Contoh Tampilan Pengumuman SBMPTN 2021/2022

Posted in: SBMPTN
Tagged: sbmptn UTBK

Contoh tampilan pengumuman SBMPTN 2021/2022 – Pengumuman hasil SBMPTN 2021/2022 rencananya akan dilakukan pada 14 Juni 2021. Para pendaftar pastinya sudah tidak sabar melihat hasil pengumuman SBMPTN dan lokasi Perguruan Tinggi yang menerimanya.

Tampilan Pengumuman SBMPTN 2021

https://sbmptn.unsyiah.ac.id/

Apakah kamu sudah mengikuti seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mendapatkan skor hasil pengerjaannya? Sebagai bentuk ujian masuk Perguruan Tinggi, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pendaftar wajib mengikuti seleksi tertulis terlebih dahulu. Nantinya hasil UTBK tersebut akan dijadikan dasar seleksi SBMPTN. Semakin tinggi nilai UTBK pendaftar, akan semakin besar pula peluang diterima, apalagi jika skor UTBK tersebut melampaui passing grade tujuan program studi tujuan.

Cara mengakses pengumuman SBMPTN 2021 kini sangat mudah. Kamu tidak perlu memastikan pengumuman kelulusan dengan datang ke Perguruan Tinggi karena semua informasi dapat dibuka secara online. Berbekal koneksi internet berkecepatan stabil, hasil SBMPTN bisa kamu ketahui dengan masuk ke laman resmi. Apakah kamu sudah mengetahui tampilan pengumuman SBMPTN 2021? Jika belum, berikut informasi yang dapat kamu simak.

Jadwal Pelaksanaan SBMPTN 2021

Ketahui terlebih dahulu jadwal pelaksanaan SBMPTN 2021 dan pembaruan jadwalnya agar kamu lebih siap mengikuti setiap tahapannya.

• Registrasi Akun LTMPT : 07 Februari – 12 Maret 2021
• Pendaftaran UTBK – SBMPTN : 15 Maret – 01 April 2021
• Pelaksanaan UTBK Gelombang Pertama : 12 – 18 April 2021
• Pelaksanaan UTBK Gelombang Kedua : 26 April – 02 Mei 2021
• Pengumuman Hasil SBMPTN : 14 Juni 2021

Berdasarkan jadwal di atas, apabila tidak terdapat perubahan maka peserta SBMPTN bisa mengakses pengumuman secara resmi pada tanggal 14 Juni 2021 nanti.

Alur Pendaftaran UTBK – SBMPTN 2021

Untuk mengikuti SBMPTN 2021 prosesnya tidak dapat dipisahkan dengan seleksi UTBK. Adapun pendaftaran UTBK – SBMPTN 2021 melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Pendaftar login menggunakan akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Pendaftar melengkapi biodata dan data diri
  3. Pendaftar memilih program studi berdasarkan prioritas pilihan
  4. Pendaftar mengunggah portofolio sesuai format yang ditetapkan
  5. Pendaftar memilih pusat UTBK
  6. Pendaftar melihat nomor pendaftaran
  7. Pendaftar melakukan konfirmasi kartu peserta
  8. Setelah proses di atas selesai, wajib untuk mengunduh kartu peserta

Syarat Peserta UTBK – SBMPTN 2021

Peserta yang dapat mengikuti UTBK – SBMPTN 2021 perlu memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Pendaftar sudah mempunyai akun LTMPT dan sudah membuat akun permanen sebelum registrasi akun ditutup.
  2. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Pendaftar adalah siswa SMA/ MA/ SMK/ sederajat calon lulusan tahun 2021
  4. Pendaftar wajib mempunyai Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan usia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021). Pada surat keterangan tersebut dilengkapi dengan foto pendaftar terbaru yang berwarna, stempel atau cap sekolah, serta tanda tangan Kepala Sekolah
  5. Apabila pendaftar adalah siswa lulusan SMA/ MA/ SMK/ sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020, maka pendaftar wajib memiliki ijazah. Usia maksimal pendaftar adalah 25 tahun (per 1 Juli 2021).
  6. Pendaftar yang lulus dari satuan SMA sederajat luar negeri wajib memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  7. Pendaftar tidak pernah dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2019, 2020, dan 2021.
  8. Peserta yang akan mengikuti ujian juga diwajibkan memenuhi syarat-syarat berikut ini:
    • Peserta program studi Saintek diwajibkan mengikuti TPS dan TKA Saintek (materi: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi)
    • Peserta program studi Soshum diwajibkan mengikuti TPS dan TKA Soshum (materi: Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)
    • Peserta program studi Campuran (Saintek dan Soshum) diwajibkan mengikuti TPS, TKA Saintek (materi: Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi), dan TKA Soshum (materi: Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)
  9. Pendaftar Program Studi Kedokteran dan Program Studi Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih lulusan SMA/ MA jurusan IPA.
  10. Pendaftar dinyatakan sehat secara mental, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  11. Pendaftar yang memilih program studi di bidang seni dan bidang olahraga diwajibkan mengunggah portofolio.
  12. Peserta yang masuk kategori tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra (form dapat didownload di sini)
  13. Pendaftar wajib membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, bank BNI, bank BTN, dan bank BRI dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Kelompok ujian saintek: Rp200.000
    • Kelompok ujian soshum: Rp200.000
    • Kelompok ujian campuran: Rp300.000
    Biaya UTBK yang sudah dikeluarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun. Ketentuan bagi pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak akan dikenai biaya.

Cara Mengakses Pengumuman SBMPTN

Apabila sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan di atas, kamu akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi UTBK serta SBMPTN. Hasil UTBK yang sudah diperoleh kemudian dijadikan dasar untuk menyeleksi calon mahasiswa dan mahasiswi di Perguruan Tinggi pilihannya. Pastinya peluang agar diterima di Perguruan Tinggi akan meningkat seiring dengan tingginya skor UTBK yang dimiliki pendaftar. Sudah tidak sabar untuk mengakses pengumuman SBMPTN? Ikuti tahapan berikut ini:

  1. Pilih browser terbaru yang sudah di-update agar stabil dan tidak mengalami masalah ketika dioperasikan. Tentukan pula operator seluler yang akan kamu gunakan untuk mengakses laman website. Jika tidak tersedia, masih ada alternatif menggunakan modem atau internet wifi.
  2. Buka laman pengumuman.sbmptn.ac.id dengan mengetikkannya pada browser.
  3. Setelah itu, pendaftar akan diminta melengkapi data yang dibutuhkan, seperti nomor pendaftaran peserta dan tanggal lahir.
  4. Akan muncul tampilan website SBMPTN yang berubah karena menampilkan status kelulusan.

Contoh Tampilan Pengumuman SBMPTN 2021

Jika Anda dinyatakan lulus SBMPTN dan diterima di PTN, maka kamu akan mendapatkan ucapan selamat. Namun, jika ternyata belum lulus SBMPTN dan tidak diterima, maka tampilan website akan berubah menjadi ucapan permintaan maaf bahwa kamu tidak berhasil. Tampilan tersebut akan muncul ketika tanggal pengumuman kelulusan SBMPTN 2021 sudah dirilis dan peserta membuka laman website yang dimaksud. Berikut ini referensi tampilan yang nantinya akan muncul ketika website diakses.

Tampilan Halaman Login

https://www.cakyus.com/

Tampilan Pengumuman Peserta Lulus SBMPTN

https://nawalakarsa.id/

Tampilan Pengumuman Peserta Tidak Lulus SBMPTN

tirto.id

Setelah melihat contoh tampilan pengumuman SBMPTN 2021/2022, kamu tidak akan kesulitan lagi jika mendapati tampilan serupa saat hasil SBMPTN dirilis. Segera lakukan tahapan selanjutnya agar kamu resmi terdaftar sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi tujuan.

Persiapan sebagai mahasiswa tidak terhenti sampai pengumuman SBMPTN dirilis. Kamu perlu mencari tempat tinggal nyaman yang tidak jauh dari kampus untuk memudahkan mobilitas. Gunakan aplikasi pencari kost Mamikos agar pencarian kost semakin mudah dan cepat. Tanpa perlu ke lokasi kost, kamu bisa survey secara online hingga melakukan pembayaran via transfer. Langsung download aplikasi Mamikos dan manfaatkan fitur-fiturnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta