Cara Membalas Email Panggilan Interview Kerja Yang Baik +Contoh

Posted in: Tips Loker

Cara Membalas Email Panggilan Interview Kerja Yang Baik +Contoh -Bagi mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah, maka selanjutnya adalah tahap melamar pekerjaan atau mencari pekerjaan. Jika telah mengirim surat untuk lamaran kerja ini, maka selanjutnya adalah kita harus menunggu panggilan tes dan mengenal cara membalas email panggilan interview. Adapun metode yang biasanya diterapkan yaitu dengan menggunakan SMS, lewat panggilan telepon dan juga dengan memakai email. 

Panggilan Interview Pekerjaan Sering Dilakukan Lewat Email 

unsplash.com

Email sekarang ini sudah digunakan untuk berbagai macam keperluan. Sering kali email tersebut dimanfaatkan sebagai media panggilan interview. Hal yang jelas terjadi jika kita memiliki potensi diterima kerja yaitu kita akan dihubungi pihak HRD perusahaan. Jika memang kita dirasa perusahaan mempunyai kekuatan sebagai karyawan di sana, maka akan dihubungi melalui email. 

Harapan pihak HRD itu sendiri yaitu meminta konfirmasi akan kehadiran dalam interview yang dilaksanakan pada jadwal tertentu. Jadi kamu diwajibkan mengkonfirmasi kehadiran tes interview ini sebelumnya. Lalu hal yang mungkin sering menjadi pertanyaan adalah seputar bagaimana cara membalas email untuk undangan interview tersebut. 

Contoh Surat Panggilan Interview HRD

Bisa saja kita berhalangan untuk hadir pada tes rekrutment atau sudah siap hadir menjalani tes tersebut. Sebelumnya, kita pahami lebih dahulu seperti apa contoh surat panggilan tes interview dari HRD dan cara membalas email panggilan interview. Berikut ini ada contoh surat panggilan tes pekerjaan tersebut. 

Kepada Sdr/i,

Kami dari perusahaan A yang bergerak pada bidang Jasa Keuangan. Berdasarkan kepada lamaran yang Anda kirim lewat Job Fair untuk posisi B, kami ingin mengundang Sdr/i mengikuti tes dengan ketentuan berikut:

Hari/Tanggal : Senin, 11 Oktober 2021

(Kalau Anda berhalangan mengikuti walk-in interview pada jadwal di atas, maka silahkan Anda datang pada hari kerja Senin sampai Jumat pukul 08.00 AM)

Waktu             : 08.00 – Selesai

Alamat : Jalan Y

Keterangan :

Silahkan membawa lamaran lengkap yang terdiri dari surat lamaran, CV terbaru, pas foto ukuran 4×6 berwarna 1 saja, fotocopy ijazah, SKL (kalau ijazah belum tersedia), dan transkrip nilai. Kalau berkas belum dapat disertakan, maka bisa menyusul. Silahkan konfirmasi kehadiran Anda dengan cara membalas email.

Beberapa Jenis Balasan Email Tes Interview Beserta Contohnya

Email diatas merupakan contoh surat resmi perusahaan yang sedang mengiklankan tawaran lowongan pekerjaan. Tentu bisa kita lihat kalau email tersebut membutuhkan konfirmasi akan kehadiran pelamar sehingga perlu tahu contoh email konfirmasi kehadiran interview yang benar. 

Caranya dengan membalas email kembali atau melakukan Replay ke alamat email perusahaan tersebut. Bisa saja ada beberapa situasi berbeda yang kita alami ketika ingin menjawab email tes wawancara tersebut nantinya. 

Bisa saja kita sudah siap bersedia untuk melakukan tes wawancara/ interview tersebut. Tetapi bisa juga kita berhalangan datang ke tes ini. Kemungkinan lain adalah kita perlu melakukan reschedule jadwal interview. Berikut ini ada cara membalas email panggilan interview dari beberapa kemungkinan tersebut. 

Email Konfirmasi Bisa Hadir Dalam Tes Interview

Bagi kamu yang berada dalam kondisi bisa hadir dalam tes interview, maka kamu bisa menulis email singkat yang ada di bawah ini. Pastikan dari segala kondisi, kamu memang bisa berkenan hadir untuk memenuhi panggilan wawancara tersebut. Balasan email ini bisa kamu coba tulis ke email perusahaan. 

Dengan Hormat,

HRD Perusahaan A

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Perusahaan A karena memberikan kesempatan untuk saya mengikuti seleksi tes wawancara ini. 

Dengan email ini, maka saya (dilanjutkan dengan Nama Lengkap) siap mengkonfirmasi kehadiran panggilan undangan interview pada hari Selasa, 7 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

Email Konfirmasi Menolak Panggilan Tes Interview

Ada kalanya juga kita dalam keadaan yang tidak bisa menyanggupi panggilan tes interview. Maka untuk kondisi seperti itu, adapun cara membalas email panggilan interview untuk menolak dengan lebih sopan seperti berikut ini.

Dengan Hormat,

HRD Perusahaan A

Sebelumnya, terima kasih karena kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengikuti program tes interview tersebut.

Dengan berat hati dan keadaan yang tidak mendukung, saya (Nama Lengkap) sedang berhalangan menyanggupi jadwal interview tersebut karena ada urusan darurat.

Hormat saya,

(Nama lengkap)

Jadi, contoh cara membalas email undangan interview di atas digunakan jika kamu memang tidak dapat hadir karena ada keperluan lain yang urgent dan mendadak. Ada baiknya kamu yang tidak dapat hadir tetap untuk membalas surat tes interview tersebut. Lebih baiknya juga jika kamu menyertakan alasan kamu sendiri yang sesuai keadaan untuk diinformasikan ke tim HRD.

Meski kamu tidak bisa ikut tes, hindari tidak memberi kejelasan. Dengan memberi kejelasan info ketidakhadiran tes wawancara, maka setidaknya kita bisa mempermudah tugas HRD tersebut. Kita juga bisa lebih menghargai perusahaan tersebut yang pernah kita kirim lamaran lowongan kerjanya. 

Email Konfirmasi Reschedule Jadwal Tes Interview

Kondisi yang seperti ini yaitu jika kita berhalangan hadir karena jadwal tes wawancara bentrok dengan kegiatan kamu yang juga penting. Bisa juga karena bentrok dengan tes di perusahaan lain. Maka berikut ini cara membalas email panggilan interview yang tepat untuk meminta dilakukan reschedule jadwal.

Dengan Hormat,

HRD Perusahaan A

Terima kasih sebelumnya atas kesempatan kali ini yang diberikan untuk mengikuti seleksi interview tersebut.

Saya (Nama Lengkap) dengan berat hati tidak dapat menyanggupi jadwal tes interview rekrutment tersebut karena jadwalnya tidak sesuai kegiatan saya sekarang ini.

Kalau perusahaan berkenan, saya meminta reschedule jadwal untuk hari lain selain tanggal 21 November 2021. Saya berharap dan mengusahakan sebisa mungkin untuk dapat mengikuti interview di perusahaan A ini dengan pergantian jadwal tes tersebut.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

Itulah seperti apa email balasan jika memang kamu sedang tidak cocok dengan jadwal interview yang sudah ditetapkan perusahaan. Dengan respons email balasan seperti di atas, maka kamu memiliki etika baik dari sisi pribadi maupun dari sisi profesionalitas. Karena kamu sebagai pihak yang sangat ingin melamar pekerjaan di perusahaan terkait.

Tentunya kamu juga dapat mengedit ulang contoh email konfirmasi di atas sesuai situasi kamu ketika membalas emailnya. Berikanlah kesan menarik dan informasi yang paling pantas sehingga HRD merasa tidak keliru mengundang kamu kembali. Beberapa perusahaan mungkin tidak masalah dalam mengundang kembali pelamar untuk melakukan tes interview. 

Tetapi beberapa perusahaan juga keberatan melakukan hal ini karena tidak sesuai dengan jadwal prioritas perusahaan tersebut. Bisa saja ada prioritas lain yang harus dilakukan oleh perusahaan. Termasuk juga harus menerima jadwal wawancara banyak pelamar yang lainnya. Sehingga lebih baik jangan terlalu berharap untuk diterima tawaran reschedule tersebut. Terima saja keputusan sesuai dengan perusahaan terkait.

Apa pun itu kondisi kita saat itu, lebih baik menerapkan cara membalas email panggilan interview dari perusahaan yang kamu lamar. Selain itu, jika kamu memang ingin benar-benar mengikuti tes wawancara, maka persiapkan diri sebaik mungkin. Karena bisa saja kesempatan tersebut yang tidak datang sering. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah