6 Contoh-contoh Salam Penutup Pidato yang Benar dan Berkesan

6 Contoh-contoh Salam Penutup Pidato yang Benar dan Berkesan – Pidato merupakan sebuah pernyataan yang biasanya disampaikan secara formal oleh pemimpin atau pihak yang memegang peranan penting pada acara tertentu. Dalam menyampaikan pidato biasanya sudah menentukan tema yang sesuai dengan acara sehingga isi yang disampaikan bisa diterima oleh pendengarnya atau hadirin yang ada di dalam acara tersebut dengan baik. Tentunya dalam pidato sendiri terdapat berbagai bagian yang menyusunnya dan tidak dapat dipisahkan agar pidato yang disampaikan bisa berjalan dengan baik dan penuh kesan, termasuk juga bagian salam penutup. Oleh karena itu, membaca beberapa contoh salam penutup pidato bisa membantu untuk membangun salam penutup sendiri yang berkesan.

Memahami Pentingnya  Penutup Pidato

pexels.com/@mikhail-nilov

Pidato merupakan bentuk cara penyampaian sebuah pesan yang dilakukan secara lisan kepada sekelompok orang yang ada pada acara tertentu. Pengisi atau pembicara dari pidato biasanya akan berdiri di atas podium atau mimbar dan mengarah ke pada para pendengar yang ada di sana. Agar pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan baik oleh para pendengarnya, maka bahasa yang digunakan dan cara penyampaian perlu dilakukan secara menarik. Termasuk juga dalam menyampaikan salam penutup dari pidato yang bisa menambah kesan penyampaian yang dilakukan.

Sebelum beranjak untuk membahas mengenai contoh salam penutup pidato, perlu untuk mengetahui seberapa penting dari salam penutup ini. Penutup ini digunakan untuk bisa menyampaikan kesimpulan atas apa yang sudah disampaikan dari awal hingga akhir. Di sisi lain, penutup juga menjadi pertanda atas diakhirinya pidato yang disampaikan itu tadi. Dalam kata lain, ia memberikan penekanan yang lebih mendalam mengenai pesan utama yang disampaikan pada pidato tersebut.

Pada umumnya, salam penutup pidato biasanya terdiri dari permohonan maaf dan terima kasih yang disampaikan bersama dengan kesimpulan serta penekanan atas pesan pidato. Penyampaian dari salam penutup ini nantinya diharapkan mampu untuk mengajak audiens atau pendengar agar bisa melakukan pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, pembicara dari pidato sendiri perlu untuk melakukan penyampaian salam penutup dengan nada yang sedikit menurun dan lebih melakukan penekanan pada setiap kalimat. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesan tegas atas apa yang disampaikan tersebut.

Elemen yang Membentuk Penutup Pidato

Dalam beberapa contoh salam penutup pidato yang nanti dibahas, kamu akan melihat beberapa elemen penting yang tercantum di dalamnya. Elemen ini yang sebenarnya membentuk salam penutup pidato tersebut menjadi lebih menarik dan berkesan. Di sisi lain, hal ini juga akan membuat audiens atau pendengar menjadi lebih mudah dalam memahami pesan yang ingin untuk disampaikan. Berikut ini merupakan beberapa elemen yang nantinya juga bisa kamu temui contoh salam penutup pidato.

1. Harapan

Elemen yang pertama yaitu mengenai kalimat yang mengandung unsur harapan terhadap pesan dari topik yang telah disampaikan. Misalnya yaitu seperti mengharapkan pengetahuan bisa bermanfaat bagi pendengar yang ada dan sejenisnya. Kamu perlu untuk melakukan penekanan dengan unsur yang tegas agar elemen ini bisa tersampaikan dengan baik. Selain itu, nantinya diharapkan pendengar juga bisa merasakan hal yang sama mengenai penerapan harapan yang ada tersebut.

2. Himbauan

Elemen kedua yaitu terdapat himbauan yang sifatnya lebih mengajak audiens untuk tergerak dalam melakukan suatu hal baik. Di sisi lain, unsur ini juga digunakan untuk membuat audiens membantu atau melakukan hal tersebut untuk bisa mencapai sebuah tujuan bersama. Melalui elemen ini, cara penyampaian dan intonasi nada yang digunakan juga penting untuk diperhatikan dengan baik. Harapannya yaitu agar audiens lebih tergerak dan memahami apa yang disampaikan dalam pidato tersebut.

3. Kesimpulan

Elemen yang tidak bisa luput begitu saja untuk disampaikan yaitu terdapat kesimpulan yang menjadi akhir dari pidato tersebut. Kamu bisa menyampaikan bagian inti saja dari keseluruhan isi pidato yang telah disampaikan. Hal ini digunakan hanya sebagai penekanan terhadap topik yang digunakan serta mempertegas kembali pesan yang disampaikan. Dalam kata lain, kesimpulan menjadi penguat akhir terhadap pidato yang penuh makna dan berkesan tersebut.

4. Ucapan Permohonan Maaf

Tidak kalah pentingnya untuk disampaikan dalam salam penutup pidato yaitu mengenai ucapan permohonan maaf. Biasanya permohonan maaf ini disampaikan pada bagian akhir dari penutup setelah selesai menyampaikan kesimpulan yang ada. Pentingnya untuk mengucapkan permohonan maaf ini karena sebagai manusia, bisa jadi apa yang disampaikan kurang tepat atau mengalami kesalahan. Oleh karena itu, kata maaf ini bisa membuat audiens yang mendengarkan menjadi lebih maklum atas kesalahan tersebut.

5. Ucapan Terima Kasih

Ucapan yang paling akhir sebelum pidato selesai yaitu terima kasih yang disampaikan kepada audiens. Ucapan ini seperti menjadi final bahwa pidato tersebut telah selesai disampaikan dan dengan lebih berkesan. Hal ini sebagai sebuah bentuk hormat dan menghargai waktu dan perhatian  yang telah diberikan oleh para audiens. Tentunya sebagai rasa terima kasih karena sudah mau mendengarkan dan memahami apa yang berusaha disampaikan.

Contoh Penutup Pidato yang Menarik dan Berkesan

Setelah membaca penjelasan yang ada di atas, kali ini akan diberikan beberapa contoh salam penutup pidato menarik dan cukup berkesan. Tentunya tidak hanya memperhatikan tentang bahasa saja, tetapi cara penyampaian yang tepat juga perlu dilakukan dengan baik. Hal ini akan menambah menarik kesan yang diterima pendengarnya terhadap pidato yang mereka dapatkan. Berikut ini merupakan beberapa contoh salam penutup pidato yang bisa kamu perhatikan dan pahami dengan baik.

Contoh 1

“Demikianlah pidato yang dapat saya berikan untuk kesempatan yang baik ini. Jika ada kekurangan dan kelebihan atas setiap kata yang terucap, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian dan kesempatan menyampaikan pidato yang telah diberikan, saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Akhir kata, wassalamu’alaikum warohmatullaihi wabarakatuh.”

Contoh 2

“Sekian pidato yang dapat kami sampaikan terkait dengan acara yang kita hadiri dalam suasana bahagia ini. Atas perhatian yang telah diberikan dan sambutan yang hangat, kami mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya. Jika ada tutur kata maupun kalimat yang sekiranya kurang berkenan di hati, kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Selamat siang dan wassalamualaikum warrohmatullahi wabarakatuh.”

Contoh 3

“Tidak ada awalan yang hadir tanpa adanya akhiran. Oleh karena itu, saya mengakhiri pidato sambutan sampai di sini saja. Jika ucapan maupun pilihan tutur kata yang saya lontarkan kurang berkenan di hati hadirin sekalian, saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Contoh 4

“Dari beribu kata yang sudah saya sampaikan tadi, jika ada kata yang dirasa kurang berkenan, maka saya harap bisa diberikan ruang maaf untuk itu. Semoga apa yang telah saya sampaikan bisa menjadi renungan bersama dan memberikan manfaat dalam kehidupan kita semua. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.”

Contoh 5

“Saya akhiri pidato sambutan yang disampaikan pada kesempatan kali ini. Sebagai seorang manusia tidak akan pernah bisa luput dari kesalahan, maka dari itu saya meminta maaf jika ada tutur kata yang kurang tepat di hati para hadirin sekalian. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan kesempatan yang sudah diberikan. Akhir kata, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.”

Contoh 6

“Sekian dari saya atas apa yang dapat disampaikan pada kesempatan yang sudah diberikan hari ini. Dari banyaknya kalimat yang saya sampaikan, jika baik maka ambilah dan jika buruk maka lebih baik untuk membuangnya secara jauh-jauh. Akhir kata, terima kasih atas perhatiannya dan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

Nah, itu tadi merupakan penjelasan mengenai pidato serta beberapa contoh salam penutup pidato yang bisa membantu kamu untuk mencari inspirasi. Bagian salam penutup ini memegang peranan yang cukup penting untuk bisa lebih menekankan dan memberikan keterangan secara final mengenai apa yang disampaikan kepada audiens itu sendiri. Berpidato mampu membuat para audiens yang mendengarkannya bisa memahami peran yang mereka miliki dalam acara yang mereka hadiri tersebut. Jika kamu ingin membaca mengenai berbagai contoh pidato secara lengkap yang penuh dengan makna dan kesan, kamu bisa mencarinya melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah