9 Ekspektasi Mahasiswa Baru Ketika Mulai Masuk Universitas Yang Ternyata Salah!

Posted on Posted in Mahasiswa, Mahasiswa Baru

9 Ekspektasi Mahasiswa Baru Ketika Mulai Masuk Universitas Yang Ternyata Salah! – Tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai. Kamu yang baru saja lulus SMA pun sudah siap bergegas untuk melakukan persiapan menjadi mahasiswa baru. Di masa-masa awal kuliah tentu kamu pernah memikirkan terkait apa yang harus dilakukan mahasiswa baru dan hal yang harus diketahui mahasiswa baru. Begitu bukan? Kehidupan perkuliahan tentunya akan cukup jauh berbeda dengan kehidupan kamu di bangku sekolah. Banyak sekali hal-hal yang tak sesuai dengan ekspektasimu. Penasaran?

9 Ekspektasi Mahasiswa Baru Ketika Mulai Masuk Universitas Ini Jauh Dari Kenyataan

1. Sudah kuliah, artinya bebas bangun siang setiap hari.

Kata siapa kamu bisa bebas bangun siang begitu duduk di bangku perkuliahan? Sudah kuliah belum tentu kamu bisa berleha-leha. Karena jadwal kuliah justru lebih padat. Jadwal kuliah kamu nantinya bisa dari pagi sampai malam, tergantung dosen. Kadang, kamu bisa kuliah jam 7 pagi, kadang pula kamu bisa kuliah jam 7 malam di kampus. Jadi, jangan senang dulu ya. Persiapkan fisik dan mental sepertinya lebih perlu daripada berleha-leha.

2. Kuliah itu belajarnya sedikit, hanya sekitar jurusanmu saja.

Tidak hanya jurusanmu saja, beberapa jurusan justru mengharuskan mahasiswanya untuk juga menguasai mata kuliah dasar dan mata kuliah umum seperti pelajaran-pelajaran di SMA. Seperti Agama, Kewarganegaraan, hingga Bahasa Inggris. Jadi tetap belajar banyak pelajaran karena tak kalah penting dari mata kuliah inti.

3. Kuliah jauh, bebas dari orangtua.

Di awal-awal kuliah dan saat sibuk dengan perkuliahan, mungkin kamu akan sedikit merasa bebas dan tak terkekang karena jauh dari orang tua. Tapi, di saat-saat tertentu, seperti saat di kost sendirian, atau saat sedang sakit dan tak ada yang merawatmu di perantauan, kamu akan merasakan betapa kamu rindu dengan orangtua dan keluargamu di kampung halaman.

4. Kuliah bisa sambil cari pacar.

Jangankan untuk mencari kekasih, untuk liburan dan beristirahat saja kadang tak ada waktu karena jadwal kuliahmu yang padat. Begitu kamu bisa mempunyai waktu luang, biasanya waktu tersebut akan kamu habiskan untuk mengerjakan tugas kuliah yang semakin menumpuk.

5. Kuliah dan merantau, bakal susah cari kost.

Mahasiswa Rantau

Seringkali kekhawatiran muncul saat akan memutuskan untuk kuliah di luar kota tentang bagaimana dan akan tinggal dimana nanti begitu merantau. Banyak anggapan mencari tempat tinggal atau kost di luar kota itu sulit. Padahal, sekarang pencarian kost lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Mamikos. Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mencari kost lewat web Mamikos. Tak hanya pencarian kost saja, banyak juga informasi yang bisa kamu temukan terkait kota rantau tujuanmu.

6. Kuliah itu lebih menyenangkan karena tak perlu pakai seragam.

Memang benar, saat sudah kuliah, seragam tak lagi digunakan, tapi bukan berarti kamu bisa sembarangan memakai pakaian saat kuliah, dan juga saat masuk ke lingkungan kampus. Saat kuliah, ada peraturan bahwa mahasiswa harus tetap mengenakan pakaian pantas, rapi, serta bersepatu.

7. Mendapatkan nilai pasti tak sesusah saat SMA, karena merasa sudah berada di jurusan yang benar.

Bila di saat duduk di bangku SMA dulu nilai yang kamu dapat berupa angka yakni rentang 1-100, maka di bangku perkuliahan kini nilai yang biasanya diberikan dosen berupa huruf, rentang A-F. A adalah nilai tertinggi, dan F adalah terendah. Nah, kalau kamu berpikir mendapatkan nilai di kuliah tak sesusah di SMA, kamu salah besar, karena di bangku perkuliahan usaha untuk mendapatkan nilai A justru lebih rumit, karena tak hanya berdasarkan ujian saja, tetapi juga tugas dan praktikum yang kamu lakukan.

8. Anak kuliah kalau libur lama.

Bila kadang kamu menemukan banyak mahasiswa yang libur semester nya sampai berbulan-bulan, jangan salah sangka, karena di balik liburan tersebut, kamu tak pernah tahu kegiatan apa saja yang mereka jalani. Terkadang, meski liburan, para mahasiswa itu masih harus mengikuti semester pendek mata kuliah untuk bisa memperbaikin nilai mereka yang jelek.

9. Kuliah itu asyik, karena tak ada PR.

Memang tak ada PR harian yang berarti, tapi ada banyak tugas seperti membuat makalah atau laporan yang bisa selesai setelah dikerjakan berhari-hari. Jadi, bila duduk di bangku SMA dulu kamu sering pusing dengan PR harian, maka di bangku perkuliahan nanti, kamu akan disibukkan dengan tugas-tugas lebih berat seperti makalah atau laporan praktikum.

Baca juga :  10 Pesan dari Mahasiswa Baru yang Bikin Ngakak
Baca juga :  10 Bahasa Favorit Anak Kuliahan yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Mahasiswa Baru!
Baca juga :  10 Tips OSPEK Mahasiswa Baru Agar Berjalan Lancar