7 Gambar Desain Rumah Minimalis Modern 2021, Cocok Untuk Keluarga Kecil

7 Gambar Desain Rumah Minimalis Modern 2021, Cocok Untuk Keluarga Kecil – Rumah dengan desain minimalis kini tengah menjadi tren di masyarakat tanah air. Memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan desain lainnya, rumah minimalis merupakan rumah yang fungsional dari segi penataan ruang. Tertarik ingin memilik rumah minimalis yang sederhana namun tetap tampak modern untuk keluarga? Di bawah ini Mamikos ada beberapa referensi gambar desain rumah minimalis modern yang cocok untuk keluarga kecil.

Berikut Referensi Desain Rumah Minimalis Modern

cdn-brilio-net.akamaized.net

Ciri-ciri Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis kini menjadi sangat populer. Banyak orang yang berlomba-lomba ingin membangun rumah dengan desain minimalis. Rumah minimalis memang memiliki kesan yang sederhana namun elegan. Rumah dengan desain minimalis memiliki banyak kelebihan dibanding desain lainnya khususnya dari segi penghematan ruang dan biaya.

Berikut adalah ciri-ciri desain rumah minimalis yang perlu kamu ketahui sebelum membangun rumah dengan desain minimalis.

1. Tata ruang sederhana

Rumah minimalis populer karena memiliki tata ruang yang polos, sederhana serta efisien. Dengan memiliki bentuk yang sederhana, rumah minimalis umumnya memiliki dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan.

2. Memiliki arsitektur bangunan yang geometris

Umumnya, bangunan rumah minimalis dibangun dengan bentuk geometris yang tegas. Tak heran jika kamu sering menjumpai rumah minimalis dengan bentuk kotak kubus atau balok saja. Atau paling tidak atapnya datar tanpa tambahan dekorasi atau lekukan-lekukan yang tidak perlu.

3. Lebih mengoptimalkan fungsi jendela kaca

Ciri rumah minimalis selanjutnya yang mungkin sering kamu jumpai adalah intensitas penggunaan kaca. Tak bisa kamu pungkiri, ketika kamu melihat rumah minimalis pastinya mata kamu akan langsung tertuju pada kaca jendela yang lebar dan besar. Jendela lebar dan besar tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan udara dan sinar matahari. Dengan begitu, ingkat kelembaban dalam rumah akan selalu terjaga dan penghuni pun akan mendapatkan pencahayaan alami. 

4. Identik dengan warna dinding bersih dan lembut

Rumah minimalis umumnya didominasi dengan warna putih atau abu-abu. Kedua warna tersebut dinilai netral dan memberikan kesan sangat bersih. Kedua warna ini juga memperkuat desain rumah minimalis agar terlihat sederhana, elegan dan modern.

5. Pemberian detal eksterior sederhana tanpa dekorasi

Selain menggunakan warna putih dan abu-abu, kebanyakan orang juga akan memilih material bertekstur untuk memberikan detail lebih pada eksterior rumah minimalisnya. Namun perlu diingat, detail ini juga akan tetap berbentuk sederhana seperti garis tegas tanpa tambahan dekorasi apapun.

6. Minim sekat dan pembatas ruangan

Ciri selanjutnya dari rumah minimalis adalah tidak memiliki banyak sekat atau pembatas ruangan. Hal ini dikarenakan rumah minimalis mengutamakan efisiensi ruang. Jika menggunakan sekat atau pembatas ruangan, maka akan membuat ruangan tampak semakin sempit. Pada rumah minimalis, biasanya ruang keluarga, ruang makan dan dapur akan berada di satu ruangan yang sama dan hanya dipisahkan oleh furniture saja.

7. Menggunakan furniture yang minimalis

Akan kurang rasanya jika rumah minimalis tidak menggunakan tambahan furniture yang minimalis pula. Hadirnya furniture ini akan semakin menunjang konsep minimalis. Bentuk perabotan yang dipilih umumnya tidak akan terlalu besar dengan banyak dekorasi. Dengan begitu, furnitur-furnitur ini akan mampu menonjolkan fungsi sementara tetap menggunakan space seminimal mungkin.

Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan jika memiliki rumah dengan desain minimalis modern.

1. Hemat ruang

Keuntungan pertama dari memiliki rumah minimalis adalah hemat ruang. Perlu kamu ingat bahwa rumah minimalis adalah rumah yang fungsional secara penataan ruang. Umumnya, tiap bagian di dalam rumah akan dibuat untuk fungsi tertentu karena rumah minimalis tidak akan menyia-nyiakan sisa ruangan yang ada hanya untuk menimbulkan kesan tertentu.

2. Hemat waktu

Memiliki tampilan yang sederhana dan fungsional membuat rumah minimalis tidak membutuhkan tambahan dekorasi yang tidak bermanfaat. Dengan demikian, pengerjaan rumah minimalis akan dapat terselesaikan dengan sangat cepat. Hal ini menjadi salah satu kelebihan rumah minimalis yang digemari masyarakat. Kini di negara berkembang seperti Amerika dan China, membangun rumah minimalis 1 lantai dapat selesai dengan sempurna hanya dalam waktu 1 hari saja dengan bantuan teknologi bangunan pra cetak.

3. Hemat biaya

Kelebihan dari rumah minimalis selanjutnya adalah hemat biaya. Karena rumah minimalis tidak memerlukan dekorasi yang berlebihan, maka otomatis akan menekan biaya pembangunan. Terlebih jika pengerjaannya sangat cepat, maka akan mengurangi ongkos pengerjaan rumah pula. Kamu dapat membangun rumah dengan tipe 21 yang sudah diselesaikan dengan finishing sempurna dengan harga yang kurang dari 60 juta rupiah. Secara tidak langsung ini membuktikan bahwa membangun rumah minimalis memiliki biaya yang sangat terjangkau.

4. Perawatannya mudah

Karena memiliki bentuk yang sederhana, rumah minimalis akan jauh lebih mudah dijangkau dan dibersihkan. Kamu dapat membersihkan rumah dengan sangat cepat. Tak hanya itu saja, rumah minimalis juga akan lebih mudah diperbaiki karena banyak menggunakan bahan pra cetak dengan bentuk yang simpel.

5. Tidak ketinggalan zaman

Rumah minimalis adalah desain rumah yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Hal ini dikarenakan rumah minimalis memiliki desain yang bersifat generik sehingga cocok untuk semua kalangan. Rumah minimalis juga memiliki sedikit permainan tata ruang, pengaturan interior dan perawatan berkala sehingga akan terlihat elegan dan modern.

6. Ramah lingkungan

Dikarenakan rumah minimalis identic dengan hemat ruangan, secara otomatis kamu dapat menyediakan sisa lahan guna membangun ruang hijau seperti taman kecil. Nantinya, taman ini akan berfungsi sebagai sarana untuk menanam tumbuhan guna menambah oksigen, menyediakan area penyerapan air hujan dan memperindah rumah. 

7. Cocok untuk umum

Desain rumah minimalis adalah desain rumah yang universal secara internasional. Rumah minimalis kini dapat dibangun oleh siapa saja tanpa harus memandang status sosial dan lainnya. Kini, rumah minimalis telah menjadi rumah sejuta umat terlebih di Indonesia. Kamu pun dapat membangun sendiri rumah minimalis impian dengan desain yang kamu sukai.

Contoh Desain Rumah Minimalis

Setelah mengetahui ciri dan kelebihan dari rumah minimalis, di bawah ini Mamikos punya beberapa referensi desain rumah minimalis yang modern dan cocok untuk keluarga kecil.

1. Rumah Minimalis Nuansa Putih

rukita.co

2. Rumah Minimalis Atap Limas

desain.id

3. Rumah Minimalis Type 36

qhomemart.com

4. Rumah Minimalis 1 Lantai

jendelabaru.com

5. Rumah Minimalis 2 Lantai

i2.wp.com

6. Rumah Minimalis 3 Lantai

apollo-singapore.akamaized.net

7. Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

i1.wp.com

Oke, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait contoh desain rumah minimalis yang modern dan elegan untuk keluarga kecil. Mendesain rumah dengan konsep minimalis modern memang bukanlah perkara yang mudah, tapi juga tidak begitu sulit. Asalkan kamu tahu apa yang dibutuhkan, maka kamu akan mendapatkan rumah minimalis dan modern sesuai dengan selera. Jika kamu membutuhkan informasi lainnya khususnya terkait info kost, jangan lupa download aplikasi Mamikos dan temukan infonya disana.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah