema kurang nafsu makan sering terjadi pada anak-anak. Penyebab anak kurang nafsu makan dan cara mengatasinya dapat dijelaskan secara psikologis. Perilaku dalam makan timbul karena anak meniru atas apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang enggan makan, lantaran diet misalnya, akan mengembangkan perilaku enggan makan pula. Oleh karena itu, kegiatan makan bagi seorang anak harus dibuat dalam suasana yang menyenangkan. Jangan ada unsur paksaan sehingga timbul kesan saat makan menjadi sesuatu yang menjengkelkan atau bahkan merupakan hukuman.

Ide pokok paragraf di atas adalah…

(A) Perilaku anak kurang nafsu makan makan

(B) Cara mengatasi kurang nafsu makan

(C) Suasana makan yang menyenangkan

(D) Problema kurang nafsu makan pada anak

(E) Jangan ada paksaan agar anak mau makan

Jawaban : (D) Problema kurang nafsu makan pada anak

Soal 3

Cermati bacaan di bawah ini.

Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam menghadapi persoalan kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat ialah mengenai tanggungan beban negara lantaran banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut. Ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan 17 Agustus 1945, oleh Soekarno-Hatta, jumlah penduduk negara sekitar 70 juta jiwa, sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat, yakni 203,45 juta jiwa.

Ide pokok paragraf dalam artikel tersebut adalah….

(A) Beban negara terhadap beban penduduk

(B) Meningkatnya penduduk usia lanjut di Indonesia

(C) Meningkatnya jumlah penduduk generasi muda sesudah merdeka

(D) Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan

(E) Perhatian terhadap masyarakat bangsa Indonesia

Jawaban : (D) Perlu berjuang dalam mengatasi kependudukan

Soal 4

Cermati bacaan di bawah ini.

Pendidikan karakter yang diterapkan ke sekolah tidak diajarkan dalam mata pelajaran khusus. Namun, pendidikan karakter, yang diintensifkan dan diberi pertimbangan khusus dalam praktik pendidikan nasional, berlangsung melalui pembelajaran sehari-hari yang sudah terjadi di sekolah. Pendidikan karakter yang disponsori pemerintah sekolah tidak akan membebani guru dan siswa. Sebenarnya, tetapi mereka belum diprioritaskan dan secara eksplisit. Pendidikan Karakter yang diminta dapat menciptakan wawasan nasional sembari mempromosikan inovasi dan kreasi siswa. Selain itu, kejujuran, kerja keras, penghormatan terhadap perbedaan, kerjasama, toleransi, dan disiplin adalah nilai-nilai yang harus dibangun secara nasional pada generasi penerus negara ini.

Ide pokok contoh paragraf di atas adalah…

(A) Membangun wawasan nasional dan mempromosikan inovasi dan kreativitas  siswa melalui pembentukan karakter nasional

(B) Faktor Penyebab untuk Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah

(C) Pendidikan karakter Bangsa diajarkan melalui pembelajaran sehari-hari di sekolah

(D) Guru dan siswa merasa terbebani oleh karakter pendidikan bangsa yang termasuk dalam kurikulum

Jawaban : (A) Membangun wawasan nasional dan mempromosikan inovasi dan kreativitas siswa melalui pembentukan karakter nasional

Tips Langkah Langkah Menentukan Ide Pokok dengan Cepat

Membaca Bacaan Atau Paragraf Dengan Cermat Dan Teliti 

Agar dapat menentukan ide pokok maka hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca paragraf dengan seksama, intensif dan cermat. Jangan terburu-buru dalam membaca dari awal sampai akhir. Jika perlu setelah selesai membaca satu kali bisa diulang sampai beberapa kali agar ide pokok utama dalam paragraf bisa kita ketahui dengan benar.

Cermati Mulai Dari Kalimat Pertama Sampai Kalimat Terakhir 

Bacalah paragraf dengan sangat cermat mulai dari kalimat pertama sampai kalimat terakhir. Jangan terkecoh dengan kalimat pertama saja Karena belum tentu ide pokok selalu ada di awal kalimat. 

Bacalah Kalimat Demi Kalimat Sampai Menemukan Ide Pokok Paragraf

Dalam suatu paragraf ide pokok biasanya terletak di awal, di akhir atau awal dan akhir paragraf. Dalam menentukan ide pokok jangan membaca dengan cepat tapi bacalah dengan teliti. Ide pokok bisa juga lebih dari satu kalimat jadi jangan sampai keliru. 

Jika sudah membaca dengan seksama maka tandai ide pokok yang ada dalam paragraf tersebut. Setelah membaca dengan sangat teliti dan seksama maka langkah berikutnya adalah tandai setiap kalimat yang penting yang bisa mewakilkan isi dari paragraf tersebut.

Tandai Semua Info Penting Yang Ada Dalam Tiap Paragraf 

Selain menandai kalimat penting dalam membaca paragraf, diperlukan juga untuk menandai semua info penting yang ada dalam tiap paragraf agar bisa menyimpulkan ide pokok dalam paragraf tersebut.

Kalau masih belum menemukan juga setelah memakai cara-cara tersebut maka bisa disimpulkan kalau paragraf yang dibaca tidak dibuat sesuai cara menentukan ide pokok paragraf yang benar. 

Itu dia penjelasan singkat dan contoh tentang cara menemukan ide pokok dalam paragraf. Saat menghadapi soal bacaan yang meminta untuk menemukan ide pokok, kamu harus fokus dan membaca bacaan tersebut dengan cermat. Rajin-rajinlah mengerjakan soal seperti ini agar kamu terbiasa mengenali kalimat utama dan kalimat penjelas. Dengan begitu, kamu tidak akan membuang banyak waktu pada satu soal saja. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah