12 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa dan Menarik untuk Ditonton

Posted in: Hiburan

12 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa dan Menarik untuk Ditonton — Tahukah kamu bahwa film dokumenter adalah sebuah pendokumentasian sebuah informasi, kisah atau cerita mengenai sesuatu yang dikemas dalam bentuk visual gambar dan memiliki suara. Film dokumenter biasanya mengemas sebuah informasi yang merupakan kenyataan atau pernah terjadi di lingkungan sosial masyarakat.

Tidak sedikit orang yang cukup menyukai film dokumenter sebagai sebuah media mencari informasi atas sebuah berita atau fakta yang ada. Jadi, jika kamu penasaran dengan beberapa rekomendasi film dokumenter terbaik sepanjang masa, kamu dapat menyimak daftar yang akan Mamikos lampirkan berikut ini.

Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

pixabay.com/claudid

Ada banyak pemahaman mengenai film dokumenter itu sendiri. Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas pemahaman mengenai film dokumenter adalah sebuah karya non-fiksi yang mendokumentasikan sebuah fakta, realita atau kenyataan yang terjadi kepada seseorang, di lingkungan masyarakat, atau fenomena yang berlangsung. Ada cukup banyak orang yang jatuh cinta pada film dokumenter sebab genre tersebut dapat membuka sebuah wawasan terhadap fakta yang ada di sekelilingnya.

Tak jarang juga, ada beberapa film dokumenter yang menceritakan sebuah kisah tragis hingga membuat orang yang tampak tangguh dan kuat pun jadi menangis karena ikut merasakan dengan sebuah kejadian yang pernah terjadi. Biar kamu tidak lagi penasaran apa saja film dokumenter terbaik sepanjang masa tersebut, kamu dapat menyimak beberapa daftar yang sudah Mamikos kumpulkan berikut ini.

1. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Jiro Dreams of Sushi menjadi rekomendasi film dokumenter terbaik sepanjang masa pertama yang masuk dalam rekomendasi Mamikos kali ini. Dalam film dokumenter ini kamu akan mengetahui tentang perjalanan hidup seorang master of sushi yang memulai karirnya hingga usia yang sudah senja bernama Jiro Ono. Jiro Ono mempunyai sebuah restoran Sukiyabashi di Tokyo, Jepang. Restoran tersebut memiliki reputasi yang sangat baik bahkan berhasil meraih 3 Michelin Star.

Dalam film dokumenter tersebut, kamu akan melihat perjalanan master sushi Jiro Ono yang mengawali karir hingga mengasah kemampuan dan potensinya dalam menyajikan sushi hingga di usianya yang sudah tua. Meskipun Jiro mempunyai anak yang juga memiliki restoran sushi, dan ada juga yang membantunya di restorannya sendiri, Jiro Ono masih menjadi orang yang memastikan kualitas sushi yang disajikan tetap yang terbaik. Kegigihan dan kerja keras Jiro Ono hingga menjadi master sushi dapat diteladani.

  • Info film: Jiro Dreams of Sushi
  • Durasi film: 81 menit
  • Genre: Dokumenter, Animasi, Biografi
  • Tanggal rilis film: 15 Maret 2012
  • Sutradara: David Gelb

2. The Thin Blue Line (1988)

Rekomendasi film dokumenter yang ada pada daftar Mamikos ini ada The Thin Blue Line yang dirilis pertama kali pada 25 Agustus 1988. Dalam film dokumenter tersebut, kamu akan menyaksikan sebuah rekonstruksi sebuah kisah Randall Dale Adams yang ditangkap dan dijatuhi hukuman mati di usia 26 tahun atas tuduhan membunuh seorang polisi pada tahun 1976.

Akan tetapi, Randall tidak pernah melakukan pembunuhan tersebut. Sang sutradara, Errol Morris mencoba mengangkat sisi lain dari kisah Randall Dale Adams tersebut dengan mewawancarai beberapa orang yang terlibat dalam kasus tersebut termasuk Randall sendiri. Film satu ini juga mengangkat mengenai sebuah sistem peradilan yang cacat dengan cukup baik. Setahun setelah film dokumenter tersebut rilis, hukuman Randall kemudian ditangguhkan oleh hakim setempat.

  • Info film: The Thin Blue Line
  • Durasi: 101 menit
  • Genre: Dokumenter, Kejahatan, Drama
  • Tanggal rilis film: 25 Agustus 1988
  • Sutradara: Errol Morris

3. The Overnighters (2014)

The Overnighters menjadi film dokumenter berikutnya yang masuk dalam rekomendasi Mamikos dalam artikel ini. Dalam film ini, sang sutradara mendokumentasikan sebuah fenomena yang terjadi di sebuah kota kecil bernama Williston yang terletak di Dakota Utara yang mendadak mengalami lonjakan jumlah penduduk. Rupanya hal tersebut diakibatkan karena ditemukannya sebuah sumber minyak di salah satu titik di kota tersebut.

Para pendatang yang tiba di sana berharap bisa mendapatkan pekerjaan layak di kota tersebut, sebab pada saat ini sedang terjadi penurunan ekonomi yang cukup besar di Amerika Serikat. Akan tetapi, para penduduk setempat membenci serta menolak mentah-mentah para pendatang tersebut. Namun hanya satu orang yang merentangkan tangan serta menyambut para pentang tersebut yang bernama Jay Reinke, yang merupakan seorang Pasto. Jay Reinke menerima para pendatang tersebut dan mengajak mereka untuk tinggal sementara di Gereja tempat sang pastor melayani. Tak disangka The Overnighters menjadi salah satu film dokumenter terbaik sepanjang masa yang menyajikan sebuah cerita yang sangat menyentuh hati.

  • Info film: The Overnighters
  • Durasi : 102 menit
  • Genre: Dokumenter, Drama
  • Tanggal rilis film: 31 Oktober 2014
  • Sutradara: Jesse Moss

4. Capturing The Friedmans (2003)

Rekomendasi film dokumenter dari Mamikos berikutnya yang masuk daftar kali ini adalah Capturing The Friedmans yang disutradarai oleh Andrew Jarecki. Jarecki berhasil membuat sebuah film dokumenter yang cukup menyentuh tentang orang-orang yang berprofesi sebagai badut untuk pesta ulang tahun. Akan tetapi, saat Jarecki melakukan riset dan mewawancarai narasumber yang bernama David Friedman, ia justru menemukan hal-hal yang mengejutkan.

Saudara laki-laki dan ayah David Friedman adalah tersangka dari sebuah kasus pelecehan seksual pada anak di bawah umur. Film tersebut lalu fokus pada penyelidikan lebih lanjut mengenai keluarga Friedmans. Dari rekaman wawancara kepada korban serta polisi, dan ditambah dengan beberapa bukti rekaman lain dari video keluarga Friedman, maka keluarga Friedman dinyatakan bersalah dan mendapatkan hukuman setimpal yang seharusnya didapatkan.

  • Info film: Capturing The Friedmans
  • Durasi: 107 menit
  • Genre: Dokumenter, Biografi
  • Tanggal rilis film: 18 Juli 2003
  • Sutradara: Andrew Jarecki

5. The Act of Killing (2012)

Rekomendasi film dokumenter terbaik yang Mamikos sarankan untuk kamu tonton adalah The Act of Killing. Dalam film The Act of Killing kamu akan mengikuti sutradara mendokumentasikan kisah para pelaku pembantaian orang terduga PKI yang ada di kota Medan pada 1965 sampai tahun 1966. Menurut catatan pembantaian tersebut sudah melenyapkan hingga 400 ribu hingga 3 juta korban. Korban-korban tersebut terdiri dari pria, wanita, dewasa dan anak-anak yang dicurigai sebagai PKI pasti akan dibantai.

Joshua Oppenheimer, sang sutradara bersama tim yang ia bentuk, membuat dokumenter tersebut untuk membuka mata serta pikiran kamu mengenai kekejaman orang-orang yang tega membunuh orang yang diduga sebagai bagian dari PKI. Jika kamu ingin menyaksikan salah satu film yang menceritakan sedikit mengenai sejarah Indonesia ini, maka kamu perlu menyaksikan The Act of Killing.

  • Info film: The Act of Killing
  • Durasi: 117 menit
  • Genre: Dokumenter, Kejahatan
  • Tanggal rilis film: 1 November 2012
  • Sutradara: Joshua Oppenheimer

6. How to Survive a Plague (2012)

Film dokumenter berikutnya yang cukup menggugah dan paling tidak perlu kamu tonton sekali seumur hidup adalah How to Survive a Plague. Mereka yang mengidap penyakit AIDS pada 80’an menjadi orang-orang yang diasingkan, disingkirkan hingga tidak dipedulikan oleh masyarakat dan pemerintah. Rumah sakit pada masa itu juga menolak dengan tegas untuk para pasien penderita AIDS tersebut. Singkatnya, para penderita AIDS ini seolah dibiarkan meninggal dengan sendirinya karena menerima penolakan dan pengasingan dari dunia.

How to Survive a Plague mendokumentasikan dengan baik mengenai perjuangan organisasi ACT UP atau AIDS Coalition to Unleash Power yang bersusah payah untuk menumbuhkan kepedulian mengenai penyakit AIDS serta memanusiakan para penderita AIDS tersebut. Tentu saja hasilnya dapat kamu lihat di masa kini. Di mana para penderita AIDS sudah mendapatkan perawatan, perhatian dan pendampingan yang semestinya semua kalangan.

  • Info film: How to Survive a Plague
  • Durasi: 110 menit
  • Genre: Dokumenter, Sejarah, Berita
  • Tanggal rilis film: 8 November 2013
  • Sutradara: David France

7. Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

Dalam dokumenter Kurt Cobain: Montage of Heck kamu akan menyaksikan sebuah cerita dan sisi lain dari perjalanan hidup seorang Kurt Cobain sebagai ikon musik Grunge yang populer pada tahun 90’an. Keunikan film dokumenter satu ini terletak pada angle yang diambil sang sutradara yang tidak biasa. Sebab biasanya film dokumenter akan lebih fokus pada karir serta kesuksesan yang dicapai oleh Kurt Cobain dan Nirvana. Akan tetapi, dalam film ini kamu akan menyaksikan mengenai sisi seorang Kurt Cobain yang sempat menyalahgunakan penggunaan narkoba, kondisi kejiwaannya serta hubungan cinta dan bencinya dengan sang istri, Courtney Love.

  • Info film: Kurt Cobain: Montage of Heck
  • Durasi: 145 menit
  • Genre: Dokumenrer, Animasi, Biografi
  • Tanggal rilis film: 4 Mei 2015
  • Sutradara: Brett Morgen

8. Miss Americana (2020)

Miss Americana adalah sebuah film dokumenter terbaik yang tayang secara eksklusif di Netflix yang mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang Taylor Swift. Dalam film tersebut, kamu dapat melihat semua perjuangan Taylor dalam hidup dan karir musiknya. Dimulai dari usaha Taytay untuk tetap menjadi diri sendiri tanpa memikirkan pendapat orang lain, hingga kasus yang menghebohkan dunia mengenai konfliknya dengan Kanye West dan Kim Kardashian.

Dalam dokumenter ini, kamu juga akan menyaksikan proses krisis hidup Swift usai peluncuran album 1989 yang terus berlangsung sampai Swift merilis album Reputation pada tahun 2017. Kehidupan sosial Taylor Swift dan masa kecilnya pun dibahas di sini.

  • Info film: Miss Americana
  • Durasi: 86 menit
  • Genre: Dokumenter, Biografi
  • Tanggal rilis film: 31 Januari 2020
  • Sutradara: Lana Wilson

9. House of Secrets: The Burari Deaths (2021)

Beberapa waktu lalu film dokumenter ini menghebohkan ketika dirilis pertama kali di Netflix. House of Secrets: The Burari Deaths merupakan serial dokumenter yang mengisahkan tentang kematian 11 anggota keluarga Chundawat di Burari, Delhi, India pada tahun 2018. Kasus kematian 11 anggota keluarga tersebut menggemparkan warga setempat dan dunia pada saat kejadian. Sebab, sebelas anggota keluarga ditemukan tewas dalam kondisi tergantung di kediaman mereka sendiri.

Dengan kondisi meninggal yang tak wajar seperti itu, kejadian tersebut seakan menjadi sebuah tragedi bunuh diri massal. Akan tetapi misteri yang mengiringinya justru membuat kejadian satu ini tak dapat disebut kasus biasa. Kamu dapat menyaksikan film dokumenter ini di Netflix.

  • Info film: House of Secrets: The Burari Deaths
  • Durasi: 135 menit
  • Genre: Dokumenter, Kejahatan, Thriller
  • Tanggal rilis film: 8 Oktober 2021
  • Sutradara: Leena Yadav

10. Gleason (2016)

Film dokumenter selanjutnya adalah Gleason. Seorang mantan pemain football dan ikon untuk bermain di New Orleans bernama Steve Gleason menderita sebuah penyakit langka yang dikenal dengan ALS atau yang juga dikenal dengan nama Lou Gehrig’s Disease. Penyakit ini sama seperti yang diderita oleh Stephen Hawking.

Film ini mengisahkan cerita tentang kisah hidup Gleason yang harus tetap bertahan dan tegar untuk menghadapi penyakit yang dideritanya nya demi istri dan anaknya yang belum lahir pada saat itu. Ada banyak pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dari salah satu film dokumenter terbaik sepanjang masa ini.

  • Info film: Gleason
  • Durasi: 110 menit
  • Genre: Dokumenter
  • Tanggal rilis film: 29 Juli 2016
  • Sutradara: Clay Tweel

11. Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father (2008)

Ada sebuah kisah tentang seorang pria bernama Andrew Bagby yang tewas karena dibunuh oleh kekasihnya sendiri yang bernama Shirley Jane Turner. Sang kekasih, Shirley saat itu sedang mengandung anak dari Andrew ketika sedang diadili. Sang sutradara Kurt Kuenne lalu mengumpulkan beberapa kenangan mengenai Andrew yang didedikasikan untuk Zachary, anak Andrew yang saat itu belum lahir, untuk menunjukkan cerita tentang mendiang ayahnya sendiri.

Di samping itu, film ini juga menyoroti tentang perebutan hak asuh Zachary di antara kedua orang tua nya yakni Andrew dan Shirley. Cerita ini sangat indah dan menyentuh, Dear Zachary dijamin akan mengubah cara pandang kamu.

  • Info film: Dear Zachary: A Letter to a Son About His Father
  • Durasi: 95 menit
  • Genre: Dokumenter, Biografi, Kejahatan
  • Tanggal rilis film: 31 Oktober 2008
  • Sutradara: Kurt Kuenne

12. The Times of Harvey Milk (1984)

Harvey Milk adalah seorang politisi yang berasal dari San Francisco dan menjadi politisi pertama dalam sejarah California yang secara terang-terangan mengatakan bahwa dirinya adalah gay. Milk tidak menjalani masa jabatannya hingga akhir sebab nyawanya dihabisi oleh koleganya sendiri, Dan White. Meskipun begitu, perjuangannya membawa hasil yang hingga saat ini dapat dirasakan oleh warga Amerika. The Times of Harvey Milk mengangkat kisah perjuangan seorang Milk yang turut membangkitkan semangat para kaum LGBT di Amerika.

  • Info film: The Times of Harvey Milk
  • Durasi: 90 menit
  • Genre: Dokumenter, Biografi, Sejarah
  • Tanggal rilis film: 20 September 1985 (Finland)
  • Sutradara: Rob Epstein

Dari informasi mengenai film dokumenter terbaik sepanjang masa yang sudah Mamikos lampirkan di atas manakah yang paling menarik perhatian kamu dan ingin segera kamu tonton? Pastikan untuk memastikan menonton film-film dokumenter terbaik sepanjang masa itu hanya di platform resmi atau OTT legal seperti Netflix dan bukan pada situs-situs bajakan. Sebab biasanya di situs resmi tersebut jumlah dan rekomendasi film-film dokumenter jauh lebih baik kualitasnya. Baik gambar atau kualitas takarir (sub) Indonesia yang memudahkan kamu untuk memahami jalan cerita dalam film dokumenter tersebut.

Apabila kamu mempunyai keinginan untuk pindah hunian kos, Mamikos sarankan untuk mempercayakan pencariannya ke laman resmi dan aplikasi Mamikos sekarang juga. Sebab di situs Mamikos tersebut, kamu akan menemukan berbagai rekomendasi hunian kos terbaik yang dapat kamu sesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan saat ini. Kunjungi laman resmi Mamikos di sini atau unduh aplikasinya via iOs atau Android gratis.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah