8 Situs Gratis Download Template PPT Sidang Skripsi, Seminar

Posted in: Edukasi
Tagged: Template PPT

8 Situs Gratis Download Template PPT Sidang Skripsi, Seminar – Kegiatan presentasi atau berbicara di depan khalayak dengan tujuan tertentu sudah sering kita jumpai. Pada kegiatan seminar, acara resmi, bahkan sidang skripsi, kamu bisa menjumpai presenter yang mempresentasikan materinya. Mereka menyampaikan topik dengan bantuan tayangan slide power point (ppt) untuk memudahkan penjelasan.

Situs untuk Mendownload Template PPT

pixabay.com

Keberhasilan presentasi ditentukan banyak faktor, mulai dari pembawaan presenter, materi yang disampaikan, cara penyampaian, penulisan materi pada slide, hingga template ppt. Ketika kamu mendengarkan presenter menerangkan slide berisi tulisan yang penuh, pasti kamu merasa bosan. Lain halnya jika presenter mampu menyajikan materi dengan ringan dan tidak menuliskan seluruh materi pada layar.

Presentasi yang baik tidak hanya memindahkan apa yang ada di buku. Lebih dari itu, presenter harus mampu mengolah apa yang akan disampaikannya. Idealnya, slide ppt menampilkan ringkasan atau poin-poin penting materi saja. Untuk mempertahankan fokus pendengar, presenter bisa menambahkan ilustrasi dan gambar yang menarik.

Template ppt yang digunakan pada acara resmi akan berbeda dengan template untuk acara hiburan. Begitu pula template yang akan kamu tampilkan untuk sidang skripsi dan seminar yang sifatnya formal. Hindari penggunaan template yang terlalu ramai atau memiliki banyak ilustrasi. Agar presentasi sidang skripsi dan seminar bisa maksimal, Mamikos akan memberikan informasi terkait situs gratis tempat download template ppt.

1.Free Powerpoint Templates Design

Website ini menyediakan pilihan desain ppt sesuai kebutuhan penggunanya. Untuk mendapatkan template ppt yang tepat saat sidang skripsi atau seminar, cari template dengan kata kunci ‘professional’ atau ‘simple’. Kamu bisa mendapatkan banyak pilihan template ppt sesuai kebutuhan, mulai dari template untuk presentasi non formal hingga presentasi acara formal.

Template pada website tersebut dapat didownload gratis. Keunggulan website ini adalah variasi ilustrasi pada setiap template. Ketika kamu mendownload sebuah template, sudah ada puluhan desain berbeda yang bisa membuat presentasimu semakin menarik. Tidak hanya itu, terdapat penjelasan mengenai ikon yang tersedia pada template tersebut untuk diubah sesuai kebutuhan. Grafik vektor pendukung template pun bisa dimodifikasi.

Seluruh template sudah dilengkapi background atau latar belakang yang masih bisa kamu sesuaikan. Tinggal tambahkan gambar atau ilustrasi pendukung sesuai materi yang akan dibawa. Template sangat cocok digunakan untuk seminar, sidang skripsi, bahkan keperluan bisnis. Namun, pengguna tidak diizinkan untuk mengekstrak grafik yang ada pada template tersebut.

2.Slidescarnival

Pilihan untuk mendownload template ppt bertema formal bisa kamu dapatkan di Slidescarnival. Pengguna bisa memilih template berdasarkan filter warna atau tujuan penggunaan template. Terdapat pilihan template yang bersifat formal, simpel, elegan, ceria, kreatif, hingga untuk keperluan bisnis.

Jika mencari template ppt untuk keperluan sidang skripsi atau seminar, carilah di bagian ‘formal’ atau ‘simple’. Pertimbangkan desain yang akan memudahkan audiens melihat pesan yang disampaikan oleh presenter. Jangan sampai terlalu banyak ilustrasi pada template membuat audiens bingung pada poin penting yang disampaikan.

Mendownload template di slidescarnival juga cukup mudah. Setelah menentukan jenis template, kamu bisa melihat variasi template yang akan terdownload dari menu ‘go to preview and download’. Jika merasa cocok dengan tema tersebut, langsung klik ‘download as powerpoint template’. Tinggal ubah urutan slide dan isi materi yang akan kamu sampaikan.

3.Powerpointify

Website penyedia template ppt yang lengkap juga ada di Powerpointify. Berbagai macam template terbaik untuk mendukung presentasi sidang skripsi, seminar, bahkan kepeluan bisnis bisa kamu dapatkan. Ada ribuan template ppt yang siap diunduh secara gratis dan tentunya berkualitas tinggi. Template tersebut juga bisa diedit untuk disesuaikan kebutuhan penggunanya.

Tentukan terlebih dahulu jenis template yang akan kamu gunakan karena melihat banyak pilihan pasti akan membuatmu semakin bingung. Template-template tersebut dibuat para desainer top dari berbagai negara. Setiap template memiliki keunikan tersendiri, sehingga kamu bisa memilih template yang mewakili kepribadian atau gayamu. Sesuaikan template yang kamu download dengan jurusan atau program studi yang ditempuh. Sebab, pada powerpontify sudah ada pengkategorian untuk template di bidang kedokteran, teknologi, pendikan, dan sebagainya.

4.Hislide.io

Website hislide.io menyediakan pilihan template ppt sekaligus template untuk membuat resume atau CV. Selain menyediakan template untuk keperluan formal seperti sidang skripsi dan seminar, pengguna bisa mencari template berupa chart, template diagram, bahkan ilustrasi tiga dimensi. Tentunya template tambahan tersebut bisa mendukung penyampaian data presenter. Apalagi desain pada template chart dan diagram sangat beragam.

Keunggulan website penyedia template ppt hislide.io adalah adanya keterangan atau penjelasan pada template sebelum didownload. Pengguna bisa mengetahui jumlah variasi slide yang diberikan, ketersediaan animasi pada slide, dan versi power point yang didukung. Kamu tidak perlu khawatir untuk memanfaatkan fasilitas pada website karena sudah ada keterangan bahwa slide tersebut bersifat gratis, bisa diakses penuh, atau memang diperuntukkan bagi pengguna yang belum terdaftar.

5.Slidesgo

Jenis template yang sangat beragam bisa kamu dapatkan di Slidesgo. Terdapat filter pencarian template berdasarkan warna, gaya, template populer, template terbaru, dan berdasarkan keperluan. Langsung saja pilih template yang sifatnya formal agar bisa diterapkan saat sidang skripsi atau seminar. Biasanya, template yang formal terdapat pada kategori ‘business’ atau ‘education’. Pilih template yang tidak memuat terlalu banyak ilustrasi dan fokuslah pada informasi yang akan kamu sampaikan.

Keunggulan website slidesgo terletak pada tersedianya template infografis. Ada banyak pilihan jenis infografis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan data yang akan disampaikan saat presentasi. Jika ingin menyampaikan data skripsi terkait hasil penelitian berupa tahun, infografis dengan desain formal sangat cocok digunakan. Template infografis berupa peta pun bisa kamu dapatkan melalui website ini.

6.24slides.com

Jika kamu ingin mempresentasikan data hasil skripsi atau data penting untuk seminar, 24Slides.com adalah pilihan tepat. Selain menyediakan variasi template untuk presentasi, ada pula template khusus data, baik berupa tabel, grafik, maupun chart. Bahkan, pada setiap template data tersebut sudah dilengkapi ilustrasi pendukung. Website ini sangat cocok digunakan untuk mencari template yang bertema profesional. Dengan demikian, presentasimu akan semakin meyakinkan.

7.Graphicmama

Download template ppt yang tepat untuk sidang skripsi dan seminar di Graphicmama. Ada banyak pilihan template ppt bertema bisnis dan minimalis. Dapatkan ratusan referensi slide ppt yang sesuai untuk kebutuhan presentasimu. Jika ingin mendapatkan slide yang lebih lengkap, kamu bisa menjadi member premium yang berbayar.

8.Envato

Belum mendapatkan pilihan template ppt yang sesuai kebutuhan? Envato menyediakan lebih dari 40 ribu pilihan slide yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tedapat ikon-ikon yang dapat diedit serta adanya efek animasi pada slide ppt tersebut. Pengguna hanya tinggal menambahkan gambar dan mengubah tulisan yang akan ditampilkan. Kelebihan website ini terdapat pada kelengkapan informasi yang diberikan. Pengguna bisa membaca informasi terkait daftar konten sebelum mengunduhnya. Misalnya saja informasi terkait adanya slide cover, pesan pembuka, mockup, infogafis, flowchart, ucapan terima kasih, dan sebagainya.

8 Hal yang Harus Ada di Slide PPT Presentasi Skripsi

Setelah informasi mengenai situs gratis untuk mendownload template PPT sidang skripsi atau seminar selesai kamu baca dan pelajari, kini tiba saatnya untuk kamu tahu hal-hal apa saja yang harus ada dalam slide PPT presentasi tersebut.

Pada poin kali ini Mamikos akan coba memberikan gambarannya untuk kamu. Simak dengan saksama penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

a. Slide 1

Pada slide pertama ini kamu bisa mengisi PPT presentasi kamu dengan beberapa poin besar yang sudah Mamikos cantumkan di bawah ini.

– Judul Skripsi

Kamu harus membuat judul skripsi yang menarik dan bisa mewakili atau menggambarkan keseluruhan isi skripsi kamu. Jika kamu kesulitan menemukan kata atau kalimat yang tepat, perbanyak kosa kata kamu dengan membuka kamus atau melihat-lihat jurnal ilmiah.

Biasanya di sana kamu akan menemukan beberapa referensi kata atau diksi yang tepat untuk menggambarkan isi dari skripsi kamu. Nah, disitulah kamu dapat menyusun judul skripsi yang tepat.

– Nama kamu (sebagai penyusun)

Poin yang tak boleh terlewat di slide 1 ini setelah kamu mencantumkan judul tentu saja nama kamu sebagai penyusun. Ibarat manusia, PPT presentasi skripsi kamu tersebut pun butuh ‘identitas’. Jadi, jangan sampai kamu terlewatkan untuk menuliskan nama kamu di dalam presentasi PPT kamu.

– Nama pembimbing (jangan sampai terlewat)

Setelah nama kamu sebagai penyusun yang dicantumkan di sana, hal satu ini juga usahakan tidak terlupa, yakni mencantumkan nama pembimbing di slide pertama presentasi PPT skripsi kamu.

Sebab, tanpa bantuan dosen pembimbing kamu, mustahil skripsi kamu dapat tersusun dengan baik dan bisa kamu presentasikan kemudian.

– Identitas kampus

Masih di slide pertama, identitas kampus kamu jangan sampai lupa kamu tuliskan di sana. Identitas kampus ini terdiri dari nama kampus, alamat dan bisa juga dibubuhi nomor kontak sekretariat kampus kamu.

b. Slide 2

Usai penjelasan isi slide 1, lanjut ke slide selanjutnya yaitu slide kedua. Beberapa poin yang perlu kamu masukkan dalam slide kedua ini sudah Mamikos lampirkan di bawah ini.

– Data atau fenomena

Poin pertama yang harus ada di slide kedua presentasi PPT skripsi kamu adalah data atau fenomena yang berkaitan dengan skripsi kamu. Data ini sangatlah penting dan juga menjadi hal yang bersifat esensial.

Jangan sampai kamu menyampaikan sebuah isu namun hanya berdasarkan pada pandangan pribadi saja. Sebab, ini merupakan karya ilmiah yang akan menentukan langkah kamu kedepan. Jadi, buatlah lampiran data atau fenomena yang lengkap dan meyakinkan.

– Kondisi Ideal

Setelah melampirkan data atau fenomena yang berkesinambungan dengan isu yang kamu angkat, tidak lupa sampaikan juga bagaimana kondisi ideal yang semestinya. Kamu bisa menyampaikan pandangan kamu pada isu tersebut.

– Masalah atau rentang antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal yang seharusnya

Sudah menyampaikan bagaimana kondisi ideal dari isu yang kamu angkat? Sekarang jabarkan atau beberkan apa saja masalah dan rentang antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal yang semestinya tadi.

– Hal menarik untuk diteliti

Di urutan terakhir pada slide kedua ini kamu dapat mencantumkan apa saja hal menarik yang dapat diteliti dari isu yang kamu angkat. Biasanya setelah menuliskan kondisi ideal dan masalah atau rentang kondisi, poin ini akan jadi jauh lebih mudah untuk disusun.

c. Slide 3

Untuk slide ketiga, hanya ada satu poin yang bisa kamu sampaikan dalam presentasi PPT skripsi kamu, yaitu:

– Rumusan masalah dan pertanyaan penelitian

Di slide ketiga ini kamu akan terfokus pada rumusan masalah dan pertanyaan seputar penelitian dari isu yang kamu angkat tersebut. Jadi, kamu perlu menuliskan rumusan masalah ini dengan sangat detail dan saksama.

Usahakan tidak ada yang terlewat untuk kamu sampaikan di sana. Meskipun nanti akan ada pertanyaan, tapi kamu sudah menguasai mengenai rumusan masalahnya jadi kamu bisa lebih mudah menjawabnya.

d. Slide 4

Dalam slide keempat pun hanya ada satu penjelasan saja yang dapat kamu tuliskan yaitu mengenai konsep penting dari isu yang kamu angkat dalam skripsi kamu.

– Kajian Pustaka (Konsep – konsep penting atau kajian pustaka)

Pada slide 4 ini kamu perlu menjabarkan mengenai kajian pustaka atau konsep penting dari skripsi kamu. Kajian pustaka merupakan suatu kegiatan penelitian yang tujuan kajiannya adalah untuk meneliti teori atau konsep yang berkaitan dengan topik yang kamu teliti.

Kajian pustaka ini perlu ada sebab menjadi dasar untuk dapat melangkah ke penelitian selanjutnya.

e. Slide 5

Di slide kelima, ada beberapa poin yang perlu kamu jabarkan dengan baik satu persatu. Poin-poin tersebut adalah:

– Metode penelitian

Poin pertama di slide pertama ini kamu perlu mencantumkan metode penelitian. Pada dasarnya terdapat dua metode penelitian dalam penyusunan sebuah skripsi, yakni metode kualitatif dan metode kuantitatif.

Perbedaan dari metode kualitatif dan kuantitatif terletak pada data yang akan digunakan dan bagaimana cara menganalisa. Meski demikian, keduanya sama-sama dapat digunakan untuk menyusun skripsi apapun jurusannya.

– Populasi dan sampel

Setelah metode penelitian, kamu perlu mencantumkan juga populasi dan sampel. Sederhananya populasi merupakan rangkuman keseluruhan dari subjek penelitian skripsi kamu, sedangkan sampel adalah bagian dari populasi tadi.

Sedangkan nilai yang dihitung dan diperoleh dari populasi tersebut nantinya akan disebut dengan parameter. Untuk penjelasan lengkap mengenai populasi dan sampel sudah Mamikos tuliskan di sini.

Populasi adalah seluruh jumlah dari subjek yang diteliti oleh kamu sebagai peneliti. Contohnya, 100 orang dapat dikatakan sebagai populasi karena terlibat dalam suatu penelitian. Namun, ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa pengertian populasi adalah seluruh variabel yang terikat pada topik penelitian.

Lalu pengertian sampel adalah bagian dari populasi tersebut dan memiliki karakteristik yang mirip dengan populasi. Sampel dapat dikenal juga sebagai contoh. Nilai hitungan yang dihasilkan dari sampel tersebut yang nantinya akan dikenal dengan istilah statistik.

– Pengumpulan data

Berikutnya adalah pengumpulan data yang harus ada dalam presentasi PPT skripsi kamu. Pengumpulan data tersebut harus dilakukan demi memperoleh sebuah informasi yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan penelitian.

Sebelum melakukan penelitian, biasanya seorang peneliti sudah memiliki taksiran berdasarkan teori yang hendak dia gunakan. Dugaan ini yang kita kenal dengan hipotesis. Untuk membuktikan sebuah hipotesis secara empiris, peneliti wajib mengumpulkan data-data untuk diteliti secara menyeluruh.

– Teknik analisis data

Teknik analisis data merupakan sebuah metode untuk memproses data-data agar menjadi sebuah informasi. Saat kamu melakukan sebuah penelitian, kamu perlu menganalisis data tersebut supaya lebih mudah dimengerti.

Analisis data juga sangat dibutuhkan supaya di akhir ditemukan sebuah solusi atas permasalahan dari penelitian yang sedang dikerjakan tersebut.

f. Slide 6

Di slide keenam ini hanya ada satu poin saja yang wajib kamu lampirkan dan jelaskan yakni hasil dan pembahasan.

– Hasil dan pembahasan

Dalam sebuah penyusunan penelitian tentu saja hasil dan pembahasannya perlu kamu lampirkan. Dalam menuliskan hasil dan pembahasan, kamu tidak bisa sembarangan. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa menjelaskan hasil dan pembahasan tersebut melalui grafik dan tabel.

g. Slide 7

Dua slide sebelum akhir kamu perlu mencantumkan apa kesimpulan dan saran dalam presentasi PPT skripsi kamu.

– Kesimpulan dan saran

Intinya kesimpulan merupakan hasil akhir dari isu atau penelitian yang sudah kamu lakukan di atas. Buatlah semacam pendapat akhir sebelum kamu menyudahi penelitian kamu tersebut.

h. Slide 8

Pada slide terakhir ini hanya penulisan ucapan terimakasih yang dapat kamu tujukan pada orang-orang yang telah mendukung dan membantu kamu dalam penyusunan penelitian atau skripsi kamu tersebut.

– Ucapan Terimakasih

Di slide terakhir presentasi PPT kamu, jangan lupa untuk mencantumkan ucapan terimakasih. Sebab, skripsi kamu pasti tidak akan jadi atau sempurna tanpa adanya dukungan dan bantuan dari beberapa pihak terkait.

Demikian informasi 8 situs gratis download template PPT sidang skripsi, seminar yang dapat kamu gunakan. Untuk menghindari tampilan ppt yang sama dengan teman lainnya, lakukan modifikasi dengan berkreasi pada font atau penambahan gambar.

Sebelum menjalani presentasi, periksa kembali setiap slide ppt yang akan ditampilkan. Hindari kesalahan penulisan kata (typo) dan pemberian gambar yang tidak relevan. Slide ppt juga akan semakin menarik dengan adanya sedikit animasi transisi antar slide maupun animasi saat ada konten yang dimunculkan. Sudah siap untuk membuat ppt terbaik untuk sidang skripsi dan seminar?

Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah