Ngebet Kuliah di PTN? Terapkan 13 Tips Ampuh Lolos SBMPTN Berikut Ini!

SBMPTN – Untuk bisa mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang tidak mudah. Hampir semua pelajar di tanah air menargetkan bisa berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit mereka masing-masing. Jadi, jika kamu juga berniat ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kamu harus siap juga ya untuk bersaing ketat dengan banyak orang. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN ini sendiri merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional.

SBMPTN merupakan ujian tertulis yang akan menyeleksi kamu agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang kamu pilih. SMBPTN sudah dilakukan dari penyelenggaraan melalui ujian tertulis (SNMPTN tulis) yang diadakan pada tahun 2008. Nantinya ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ini akan terdiri dari Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Soal-soal kedua jenis ujian ini nantinya akan disesuaikan dengan kaidah pengembangan tes. Menurut rilis Kemenristekdikti, SBMTPN di tahun ini akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang yang berarti akan dilaksanakan sebelum Ujian Nasional (UN).

Terapkan 13 Tips Ampuh Lolos SBMPTN Berikut Ini!

Ini artinya kamu hanya punya waktu persiapan sekitar 2 bulanan lagi lho! Gimana nih kabar persiapan SBMPTN-nya? Apakah kamu sudah semakin mantap dengan TKPA? Atau jangan-jangan semangatnya lagi pada kendur nih? Atau malah ada yang masih belum mulai juga?! Kalau belum segera siapkan diri belajar dengan niat yang tekun dan pantang menyerah. Dari tahun ke tahun diketahui hanya ada sekitar 15-17% saja peserta yang lolos dalam SBMPTN. Artinya persaingan SBMPTN tiap tahun itu emang sangat ketat dan hanya mereka-mereka yang terseleksi secara ketat ini sajalah yang akhirnya bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian mereka.

Sebelum Mamikos membagikan tips ampuh rahasia SBMPTN, mungkin pertama-tama Mamikos akan menerangkan seputar sistem SBMPTN yang baru. Karena masih sedikit yang memahami bagaimana proses pelaksanaannya. Untuk itu, Mamikos akan membahasnya dalam artikel ini yang kemudian akan dilanjutkan dengan memberikan beberapa tips ciamik saat mengerjakannya juga. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut!

1. Melakukan Pendaftaran di Situs SBMPTN Resmi

Sebelum kamu mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), langkah pertama yang harus dilakukan ialah melakukan pendaftaran di situs SBMPTN Resmi di sini. Tata caranya memang belum dijelaskan secara detail hingga tulisan ini diterbitkan. Namun, bila mengacu kepada perubahan yang terjadi, kiranya tidak jauh berbeda dengan SBMPTN tahun lalu. Selain itu, kemungkinan besar biaya pendaftarannya pun tidak jauh berbeda.

2. Mengerjakan Soal UTBK

Nantinya, ketika kamu mengikuti UTBK, kamu akan mengerjakan dua jenis soal. Dua jenis soal itu ialah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS akan berisikan soal-soal yang mengulik bakat dan kemampuan kamu di bidang keilmuan. Nantinya, kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum kamu akan diukur dalam TPS. Sedangkan, TPA berisikan pengetahuan dan penguasaan materi. Soal-soal yang muncul berasal dari materi-materi rumpun sains dan teknologi (saintek) serta sosial humaniora (soshum).

3. Setelah Ujian, Tinggal Menunggu Hasilnya

Perbedaan paling signifikan pada pelaksanaan SBMPTN ini ialah kamu akan diberitahukan nilai hasil UTBK SBMPTN-nya. Hal ini berbeda dengan SBMPTN sebelumnya di mana nilai ujian tidak akan kamu dapatkan atau diberitahukan. Hasil nilai itu nantinya kamu butuhkan untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kamu inginkan. Masuk atau tidaknya kamu di PTN impianmu nanti mengacu kepada nilai hasil UTBK SBMPTN.

Bila kamu tidak puas dengan nilai UTBK-mu, maka kamu diperbolehkan mengulang sekali lagi. Usahakan, saat mengulang UTBK, kamu sudah belajar maksimal. Sebab, kesempatan yang diberikan panitia SBMPTN untuk mengulang hanya sekali. Jadi, jangan sia-siakan ya. Dengan kata lain, nilai UTBK-mu itu akan menjadi patokan utama kamu bisa diterima di PTN impianmu. Untuk standar setiap PTN perihal nilai yang harus dicapai juga belum banyak informasinya. Jadi, kamu harus terus update informasinya di Mamikos ya!

13 Tips Ampuh Lolos SBMPTN

Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN, telah banyak mengundang banyak perhatian para pelajar di seluruh Indonesia. Banyak yang menginginkan untuk masuk ke kampus ternama karena alasan tertentu. Seperti biaya murah dan prospek kerja yang lebih diperhitungkan perusahaan negara maupun swasta di Indonesia. Untuk semakin menambah semangat kamu menghadapi SBMPTN mendatang, berikut Mamikos akan coba bagikan tips ampuh lolos SBMPTN.

1. Urutkan pilihan jurusan sesuai peringkat maupun peminatnya

Kamu harus mempunyai strategi penting dalam memilih jurusan. Jangan sampai kamu gagal hanya karena salah memilih jurusan yang diminati. Pertama, harus mencari peminat dari jurusan yang kamu minati. Kedua, kamu harus mengurutkan dari pilihan pertama yang menunjukkan peminat terbesar hingga ke yang terkecil. Faktor lain yang harus diperhitungkan adalah tingkat passing grade dan peringkat universitas tersebut.

2. Usahakan ketiga pilihan berada dalam jurusan yang sama

Saat memilih jurusan tersebut pada ketiga pilihan, usahakan kamu harus mencantumkan jurusan yang sama walaupun universitasnya berbeda. Peluang kamu untuk lolos SBMPTN akan semakin besar. Karena perhitungan tersebut sangat logis dan tentu ada keseriusan kamu dalam memilih jurusan tersebut.

3. Pilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat

Jurusan yang kamu pilih haruslah sesuai dengan minat dan bakatmu. Jangan hanya menilai dari prospek kerja maupun gaji saat lulus kuliah. Kamu tidak perlu takut oleh kesulitan yang ada dalam jurusan tersebut. Asalkan kamu mau dan berusaha, maka kesulitan tersebut akan mudah untuk dihadapi.

4. Manfaatkan keuntungan di balik sistem penilaian yang baru

Penilaian SBMPTN akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu tidak perlu khawatir jika mendapat poin minus saat salah mengerjakan soal. Aturan tersebut lebih menguntungkan. Sebab kamu lebih mampu untuk menjawab soal lebih banyak. Namun, hal tersebut dilihat dari tingkat kesulitan soal, dan tentu kamu harus mampu mengerjakan soal yang sulit untuk mendapat poin tinggi.

5. Ikuti try out SBMPTN untuk melatih kemampuan kamu

Banyak media-media yang menawarkan try out SBMPTN untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal itu diperlukan agar para peserta SBMPTN dapat mengukur kemampuannya dalam mengerjakan soal, dan menentukan tingkat kelolosan peserta melalui beberapa kali try out.

6. Mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan

Pelaksanaan UTBK tentunya membuatmu harus bisa tahan di depan layar komputer selama ujian berlangsung. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik dan kesehatanmu agar dapat mengerjakan tiap soal dengan maksimal. Untuk itu, kamu perlu menjaga matamu jangan sampai terlalu lelah dan tidak kuat dengan layar komputer. Upayakan selalu tidur tepat waktu dan tidak memaksakan diri saat belajar. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatanmu sehingga saat mengikuti ujian, dirimu dalam keadaan paling fit. Kalau perlu, konsumsi vitamin dan suplemen yang kiranya dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Jangan lupa, kurangi kegiatan-kegiatan yang kiranya dapat menguras tenaga dan mengganggu kesehatanmu, khususnya kesehatan mata.

7. Belajar dengan sungguh-sungguh

Hal kedua yang bisa kamu lakukan agar kamu dapat lolos SBMPTN adalah niat kan untuk belajar sungguh-sungguh dulu. Sudah menjadi rumus bahwa segala hal itu diawali dengan niat. Jika kamu sudah niat ingin bercita-cita masuk PTN favorit maka nantinya kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh. Apalagi jika kamu ingin masuk jurusan yang favorit pasti saingannya banyak.

8. Mengatur jadwal belajar

Langkah selanjutnya adalah mengatur waktu belajar. Ingat biasanya setiap manusia itu punya waktu belajar prime time masing-masing. Ada yang moodnya bagus di pagi, ada yang di siang, ada yang di sore dan mungkin ada yang di malam hari. Nah pastikan belajar maksimal di jam-jam mood terbaik kamu, dan itu pasti akan diserap otak lebih baik dibanding waktu yang non prime. Ini ilmiah ya kalau jam prime time saya misalnya adalah subuh dari jam 5 sampai jam 9 pagian, setelah itu kamu akan mengantuk dan lemes.
Bagi yang masih terlalu banyak main, keluyuran tidak jelas alangkah lebih baiknya kamu sudahi itu dan fokus untuk belajar mulai dari sekarang. Ingat bahwa saingan kamu di seluruh Indonesia sudah bersiap-siap belajar dari sekarang untuk menghadapi SBMPTN. Jadi jika kamu tidak belajar mulai dari sekarang bisa dipastikan kamu akan kalah saing dengan pelajar dari daerah lainnya di tanah air.

9. Latihan Soal-Soal

Tak ada salahnya juga kamu mencoba untuk cari soal-soal ujian SBMPTN sebelumnya dan pelajari dengan seksama. Soal-soal ujian SBMPTN itu dari tahun ke tahun polanya tidak jauh beda makanya jika kamu sering atau akrab dengan soal maka kamu tidak akan kesulitan mengerjakannya. Pelajari soal dari yang termudah kemudian naik ke level menengah sampai level sulit. Pastikan kamu menguasai dulu soal bertipe mudah, jika sudah beres baru lanjut ke level selanjutnya.

10. Membuat kelompok belajar

Bagi yang kesulitan belajar sendiri, coba kamu buat komunitas kecil-kecilan bersama temanmu untuk berdiskusi. Cari teman yang akan membuat kamu pintar dan cerdas. Kamu bisa belajar saat weekend di rumah misalnya, atau di tempat lain yang suasananya enak untuk belajar.

11. Belajar melalui video yang ada di internet

Mempersiapkan dirimu menghadapi TPS dan TPA di UTBK SBMPTN, kamu wajib banget belajar bersama di beberapa komunitas belajar online di jejaring internet. Sebab, nantinya kamu akan diajarkan materi-materi terkait yang mungkin akan muncul dalam soal TPS dan TPA tersebut. Selain itu, penjelasan materi-materi itu cukup mudah dipahami lantaran disampaikan oleh tutor-tutor ciamik nan kece punya. Jadi, kamu akan memiliki pengalaman belajar yang cukup cepat dan maksimal.

12. Mengerjakan soal dengan pelan-pelan

Meski UTBK SBMPTN ada batas waktu pengerjaannya, jangan kerjakan soal terburu-buru. Pastikan setiap jawabanmu memang sudah tepat dan sudah dipikirkan masak-masak. Apalagi, tipe-tipe soal HOTS membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam menjawabnya. Untuk itu, biasakan diri untuk mengerjakan soal dengan perlahan namun bisa mengatur waktu sehingga kamu semua soal bisa selesai tepat waktu. Selain itu, biasakan untuk memastikan diri jawaban yang tepat sebelum memilih jawaban di layar komputer dan jangan sampai kamu salah pilih jawaban karena terburu-buru dan panik terkejar waktu.

13. Jangan lupa untuk selalu berdoa

Setelah berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai cara, mulai dari mengikuti bimbel, memperbanyak latihan soal, dan sebagainya, sekarang waktunya kita untuk berdoa dan berserah kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Dibalik usaha yang maksimal, ada kemurahan Tuhan yang akan mengabulkan keinginan kita. Jika pun sampai gagal, bukan berarti kita harus pesimis, tetapi ini adalah pengingat bahwa mungkin pilihan tersebut bukanlah pilihan yang terbaik untuk dijalani.

Untuk mencapai tujuan tertentu diperlukan strategi yang tepat. SBMPTN bukanlah ujian yang mudah. Tes ini dibuat dengan model soal yang tidak biasa dan harus diakrabi sejak dini. Semakin banyak persiapan kita, semakin bagus senjata yang kita gunakan untuk menghadapi tes seleksi perguruan tinggi ini. Dengan ikhtiar yang maksimal, dan dengan berserah kepada Tuhan yang Maha Kuasa, besar kemungkinan kita untuk diterima di PTN favorit. Selamat mencoba!

Ujian SBMPTN bukanlah suatu perkata yang mudah. Soal yang diujikan tergolong sulit dimana para kompetitor yang memperebutkan kursi perguruan tinggi itu sangatlah banyak. Kalian tidak lagi bersaing dengan teman-teman yang berasal dari satu sekolah saja, tetapi berkompetisi dengan seluruh pelajar yang ada di Indonesia dan bahkan mancanegara. Masuk dalam universitas favorit adalah mimpi setiap orang. Universitas favorit menawarkan proses perkuliahan yang berkualitas untuk mencetak SDM yang berkualitas pula. SDM berkualitas tentu menjadi incaran perusahaan ternama atau lembaga formal di dalam dan di luar negeri untuk direkrut dengan fee yang tidak sedikit. Ya, ada bayangan masa depan yang cerah dengan menjadi bagian dari universitas favorit.

Nah, itu tadi ulasan sedikit seputar soal-soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  yang kabarnya akan sedikit sulit dibandingkan soal SBMPTN tahun kemarin. Tak perlu khawatir, belajarlah lebih giat lagi supaya kamu bisa lolos dalam SBMPTN  ini. Jadi, persiapkanlah dirimu lebih baik lagi ya! Dan jangan lupa perhatikan jadwal pendaftaran serta jadwal ujian SBMPTN supaya kamu tidak melewatkannya. Selamat berjuang! Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta