3 Contoh Piagam Penghargaan yang Menarik Beserta Cara Membuatnya

Posted in: General Informasi
Tagged: piagam Sertifikat

3 Contoh Piagam Penghargaan yang Menarik Beserta Cara Membuatnya — Menurut info yang Mamikos dapatkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, piagam mengandung arti sebagai sebuah surat atau tulisan yang tertera pada batu, tembaga, dan sebagainya dan bersifat resmi dan berisi tentang pernyataan pemberian hak, bukti, atau berisi pernyataan dan peneguhan tentang sesuatu. Bisa ikrar dan sejenisnya.

Nah, pada kesempatan kali ini Mamikos akan menyampaikan pada kamu sekalian bagaimana cara membuat sertifikat di word atau mungkin cara membuat sertifikat penghargaan online yang akan berguna untuk kamu suatu hari nanti. Supaya tidak ketinggalan info terkini mengenai contoh piagam penghargaan serta cara membuatnya, maka kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Mengetahui Contoh Piagam Penghargaan Menarik Beserta Cara Membuatnya

unsplash.com/Liam Truong

Piagam adalah sebuah media atau bisa juga disebut sebagai surat yang di dalamnya terkandung tulisan berupa pernyataan resmi. Biasanya piagam tersebut dijadikan sebagai sebuah penghargaan atau suatu prestasi atau pencapaian. Misalnya saja, ketika seseorang mencapai prestasi tertentu dan melampaui yang lain, maka ia akan mendapatkan piagam sebagai bukti tertulis atas prestasinya tersebut.

Lalu apakah piagam dan sertifikat itu sama? Mungkin bagi sebagian orang menganggapnya sama. Padahal ada ketentuan yang membedakan di antara kedua surat keterangan tadi. Untuk membedakan antara piagam dan sertifikat tersebut, kamu bisa menyimak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Memahami Perbedaan Antara Piagam dan Sertifikat

Ada saja yang masih bingung dan kesulitan dalam membedakan antara piagam dan sertifikat. Meskipun terasa mirip, padahal keduanya mempunyai sifat dan tujuan yang sama sekali berbeda. Mari simak saja apa yang membedakan antara piagam dan sertifikat itu sendiri. Jadi, jika ditelusuri secara harfiah, sertifikat adalah sebuah surat yang menerangkan atau menyatakan mengenai kepemilikan, wewenang, atau hak terhadap sesuatu. Bisa berupa barang atau kejadian.

Sementara piagam sendiri, seperti yang sudah Mamikos jelaskan di atas merupakan sebuah surat yang dapat berbentuk tulisan pada tembaga, batu, dan media lainnya dan bersifat resmi. Di dalam piagam biasanya mengandung sebuah pernyataan atau pemberian hak, bukti, dan peneguhan mengenai sesuatu, bisa berupa ikrar dan sejenisnya.

Dari pengertian yang sudah Mamikos lampirkan tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan apa yang membedakan antara piagam dan sertifikat itu sendiri. Keduanya memang merupakan sebuah bukti pernyataan, akan tetapi sertifikat memiliki kecenderungan pada sebuah bukti kepemilikan atau keabsahan atas sesuatu. Hal tersebut harusnya sudah mulai diluruskan agar nanti tidak ada lagi kesalahan dalam penyebutan.

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Menyusun Piagam dan Sertifikat

Masih dalam rangkaian ulasan contoh piagam dan cara membuatnya, informasi wajib yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah beberapa hal yang harus ada dalam sebuah piagam maupun sertifikat. Sebab di dalam piagam maupun sertifikat tersebut ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu.

Lantas, apa saja yang perlu kamu perhatikan saat hendak menyusun sebuah piagam atau sertifikat tersebut? Kamu dapat menyimak penjelasannya berikut ini.

1. Ide / Konsep Desain Piagam

Dalam rangkaian menyusun piagam tersebut, kamu wajib sekali memperhatikan ide atau konsep dari desain piagam yang hendak kamu buat. Jadi jauh sebelum kamu mengeksekusi piagam atau sertifikatnya, kamu wajib memikirkan ide dan konsep dasarnya terlebih dulu. Kamu malah disarankan untuk brainstorming dengan rekan atau tim kamu.

Hal ini dapat menolong apabila kamu memang tipe orang yang sulit untuk membuat sesuatu yang dengan cepat atau mungkin kamu adalah seorang yang perfeksionis. Makanya kamu pun dapat mencari ide dan konsep dari piagam yang kamu buat via internet. Jika sudah menemukan yang paling mendekati, maka kamu bisa segera menyesuaikannya dengan konsep acara/ kegiatan, atau lembaga yang melatarbelakangi. Jangan sampai melenceng atau keluar dari konsep yang seharusnya.

2. Memilih Software yang Tepat dan Sesuai

Bukan rahasia lagi jika saat ini ada banyak perangkat lunak atau software yang bisa kamu gunakan untuk membuat atau menyusun sebuah piagam atau sertifikat. Mulai dari software yang berbayar dengan berbagai keunggulannya sampai yang gratis saja pun tersedia. Contohnya ada Corel Draw, Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

Ketiga software yang sudah Mamikos sebutkan tersebut tentu saja memiliki spesifikasi dan keunggulan yang berbeda, makanya bisa memberikan bentuk atau hasil desain yang berbeda pula. Tinggal kamu sesuaikan saja lagi dengan kebutuhan atau kepentingan kamu membuat piagam tersebut. Ingat formula dasarnya, jangan sampai melenceng dari konsep yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Menentukan Bentuk Piagam

Secara umum piagam atau sertifikat akan bentuk persegi panjang atau horizontal. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga dapat berbentuk vertikal. Nah, untuk membuat dan menentukan bentuk dari piagam kamu tersebut, kamu bisa memanfaatkan tools atau peralatan yang ada pada software yang nantinya akan kamu gunakan untuk mendesain piagam tersebut. Jangan ragu untuk mengeksplor.

4. Memilih Desain yang Sederhana Saja

Hal yang perlu kamu perhatikan berikutnya saat hendak membuat sebuah piagam adalah perlu memilih desain yang sederhana saja. Kamu harus tetap ingat bahwa piagam maupun penghargaan hanya selembar kertas yang akan memuat data mengenai penilaian atau pencapaian yang diraih oleh seseorang pada kompetisi, acara, posisi atau tempat tertentu.

Makanya, nilai estetika pun tetap kamu pertimbangkan saat hendak menyusun atau membuat sebuah piagam maupun sertifikat tersebut. Makanya, kamu perlu membuat piagam tersebut mempunyai desain, warna, serta format yang unik di antara yang lain. Jadi, untuk desain sertifikat atau piagam penghargaan tersebut, kamu bisa tetap berpegang teguh pada kesederhanaan namun tetap elegan.

Contoh dan Cara Membuat Piagam Penghargaan yang Menarik

Sampailah juga pada contoh piagam dan cara membuatnya yang bisa langsung kamu praktikkan setelah ini. Mamikos jamin contoh piagam dan cara membuatnya ini tidak akan begitu sulit kamu pahami. Mari langsung simak saja penjelasan cara membuat piagam penghargaan yang menarik tersebut di bawah ini.

1. Contoh Piagam dan Cara Membuatnya di Microsoft Word

goliketrik.com

Apabila kamu masih merasa agak bingung untuk menentukan dan memilih mana desain yang bagus untuk piagam maupun sertifikat yang akan dibuat, maka kamu bisa membuatnya via Microsoft Word. Sebenarnya bukan informasi baru jika Microsoft Word menyediakan banyak sekali template gratis untuk yang dapat kamu manfaatkan saat hendak mendesain piagam maupun sertifikat tanpa perlu repot mendesainnya dari awal. Penasaran dengan cara membuat piagam via Microsoft Word? Yuk, ikut tata caranya di sini.

id.pinterest.com
  • Buka atau jalankan Microsoft Word. Untuk menentukan atau memilih template yang tersedia kamu bisa dengan menekan menu ‘File’.
  • Kamu bisa menekan tombol ‘New; lalu ketik saja ‘Certificate’.
  • Di sana kamu akan melihat ada banyak sekali template gratis dan kamu bisa bebas memilih salah satunya.
  • Jika sudah menentukan template yang mana, kamu bisa mengklik ‘Create’ untuk membuat piagam/ sertifikatnya.
  • Jangan lupa untuk mengatur template tersebut sesuai dengan format yang tersedia, misalnya saja nama, judul piagam, tanda tangan dan lain sebagainya.
  • Apabila kamu sudah menginput semua data dengan benar, kamu bisa langsung mencetak piagam atau sertifikat tersebut.
  • Membuat piagam menggunakan Microsoft Word pun selesai.

2. Contoh Piagam dan Cara Membuatnya Berbeda Nama

goliketrik.com

Masih menggunakan Microsoft Word untuk membuat piagam atau sertifikat, kamu juga bisa membuat piagam atau sertifikat dengan banyak nama lho. Kamu hanya perlu menggunakan fitur mail merge yang ada dalam Microsoft Word. perhatikan cara-cara membuat piagam atau sertifikat dengan nama yang berbeda tersebut berikut ini.

masagena.id
  • Kamu bisa membuka sertifikat yang sudah kamu edit sebelumnya, lalu bukalah menu Mailings, pilih ‘Start Mail Merge’ lalu ‘Letters’.
  • Sesudah itu kamu bisa mengklik ‘Select Recipient’ untuk menginput data.
  • Terdapat dua pilihan, yakni ‘Type a New List’ untuk menginput data atau bisa juga menggunakan ‘Use an Existing List’ untuk menginput data yang sudah terdaftar dari Excel.
  • Kamu akan menggunakan ‘Type a New List’. Setelah kamu klik maka akan muncul dialog.
  • Kamu bisa menambahkan data yang kamu kehendaki. Apabila kamu ingin menambah kolom, kamu bisa masuk ke menu ‘Customize Columns’.
  • Kalau sudah, kamu bisa menekan ‘Ok’ dan simpan list tadi dalam folder.
  • Kamu bisa memilih tool ‘Insert Merge Field’, dan sesuaikan juga letak dan nama pada template tersebut.
  • Inputkan kolom field pada bagian sertifikat. Perlu diperhatikan bahwa di sini kamu harus menginput data untuk kolom field ‘name’ dan ‘last name’ dengan jelas.
  • Untuk mengetahui data sudah benar kamu bisa mengklik ‘Preview Result’.
  • Kamu bisa mengedit satu per satu piagam tadi dengan menekan ‘Finish & Merge’ lalu ‘Edit Individual Documents’. Jika sudah aman semua, kamu bisa mencetaknya.

3. Contoh Piagam dan Cara Membuatnya di Excel

maxtrimus.com

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika hendak membuat sebuah piagam atau sertifikat adalah dengan membuatnya via Excel. Selain membuat di MS Word, kamu pun dapat memanfaatkan Excel yang dijamin dapat mempermudah kamu. Langsung simak cara membuat piagam menggunakan Excel tersebut di bawah ini.

blog.imagomedia.co.id
  • Buka software Excel dan pilihlah menu ‘Insert’.
  • Setelah muncul jendela baru, kamu bisa mengklik tombol ‘Ok’ yang ada di bawahnya. Kamu dapat mencentang ‘My table has headers’ di jendela baru tadi apabila kamu memiliki sel pada bagian atas. Jangan lupa klik ‘Ok’.
  • Jika kamu ingin mengubah desain tabelnya, kamu dapat masuk ke tab Desain yang ada di bagian atas jendela Excel tersebut. Di sana, kamu bisa memilih salah satu desain kotak dan berwarna. Posisinya ada di bagian ‘Table Styles’ yang ada pada toolbar.
  • Masukkan data yang ingin kamu input pada piagam atau sertifikat.
  • Jika sudah, kamu dapat menyimpan semua data tersebut. Dengan menyimpannya kamu akan jadi lebih mudah untuk memindahkan dari Excel ke Word.

Demikianlah ulasan yang bisa Mamikos berikan perihal contoh piagam dan cara membuatnya yang dapat Mamikos sampaikan untuk kamu pada artikel kali ini. Mudah-mudahan saja beberapa contoh piagam dan cara membuatnya di atas dapat menginspirasi kamu nanti. Jangan sungkan membagikan ulang informasi contoh piagam dan cara membuatnya di atas pada teman dan sahabat kamu di media sosial.

Disamping info mengenai contoh piagam dan cara membuatnya tersebut, Mamikos juga ingin memberikan info terkini mengenai aplikasi Mamikos dan situs resminya yang dapat memberikan referensi kos-kosan dengan update. Di aplikasi Mamikos dan situs resmi yang bisa kamu kunjungi di sini, kamu akan memperoleh sederet inspirasi hunian kos dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Jauh lebih mudah dan praktis mencari inspirasi kos dengan aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah