Download Soal Tryout SBMPTN 2020 Gratis! Saintek dan Soshum+Campuran

 Mamikos | Sen, 17 Sep 2018

Download soal tryout sbmptn 2020 Saintek dan Soshum + Campuran belakangan ini akan menjadi yang paling banyak dicari 0leh kalangan pelajar terutama yang sudah duduk dibangku kelas tiga. SPMPTN merupakan salah satu ujian seleksi yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri untuk menyaring calon mahasiswanya.

Setiap tahun peserta yang ikut dalam SBMPTN selalu bertambah bahkan sampai melebihi kuota yang disediakan. Sama seperti tahun kemarin download soal tryout SBMPTN sangat laku dikalangan pelajar. Nah mungkin saat ini adik – adik juga sedang mencari contoh soal untuk latihan ya?

Download Soal Tryout SBMPTN 2020 Gratis!

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semua pelajar tentu ingin berhasil lolos dalam SBMPTN sehingga dapat masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan. Kamu juga bisa kok masuk ke perguruan tinggi yang kamu inginkan jika berusaha belajar dari sekarang. Dimanapun kampus yang ingin kamu tuju, tidak akan bisa lolos tanpa usaha. Nah, mumpung masih lumayan jauh waktu untuk menghadapi SBMPTN kamu bisa mulai latihan soal – soal SBMPTN tahun lalu atau mencari kumpulan soal tryout SBMPTN.

Bedanya Saintek dan Soshum + Campuran

Prediksi kisi – kisi soal SBMPTN 2020 ini terdiri dari beberapa kelompok dan materi. Yakni Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum. Sebelum kamu donwload soal – soal tryout SBMPTN 2020 ada baiknya juga kalau kamu tahu dulu apa saja perbedaan dari Saintek, Soshum dan Campuran itu? Karena kamu termasuk pembaca setia Mamikos, kali ini kita akan memberikan sedikit bocoran jadi simak baik – baik ya!

1. Saintek

Saat mencari informasi tentang SBMPTN baik contoh soal maupun cara ikut serta, pasti kamu akan menemui istilah Saintek. Nah, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan saintek itu? Saintek adalah perpanjangan dari sains dan teknologi, jadi sudah ada gambaran ya nanti jenis soalnya akan seperti apa? Biasanya kelompok saintek ini dikenal dengan kelompok IPA. Jurusan yang ada di dalam soal saintek sendiri terdiri dari Kedokteran, Teknik, Farmasi, Kimia, Fisika, Matematika dan lain sebagainya. Mungkin ini soal yang lumayan sulit ya?

2. Soshum

Sedangkan istilah Soshum sendiri adalah Sosial dan Humaniora, untuk istilah ini biasanya dikenal dengan kelompok IPS. Jurusan yang ada di dalam kelompok soshum biasanya terdiri dari jurusan dan kelompok yang bersangkutan dengan kehidupan sosial seperti Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sastra. Perlu kamu ketahui juga bahwa biasanya jurusan psikologi dikelompokkan dalam kelompok soshum namun untuk beberapa perguruan tinggi  UNPAD,UNS, UNAND,UNSRI  justru masuk ke kelompok saintek

3. Campuran

Kemudian Campuran merupakan gabungan dari kelompok Saintek dan Soshum. Ini berlaku jika misalnya kamu ambil jurusan kedokteran dan akutansi maka ujian seleksi yang harus diambil adalah campuran. Jangan sampai salah ambil ya.

Keuntungan Download Soal Tryout SBMPTN 2020

Adapun beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah :

  1. Dengan sering mengikuti Tryout kamu bisa tahu dimana letak kelemahanmu dalam mengerjakan soal. Dengan begini juga kamu bisa memperbaiki kesalahan dari jawaban kamu. Jangan segan untuk bertanya kepada teman yang lebih pandai atau langsung tanya ke guru mapel yang kamu kenal.
  2. Dengan mengikuti tryout kamu bisa sering – sering mengulang untuk mengerjakan soal yang mungkin bisa dibilang itu adalah kelemahan kamu. Dengan berusaha memperbaiki kesalahan maka hasil yang akan didapatkan nantinya juga akan lebih baik.
  3. Kamu bisa memanfaatkan waktu ujian dengan maksimal. Berbeda dengan anak yang jarang ikut tryout karena mereka belum paham alur soal seperti apa yang akan dikerjakan atau bagaimana waktu efisien untuk dapat mengerjakan soal SBMPTNnya
  4. Semakin banyak kamu belajar soal tryout berarti kemampuan kamu juga semakin terasah dan materi akan lebih banyak kamu kuasai. Jika ada informasi tentang penyelenggaraan truout SBMPTN baik untuk kelompok saintek, soshum atau campuram jangan ragu untuk ikut.
  5. Ketika kamu sering menghadapi soal yang rumit saat tryout maka kamu akan semakin fokus mengerjakan soal pada saat ujian nanti. Karena tryout memang tujuannya untuk melatih kamu agar bisa memanfaatkan waktu untuk dapat mengerjakan soal dengan baik.
  6. Dengan belajar contoh soal SBMPTN 2020 kamu juga akan tahu mana saja bidang yang kamu kuasai sehingga akan jauh lebih mudah untuk menentukan jurusan kuliah.

Download Soal UTBK SBMPTN 2020

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: