5 Contoh Desain Modern Undangan Pernikahan 2021

Posted in: Hubungan Informasi
Tagged: Desain Pernikahan

5 Contoh Desain Modern Undangan Pernikahan 2021 – Sebentar lagi, hari Valentine, ya. Di hari yang dipercayai sebagai hari cinta kasih ini, banyak orang yang memanfaatkan momen-momen seperti jadian, kencan, dan bahkan merencanakan pernikahan. Terkadang, saking banyaknya pasangan yang berencana akan memasukin tahapan yang lebih serius, banyak undangan pernikahan yang diterima oleh kerabat maupun keluarga. Untuk mengurangi kemiripan dan juga supaya diingat oleh calon tamu undangan, pihak penyelenggara acara pun harus bisa memilih desain undangan pernikahan yang modern dan kreatif.

Informasi Contoh Desain Modern Undangan Pernikahan 2021

Pexels.com

Kalau mendengar kata ‘modern’ terkadang kita bisa menyambungnya dengan hal-hal yang sangat futuristik. Tetapi nyatanya, kamu bisa membuat tradisi baru dalam mendesain dan mencetak undangan pernikahan ala tahun 2021. Kalau pada umumnya undangan pernikahan hanya sekali pakai, kamu bisa saja memilih jenis kertas yang dapat didaur ulang atau undangan yang bisa dipakai menjadi hal lain seperti kalender, kertas pengingat, dan lain sebagainya. Bahkan, saat ini, sejak banyak yang sadar akan lingkungan, orang-orang membuat undangan pernikahannya dengan website. Jadi, seperti apa sih desain undangan pernikahan era tahun 2021 yang modern ini? Mari kita simak.

1. Undangan dengan Kertas Daur Ulang

paperchainweddingstationery.co.uk

Penggunaan kertas daur ulang adalah pilihan kekinian yang mulai dipilih orang untuk undangan pernikahan, apalagi di tahun 2021. Dengan menggunakan kertas daur ulang, tidak ada proses pembuatan kertas yang mengundang polusi, juga saat penerima akan membuangnya, kertas masih bisa terurai di tanah. Selain pemilihan kertas yang aman untung bumi, pemilihan tinta juga harus seimbang. Tinta bisa memakai tinta organik yang dapat diresap dengan baik oleh organisme lain. Untuk isi undangan pun sangat sederhana karena memang didesain untuk mengurangi sampah, sehingga isinya hanya nama kedua mempelai, tanggal pernikahan, dan lokasi pesta dan dicetak dalam 1 sampai 2 halaman.

2. Desain Minimalis

paperculture.com

Tidak hanya desain rumah, undangan pernikahan pun juga ada yang minimalis. Hal ini dikategorikan mempunyai desain minimalis karena pemilihan font dalam penulisan undangan, isi yang terdapat dalam undangan, juga lembaran lain seperti peta lokasi acara dan sisipan lain yang ditaruh oleh pengundang. Jenis font yang dipilih biasanya dengan sedikit lekukan sampai yang paling formal, tanpa tambahan pattern lain, dan hanya mengandung 1 sampai 3 warna dasar. Sedangkan untuk isi undangan, pasti harus ada nama mempelai calon pengantin, tanggal dan waktu dimulainya acara, lokasi acara, dan kontak yang bisa dihubungi untuk reservasi.

3. Undangan Pernikahan Online

sebarundangan.id

Pilihan desain undangan modern selanjutnya juga sudah banyak dipilih orang untuk momen pernikahannya, yaitu undangan melalui website. Bila ini hal yang baru untuk kamu, di Indonesia sendiri, trend ini sudah berjalan cukup lama, lho. Beberapa website seperti wedew.id, sebarundangan.id, dan masih banyak lagi, mempunyai beberapa paket, juga fitur undangan elektronik yang bisa kamu request sesuai yang kamu dan pasangan inginkan. Harga yang dipatok pun juga sangat terjangkau. Jadi, kamu dan pasangan bisa alokasikan ke hal lain, ditambah dengan berbagai kemudahan yang juga dirasakan oleh tamu undangan, seperti lokasi acara yang terintegrasi oleh aplikasi peta, donasi dengan uang elektronik, dan juga pesan yang bisa langsung diketik dari telepon genggam.

4. Kertas Undangan yang Transparan

onefabday.com

Setiap desain pernikahan pasti juga melalui proses perubahan sesuai jaman. Kalau desain lama kebanyakan terbuat dari kertas tebal yang licin dan berkelip, desain yang juga kekinian ini salah satunya dengan desain transparan. Desain yang unik ini masih dipilih oleh banyak calon pengantin di tahun 2021. Berbagai latar transparan yang bisa dipilih juga menambah keindahan pada undangan, seperti berbahan vellum, yang berbahan dasar organik, sehingga ramah lingkungan, dan bahan mika, hampir menyerupai kaca yang tidak kalah elegan karena tulisan dan hiasan undangan diukir. Salinan lain juga terbuat dari bahan yang sama, dan dibungkus dengan amplop yang sama elegannya.

5. Bergaya Retro

onefabday.com

Semakin majunya jaman, orang-orang justru sering mengadaptasi gaya-gaya jaman dahulu karena dianggap estetik. Hal ini terjadi juga dengan undangan berdesain retro ala tahun 70’an. Desain yang dikenal nyentrik ini biasanya berwarna lebih terang seperti kuning, jingga, coklat bata, dan warna setara, juga pattern-pattern yang terkenal di era tersebut, seperti bunga, musik, dan kotak-kotak. Biasanya, dress code acara juga berbeda dengan acara pernikahan formal pada umumnya. Kamu dipersilahkan menggunakan sneakers, celana, dan kacamata hitam khas era 70’an.

Hal Penting dalam Penulisan Undangan Pernikahan dengan Desain Modern

Selain desain yang unik dan cantik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat atau memesan undangan pernikahan. Pemilihan font juga harus disesuaikan dengan tema undangan supaya selaras, sama dengan keyakinan mempelai untuk melanjutkan jenjang hubungannya. Tipografi tidak kalah penting, karena pastinya orang-orang yang diundang adalah orang-orang penting dan berjasa. Bila sudah memilih warna dasar dan jenis tulisan untuk undangan, maka tema keseluruhan dalam undangan pun harus cocok.

1. Pemilihan Font

Hal penting pertama yang diperhatikan dalam penulisan undangan pernikahan adalah pemilihan font. Hal ini ditujukan agar pembaca nyaman melihat konten dan informasi yang tertulis dalam undangan. Bisa saja pembaca adalah orang yang sudah tua, sehingga ada beberapa font yang perlu penglihatan ekstra untuk membacanya. Alasan lain mengapa pemilihat font harus diperhatikan adalah agar serasi dengan pemilihan tema dan latar pada undangan. Dengan begitu, pembaca juga bisa mendapat gambaran akan menggunakan pakaian apa saat acara nanti dan hadiah apa yang cocok diberi untuk calon pengantin.

2. Tipografi

Setelah pemilihan font yang tepat, hal yang harus hati-hati dalam pengetikan undangan pernikahan adalah ketepatan penulisan atau bisa disebut tipografi. Bagian yang paling penting untuk diperhatikan saat pengetikan terletak di bagian nama tamu undangan. Hal ini kerap terjadi, apalagi saat jumlah tamu yang diundang tidak hanya kerabat terdekat dan keluarga. Selain penulisan nama tamu, penulis undangan juga harus memperhatikan ketepatan nama lokasi dan tanggal diselenggarakannya acara pernikahan supaya tidak ada kesalahpahaman. Kalau hal ini dikerjakan oleh sebuah kelompok usaha pencetak undangan, kamu sebagai pemilik acara berhak kok untuk melakukan komplain.

3. Tema yang Konsisten

Poin terakhir dalam penulisan undangan yang modern adalah tema yang konsisten. Hal ini dapat diselaraskan dari proses pemilihan foto pra-pernikahan (opsional), pemilihan warna dasar dan font undangan, penggambaran pattern yang diukir di atas undangan, bahan dasar kertas, atau bahkan tema acara. Beberapa pilihan ide untuk tema undangan pernikahan yang kekinian bisa diambil dari aspek kebudayaan, hobi, filosofi hidup, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali sumber inspirasi untuk desain undangan pernikahan yang tidak ketinggalam jaman. Tetapi yang pasti, acara pernikahannya juga tidak kalah kekinian. Hasilnya, semuanya seimbang, dari undangan yang sangat menggambarkan mempelai, sampai pelaksanaan acara yang meriah dan hangat. Kalau sudah mendapat inspirasi untuk undangan pernikahanmu kelak dan kamu sayangnya harus meninggalkan kos yang sudah kamu huni lama, kamu bisa loh merekomendasikan rumah kos kamu lewat aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah