Daya Tampung dan Peminat SNMPTN UGM 2022/2023, Prodi Saintek dan Soshum

Posted in: SNMPTN
Tagged: snmptn

Daya Tampung dan Peminat SNMPTN UGM 2022/2023, Prodi Saintek dan Soshum – Seperti yang diketahui bersama UGM itu, adalah salah satu Universitas yang cukup dicari oleh para calon mahasiswa/i. Peminatnya, tidak hanya dari kawasan Jogjakarta, tapi dari luar kawasan Jogja, bahkan dari luar pulau Jawa sekali pun.

Daya Tampung dan Peminat SNMPTN UGM

kompas.com

Tingginya peminat ini sendiri tidak lepas dari kualitas, fasilitas, dan nama besar dari UGM itu sendiri. Belum lagi situasi kuliah di kawasan Jogja yang pastinya nyaman, adalah beberapa alasan, kenapa banyak lulusan SMA dan yang sederajat, ingin kuliah di UGM. Secara tidak langsung, hal-hal seperti ini yang membuat daya tampung UGM meningkat setiap tahunnya, termasuk daya tampung dan peminat SNMPTN UGM.

Daya tampung dan peminat SNMPTN UGM

Seperti yang dijelaskan di atas, pihak UGM sendiri sudah menghitung dengan baik, daya tampung untuk para calon Mahasiswa/i-nya. Daya tampung tersebut, nantinya akan dibagi-bagi ke dalam beberapa sistem jalur masuk.

Misalnya saja daya tampung dan peminat SNMPTN UGM, yang sudah diatur untuk sekian ratus orang. Demikian pula untuk jalur masuk lainnya, entah itu SBMPTN, jalur mandiri, atau jalur lainnya.

Ulasan kali ini, khusus membahas tentang daya tampung dan peminat SNMPTN UGM 2022. Berbeda dengan daya tampung untuk jalur lainnya, sejak awal daya tampung SNMPTN UGM 2022 ini sudah dibatasi. Ada beberapa indikator yang sudah ditetapkan sejak awal, mulai dari akreditasi sekolah, dan yang lainnya.  

Jadi buat kamu yang ingin masuk ke UGM, tanpa harus ujian tertulis, mulai saat ini sebaiknya perhatikan dan mulai perbaiki nilai rapor, atau juga meningkatkan prestasi yang dimiliki selama sekolah. Atau bahkan bisa juga dengan memperbaiki dan meningkatkan prestasi non akademik, sebagai nilai tes ujian masuknya. Tentunya ini akan jadi salah satu jalur yang cukup bergengsi, ketika kamu berhasil lulus.

Adapun daya tampung untuk jalur SNMPTN dari UGM, yang diberikan, akan dibagi jadi 2 jalur prodi, yaitu Prodi Saintek atau sains dan teknologi, dan juga Soshu, atau sosial dan hukum.   

Daya tampung dan peminat SNMPTN UGM prodi saintek

Seperti namanya, prodi Saintek, maka dalam prodi tersebut, terdapat beberapa jurusan yang berhubungan dengan dunia sains, kesehatan dan juga teknologi. Berikut ini adalah informasi tentang daya tampung dan peminat SNMPTN UGM prodi Saintek, mulai dari jenjang D4, antara lain :

  1. Manajemen Informasi Kesehatan
  2. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Teknologi Rekayasa Elektro
  4. Teknologi Rekayasa Instrumentasi Dan Kontrol
  5. Teknologi Rekayasa Internet
  6. Teknik Pengelolaan Dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil
  7. Teknologi Rekayasa Mesin
  8. Teknik Pengelolaan Dan Perawatan Alat Berat
  9. Pengelolaan Hutan
  10. Teknologi Veteriner
  11. Pengembangan Produk Agroindustri
  12. Teknologi Survei Dan Pemetaan Dasar
  13. Sistem Informasi Geografis
  14. Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil

Adapun daya tampung yang diberikan terbilang cukup terbatas, berkisar antara 8 hingga 15 orang per jurusan. Sedangkan untuk peminat untuk jenjang tersebut di tahun 2021 masih 0 atau tidak ada.

Sedangkan untuk jenjang SI, beberapa jurusan mempunyai peminat yang cukup banyak, sedangkan yang lainnya demikian. Adapun jurusan dengan tingkat peminat yang cukup tinggi antara lain :

  1. Farmasi: Daya tampung 2022 : 60, Peminat 2021  : 1.659
  2. Kedokteran: Daya tampung 2022 : 44, Peminat 2021  : 1.585
  3. Teknologi Informasi: Daya tampung 2022 : 20, Peminat 2021  : 1.012
  4. Teknik Sipil: Daya tampung 2022 : 45, Peminat 2021  : 935
  5. Kehutanan: Daya tampung 2022 : 69, Peminat 2021  : 797
  6. Teknik Mesin: Daya tampung 2022 : 35, Peminat 2021  : 768
  7. Kedokteran Gigi: Daya tampung 2022 : 38, Peminat 2021  : 963
  8. Arsitektur: Daya tampung 2022 : 20, Peminat 2021  : 668
  9. Ilmu Komputer: Daya tampung 2022 : 18, Peminat 2021  : 667
  10. Teknik Elektro: Daya tampung 2022 : 20, Peminat 2021  : 605

Sementara untuk jurusan lainnya, hanya mampu menerima sekitar belasan hingga maksimal 30 orang peminat.

Daya tampung dan peminat SNMPTN UGM prodi Soshum  

Tidak jauh berbeda dengan prodi Saintek, daya tampung dan peminat SNMPTN UGM prodi Soshum, juga cukup beragam. Untuk jenjang D4, seperti :

  1. Manajemen Dan Penilaian Properti
  2. Perbankan
  3. Akuntansi Sektor Publik
  4. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
  5. Pengelolaan Arsip Dan Rekaman Informasi
  6. Bahasa Inggris
  7. Bisnis Perjalanan Wisata

Semuanya hanya mampu menampung sekitar 10 hingga maksimal 23 orang peserta SNMPTN. Tapi tahun lalu peminat untuk jenjang tersebut tidak ada.

Lain halnya untuk jurusan yang berhubungan dengan ekonomi. Jumlah paling banyak pesertanya dipegang oleh jurusan Manajemen dengan jumlah peminat sekitar 1.544, sedangkan yang diterima hanya sekitar 33 orang. Peringkat kedua dipegang oleh jurusan Akuntansi, dengan jumlah peminat sekitar 1.300 orang sedangkan yang diterima hanya sekitar 38 orang.

Dari jurusan hukum jumlah peserta yang SNMPTN tahun lalu, mencapai sekitar 1.433 orang, namun yang diterima hanya sekitar 83 orang. Sedangkan untuk jurusan Ilmu Hubungan Internasional, jumlah peserta SNMPTN yang mendaftar sekitar 1.167 orang, namun yang diterima hanya sekitar 19 orang.

Tertarik untuk mendalami ilmu psikologi, siap-siap untuk bersaing, tahun lalu, jumlah yang mendaftar sekitar 1.871 orang, sedangkan yang diterima hanya sekitar 57 orang saja.

Buat kamu yang suka dengan sastra, pihak UGM juga sudah mempunyai beberapa jurusan, seperti Sastra Arab, Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jawa, Sastra Prancis, Sastra Jepang, dan juga Bahasa dan Kebudayaan Korea. Adapun jumlah yang mendaftar pada tahun lalu, terbilang cukup banyak, sekitar 100 hingga 500-an orang, terutama untuk Sastra Inggris. Tapi yang diterima hanya sekitar 8 hingga 19 orang, itu pun yang paling banyak adalah Bahasa dan Sastra Indonesia. Sedangkan untuk Sastra Prancis dan Sastra Jepang, dan Sastra Jawa, mempunyai kursi SNMPTN yang juga terbilang kecil, yaitu sekitar 8 hingga 9 orang peserta saja.    

Selain beberapa jurusan yang disebutkan di atas, di Prodi Soshum ini, ada jurusan lain yang juga dapat coba kamu pilih, seperti Ilmu Ekonomi, Filsafat, Antropologi Budaya, Arkeologi, Sejarah, Manajemen dan Kebijakan Publik, Politik dan Pemerintahan, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Ilmu Komunikasi, dan yang lainnya.

Dimana jumlah pendaftar yang mendaftarkan diri di program SNMPTN tahun lalu, terbilang tidak terlalu banyak, hanya ratusan orang saja. Sedangkan untuk kemungkinan untuk diterima terbilang cukup besar, sekitar 8 hingga puluhan orang.

Dari ulasan di atas, jelas sudah, buat kamu yang memang ingin masuk jalur UGM, dengan jalur SNMPTN. Sebaiknya cari tahu daya tampung dan peminat SNMPTN UGM, untuk jurusan yang dipilih. Jangan lupa, pastikan kamu memang mempunyai prestasi yang baik, yang mampu ditonjolkan, bak itu prestasi dalam bidang akademik atau non akademik. Agar kemungkinan untuk masuk melalui jalur tersebut, jadi terbuka lebar.  

Data daya tampung dan peminat diatas adalah berdasarkan data SNMPTN tahun 2021. Namun kami update jika sudah ada informasi resminya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta