17 Film Sedih yang Bikin Menguras Air Mata

Film Sedih yang Bikin Menguras Air Mata — Menonton film bisa menjadi hiburan yang menyenangkan. Apalagi saat kamu malas keluar untuk pergi ke bioskop, maka menonton film di rumah menjadi salah satu pilihan bijak.

Dalam artikel ini Mamikos akan mencoba memberikan beberapa rekomendasi film sedih yang bikin air mata kamu terkuras habis. Siap-siap mata kamu bakal bengkak dan hati kamu akan terasa sesak sesudah menonton film yang Mamikos rekomendasikan.

Rekomendasi Film Sedih yang Bikin Air Mata Terkuras

Konon menonton film sedih dapat membuat kita jadi orang yang jauh lebih peka dan perasa. Selain film horor, tidak heran jika banyak yang menyukai film sedih dan mencari-cari rekomendasinya.

Mari langsung simak saja rekomendasi film sedih Mamikos sebagai berikut. Mamikos sudah urutkan berdasarkan asal film mulai dari Asia, Hollywood sampai animasi atau kartun.

A. Film Sedih Asia

1. Hope

kompasiana.com

Rekomendasi pertama film sedih yang bikin air mata kamu terkuras dari daftar film Asia adalah film berjudul Hope. Film drama berasal dari Korea Selatan ini terinspirasi dari kasus kriminal “Na-young”, di mana seorang anak berusia 8 tahun mengalami kekerasan seksual yang mengerikan.

Hal tersebut tentunya membuat si anak yang memiliki nama Hope ini trauma terhadap semua pria dewasa, termasuk ayahnya. Sampai akhirnya sang ayah berusaha untuk bisa mendekati putrinya lagi dengan cara memakai kostum tokoh kartun favoritnya.

Berbagai pelajaran hidup dan juga adegan demi adegan yang menyayat akan terlihat dalam film ini.

2. 1 Litre of Tears

mydramalist.com

Cukup membaca dari judulnya saja kamu pasti sudah tahu kalau rekomendasi film sedih dan bisa menguras air mata versi Mamikos ini sangat mengharukan. 1 Litre of Tears atau yang memiliki arti 1 liter air mata adalah sebuah film yang diadaptasi dari sebuah kisah nyata.

Menceritakan kisah seorang gadis yang menderita penyakit yang tak dapat diobati. Nama gadis itu adalah Aya Kito. Kito menderita sebuah penyakit ganas yang menyerang saraf sehingga lambat laun ia tak bisa melakukan berbagai aktivitas sebagaimana biasanya.

Naskah cerita film ini tentu saja berasal dari buku harian yang ditulis langsung oleh Aya Kito sampai dia tak mampu lagi memegang pena untuk menulis. Dijamin deh cerita dalam film ini bakal bikin kamu menangis sampai merasa sesak.

3. Miracle in Cell No 7

review.bukalapak.com

Miracle in Cell No. 7 merupakan film yang dibuat Korea Selatan dan mendapatkan sejumlah penghargaan. Hebatnya lagi, film ini sudah diadaptasi oleh beberapa negara. Salah satunya Turki dan Indonesia.

Seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental dijebloskan ke penjara secara sengaja karena dijadikan kambing hitam oleh orang yang punya kuasa. Dia pun terpaksa terpisah dari putri semata wayangnya yang masih kecil.

Kebaikan dan ketulusan hatinya kemudian meluluhkan hati seluruh penghuni sel nomor 7, yang sebagian besar adalah para penjahat dari berbagai latar belakang. Namun, mereka kemudian membantu ‘menyelundupkan’ putrinya ke dalam sel.

4. Sabar Ini Ujian

youtube.com

Film yang masih bisa ditonton di Disney+ Hotstar ini memakai formula time loop yang cukup oke untuk disimak. Meski dikemas dengan gaya ala film komedi. Tapi tunggu sampai tujuh per delapan film. Kamu akan dibuat menangis.

Ternyata hal yang biasa kita lihat tidak selalu seperti apa yang kita duga. Begitulah kira-kira pesan yang akan ditangkap dalam film besutan Anggy Umbara ini. Film Sabar Ini Ujian juga seakan menjadi film terakhir mendiang Adi Kurdi sebelum berpulang.

5. Ode to My Father

wijatnikaika.id

Masih dari Korea Selatan, Ode to My Father merupakan film yang siap mencabik-cabik emosi kamu selanjutnya. Tokoh utama di film ini merupakan anak tertua dari sebuah keluarga Korea Utara yang harus mengungsi. Saat bermutasi, Ayah dan adik terpisah dermaga dan kemudian ‘memaksa’ Deok-soo untuk menjalani semua profesi.

Hanya agar ibu serta adik-adiknya dapat hidup seperti yang dipesankan oleh Ayahnya sebelum terpisah. Kerasnya kehidupan yang harus ia jalani, juga berbagai peristiwa lainnya, Mamikos jamin akan membuat kamu terhenyak.

6. Wedding Dress

asianwiki.com

Setelah menyadari bahwa umurnya tidak lama lagi, perancang busana pengantin bernama Seo Go-eun (Song Yoon-ah) kemudian ingin memberikan semua yang terbaik bagi putrinya, Jang So-ra.
Salah satunya adalah dengan merancang sebuah gaun pengantin untuk So-ra pakai saat menikah nanti.

Sementara So-ra, saat tahu sebuah penyakit mematikan tengah menggerogoti hidup ibunya, juga berjuang secara diam-diam untuk mewujudkan keinginan sang ibu satu demi satu. Kamu cukup nonton satu kali dan kamu akan sepakat bahwa film ini sangat sedih.

7. A Moment to Remember

asianwiki.com

Apa jadinya jika istri kamu justru tidak mengingat apa-apa tentang kamu dan malah mengingat mantan pacarnya? Pasti akan sangat sedih. Pada awalnya, A Moment to Remember mungkin hanya seperti kisah percintaan biasa saja.

Perempuan cantik dari keluarga berada dan seorang pria tampan meski dari keluarga sederhana saling jatuh cinta. Meski awalnya sempat mendapat tentangan dari ayah sang gadis, keduanya memutuskan untuk menikah dan hidup dengan bahagia.

Sayangnya, kondisi mereka berubah saat istrinya tersebut didiagnosis menderita Alzheimer. Perlahan tapi pasti, sang istri mulai melupakan banyak hal termasuk soal suaminya sendiri.

8. My Annoying Brother

tabloidbintang.com

Film sedih yang pasti menguras air mata berikutnya berjudul My Annoying Brother. Meskipun genre film ini sebenarnya adalah drama komedi, tapi jangan sampai salah menduga. Sebab, di pertengahan film kamu malah bisa jadi menangis dan menahan sesak di dada.

Akting dari D.O EXO dan Jo Jung Suk di sini sungguh ciamik sebagai kakak dan adik tiri yang terlibat konflik. Mereka bisa memperlihatkan sebagai kakak adik yang saling membenci namun kemudian jadi saling mencintai.

9. Taare Zameen Par

timesofindia.com

Taare Zameen Par menceritakan seorang anak berusia 8 tahun bernama Ishaan Awasthi yang selalu dimarahi guru karena seakan terlihat malas. Di usianya Ishaan tidak bisa membaca dan menulis dengan baik seperti anak-anak seusianya yang lain.

Kehidupannya pun mulai berubah sejak dia pindah sekolah dan berjumpa dengan seorang guru seni bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan). Secara sederhana, film ini untuk memahami kebutuhan dan juga mengenal anak kita dengan baik.

B. Film Sedih Barat

10. The Green Mile

catchplay.com

Menonton film ini akan membuat kamu melihat seseorang yang diperlakukan tak sepantasnya. Michael Clarke Duncan tampil sangat brilian dalam film ini. Mungkin Mamikos tidak bisa banyak memberikan bocoran dari film ini saking luar biasanya.

Makanya mending kamu langsung tonton saja salah satu film terbaik sepanjang masa yang wajib masuk watchlist kamu di akhir pekan nanti.

11. Forrest Gump

indiwire.com

Dalam rekomendasi film sedih yang pasti akan menguras air mata nanti, kamu akan menemukan banyak momen dalam film ini yang bisa mengocok-ngocok emosi kamu. Ada banyak momen lucu sampai sedih di sini. Akting brilian Tom Hanks tak perlu diragukan lagi.

12. Room

herstory.com

Film sedih rekomendasi Mamikos berikutnya dibintangi oleh Brie Larson. Jauh sebelum memerankan Carol Danvers aka Captain Marvel, Brie Larson pernah berakting dengan memukau dalam film ini.

Mulanya kamu akan disuguhi kehidupan seorang anak dan ibu yang tampak normal. Meskipun selama film berlangsung, kamu mungkin penasaran mengapa mereka hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan yang sama sambil membayangkan seperti apa dunia luar itu.

Hingga akhirnya, sang anak berhasil keluar dari ruangan tersebut dan rahasia demi rahasia mulai terbongkar. Kamu pasti akan trenyuh dengan cerita yang disuguhkan dalam film ini.

13. The Pursuit of Happyness

kompasiana.com

Film satu ini mengisahkan perjuangan Chris Gardner yang menjadi pramuniaga tunawisma. Chris tengah berjuang memperbaiki diri dan membuat kehidupan yang lebih baik untuk putranya dan dirinya.

Perjuangan seorang ayah yang luar biasa dalam film ini dijamin bakal bikin air mata kamu terkuras habis.

14. Bridge to Terabithia

kompasiana.com

Dalam film ini kita akan melihat kisah persahabatan antara Leslie (Anna Sophia Robb) dan Jess (Josh Hutcherson). Semula keduanya hanyalah sesama anak yang tak punya teman di sekolah dan akhirnya terhubung satu sama lain.

Meski terlihat ceria dan manis, tapi nyatanya film ini diakhiri dengan ending yang sangat menyedihkan. Nilai sebuah persahabatan dan kasih sayang terhadap sahabat akan terlihat dalam film ini.

C. Film Sedih Kartun/Animasi

15. Demon Slayer

japantimes.co.jp

Anime nya cukup terkenal dan populer, bahkan berhasil mengalahkan popularitas One Piece. Namun film terbarunya berjudul Mugen Train, rupanya berhasil memuncaki Box Office di mana-mana. Bahkan posisi film terlaris yang semula diduduki Spirited Away pun berhasil direbut.

Tidak salah sebab dalam Mugen Train kita akan masih bisa mengikuti petualangan Tanjiro dan adiknya serta dua sahabatnya yang sama-sama pemburu iblis. Adegan paling sedih tidak hanya terjadi di awal, tengah atau akhir film saja. Bahkan credit title nya saja bikin menangis.

16. Spirited Away

hollywoodreporter.com

Petualangan seorang anak yang bersedih karena kedua orangtuanya dikutuk menjadi babi dalam film ini sungguh luar biasa.

Dari awal hingga akhir kita akan disuguhi berbagai hal dan petualangan yang bisa diteladani. Bahwa cinta kasih seorang anak yang ingin mengembalikan orangtuanya bisa sangat seluar biasa itu.

17. Grave of Fireflies

dictio.com

Tema yang diangkat dalam film animasi ini memang tak biasa. Yakni menceritakan tentang perang dunia II yang merugikan banyak orang. Film ini mengisahkan tentang kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang harus menanggung semua kerugian tersebut tanpa orang tua atau keluarga.

Setiap hari mereka bertahan hidup berjuang bersama. Ketangguhan mereka sungguh menginspirasi kita semua agar jangan mudah menyerah dalam hidup.

Itulah tadi ulasan yang dapat Mamikos sampaikan terkait film sedih yang pasti bikin air mata kamu terkuras habis. Mudah-mudahan rekomendasi Mamikos ini dapat memberikan kamu referensi tontonan bagus di waktu senggang.

Akses terus aplikasi Mamikos yang bisa kamu unduh via Appstore dan Playstore apabila kamu memerlukan hunian kos yang berkualitas dan terbaik. Pilihan kos terbaik bisa kamu temukan hanya dengan cukup satu aplikasi tersebut. Unduh sekarang juga, gratis!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah