5 Contoh Infografis yang Menarik, Interaktif, Pendidikan, Sejarah

5 Contoh Infografis yang Menarik, Interaktif, Pendidikan, Sejarah – Dalam upaya untuk melakukan pengembangan terhadap konten yang diproduksi, ada beberapa cara yang saat ini dapat digunakan dengan efektif. Salah satunya yaitu melalui pembuatan infografis yang lebih ramah bagi para pembacanya dan dapat menarik banyak pembaca baru.

Lalu, apa sebenarnya infografis ini dan bagaimana contoh yang benar untuk digunakan dalam pembuatan konten? Pada artikel kali ini, kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai infografis itu sendiri dan beberapa contoh infografis yang menarik.

Mengenal dan Memahami Pengertian dari Infografis

unsplash.com/@firmbee

Penyajian informasi dengan cara yang konvensional bisa menjadi sebuah hal yang saat ini kurang banyak diminati oleh para pembacanya, Mengingat bahwa banyak konten yang disajikan dengan cara visual dan lebih mudah untuk dipahami apa pesan serta isi yang disampaikan. Maka dari itu, keberadaan dari infografis ini sendiri bisa menjadi alternatif yang baik dalam mode penyampaian informasi yang penting dan akurat. Sebelum lebih jauh mengetahui apa saja contoh infografis yang menarik, akan lebih baik untuk memahami pengertian dari infografis itu sendiri.

Jika melihat pada Oxford English Dictionary, infografis memiliki arti yaitu bentuk representasi secara visual dari sekumpulan data serta informasi. Secara lebih jauh, infografis merupakan sebuah kumpulan dari berbagai citra, tulisan, dan bagan yang bertujuan untuk memberikan informasi yang sifatnya umum. Tentu saja tujuan yang dimiliki yaitu agar para pembaca sendiri lebih mudah untuk bisa memahami informasi terkait topik tertentu. Biasanya infografis ini akan disajikan dengan desain yang kreatif dan menarik dengan pembahasan dan penyampaian yang lebih efektif.

Agar para pembaca menjadi tertarik dan mau memahami informasi tersebut, maka perlu untuk dilakukan penyampaian yang hidup dan menarik. Seperti yang nantinya bisa kamu lihat melalui beberapa contoh infografis yang menarik pada pembahasan selanjutnya. Visualisasi dapat dibuat dengan menarik mata sehingga secara tidak langsung, nantinya akan memaksa pembaca untuk memperhatikan. Ketika seorang pembaca melihat visualisasi yang menarik, maka di dalam dirinya  nantinya akan muncul kemauan untuk memperhatikan.

Dalam membuat infografis ini sendiri, kamu perlu untuk memperhatikan seperti apa visual yang ditampilkan kepada para pembaca. Tidak hanya visual dengan warna yang menarik, tetapi juga kemudahan dalam memahami maksud dan isi yang ada di dalamnya. Mengingat juga penyampaian informasi merupakan tujuan utama dari dibuatnya infografis ini sendiri. Maka dari itu, data, citra, tulisan, dan unsur lain perlu dibuat sepadan mungkin untuk menghasilkan konten yang efektif.

Manfaat Penggunaan Infografis

Tidak hanya melihat dan mencari contoh infografis yang menarik saja, tetapi pemahaman terhadap manfaat juga perlu untuk dimiliki. Hal ini nantinya dapat membantu kamu untuk lebih fokus selama proses pembuatannya. Ada banyak manfaat dari keberadaan infografis ini sendiri, diantaranya:

  1. Mampu untuk memberikan gambaran secara singkat terhadap penjelasan mengenai topik tertentu.
  2. Membuat penjelasan yang berisi tentang proses, sistem, hingga prosedur dan semacamnya lebih mudah untuk dipahami dan dicerna.
  3. Pembaca langsung bisa memahami inti dari pembahasan yang diberikan melalui infografis.
  4. Membantu untuk menampilkan data terkait suatu topik dengan lebih mudah dan jelas.
  5. Membantu membuat penjelasan terkait ringkasan untuk jurnal atau laporan tertentu.
  6. Menjadi media untuk menjelaskan perbandingan terkait beberapa hal yang berbeda mengenai sebuah topik tertentu.
  7. Memberikan kesadaran yang lebih terhadap permasalahan atau penyebab dari gejala sosial yang ada di sekitar masyarakat.
  8. Membantu meningkatkan minat baca yang dimiliki oleh masyarakat.
  9. Meningkatkan efektivitas dari proses pemasaran yang lebih difokuskan terhadap media digital.
  10. Infografis lebih dianggap akurat dan profesional karena mengandung data yang valid di dalamnya.
  11. Informasi yang diberikan akan lebih mudah untuk masuk ke dalam ingatan dari para pembacanya.
  12. Lebih besar kemungkinan untuk data atau informasi yang ada di dalamnya menjadi viral di antara para pengguna dari internet.
  13. Mudah untuk dibagikan kepada pengguna atau pembaca yang lainnya.

Pada dasarnya, adanya infografis ini sendiri merupakan cara terbaik yang bisa digunakan untuk penyampaian informasi dengan lebih cepat. Saat ini, hampir seluruh industri juga menggunakan infografis ini untuk menyampaikan informasi terkait produk maupun program yang sedang mereka jalankan. Mulai dari pemasaran, konsultan, pemerintahan, pendidikan, periklanan, bahkan juga berbagai bisnis besar yang lainnya. Kamu bisa menggunakan infografis ini kapan saja dan di mana saja jika dibutuhkan dalam penyampaian informasi penting.

Langkah Mudah Membuat Infografis Menarik

Terlepas dari adanya contoh infografis yang menarik, mungkin kamu juga akan merasa penasaran dengan proses pembuatannya. Saat ini, ada begitu banyak aplikasi yang menawarkan media pembuatan infografis ini dengan lebih mudah dan cepat. Beberapa diantaranya yaitu seperti Canva, Piktochart, Infogram, Vizualize, Venngage, Visme, Biteable, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, yang terpenting yaitu cara membuatnya seperti apa yang akan dijelaskan berikut ini.

Berikut ini merupakan langkah dalam membuat infografis seperti yang ada pada contoh infografis yang menarik diantaranya:

  1. Menentukan dengan lebih jelas terkait topik yang ingin untuk diangkat dan dibahas pada infografis yang akan dibuat.
  2. Menentukan target dari audiens yang ingin untuk disasar sesuai dengan topik yang digunakan atau diangkat tadi. Cara ini akan lebih memperbesar kesempatan dalam meraih keberhasilan kampanye yang ingin dilakukan.
  3. Mengumpulkan sebanyak-banyaknya terkait dengan data dan referensi yang dibutuhkan serta relevan dengan topik yang diinginkan.
  4. Mengimplementasikan data dan referensi yang dimiliki tadi ke dalam bentuk visual yang menarik. Buat infografis yang memiliki struktur cukup jelas agar mempermudah proses pembuatannya itu sendiri.
  5. Menentukan seperti apa rancangan dari grid layout yang efektif sehingga pembaca akan mudah untuk memahami isi dari informasi yang ingin untuk disampaikan.
  6. Menggunakan dan memanfaatkan template yang ada dari aplikasi yang menyediakan pembuatan infografis secara gratis.
  7. Menambahkan style tersendiri yang ada di dalam desain untuk menjadi pembeda dengan infografis yang lainnya.
  8. Infografis dibuat sesuai rancangan dan mengikuti layout yang sudah dibuat tadi hingga selesai dan terlihat menarik.

Jenis Infografis

Jika dilihat secara sekilas, mungkin kamu akan menganggap bahwa beberapa contoh infografis yang menarik yang pernah ditemukan sama. Akan tetapi, sebenarnya infografis ini sendiri memiliki beberapa jenis berbeda dengan satu sama lain. Penting untuk kamu yang tertarik dengan membuat infografis ini mengetahui apa saja jenis yang ada dan biasa digunakan dalam sehari-hari. Simak beberapa jenis infografis tersebut seperti yang ada dalam penjelasan berikut ini.

1. Infografis Statis

Jenis pertama yaitu menggunakan visual yang sifatnya statis dan tidak menggunakan konsep animasi yang bisa bergerak. Biasanya jenis satu ini akan digunakan pada visual yang lebih sederhana dan digunakan untuk berbagai kebutuhan yang ada. Penyajian yang dilakukan biasanya lebih bersifat menarik dan digunakan pada pembaca yang ingin untuk langsung memahami inti dari informasi yang disampaikan.  Hingga saat ini, para pengguna dari tahap internasional juga masih banyak yang menggunakan jenis satu ini karena lebih sederhana.

2. Infografis Animasi

Jenis kedua yaitu memiliki istilah lain yang dinamakan dengan animated infographics. Sesuai dengan namanya, kamu akan menemukan infografis satu ini yang menggunakan audio visual. Pembuat biasanya akan memilih untuk menggunakan dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Masyarakat biasanya akan lebih tertarik untuk melihat dari jenis satu ini karena memiliki tampilan yang jauh lebih menarik.

Dalam pembuatannya, terdapat beberapa unsur yang dipadukan untuk membuat tampilan yang semakin lebih menarik lagi. Unsur tersebut diantaranya seperti audio visual, gambar bergerak, dan juga latar belakang suara yang mendukungnya. Biasanya hal ini dilakukan untuk memperkuat penyampaian dari pesan maupun informasi yang ingin untuk ditangkap oleh masyarakat. Mengingat pembuatannya sendiri cukup rumit, ada banyak pihak yang terlibat seperti ilustrator, director, seniman dari dunia musik, dan sejenisnya.

3. Infografis Interaktif

Jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, infografis interaktif ini lebih kompleks dan rumit dalam pembuatannya. Jenis satu ini ingin langsung untuk menyasar penerima informasi agar bisa berinteraksi secara langsung dengan data yang disajikan. Pembuatannya sendiri juga tidak mudah karena harus melibatkan dari berbagai pihak dan ahli untuk membuat infografis interaktif yang menarik dan efektif. Kelebihannya yaitu pengakses bisa mendapatkan data yang mereka inginkan dengan lebih cepat dan menarik sesuai kebutuhan yang ada.

Contoh Infografis Menarik dan Interaktif Tentang Berbagai Topik

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai infografis, tentu saja kamu juga perlu untuk mengetahui contoh infografis yang menarik. Hal ini juga dilakukan untuk mempermudah kamu dalam memahami penjelasan yang tadi sudah disampaikan. Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi untuk bagaimana membuat infografis yang lebih menarik dan efektif dalam penyampaiannya. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa contoh infografis yang menarik yang bisa kamu perhatikan di bawah ini.

Contoh 1

promkes.kemenkes.go.id

Contoh 2

unicef.org

Contoh 3

tirto.id

Contoh 4

Contoh 5

Itu tadi merupakan penjelasan dan juga contoh infografis yang menarik yang bisa kamu temukan sehari-hari. Pada zaman seperti sekarang ini, penyajian data yang lebih sederhana dan mudah dipahami memang menjadi tren yang banyak dilakukan. Selain itu, hal ini dilakukan juga untuk mempermudah penyebaran informasi penting di antara masyarakat itu sendiri. Jika kamu penasaran dengan informasi terbaru lainnya, kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkannya hanya di blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah