Daftar PPDB 2021: Alur, Syarat Dan Cara Daftar Online SMP, SMA/SMK

Daftar PPDB 2021: Alur, Syarat & Cara Daftar Online SMP, SMA/SMK – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 akan segera tiba. Cara pendaftaran siswa baru online mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun. Artikel berikut akan membahas secara lengkap tahapan, syarat, serta cara pendaftaran online untuk SMP dan SMA/SMK.

Alur Pendaftaran PPDB 2021

Pendaftaran PPDB tahun 2021 tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini tahapan yang perlu dilalui ketika siswa akan mendaftar di sekolah tujuan. Pastikan bahwa sekolah yang akan dituju sudah tergabung dalam SIAP-PPDB online.

  1. Mendata berbagai berkas yang akan diperlukan pada proses PPDB online 2021.
  2. Berkas persyaratan yang dibutuhkan dibawa calon siswa menuju sekolah.
  3. Meminta formulir pendaftaran siswa pada panitia yang mengurus bagian formulir dan bagian informasi.
  4. Mengisi data yang diperlukan secara benar dan lengkap. Mintalah bantuan pada panitia apabila ada hal yang kurang jelas.
  5. Mengembalikan formulir siswa yang sudah diisi kepada panitia.
  6. Proses memasukkan (entry) data akan dilakukan oleh panitia menggunakan komputer. Selain itu, dilakukan pula proses verifikasi terhadap berkas pendaftaran yang sudah diserahkan.
  7. Panitia akan memberikan bukti pendaftaran setelah data masuk dan terverifikasi.
  8. Simpan tanda bukti pendaftaran karena akan digunakan pada proses selanjutnya.
    Proses pendaftaran PPDB 2021 tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membaca petunjuk dan mengikuti alur yang sudah tersedia.

Syarat Pendaftaran PPDB SMP 2021

Perhatikan syarat untuk mendaftar PPDB tahun 2021. Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 terdapat penetapan baru. Permendikbud tersebut baru dikeluarkan pada 10 Desember 2019 terkait tata cara Penerimaan Peserta Didik Baru. Berikut ini merupakan hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pendaftaran PPDB SMP.

  1. Calon siswa yang akan masuk SD maksimal berusia 15 tahun per tanggal 1 Juli. Dibuktikan dengan adanya akta kelahiran atau surat keterangan lahir. Surat tersebut dikeluarkan pihak berwenang serta dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain sesuai dengan domisili calon peserta didik.
  2. Memiliki ijazah Sekolah Dasar (SD) atau sederajat. Apabila tidak memiliki ijazah SD, boleh menyertakan dokumen resmi lain yang menjelaskan bahwa calon siswa menyelesaikan kelas 6 SD.
  3. Aturan sama diberlakukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang bersekolah di luar negeri. Mereka wajib memperoleh surat keterangan yang dikeluarkan direktur jenderal bidang pendidikan dasar dan menengah.
  4. Peserta didik yang berstatus Warga Negara Asing (WNA) wajib mengikuti program matrikulasi pendidikan Bahasa Indonesia. Lama matrikulasi paling singkat 6 bulan dari sekolah yang bersangkutan.
  5. Calon siswa yang menyandang disabilitas di sekolah akan dikecualikan dari syarat usia serta ijazah atau dokumen lain.

Syarat Khusus untuk Jalur PPDB 2021

  1. Pemberlakuan Jalur Zonasi (50 persen) ditujukan bagi peserta didik yang domisilinya di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah. Kuota yang ditetapkans sudah termasuk penyandang disabilitas.
    Domisili calon peserta didik dari alamat Kartu Keluarga diterbitkan selambat-lambatnya 1 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB. Pihak sekolah akan memberikan prioritas bagi peserta didik dengan KK atau surat keterangan domisili dari kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal.
  2. Pemberlakuan Jalur Afirmasi (15 persen) ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Pengajuan PPDB jalur afirmasi harus dibuktikan dengan keikutsertaan peserta didik pada program (Kartu Indonesia Pintar dan sejenisnya). Peserta didik juga bisa menyertakan bukti mengikuti program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah.
    Bukti keikutsertaan tersebut wajib dilengkapi surat pernyataan dari orangtua atau wali. Surat berisi kesediaan untuk diproses hukum jika terbukti melakukan pemalsuan data atau dokumen. Apabila ditemukan dugaan pemalsuan bukti keikutsertaan, akan dilakukan verifikasi dan penindaklanjutan sesuai ketentuan perundang-undangan.
  3. Pemberlakukan Jalur perpindahan tugas orangtua atau wali (5 persen) dibuktikan dengan surat penugasan. Surat tersebut dapat dikeluarkan instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan tempat bekerja. Kuota jalur perpindahan tugas juga dapat digunakan bagi anak guru.
  4. Pemberlakukan Jalur Prestasi (30 persen) PPDB didasarkan nilai ujian sekolah atau UN. Prestasi juga dapat diperoleh dari hasil perlombaan dan atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik. Bukti prestasi diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lambat 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Bagaimana Cara Daftar Online PPDB SMP 2021 dan PPDB SMA/SMK 2021?

Mendaftar SMP secara online tentu perlu memperhatikan jadwal pendaftaran SMP Negeri 2021. Proses PPDB online SMP. Begitu pula, sebelum melakukan pendaftaran online untuk SMA/SMK, ketahuilah jadwal pendaftaran SMA Negeri. Proses PPDB online SMA/SMK biasanya tidak jauh berbeda dengan PPDB SMP.

Cara daftar SIAP PPDB Online 2021 sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti alur pendaftaran sampai akhirnya diterima. Sebenarnya, SIAP PPDB Online adalah sistem untuk mengelola seluruh informasi penerimaan siswa-siswi baru. Proses yang perlu ditangani adalah pendaftaran siswa baru, seleksi, serta pengumuman. Harapannya, semua informasi dapat diakses secara online.
Siap-ppdb.com merupakan situs utama untuk memberikan informasi akurat terkait Penerimaan Peserta Didik Baru. Informasi juga dapat diakses oleh siswa, guru, sekolah, orang tua, alumni, dan masyakarat. Namun, belum semua wilayah bisa menerapkan PPDB secara online.

Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online SMP dan SMA/SMK 2021

Ikuti tahapan di bawah ini untuk melakukan pendaftaran PPDB online.

  1. Buka situs SIAP PPDB online di alamat siap-ppdb.com.
  2. Klik menu ‘mendaftar/login’ yang terdapat di sudut kanan bagian atas.
  3. Akan muncul halaman baru yang bertuliskan ‘Selamat Datang di Komunitas TELKOM SIAP Online’.
  4. Klik ‘masuk’ apabila sudah pernah mendaftar sebelumnya.
  5. Klik ‘mendaftar’ apabila belum pernah melakukan pendaftaran. Proses login juga dapat dilakukan dengan akun Facebook atau Twitter.
  6. Muncul halaman pendaftaran yang harus diisi. Data pertama yang diperlukan adalah alamat email.
  7. Isi biodata (nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, profesi). Klik ‘lanjut’
  8. Masukkan kode aktivasi yang kamu dapatkan. Cek email pribadi yang sudah didaftarkan untuk mengetahui kode yang diberikan.
  9. Salin kode aktivasi pada kolom aktivasi pendaftaran SIAP PPDB Online. Klik ‘lanjut’
  10. Kamu sudah terdaftar pada SIAP PPDB Online 2021.
  11. Klik menu pilihan yang tersedia agar kamu dapat melengkapi profil atau berinteraksi dengan rekan lainnya.

Siap Mendaftar PPDB Online?

Kini, cara daftar sekolah online menjadi semakin mudah dan cepat karena ada PPDB online. Persiapkan dokumen yang kamu perlukan sejak dini agar tidak kesulitan ketika jadwal pendaftaran sudah tiba. Semua hasil penerimaan siswa baru bisa dipantau dari website resmi dan situs yang berkaitan. Kamu pun dapat lebih santai menyaksikan hasil akhir penerimaan. Apabila diterima di pilihan pertama, siswa langsung melakukan daftar ulang. Begitu pula jika siswa diterima di sekolah pilihan kedua atau ketiga.

Baca juga :

  1. Pendaftaran PPDB Online SMA / SMK 2021/2022
  2. Pendaftaran PPDB Online SMP/ MTs 2021/2022

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta