FR Field Report SKD CPNS 2021 TWK, TIU & TKP dengan Jumlah Soal Materinya

Posted in: CPNS

FR Field Report SKD CPNS 2021 TWK, TIU & TKP dengan Jumlah Soal Materinya – Beberapa instansi pemerintahan telah melaksanakan ujian SKD untuk hari pertama meskipun masih banyak pula yang bahkan belum mendapatkan jadwal pelaksanaan ujian SKD. Setelah pelaksanaan ujian perdana ini, ada banyak field report SKD CPNS atau dikenal dengan FR yang bisa diperhatikan. FR sendiri merupakan laporan terperinci yang berkaitan dengan pengalaman pelaksanaan ujian yang dipaparkan secara terperinci. Bagi kamu yang akan menghadapi ujian SKD dalam beberapa waktu kedepan, simak penjelasan terkait FR yang ada di bawah ini.

Field Report Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

maritim.go.id

Penggunaan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang masuk ke dalam salah satu bagian dari ujian SKD digunakan untuk melihat pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Terutama dalam hal seperti penerapan terhadap nilai nasionalisme, integritas, sikap bela negara, pilar negara, dan juga penguasaan Bahasa Indonesia. Sistem penilaian yang digunakan yaitu untuk jawaban yang benar mendapatkan skor sebanyak 5 (lima) poin. Sedangkan untuk jawaban yang dinyatakan salah maka akan mendapatkan skor sebesar 0 (nol) poin.

Salah satu hal yang masuk ke dalam field report SKD CPNS yaitu terkait TWK. Pada pelaksanaan ujian perdana SKD kemarin, untuk TWK memiliki total 30 soal yang diujikan. Rincian soal yang diberikan diantaranya:

  1. Soal terkait UUD 1945 yang menjadi pilar negara.
  2. Pengamalan dari sila yang ada di dalam Pancasila sebanyak sekitar 4 (empat) soal.
  3. Soal tentang Perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB).
  4. Soal tentang Amandemen UUD 1945 mulai dari amandemen pertama hingga keempat. Ada pula jumlah pasal dari amandemen tersebut yang diubah pada setiap amandemennya. 
  5. Soal yang berkaitan dengan perilaku dan sikap bela negara.
  6. Soal Bahasa Indonesia dengan jumlah estimasi soal sebanyak 3 (tiga) buah. Ketiga soal tersebut tentang kalimat efektif, gagasan utama atau ide pokok, dan pengambilan kesimpulan dari sebuah paragraf.
  7. Soal yang berkaitan dengan seputar deduktif dan induktif ada sebanyak 2 (dua) buah soal ujian.
  8. Penggunaan kata serapan yang diambil dari Bahasa Inggris.
  9. Tugas yang dimiliki oleh lembaga negara seperti MPR dan DPR.
  10. Kewenangan yang dimiliki oleh jabatan Presiden pada UUD RIS.
  11. Soal terkait dengan bela negara.
  12. Soal yang masih berkaitan dengan pengalaman yang dimiliki di dalam kehidupan sehari-hari.

Field Report Tes Intelegensi Umum (TIU)

Bagian kedua dari ujian SKD yang akan diujikan yaitu dinamakan dengan Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk melihat kemampuan dalam hal verbal, numerik, dan juga figural. Kemampuan verbal menggunakan soal seperti analogi, silogisme, dan juga analitis. Sementara untuk numerik menggunakan soal cerita, perbandingan, dan juga deret angka. Untuk kemampuan figural sendiri digunakan dalam melihat penalaran melalui perbandingan menggunakan dua gambar, perbedaan pada beberapa gambar, serta hubungan yang dimiliki pada gambar.

Sistem penilaian yang digunakan pada TIU sendiri kurang lebih sama seperti yang ada pada TWK. Jika jawaban benar, maka nantinya akan mendapatkan sebanyak 5 (lima) poin dan salah mendapatkan 0 (nol) poin. Beberapa juga mengatakan bahwa pengerjaan TIU perlu untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik agar bisa menyelesaikan seluruh soal ujian yang diberikan. Maka dari itu, penting untuk kamu banyak memiliki latihan dalam pengerjaan soal TIU dan juga melatih manajemen waktu yang disediakan dengan baik.

Dalam field report SKD CPNS yang beredar, ada pula FR yang berkaitan dengan TIU. Pada bagian soal yang ada di TIU, terdapat total 35 soal yang diujikan dan perlu untuk dijawab oleh peserta. Berikut ini merupakan rincian dari soal tersebut diantaranya:

  1. Soal terkait dengan besarnya perbandingan yang ada pada hari kerja.
  2. Soal untuk mengetahui urutan yang dimiliki pada posisi duduk.
  3. Soal tentang figural dengan estimasi yang ada yaitu sebanyak 5 (lima) soal yang diujikan. Soal figural tersebut diantaranya terdiri dari figur dua dan tiga dimensi, perbandingan, serta balok kubus.
  4. Perbandingan untuk yang senilai dan memiliki nilai yang berbalik.
  5. Perhitungan sederhana seperti penggunaan kata baku dan bilangan pecahan.
  6. Soal tentang pengerjaan deret, terutama untuk deret aritmatika.
  7. Soal tentang pemilihan anonim dari sebuah kata yang disajikan.
  8. Sebanyak sekitar 3 (tiga) buah soal tentang numerik perhitungan dengan cara yang sederhana.
  9. Pengerjaan soal cerita.
  10. Soal tentang perbandingan sederhana yang menggunakan tabel dan tentang berbalik nilai.
  11. Pencarian tentang posisi antrian.

Field Report Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Bagian dari ujian SKD yang ketiga yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang berfungsi sebagai indikator penilaian beberapa aspek dari peserta itu sendiri. Indikator tersebut diantaranya yaitu berhubungan dengan pelayanan terhadap publik, jaringan kerja yang dimiliki, dan juga latar belakang sosial budaya yang ada. Selain itu, kamu nantinya juga akan mengerjakan soal terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi serta nilai profesionalisme yang dimiliki. Sistem penilaian yang digunakan yaitu dengan skoring mulai dari angka 1 (satu) hingga 5 (lima) dan jika tidak dijawab maka akan mendapatkan 0 nilai (nol).

Untuk field report SKD CPNS atas TKP, terdapat total 45 soal yang masuk ke dalam ujian. Rincian dari soal tersebut yaitu diantaranya tentang:

  1. Narasi yang diberikan pada soal termasuk yang tidak terlalu panjang. Opsi yang diberikan masih bisa dengan mudah dibedakan antara yang baik atau tidak.
  2. Pertanyaan tentang bagaimana sikap yang diambil dalam sebuah situasi tertentu.
  3. Soal tentang untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki jika menjadi seorang pimpinan.

Beberapa dari yang memiliki field report SKD CPNS mengatakan bahwa perlu untuk memiliki kehati-hatian lebih dalam pengerjaan TKP. Hal ini dikarenakan soal ujian yang diberikan membutuhkan pemahaman dan waktu pengerjaan yang lebih lama. Maka dari itu, penting juga untuk bisa melatih kemampuan dalam mengatur waktu pengerjaan soal dengan baik. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu sudah siap dan tahu hal apa saja yang perlu untuk dilakukan pada saat hari pelaksanaan ujian SKD.

Tips Pengerjaan Ujian SKD CPNS

Selain informasi mengenai field report SKD CPNS yang sudah ada di internet, kamu juga perlu untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi SKD. Terdapat beberapa tips yang bisa untuk kamu perhatikan, diantaranya:

  1. Perbanyak waktu untuk latihan mengerjakan soal SKD dari berbagai sumber yang tersedia. Kamu juga bisa untuk mencari soal yang keluar dari seleksi CPNS pada tahun-tahun yang sebelumnya.
  2. Berlatihlah untuk membaca dan memahami isi dari soal ujian dengan teliti dan benar. Kerjakan dengan perasaan dan sikap yang tenang agar tidak melewatkan hal yang penting di dalam soal tersebut.
  3. Perbanyak berlatih untuk menggunakan waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal dengan seefektif mungkin. Hal ini penting untuk menjadi perhatian agar nantinya kamu tidak akan kehabisan waktu saat pengerjaan soal ujian.
  4. Akan lebih baik untuk mengerjakan soal yang bisa dijawab dengan mudah terlebih dahulu agar tidak banyak membuang waktu untuk mencari jawaban soal yang sulit. Hal ini untuk menghindari banyaknya soal yang masih belum dijawab hingga waktu ujian habis.
  5. Persiapkan diri dan dokumen yang perlu untuk dibawa ketika hari pelaksanaan ujian. Dokumen ini penting agar kamu bisa masuk ke dalam ruangan ujian dengan lancar dan tepat waktu.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa saja field report SKD CPNS yang ada pada pelaksanaan tahun 2021 ini. Hal ini bisa berguna untuk kamu yang belum melaksanakan ujian SKD agar nantinya bisa lebih mempersiapkan diri dengan baik. Kamu juga bisa untuk membaca dan mengikuti apa saja tips yang bisa dilakukan untuk persiapan dalam menghadapi ujian SKD. Semoga ujian SKD yang akan kamu hadapi berjalan dengan lancar dan dapatkan informasi seleksi CPNS terbaru melalui blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah