Download Kumpulan Soal dan Pembahasan UM UNDIP Lengkap

 Mamikos | Sen, 01 Mei 2017

Download Kumpulan Soal dan Pembahasan UM UNDIP Lengkap – Memang saat ini baru dicari banget nih sama calon maba yang pengen melanjutkan kuliah di universitas negeri ternama di Semarang ini. Universitas Diponegoro atau Undip ini termasuk dalam salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia. Gak heran deh kalau setiap tahun ribuan orang berusaha untuk mendaftar masuk Undip. Kalau mau masuk ke Undip, ada tiga cara yang bisa ditempuh. Cara yang pertama adalah lewat SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Cara yang kedua adalah lewat SBMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sedangkan cara yang ketiga adalah melalui UM atau Ujian Mandiri. SNMPTN dan SBMPTN memang jalur yang dirasa berat bagi banyak orang. Hal ini karena saingannya adalah pelajar-pelajar dari seluruh Indonesia. UM atau Ujian Mandiri adalah kesempatan yang dinilai lebih besar peluangnya, karena dilakukan setelah SNMPTN dan SBMPTN dan saingannya relatif lebih sedikit.

Kumpulan Soal dan Pembahasan UM UNDIP Lengkap

Download Kumpulan Soal dan Pembahasan UM UNDIP Lengkap

 

UM Undip terbagi menjadi tiga kelompok yaitu program SAINTEK (IPA), program SOSHUM (IPS), dan program Campuran atau IPC. Meski merupakan seleksi mandiri yang hanya diselenggarakan di Undip, namun UM ternyata juga cukup sulit, lho. Apalagi jika kamu melakukannya tanpa persiapan. Makanya, kamu harus banyak-banyak nih membaca kumpulan soal UM Undip sebelum kamu mendaftar dan ikut test. Buat kamu yang emang niat banget pengen masuk Undip dan gak mau melewatkan kesempatan terakhir untuk bisa kuliah di Undip ini, secara kan SNMPTN dan SBMPTN udah lewat, kamu harus latian soal terus, nih.

Kalau kamu belum punya kumpulan soal UM Undip, kamu bisa download di sini:

Download kumpulan soal UM Undip

Download Soal UM UNDIP 2020

Yuk, jangan lupa untuk download soal dengan cara klik tombol download soal di atas. Setelah itu kamu bisa mulai latihan soal untuk persiapan UM UNDIP nanti.

Tata Cara Mendaftar UM UNDIP

  1. Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur pilihan UM S1
  3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)
  4. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan FC ijazah yang dilegalisir/ijazah asli (hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian)

Pilihan Kelompok Program Studi

  • SAINTEK : 2 pilihan program studi (ada 34 prodi S1 Saintek)
  • SOSHUM : 2 pilihan program studi (ada 17 prodi S1 Soshum)

Materi Ujian

SAINTEK
07.30-08.00 WIB Verifikasi &  Pengisian Biodata
08.00-10.30 WIB Materi Ujian :
Umum (Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Akademik (Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi)
SOSHUM
07.30-08.00 WIB Verifikasi &  Pengisian Biodata
08.00-10.30 WIB Materi Ujian :
Umum (Matematika Dasar, Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Akademik (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi dan Kewarganegaraan)

Toleransi keterlambatan maksimal 30 menit setelah ujian dimulai

Kalender Pendaftaran

Pendaftaran online : 1 Mei – 1 Juli 2020
Pembayaran : 1 Mei – 2 Juli 2020
Ujian/Tes Seleksi : 11 Juli 2020
Pengumuman Hasil : 20 Juli 2020

 

Jangan lupa untuk giat belajar dan rajin berdoa agar nantinya hasil dari ujian mandiri kalian bisa memuaskan. Kunjungi situs Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk mendapatkan informasi ter-update seputar Universitas Diponegoro.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: