3 Contoh Surat Tugas Kerja yang Benar & Cara Membuatnya [Lengkap]

3 Contoh Surat Tugas Kerja yang Benar & Cara Membuatnya [Lengkap] – Bagi yang sering mendapatkan tugas untuk melaksanakan pekerjaan tertentu dari kantor maupun sekolah tentu sudah tidak asing dengan jenis surat satu ini. Surat tugas merupakan sebuah surat yang bersifat resmi yang diberikan kepada bawahan oleh atasan dan ditujukan untuk melaksanakan tugas tertentu. Keberadaan surat ini menjadi penting karena sebagai bukti resmi bahwa terdapat tugas yang perlu dilaksanakan dan dapat ditunjukkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan kepada pihak tentu. Membuat surat tugas terkadang menjadi hal yang sulit jika tidak mengetahui isi yang perlu dibubuhkan dan contoh surat tersebut seperti apa.

Fungsi Adanya Surat Tugas Kerja

pixabay.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana contoh dari surat tugas kerja yang benar, mengetahui fungsi dari surat ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pengetahuan ini dapat berguna untuk membantu memahami kapan surat tugas ini digunakan dan dapat diberikan kepada siapa saja. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh kantor atas perintah dari atasan kepada bawahan untuk mengemban tugas tertentu dan menjadi bukti akan adanya tugas tersebut. Tidak hanya pada kantor saja, tetapi juga surat tugas biasanya dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti sekolah.

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat tugas ini memiliki fungsi untuk mewakili dan menjelaskan tentang maksud dari pendelegasian yang ada. Surat ini digunakan sebagai bukti kuat akan adanya penugasan yang diberikan oleh kantor dan perlu untuk diselesaikan dengan segera. Biasanya, jika dalam penugasan harus berurusan dengan pihak ketiga, maka surat tugas ini perlu untuk diserahkan. Surat tugas kerja yang diserahkan tersebut dapat dilihat sebagai sebuah upaya untuk menjelaskan maksud dari diri yang sedang bekerja pada tempat tertentu.

Surat tugas kerja juga dapat berfungsi sebagai sebuah bentuk dokumen yang memiliki sifat formal untuk kepentingan administrasi pekerjaan. Biasanya, dalam proses mendelegasikan karyawan, perlu untuk mengurus izin dan beberapa hal lainnya. Surat ini dapat membantu untuk mempercepat pengurusan surat izin tersebut.

Dalam lokasi tujuan kerja, keberadaan surat tugas menjadi penting adanya. Misalnya, terdapat seorang karyawan yang membutuhkan komunikasi dengan pihak tertentu guna menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan. Surat tugas ini dapat diserahkan kepada pihak ketiga tersebut sebagai jembatan akan adanya komunikasi yang terbentuk dengan baik.

Cara Membuat Surat Tugas Kerja yang Benar

Surat tugas kerja yang memiliki sifat resmi dan formal tentu saja memiliki caranya tersendiri untuk dibuat. Hal ini guna memastikan bahwa di dalamnya sudah mengandung berbagai macam informasi yang dibutuhkan tentang delegasi yang ditugaskan tersebut. Informasi ini berfungsi untuk menghindari adanya permasalahan yang mungkin bisa saja timbul saat menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Pada surat tugas kerja, terdapat beberapa informasi yang perlu untuk dicantumkan, diantaranya:

  1. Identitas dari delegasi kerja secara lengkap. Misalnya seperti nama, jabatan, dan juga kontak jika memang dibutuhkan.
  2. Dalam surat tugas, perlu untuk diberikan penjelasan mengenai jenis tugas yang perlu untuk dikerjakan. Selain itu, perlu juga untuk dijelaskan mengenai seberapa jauh wewenang atas pekerjaan tersebut yang perlu untuk diselesaikan.
  3. Informasi mengenai pelaksanaan tugas merupakan hal yang penting untuk dicantumkan. Dalam hal ini perlu untuk diberikan penjelasan mengenai waktu pengerjaan tugas serta lokasi yang dituju. Perlu diberikan tanggal pengerjaan tugas yang ditulis dengan cukup jelas. Hal ini guna untuk memberikan kejelasan akan tugas yang sedang diemban oleh seorang delegasi.
  4. Identitas mengenai siapa yang bertanggung jawab atas pemberian tugas tersebut perlu untuk dituliskan. Biasanya informasi ini berisi tentang nama dari atasan, jabatan jelas, dan juga nomor pegawai jika memilikinya.
  5. Perlu dalam surat untuk mencantumkan informasi terkait instansi terkait yang membawahi delegasi tersebut dalam penugasannya.

Berbagai Contoh Surat Tugas Kerja yang Benar

Setelah memahami tentang apa saja yang perlu untuk dituliskan dalam sebuah surat tugas, terdapat beberapa contoh yang dapat memberikan pemahaman lebih mendalam. Contoh ini dapat berfungsi untuk membantu memberikan gambaran jelas mengenai surat tugas seperti apa yang benar. Berikut ini beberapa contoh dari surat tugas tersebut yang dapat disimak dengan baik.

1. Contoh Surat Tugas Kerja untuk Dinas

2. Contoh Surat Tugas Kerja untuk Perusahaan

3. Contoh Surat Tugas Kerja untuk Kantor

Membuat surat tugas kerja bukanlah hal yang sulit jika sudah mengetahui cara membuatnya dengan benar. Isi dari surat tersebut dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Jika akan melakukan perjalanan dinas atau untuk urusan pekerjaan, sebisa mungkin untuk selalu membawa surat tugas. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan juga memperjelas identitas serta tujuan perjalanan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah