11 Film Inspiratif Hidup Untuk Motivasi Meraih Mimpi

 Posted on Senin, Oktober 1st, 2018  Posted in Hiburan  Mamikos

11 Film Inspiratif Hidup Untuk Motivasi Meraih Mimpi – Ada yang bilang hidup merupakan perjuangan. Ketika perjuangan yang satu selesai, maka dilanjutkan dengan perjuangan yang lain. Tak sedikit orang menyerah, namun tak sedikit juga orang yang berhasil meraih mimpinya. Meski harus mengorbankan banyak hal. Waktu istirahat, keluarga, dan lainnya. Semata demi hidup lebih baik dan percaya bahwa perjuangan sampai akhir akan lebih indah dikenang. Ketimbang berpasrah pada nasib dan menunggu keajaiban.

Kebetulan Mami suka dengan film-film motivasi semacam itu. Oleh karena itu, Mami percaya pengaruh dari film bisa membuat seseorang termotivasi dan semangat untuk meraih keinginan dan berusaha sekeras baja demi mewujudkannya. Mami sudah punya daftar komplet 10 film pilihan yang pasti akan menginspirasi kalian dan memotivasi semakin kuat untuk meraih mimpi. Mimpi tidak semata bunga tidur jika kamu percaya banyak jalan untuk membuatnya berwujud di dunia nyata.

1. Slumdog Millionaire – film motivasi

Film ini menunjukan dengan baik gelapnya kehidupan di India yang tak tersentuh pendidikan, angka tinggi kemiskinan dan perdagangan manusia. Film ini menceritakan tentang perjalanan seorang pemuda bernama Jamal Malik. Sejak kecil dia besar di lingkungan kumuh di Mumbai dan sudah menjadi yatim piatu. Dalam sebuah perjalanan panjang, dia kemudian menjadi seorang kontestan dalam kuis Who Wants to be A Millionaire versi India dan dapat menjawab seluruh pertanyaan dalam kuis tersebut.

Tingal satu pertanyaan lagi yang harus dia jawab namun polisi menangkapnya atas tuduhan curang sebab semua pertanyaan dapat dia jawab dengan tepat. Mengingat dia hanyalah seorang miskin dan tidak berpendidikan. Kan, aneh, kalau bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sementara dulunya tidak memiliki background pendidikan cukup. Namun Jamal membela diri dengan menceritakan kehidupannya di masa lalu yang membuatnya bisa menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan dalam kuis.

Dia mulai bercerita dari pengalaman hidupnya saat kecil bersama kakak laki-lakinya bernama Salim saat tinggal di pemukiman kumuh, tentang rasa sukanya pada Latika dan perjuangan Jamal dan kakaknya tersebut untuk dapat bertahan hidup. Pelariannya dari sindikat perdagangan manusia sampai terpisahnya dia dengan Latika. Semua dengan runut Jamal ceritakan. Film ini diganjar berbagai penghargaan bergengsi kala itu. Meski ada cerita pahit dibelakangnya yakni beberapa pemain yang tidak dibayar sesuai kontrak, namun film ini tetap menjadi film yang mampu menginspirasi. Kegigihan dan kerja keras Jamal patut diteladani.

2. Life of Pi – film inspiratif

Life of Pi - film inspiratif

Semasa kecilnya, Pi tinggal di wilayah Pondicherry, India yang mana memiliki ayah yang juga seorang pemilik kebun binatang. Namun, suatu hari pemerintahan tidak lagi memberikan bantuan pada kebun binatang tersebut sehingga terpaksa berpindah ke Kanada agar tetap berjalan.

Tidak berjalan dengan mulus, selama perjalanan menuju Kanada saat akan menjual binatangnya kapalnya diterjang badai besar hingga karam. Pi berusaha untuk bertahan dengan sekoci bersama zebra, orangutan, hyena, dan seekor harimau Bengal bernama Richard Parker. Mereka terapung apung di Samudera Pasifik bersama hyena dan harimau Bengal yang makin hari makin merasa lapar. Bagaimana perasaanmu jika hidup terapung bersama seekor harimau yang bisa menerkammu kapan saja seperti Pi? Film ini mengajarkan agar jangan gampang menyerah dalam hidup. Apalagi cuma untuk urusan sepele yang kadang dibesar-besarkan seperti sekarang. Lihat lah apa sebanding dengan perjuangan Pi. Di tengah laut lepas dan hanya di atas sekoci, berduaan bersama harimau yang bisa menyantapnya hidup-hidup.

Pi mengajarkan untuk selalu memandang situasi dengan perspektif atau pandangan tersendiri. Salah atau tidaknya suatu tindakan tergantung pada perspektif kita, karena yang memiliki kemampuan untuk merubahnya adalah diri sendiri. Kita juga tidak bisa memaksakan apa yang benar dan salah berdasarkan pada perspektif kita sendiri. Film ini cukup cerdas dengan dialog-dialog yang juga asik.

3. The Pianist – film motivasi

The Pianist - film motivasi

Masih mengambil tema tentang sejarah kelam yang dibuat oleh pasukan militer Nazi, The Pianist merupakan film yang diangkat juga dari sebuah kisah nyata. The Pianist sukses besar di balik arahan Roman Polanski. Dengan memilih Adrien Brody sebagai pemeran utamanya, The Pianist selalu menarik untuk ditonton bagi mereka yang ingin mengetahui kekejaman Nazi saat itu.

The Pianist menggambarkan kehidupan di Polandia, di mana seorang pemain piano bernama Wladyslaw Szpilman yang berjuang untuk terus bisa bertahan hidup di tengah incaran tentara Nazi. Serem juga, ya. Bersama Wladyslaw, kamu akan diajak secara langsung untuk melihat bagaimana kekejaman tentara Nazi, bagaimana orang-orang tak berdosa dibakar dan ditembak mati, dieksekusi di jalanan, dan masih banyak adegan yang begitu kejam lainnya. Tapi moralnya tetap sampai kok.

4. The Blind Side – film motivasi

The Blind Side - film motivasi

Sandra Bullock memesona di The Blind Side. Dia sukses memerankan seorang ibu yang juga dermawan dan melihat potensi seorang anak meski warna kulitnya berbeda dengan dirinya. Film ini menggambarkan kisah hidup yang membangkitkan semangat, kisah nyata dari seorang gelandangan Michael Oher dalam perjuangannya terbebas dari masa lalunya. Namun demikian, berdasarkan kisah aslinya juga menunjukkan kegigihan seorang Collins Tuohy sebagai ibu angkat dari Michael Oher untuk membimbing menuju kesuksesan Michael Oher.

5. 3 Idiots – film motivasi

3 Idiots - film motivasi

Film India satu ini mungkin memiliki kualitas cerita yang berbeda. Aamir Khan pernah sangat memesona sewaktu memerankan guru yang menyadari perbedaan murid barunya di Taare Zameen Par. Namun saat memerankan seorang murid bengal, badung dan seakan bebas dari aturan, dia tetap berhasil loh. Meski saat bermain di 3 Idiots usianya sudah menginjak 44 tahun (yang mana sejujurnya dia juga cocok kalau memerankan guru), namun aktor satu ini masih terlihat pantas menjadi anak kuliahan.

Film ini mengkritik budaya pendidikan yang kacau di India. Atau tidak hanya di India saja. Mungkin sistem dan budaya di Indonesia juga sama mirisnya dengan yang diceritakan dalam film ini. Bercerita tentang 3 mahasiswa teknik di salah satu universitas teknik ternama di India. Tiga mahasiswa ini ternyata memiliki ceritanya masing-masing mengapa memilih menempuh pendidikan di kampus itu.

Dari kisah 3 mahasiswa berbeda karakter ini, kita akan melihat sendiri sudut pandang berbeda tentang apa itu pendidikan.

6. The Help – Film Inspiratif

The Help - Film Inspiratif

The Help adalah potret nyata perbedaan antara orang kulit putih dan hitam di Amerika Serikat sekitar tahun 1960-an. Film ini merupakan adapatasi dari novel karangan Kathryn Stockett yang cukup populer. Bercerita dengan sangat baik mengenai perilaku diskriminatif yang dilakukan warga kulit putih Amerika terhadap warga keturunan Afrika yang kebetulan bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Bercerita orang pembantu rumah tangga yang terampil, gesit dan cekatan dan telah banyak membantu keluarga majikannya dalam beragam urusan dapur hingga mengasuh anak. Namun sayangnya, para majikan tersebut tetap memandang sebelah mata para pembantunya hanya karena mereka orang kulit hitam. Nah bagaimana perang antara pembantu dan majikan itu? Kamu bisa tonton di The Help.

7. 12 Years a Slaves – film motivasi

12 Years a Slaves - film motivasi

12 Years a Slave mempunyai tema yang hampir sama dengan film berdasarkan kisah nyata sebelumnya, The Help, yakni tentang perlakuan berbeda dan seenaknya pada warga kulit hitam orang kulit putih Amerika. Rasis istilahnya. Adalah Solomon Northup, seorang pria kulit hitam cukup beruntung dibanding orang kulit hitam lainnya. Sebab dia tergolong orang kulit hitam yang mengenyam pendidikan dan juga sukses sebagai seorang pemain biola.

Suatu ketika Solomon didatangi oleh dua orang yang mengaku bekerja sebagai pengusaha sirkus dan menginginkan Solomon untuk bekerja sebagai pengiring musik dengan janji bayaran yang sangat tinggi. Namun pada kenyataannya Solomon ditipu, dia menjadi korban penculikan dan malah dijual sebagai budak di New Orleans. Namanya diganti dan dengan terpaksa dia harus menerima identitas baru tersebut agar tidak disiksa dengan tak berperasaan. Perjuangan Solomon pun tidak mudah. Dia harus berjuang dan bertahan hidup agar bisa kembali lagi ke istri serta kedua anaknya.

8. The Pursuit of Happyness – film motivasi

The Pursuit of Happyness - film motivasi

Karena masalah finansial, Chris beserta anaknya Christopher terpaksa ditinggalkan oleh istrinya. Di tengah keputusasaan tersebut, Chris mencoba peruntungan dengan mencoba berkarir sebagai pialang saham. Setelah mengalami banyak kegagalan dan hal tak pasti dalam hidupnya, Chris pasrah menerima tawaran magang tanpa dibayar sepeserpun di perusahaan pialang tersebut. Chris yang mulai kehabisan uang, harus merasakan diusir dari apartemennya, tinggal di motel kecil sampai menjadi gelandangan dengan menginap di rumah penampungan. Kemiskinan dan luka hatinya justru semakin mendorong tekad Chris untuk bekerja dan belajar lebih giat agar segera mendapatkan pekerjaan tetap.

Di akhir cerita, diceritakan bahwa Chris berhasil mendirikan perusahaan pialang sendiri dan sukses. The Pursuit of Happyness adalah film yang diangkat dari kisah nyata. Film ini menjadi salah satu contoh lain yang membuktikan bahwa harapan tak boleh mati dan semangat tak boleh redup. Akting Will Smith bersama putera aslinya juga sungguh mengagumkan.

9. Laskar Pelangi – Film Insiratif

Laskar Pelangi - Film Insiratif

Film yang bercerita dari kisah sang novelis, Andrea Hirata ini laris manis berkat kisah kesederhanaan di dalamnya. Laskar Pelangi mengisahkan anak-anak miskin di kampung di Belitung yang berjuang demi memperoleh pendidikan yang layak. Meski sekolahnya penuh dengan keterbatasan, namun hal itu tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap menuntut ilmu dan berprestasi. Ikal, Mahar dan kawan-kawannya menjadi bumbu yang sedap ditonton di film ini. Bagaimana kamu akan merasa terhibur dengan keluguan dan perjuangan mereka mengenal minat dan memupuk mimpi masing-masing.

Film ini juga membawa pesan moral agar terus bersemangat dan ikhlas. Meskipun kadang ujian hidup itu berat, namun bila segala yang akan dijelang dihadapi dengan ikhlas hati maka akan membawa kebahagiaan dalam hati. Terpenting film ini seolah menampar kita bahwa untuk memperoleh pendidikan, kita selalu memiliki banyak jalan. Meskipun di tengah keterbatasan, kekurang, atau kemiskinan sekalipun.

10. The Billionaire – film motivasi

The Billionaire - film motivasi

Perjuangan Top Ittipat dalam memulai bisnis raksasanya tetap menjadi cerita yang luar biasa untuk disimak berulang kali. Jika kamu ke mini market kamu pasti mudah menemukan Tao Kei Noi. Yakni camilan rumput laut dari Thailand. Nah film The Billionaire menceritakan tentang perjuangan sang pemilik yang saat film ini rilis berusia berusia 26 tahun. Adalah Aithipat “Top Ittipat” Kulapongvanich sang pemuda keras kepala yang enggan menyerah sebelum menjadi kaya dan mampu melunasi hutang orang tuanya. Perjuangan kerasnya untuk mewujudkan mimpinya menjadi pengusaha akhirnya terbayar lunas. Dia akhir cerita dia menjadi miliarder termuda di Thailand berkat camilan rumput laut yang diciptakannya. Nonton film ini akan selalu mampu menyulut semangat kok. Tidak percaya? Coba saja!

11. The Wind Rises – film motivasi

the wind rises - Film Motivasi

The Wind Rises (Kaze Tachinu) bisa dibilang adalah anime terakhir karya dari Hayao Miyazaki. Anime yang dirilis pada 2013 ini mengisahkan seorang cowok bernama Jirou Horikoshi yang memiliki ambisi untuk menciptakan pesawat terbang. Namun dia sering kali bermimpi bahwa dia seakan hidup dalam mimpinya sendiri. Misalnya mimpi untuk terbang atau mimpi untuk bikin dunia ke arah yang lebih baik.

Anime ini merupakan biopik dari Jirou Horikoshi, insinyur pesawat dari Jepang yang berhasil membangun pesawat Mitsubishi A6M Zero Fighter, yang merupakan pesawat terkenal dalam sejarah penerbangan Jepang. Perjuangan Horikoshi dapat dijadikan sebuah motivasi kehidupan. Meski melalui berbagai peristiwa kehilangan, musibah, asmara, dan perang, Jirou tetap selalu berjuang mengejar mimpinya agar bisa tercapai. Film ini cukup asik di tonton sebab dibumbu juga dengan kisah asrama Jiro dengan Nahoko, kekasih sekaligus sang istri dari Jiro. Perjuangan Nahoko melawan penyakit tuberkulosisnya serta kegigihan Jiro untuk mendukung Nahoko sungguh sebuah cerita yang manis.

Jika menonton film ini mungkin terasa menonton cerita Eyang Habibie dalam bahasa Jepang. Sebab di beberapa fasenya nyaris sama dengan yang diperjuangkan, dimimpikan dan dialami beliau. Hanya saja keduanya tentu saja memiliki kisah perjuangan dan mimpinya masing-masing. Persamaannya mungkin adalah keduanya membangun mimpi untuk mengembangkan negerinya menjadi lebih baik lagi.

Dapatkan juga info apartemen murah di kota ini :

11 Film Inspiratif Hidup Untuk Motivasi Meraih Mimpi

11 Film Inspiratif Hidup Untuk Motivasi Meraih Mimpi