11 Aplikasi untuk Membuat Infografis Secara Gratis di Laptop & HP

11 Aplikasi untuk Membuat Infografis Secara Gratis di Laptop & HP – Setiap hari ada saja informasi yang butuh disampaikan ke masyarakat luas. Media online yang kini menjamur di mana-mana tidak lagi hanya sekadar memberikan informasi dalam bentuk artikel atau teks saja. Namun, kini, infografis berkembang menjadi sebuah tren yang tidak terelakkan.

Aplikasi untuk Buat Infografis di Laptop dan Smartphone

unsplash.com – Photo: NordWood Themes

Infografis yang menjadi media untuk menyampaikan informasi dapat membuat konten yang kamu susun menjadi lebih menarik untuk dilihat dan bahkan dibaca oleh banyak orang. Konten yang dilihat oleh banyak orang tentunya akan memberikan keuntungan untuk kamu, yaitu meningkatkan traffic website. Infografis sendiri umumnya memiliki bentuk vertikal dengan persegi panjang yang khas.

Pada infografis termuat sejumlah elemen, baik itu teks, gambar, dan sebagainya. Pengemasannya yang dianggap menarik dan kreatif itulah yang menjadikan infografis sebagai tren untuk sampaikan informasi. Lalu, bagaimana caranya jika hendak membuat infografis? Apakah ada situs yang secara khusus menyediakan template atau konsep untuk membuat infografis?

Artikel di bawah ini akan memberikan kamu informasi paling dasar untuk membuat infografis, yakni aplikasi yang digunakan untuk membuatnya. Tidak perlu khawatir karena Mamikos akan bagikan daftar aplikasi untuk membuat infografis yang dapat digunakan secara gratis di smartphone dan juga perangkat komputer dan laptop maupun sejenisnya. Oleh karena itu, simak informasinya sampai selesai, ya.

Apa Itu Infografis?

Infografis atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan infographic merupakan media informasi yang disajikan dalam bentuk teks. Namun, tidak hanya sekedar teks saja karena infografis turut memadukan berbagai elemen visual lain, seperti gambar, ilustrasi, grafik, dan tipografi. Infografis identik dengan data yang dimuat dalam bentuk data dan angka yang kemudian disajikan dengan desain dan warna yang menarik. Demikian, hal itu dapat melahirkan konten-konten yang lebih interaktif, atraktif, dan sedap dipandang.

Jenis-Jenis Infografis

Infografis memiliki pembagian atas jenis-jenisnya yang disesuaikan dengan tujuan dari sebuah konten. Berikut ini adalah jenis-jenis infografis, antara lain:

1. Animasi

Jenis yang paling pertama adalah animasi bergerak. Pada animasi termuat beberapa elemen penting, yakni audio dan visual. Kedua elemen tersebut disatukan menjadi konsep yang sesuai dengan kebutuhan konten.

2. Statis

Berikutnya, adalah jenis infografis yang  berbentuk visual statis. Infografis nantinya akan disajikan dalam bentuk sederhana yang tidak mengandalkan audio maupun animasi bergerak. Visual statis hanya memiliki tampilan berwujud gambar atau ilustrasi yang dimaksudkan menginformasikan suatu konten atau topik. Kelebihan dari jenis infografis ini adalah sederhana, mudah dipahami, dan tidak rumit untuk memahaminya.

3. Interaktif

Terakhir, ada jenis infografis yang lebih rumit dibandingkan jenis animasi dan statis. Faktanya, perbedaan dasarnya terdapat pada sasaran informasi, di mana interaksi dapat dilakukan secara langsung dengan data yang tersaji. Oleh karena itu, perlu untuk jenis infografis statis dibawahi oleh seorang programmer atau developer guna menghasilkan media yang interaktif. 

Aplikasi Buat Infografis yang Gratis di Semua Perangkat

Internet menjadi tempat untuk mencari berbagai hal sehingga menjadi penyedia untuk segala tools yang dibutuhkan. Salah satu di anataranya adalah ketika kamu hendak membuat infografis. Di internet, kamu dapat temukan sejumlah situs yang menyediakan jasa tersebut dan dapat membantu kamu menghasilkan suatu karya. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat infografis secara cuma-cuma dan dapat di install pada perangkat komputer, laptop, smartphone, dan sejenisnya:

1. Canva

canva.com

Canva merupakan online tools yang dapat digunakan dengan mudah. Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai tools yang lengkap jika kamu hendak membuat berbagai macam grafis. Aneka grafis yang dapat dibuat dengan menggunakan Canva adalah prosedur hingga presentasi. Sebab, pada aplikasi ini tersedia alat seperti, images, fonts, icon, dan berbagai fitur lainnya yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila kamu tidak ingin membuat desain infografis dari nol, maka template-template yang tersedia dapat digunakan. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam pembuatan infografis atau hanya sekadar sebagai rujukan saja. Namun, perlu diketahui tidak semua template dapat diaplikasikan secara gratis. Beberapa template Canva ada yang dikhususkan hanya untuk member VIP saja.

Pada aplikasi Canva sendiri tersedia pula fitur Infographic Maker yang dapat digunakan secara gratis. Di sana, kamu akan menemukan banyak template dengan berbagai macam tema. Untuk menggunakan Canva, kamu dapat mengaksesnya melalui situs berikut canva.com atau meng-install aplikasi Canva.

2. Mind the Graph

producthunt.com

Berikutnya, ada situs bernama Mind the Graph. Situs atau website tersebut dapat membantu kamu untuk membuat infografis. Sosok dibalik situs tersebut adalah komunitas peneliti dan ilmuwan. Namun, tidak perlu khawatir karena mereka mengizinkan akses nya untuk umum.

Setidaknya terdapat 3.000 ilustrasi ilmiah dan template infografis yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun, terdapat peraturan khusus, yaitu pengguna gratis tidak dapat menggunakan template infografis yang dibuat oleh Mind the Graph. Artinya, jika kamu hendak menggunakannya maka perlu membuat infografis sendiri dari awal.

3. Design Wizard

educate.designwizard.com

Design Wizard merupakan perangkat lunak khusus untuk desain grafis online yang dimaksudkan untuk membantu penggunanya membuat konten visual. Terdapat ribuan kerangka dan lebih dari satu juta gambar (images) yang dapat kamu gunakan sesuai dengan keinginan. Kamu hanya perlu menggunakan konsep drag dan drop untuk memilih template mana yang hendak diinginkan.

4. Google Chart

sdocs.com

Google Chart merupakan produk yang berasal dari Google Developer. Layanan ini mudah untuk digunakan dan juga gratis. Di mana kamu dapat memilih berbagai macam chart yang sudah tersedia dan mengimplementasikan berbagai data yang bertujuan untuk membuatnya senda dengan website mu. Untuk kelebihannya, mereka menyediakan variasi yang luas untuk kamu yang hendak membuat infografis.

Kemudian, kelebihan yang ditawarkan oleh Google Chat adalah desain yang melimpah, tetapi dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya. Gaya dan format yang dibuat pun bisa menyesuaikan dengan seleramu. Aplikasi ini akan sangat mempermudah dan membantu desain infografis mu.

5. Venngage

venngage.com

Venngage adalah aplikasi yang tawarkan sejumlah pilihan untuk berbagai kebutuhan grafis. Beberapa pilihan tersebut di anatranya adalah poster, laporan, sampai dengan infografis. Selain itu, pada bagian infografis juga terdapat opsi tambahan yang memuat topik dan kategori inforgarif tertentu, yaitu:

  1. Charts
  2. Statistical
  3. Informational
  4. Process
  5. Comparison
  6. Tutorial
  7. Geographic

6. Biteable – Video Infographic Maker

influencermarketinghub.com

Tahukah kamu jika infografis tidak hanya bisa dibuat dalam bentuk gambar saja, tetapi juga dalam format video.

Gambar yang disusun secara urut atau klip berupa animasi pendek yang menggunakan aneka visual dan berbagai materi multimedia sebagai cara untuk mengkomunikasikan pesan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami yang tentunya dapat menarik lebih banyak perhatian khalayak luas. Infografis berupa video dapat lebih bermanfaat da juga dinikmati karena menampilkan karakter animasi.Terdapat sejumlah manfaat dari infografis yang memiliki format video, di antaranya adalah mempermudah public untuk memahami topik utama dan mengingat informasi yang dibagikan.

7. Piktochart

support.piktochart.com

Piktochart dapat menjadi referensi selanjutnya bila kamu ingin membuat infografis. Infografis pada situs ini memiliki jenis infografis yang berbeda, mulai dari yang tradisional (bentuk vertikal, ukuran power point (bentuk horizontal), laporan dan poster.

Langkah yang mesti dilakukan untuk membuat infografis di Piktochart adalah kemudahannya. Kamu dapat membuat infografis sendiri berdasar pada perspektif pribadi. Tidak hanya itu, kamu juga memiliki kebebasan untuk membuat infografis dari awal atau bisa juga menggunakan template mereka.

8. Snappa

snappa.com

Snappa menjadi salah satu Langkah yang menarik untuk kamu jika tidak memiliki latar belakang desain, tetapi juga ingin membuat gambar visual. Untuk yang satu ini, fokus Snappa bertitik berat di grafis dan bukan foto.

9. Info.gram

glints.com

Kemudian, berikutnya ada Info.gram. Situs tersebut menawarkan banyak template simple yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu telah memilih template yang di mau, Langkah selanjutnya adalah mengedit elemen-elemen yang termuat pada template tersebut. Perlu diketahui bahwa situs ini menjadi rekomendasi untuk kamu yang bermaksud membuat infografis berbentuk grafis.

 10. Visme

dashboard.visme.co

Visme merupakan layanan yang dapat terbilang baru, yaitu pada tahun 2013. Situs ini menyediakan berbagai layanan yang akan membantu kamu untuk menghasilkan karya berupa animasi, banner, presentasi, mockups, hingga infografis secara online.

Pertama-tama, jika hendak menggunakannya, kamu perlu masuk atau login dengan akun mu terlebih dahulu. Setelahnya, kamu bisa memilih tipe project yang ingin dibuat, yaitu infografis. Sejumlah template disediakan secara cuma-cuma, tetapi ada juga template yang hanya dapat diakses bila kamu member premium.

Kamu dapat mendesain infografis dengan berbagai tools yang disediakan oleh situs Visme. Kemudian, situs ini juga memiliki keistimewaan. Visme mengizinkan penggunanya untuk membuat sebuah objek menjadi suatu animasi.

11. Easel.ly

easel.ly

Terakhir, ada website yang termasuk kategori paling mudah untuk digunakan untuk membuat infografis. Seperti aplikasi dan situs sebelumnya, Easel.ly juga menyediakan beragam template yang dikelompokkan sesuai kategori. Jika template yang diingin sudah kamu temukan, kamu dapat langsung memanfaatkan beragam tools yang tersedia di sana untuk membuat infografis. 

Cara Membuat Infografis

Beralih ke informasi selanjutnya, topik yang akan dibahas adalah tentang cara atau Langkah-langkah untuk membuat infografis.

1. Tentukan Topik atau Tema

Langkah paling dasar yang perlu dilakukan untuk membuat infografis adalah menentukan topik untuk konten. Konsep awal yang matang merupakan pondasi dari keseluruhan ide tersebut.

Sebelum menentukan topik atau tema, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai target audiens yang akan dituju. Lalu, kamu juga perlu memperhitungkan, apakah infografis tersebut dibuat dengan tingkat relevansi yang tinggi untuk masa sekarang atau tidak. Hal itu nantiya akan berkaitan dengan trafik yang didapatkan.

2. Tentukan Audiens

Berikutnya, fokuskan target audiens sesuai dengan tujuan konten tersebut. Kamu juga dapat memproyeksikan beberapa elemen guna menentukan audiens secara lebih spesifik. Contohnya adalah didasarkan pada profesi, gender, latar belakang Pendidikan, usia, sampai dengan domisili.

3. Kumpulkan Data dan Referensi

Jika kamu sudah Menyusun topik dan menemukan kategori audiens yang cocok untuk kontenmu, maka kita akan beralih ke langkah berikutnya. Langkah yang selanjutnya adalah mengumpulkan informasi dan referensi yang berkaitan dengan konten. Untuk mencari referensi tersebut, kamu bisa menggunakan berbagai media atau platform seperti, internet, jurnal, artikel, buku, dan bahkan mencari informasi langsung di lapangan.

4. Visualisasikan Data

Kemudian, kamu bisa mengimplementasikan data ke dalam bentuk visual hingga struktur infografis dapat tersusun. Terdapat sejumlah metode yang dapat digunakan, salah satu di anatranya ialah metode ICCORE. ICCORE sendiri gabungan dari berbagai metode, yaitu Inform, Compare, Change, Organize, Relationship, dan Explore.

5. Rancang Struktur Grid Layout

Langkah kelima, yaitu menentukan rancangan grid layout. Tujuan dari grid layout tersebut untuk menyeimbangkan tata letak pada setiap elemen seperti, ilustrasi, teks, gambar, dan sebagainya. Pada saat kamu membuat layout, pastikan untuk menyesuaikannya dengan perilaku audiens dalam mengkonsumsi informasi yang dibagikan. Selain itu, penggunaan struktur grid dapat membantu Menyusun elemen dengan tujuan audiens lebih mudah saat membaca dan memahami konten yang dibuat. 

Demikian informasi yang pada kesempatan kali ini Mamikos bagikan untuk kamu. Semoga artikel di atas bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaanmu. Jangan lupa untuk bagikan informasi ini ke orang-orang di sekitarmu, ya. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah