Rekomendasi Contoh Pidato Singkat Hanya 5 Menit serta Mudah Dihafal

Rekomendasi Contoh Pidato Singkat Hanya 5 Menit serta Mudah Dihafal – Ada alasan tertentu mengapa banyak orang memilih pidato sebagai pembuka acara dan mayoritas dibawakan pada acara formal.

Dalam membawakan sebuah pidato, rasa percaya diri harus terpancar agar para pendengar juga merasa yakin dengan materi kamu sampaikan.

Banyak materi menarik untuk dibawakan, dan akan lebih baik jika kamu bisa mengeksplor lebih banyak ide ke dalamnya. Dalam artikel ini, Mamikos akan memberikan beberapa contoh pidato singkat 5 m3nit.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Kebersihan

https://www.pexels.com/@borta-2790256/

Jika kamu mendapatkan waktu 5 menit untuk menyampaikan pidato maka pastikan bahwa kamu memilih topik yang tepat dan memang kamu pahami sepenuhnya.

Sebetulnya membacakan pidato seperti sedang bercerita, dimana kamu juga harus membangun interaksi dengan audiens.

Banyak topik menarik untuk dibahas, kamu tidak perlu malu untuk menyampaikan pendapat atau isi pikiranmu.

Tidak perlu merasa khawatir untuk membagikannya, saat pertama kali naik ke atas panggung mungkin akan merasa gugup, namun lama kelamaan kamu akan merasa tenang.

Pada contoh pidato singkat 5 menit berikut ini Mamikos akan membahas mengenai kebersihan. Tema pidato ini cocok untuk dibawakan saat ada seminar, pembukaan acara di sekolah, atau lainnya.

Manfaatkan waktu 5 menitmu dan berikan manfaat kepada para pendengar saat berbicara.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat pagi para hadirin telah datang di hari ini dan meramaikan acara sekolah kita.

Senang sekali kita bisa berkumpul dan bertemu pada hari ini, semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia.

Berdirinya saya disini ingin memberikan sebuah pesan singkat terutama kepada murid, mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

Pasti kita sering mendengar pepatah, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, artinya orang yang mengaku beriman wajib menjaga kebersihan.

Sekolah yang sudah kita tempati selama bertahun-tahun ini akan selalu kalian jumpai selama 2 hingga 3 tahun ke depan.

Bukankah sudah seharusnya kita menjaga kebersihan pada tempat kita tinggali, seperti layaknya rumah, rumah bersih akan terasa lebih nyaman bukan.

Maka dari itu, jaga selalu kebersihan kelasmu dan lingkungan sekolah. Apabila ada sampah berada tidak pada tempatnya maka buanglah di tempat sampah.

Sekian pesan ingin saya sampaikan, maaf apabila ada salah kata. wassalamu’alaikum warahamatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Narkoba

Contoh pidato singkat 5 menit berikut ini akan membahas mengenai narkoba, tema ini banyak dijadikan sebagai topik menarik, dan mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya.

Penting pula bagi kamu agar bisa membawakan topik pidato relevan dengan audiens.

Selamat pagi para tamu yang berkenan hadir pada acara konferensi ini. Tidak banyak ingin saya sampaikan.

Namun, terkait dengan tema acara akan kita bawakan pada pagi ini, ada sedikit pesan yang ingin saya sampaikan baik untuk diri sendiri maupun para tamu hadirin.

Narkoba sebetulnya bukanlah zat berbahaya, bahkan narkoba juga dimanfaatkan di dalam dunia kesehatan.

Namun, manfaatnya yang disalahgunakan untuk kesenangan semata. Tanpa mereka ketahui bahwa ketika menggunakannya maka akan membuat organ di dalam tubuh menjadi rusak.

Kerusakan organ tubuh akan membuat kondisi kesehatan menjadi lebih rentan terganggu. Belum lagi jika ketergantungan pada obat-obatan tersebut sulit dihentikan.

Oleh karenanya, kerusakan akan terus terjadi dan hidup harus berakhir di ruang rehabilitasi dimana kita tidak bisa hidup bebas.

Jangan sampai hidup kita direnggut hanya karena obat-obatan tersebut, kita harus menemukan cara untuk berbahagia lebih baik.

Kebahagiaan semata yang didapatkan tidak akan bertahan lama. Jika dosis pada obat tersebut habis maka habis pula rasa bahagia kamu dapatkan.  

Jangan bergantung pada obat-obatan yang sudah jelas dilarang. Kita bisa mengetahui bagaimana tanggapan para rehab yang sudah berhasil melewati masa sulitnya.

Mereka tidak mau kembali lagi ke masa sulit tersebut. Sekian dari saya, terima kasih atas perhatiannya.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Kesehatan

Membacakan sebuah pidato menjadi sebuah kehormatan bagi diri sendiri bukan? Jika kamu mendapatkan kesempatan tersebut maka jangan sia-siakan.

Tidak perlu malu atau khawatir, rasa tersebut pasti akan muncul tapi kamu akan bangga dengan diri sendiri jika sudah melewatinya.

Berikut adalah contoh pidato singkat 5 menit yang membahas mengenai kesehatan.

Di sini kamu bisa mengikuti referensi yang Mamikos berikan. Jangan lupa untuk mengeksplor penggunaan kata atau kalimat agar lebih menyesuaikan dengan pembawaanmu dan tema acara.

Selamat malam para hadirin yang sudah tiba. Senang sekali kita bisa menghadiri acara yang pasti sudah ditunggu-tunggu oleh kita semua.

Terlebih lagi, tema acara diselenggarakan ini berkaitan dengan kesehatan yang bertujuan agar para tamu bisa lebih concern terhadap kesehatan.

Menjaga kesehatan memang sangat penting, bahkan banyak orang bilang bahwa kesehatan ialah sebuah bentuk investasi tidak bisa tergantikan.

Jika kita sakit maka semua aktivitas sehari-hari menjadi berhenti, yang membuat performa diri menjadi berkurang. 

Sayangnya tidak semua orang peduli dengan kesehatannya, seperti malas berolahraga ataupun mengonsumsi makanan sehat.

Mereka lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Rasa malas untuk berolahraga tidak dilawan malah dibiarkan saja sehingga tubuh tidak tergerak.

Meskipun tubuh kita miliki tidak obesitas atau gemuk, bukan berarti tidak membutuhkan olahraga.

Dalam sehari setidaknya kamu bisa menyisihkan waktu selama 30 menit untuk olahraga atau mengeluarkan keringat agar energi tersebut bisa menghilangkan lemak jahat di tubuh.

Mengonsumsi makanan sehat juga sangat dibutuhkan, karena gizi dan nutrisinya sangat berguna bagi tubuh. Sekian pidato ingin saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi para hadirin.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Perpisahan

Berikut adalah contoh pidato singkat 5 menit membahas mengenai perpisahan, biasanya topik seperti ini akan sangat cocok untuk dibawakan pada acara perpisahan sekolah. 

Selamat sore untuk teman-temanku semua telah hadir, senang rasanya kita masih diberikan waktu untuk berkumpul oleh Allah SWT.

Saya masih ingat saat pertama kali masuk sekolah. Saat itu tidak ada seorangpun saya kenal dan kita semua masih sulit mengingat nama.

Setelah berkenalan dan menjalani setiap hari bersama untuk sekolah, tentu saja lama kelamaan kita hafal dengan nama masing-masing.

Bertemu dan bercanda menjadi salah satu hal sudah sering kita lakukan setiap harinya, pasti ada saja hal menarik untuk diceritakan.

Meskipun sudah berada di kelas berbeda saat kenaikan kelas, bukan berarti kita melupakan kisah tersebut karena sudah memiliki teman baru.

Berkumpul saat waktu istirahat menjadi waktu dinantikan bagi kita semua, dimana semua murid bisa bercengkrama secara langsung.

Lama kelamaan kita tidak hanya menjalin hubungan baik di dalam kelas saja. Namun, juga di semua kelas karena kita semua terbagi di kelas berbeda saat kenaikan.

Masa indah tersebut semoga bisa terus diingat selalu dan tali silaturahmi ini tidak akan terputus meski sudah memiliki kesibukan.

Setidaknya saat kita bertemu diluar nanti, masih ada tegur dan senyuman yang diberikan satu sama lain, bukan tidak saling mengenal atau menghindar saat bertemu.

Sekian pidato yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman. Mohon maaf apabila ada kesalahan, terima kasih.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Tentang Guru

Membuat sebuah pidato yang berkaitan dengan guru, biasanya akan dibawakan pada saat hari guru nasional atau ulang tahun dari wali kelasmu.

Banyak waktu terbaik untuk menyampaikan isi dari pidato ini, dan akan Mamikos jadikan sebagai referensi pada contoh pidato singkat 5 menit.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, terima kasih teman-teman telah hadir juga para guru yang selalu kami hormati.

Berdirinya saya disini ingin memberikan pesan singkat untuk guru yang kami sayangi, dan untuk memperingati hari ini sebagai hari guru nasional.

Sejak kita kecil, sudah ada sosok guru didalam hidup kita yang memberikan pengetahuan dan mengajak kita untuk belajar hal baru.

Kesabaran menjadi salah satu hal sangat kami hargai bagi semua guru, mereka bisa sabar dalam mengajarkan para muridnya.

Jika kami murid diminta untuk mengajarkan teman, belum tentu bisa sesabar para guru dan sikap gigihnya dalam memberikan sebuah pengajaran dengan baik.

Banyak hal bisa kami pelajari dari seorang guru, dan sudah pasti kami akan selalu menghargai peran seorang guru.

Sampai kapanpun kami akan selalu mengingat jasamu, meski kita tidak bertemu lagi di sekolah nanti, jasamu akan selalu kami ingat disetiap langkah.

Masa depan yang kami jalani saat ini, tentu saja berkat kegigihan para guru dalam memberikan pengajaran kepada kami semua.

Terima kasih atas jasa telah kalian berikan, kami akan selalu mengingat jasamu dan senang bisa mendapatkan pembelajaran penting yang dibawa selama kami hidup.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Motivasi Belajar

Selamat pagi semuanya, berdirinya saya disini untuk memberikan sepatah dua patah kata kepada para tamu hadirin yang datang.

Namun sebelum itu, perkenalkan saya Dina sebagai ketua acara pada pagi hari ini, semoga kita bisa mendapatkan pesan dan manfaat menarik untuk diberikan.

Mendapatkan motivasi belajar memang tidak mudah, sebagian dari kita merasa terbebani jika diminta untuk belajar.

Sebab, konsep belajar yang diberikan sejak dulu memang mudah membuat kita bosan, apalagi waktu belajar yang cukup panjang di dalam sekolah.

Memunculkan motivasi dalam belajar memang tidak mudah, setidaknya kita harus memiliki mata pelajaran yang disukai terlebih dahulu.

Hal tersebut akan membuat kita lebih semangat dalam belajar nantinya, dan tentunya kamu tidak akan mudah merasa malas saat pergi ke sekolah.

Jika kita ingin memiliki motivasi belajar, cobalah cari metode belajar versi kamu sendiri yang memang nyaman untuk diterapkan.

Jangan mengikuti orang lain saat belajar. Tidak semua orang memiliki metode yang sama dalam belajar karena setiap orang memiliki caranya tersendiri.

Terdapat orang yang bisa lebih fokus saat mendengarkan lagu kesukaannya, ada pula orang yang belajar harus dalam kondisi sepi dan tenang.

Motivasi belajar juga bisa dibuat melalui cita-cita yang ingin kamu gapai agar kamu memiliki motivasi untuk mendapatkan nilai yang baik.

Meskipun nilai tidak selalu menunjukkan kemampuan seseorang, tapi jika kamu belajar dengan baik dan mendapatkan nilai yang bagus maka menggapai cita-cita terasa lebih mudah.

Sekian pidato dari saya, terima kasih.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Gemar Membaca

Contoh pidato singkat 5 menit kali ini membahas mengenai gemar membaca, topik satu ini juga cukup umum dibawakan saat menghadiri acara sekolah atau lainnya.

Di sini kamu juga dapat membagikan pengalamannya, dan akan terdengar menarik saat audiens mendengarnya.

Halo selamat siang dan salam berbahagia untuk kita semua, semoga kita selalu diberikan waktu untuk belajar dan belajar berbagai hal baru didunia ini.

Selama kita hidup, salah satu tujuannya adalah mencari ilmu. Buku menjadi salah satu jendela dunia yang mudah sekali didapatkan.

Kita bisa menemukan buku dimana-mana dan mencari hal baru bisa sangat mudah dilakukan, tapi sayangnya tidak semua orang tertarik untuk membaca.

Mereka seringkali mudah merasa bosan, dan merasa lebih tertarik membuka smartphone atau bermain games.

Saat ini membaca tidak selalu dari buku, kamu bisa menemukan berbagai sumber informasi secara lengkap lewat smartphone atau laptop.

Manfaatkan gadget kamu miliki untuk mencari berita atau sumber informasi, jangan hanya menggunakannya untuk bermain game atau sosmed.

Temukan berbagai informasi dunia lewat gadget. Jangan hanya memanfaatkannya untuk mencari hiburan semata, banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari sana.

Terlebih lagi smartphone saat ini sangat canggih, bahkan kamu bisa belajar dari aplikasi yang tersedia disana.

Tingkatkan gemar membaca di dalam diri kalian, karena ilmu yang didapat akan selalu berguna selama kamu hidup.

Jangan jadikan membaca sebagai beban, coba temukan topik bacaan yang kamu sukai, agar nantinya terbiasa dalam membaca.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Sekolah

Dalam membuat sebuah naskah pidato, kamu berhak mencantumkan berbagai ide menarik didalamnya untuk dibagikan kepada audiens.

Pada contoh pidato singkat 5 menit kali ini, Mamikos akan memberikan contoh naskah yang membahas tentang sekolah.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, bagaimana kabarnya?

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan rahmat dari Allah SWT. sehingga selalu merasa bahagia, pada hari ini saya ingin memberikan sebuah pidato singkat mengenai sekolah kita tercinta.

Sekolah menjadi salah satu yang sering kita datangi, tujuannya tidak hanya ingin mendapatkan pengetahuan. Namun, juga bertemu dengan teman dan berbagi kebahagiaan.

Datang ke sekolah biasanya menjadi rutinitas yang selalu kita lakukan, bahkan selama kurang lebih 12 tahun.

Di sekolah kita bisa merasa bahagia, sedih ataupun kesal dengan berbagai hal. Namun, kenangan didalamnya tidak akan pernah kita lupakan.

Saat kita sudah dewasa dan memiliki jalan hidup masing-masing, pasti kita akan merindukan momen ini yang tidak bisa terulang lagi.

Maka dari itu, sayangi teman-teman yang ada disamping kita karena belum tentu nantinya kita memiliki waktu untuk mengobrol atau sekedar bertegur sapa.

Terima kasih atas waktunya untuk mendengarkan pesan singkat saya. Sekian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Hidup Bergotong Royong

Salah satu cara dalam membuat pidato singkat yang membuat pendengarnya terhibur adalah dengan mengangkat topik yang relevan dan mudah dipahami.

Jangan terlalu fokus pada contoh pidato singkat 5 menit, karena kamu bebas mengangkat tema apapun.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada hari ini saya akan memberi sedikit pesan yang mungkin bisa membangkitkan semangat gotong royong.

Indonesia dikenal sebagai Negara yang senang bergotong royong, semua masyarakat hidup secara berdampingan dan saling membantu.

Inilah yang menjadi ciri khas dari Indonesia dan tidak semua Negara memilikinya, adat budaya ini yang harusnya dilestarikan oleh masyarakat Indonesia.

Jangan sampai hilang karena modernisasi zaman dan harus tetap dilestarikan oleh generasi saat ini dan masa depan.

Sayangnya generasi saat ini lebih terlihat apatis dan cuek dengan berbagai hal karena kurangnya wawasan dari orang tua atau orang sekitar untuk mengingatkan generasi saat ini.

Setiap orang tentu membutuhkan orang lain, karena itulah manusia disebut sebagai makhluk sosial.

Meskipun kita sudah cukup mandiri, tetapi tidak bisa memastikan bahwa kita bisa hidup sendiri tanpa tergantung dengan orang lain.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita membantu sesama manusia karena tidak ada yang tau, kapan kita akan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Contoh Pidato Singkat 5 Menit Tentang Rukun dan Kedamaian

Melalui contoh pidato singkat 5 menit berikut ini, Mamikos akan mengajak kamu untuk membuat sebuah pidato bertemakan rukun dan kedamaian.

Dalam waktu singkat ini, kamu bisa membuat sebuah pesan menarik bagi para pendengar dengan mengangkat topik tersebut.

Selamat pagi terima kasih para hadirin berkenan hadir pada pagi hari ini.

Berdirinya saya disini untuk membawakan sedikit pidato yang berkaitan dengan acara kita hadiri.

Kedamaian adalah salah satu hal yang diinginkan semua orang, dimana semua orang bisa hidup damai dan bahagia.

Sayangnya tidak semua orang bisa menerapkan kedamaian kepada orang lain. Orang dengan ego tinggi biasanya kurang peduli dengan sesama.

Hal itulah yang membuatnya sulit untuk melihat orang lain bahagia. Selain itu, sulit baginya menjaga kedamaian dengan sesama manusia.

Sudah seharusnya kita sesama manusia bisa menciptakan kedamaian. Bukankah kita memiliki tujuan yang sama untuk mencapai kedamaian?

Kesampingkan ego masing-masing terlebih dulu dan lebih baik tidak menimbulkan pertengkaran antar sesama.

Membuat sebuah pidato tidaklah sulit, asalkan kita bisa menemukan topik yang disukai dan pasti sudah kamu pahami sebelumnya.

Jadikan contoh pidato singkat 5 menit di atas sebagai referensimu. Semoga bermanfaat, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta