1 Juta Formasi Rekrutmen CPNS 2021 yang Bakal Dibuka

Posted in: CPNS
Tagged: cpns CPNS 2021

1 Juta Formasi Rekrutmen CPNS 2021 yang Bakal Dibuka – Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2021 sedang dipersiapkan untuk dibuka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, persiangan untuk menjadi PNS cukup ketat, apalagi seleksi bisa diikuti seluruh Warga Negara Indonesia (WNI). Agar kamu bisa mempersiapkan diri sejak awal, ketahuilah jenis formasi rekrutmen CPNS di tahun 2021.

Formasi untuk Rekrutmen CPNS Tahun 2021

https://assets.pikiran-rakyat.com/

Jika kamu tertarik mengabdikan diri pada negara dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), pastikan bahwa kamu melamar formasi sesuai kualifikasi. Nantinya akan ada beragam jenis formasi yang dibuka dengan persyaratan tertentu. Setiap formasi berbeda akan memberikan syarat yang berbeda pula, baik dari latar belakang studi maupun kriteria tambahan.

Peluang untuk menjadi seorang PNS terbuka lebar di tahun 2021, apalagi jumlah kuotanya lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Persiapkan diri sebaik mungkin dengan melihat informasi jenis formasi pada rekrutmen CPNS tahun 2021. Apabila formasi yang kamu tuju belum memberikan detil persyaratan yang lengkap, kamu bisa menjadikan aturan tahun lalu sebagai referensi. Jika ada perubahan, kamu hanya tinggal menyesuaikan dan tidak perlu mengurus berkas dari awal. Penasaran dengan formasi apa saja yang dibuka pada seleksi CPNS tahun 2021? Berikut infonya.

Informasi Seputar Formasi CPNS Tahun 2021

Berita tentang pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021 sudah banyak beredar di media. Berdasarkan informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), terdapat 1 juta formasi yang akan dibuka. Adapun jenis formasi tersebut lebih banyak pada bidang kesehatan, seperti formasi perawat, formasi bidan, formasi dokter umum, formasi dokter spesialis, formasi penyuluh pertanian, formasi penyuluh perairan, dan sebagainya.

Keputusan untuk membuka banyak formasi di bidang kesehatan dipengaruhi oleh kondisi krisis kesehatan yang terjadi saat ini. Tidak hanya disebabkan oleh Pandemi Covid-19 saja, tetapi juga angka stunting di Indonesia yang masih tinggi serta angka kematian ibu dan anak. Selain itu, prioritas juga diberikan pada formasi guru. Kebijakan untuk rekrutmen CPNS di daerah pun akan disesuaikan dengan keputusan presiden.

Jumlah formasi yang dibuka pada seleksi CPNS tahun 2021 akan lebih banyak daripada jumlah CPNS tahun 2019. Alasannya karena pada tahun 2020 tidak dibuka seleksi CPNS. Pada tahun 2019, terdapat 152.250 formasi yang dibuka. Jumlah formasi di tingkat Pemerintah Daerah (Pemprov/ Pemkab/ Pemkot) sebanyak 114.825 di 462 instansi, sedangkan 37.425 sisanya diperuntukkan bagi 68 kementerian atau lembaga.

Formasi yang Dibuka untuk Rekrutmen CPNS 2021

Setelah membaca penjelasan tentang rekrutmen CPNS di atas, kini saatnya kamu mencari tahu daftar formasi yang dibuka. Meskipun belum ada rilis informasi resmi, beberapa formasi yang akan dibuka pada CPNS 2021 antara lain.

  1. Formasi perawat
  2. Formasi bidan
  3. Formasi dokter umum
  4. Formasi dokter spesialis
  5. Formasi penyuluh pertanian
  6. Formasi penyuluh perairan

Masih ada formasi lain yang akan dibuka. Pantau terus perkembangan informasinya melalui website resmi SSCN BKN atau media sosial CPNS. Untuk meminimalisir potensi penipuan, hindari mengambil informasi dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu, jangan percaya pada pihak yang bisa menjanjikan kelulusan formasi tertentu pada CPNS 2021.

Strategi Manajemen PNS

Penetapan desain besar pembangunan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2020 – 2024 dilakukan pemerintah untuk menetapkan strategi manajemen. Tujuannya agar dapat dihasilkan ASN yang cerdas serta mampu menjalankan program pemerintahan secara profesional. Kepiawaian ASN sangat menentukan baik dan buruknya ukuran pelayanan atau kinerja pemerintah. Oleh karena itu, terdapat strategi manajemen PNS yang meliputi.

  1. Perencanaan ASN sesuai arah pembangunan nasional dan potensi daerah serta core business instansi berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja
  2. Perekrutan pegawai ASN melalui mekanisme seleksi yang objektif, transparan, akuntabel, dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) serta seleksi terbuka bagi Jabatan Pimpinan Tinggi
  3. Pengembangan kompetensi ASN melalui penetapan standar kompetensi jabatan, melaksanakan kebijakan pendidikan dan pelatihan (diklat) 20 jam pelajaran per tahun, dan perbaikan metode pengembangan kompetensi
  4. Penilaian kinerja dan penghargaan melalui pemeringkatan hasil penilaian kinerja dan penilaian perilaku secara 360 derajat sebagai dasar pemetaan talenta, remunerasi, dan penghargaan
  5. Pengembangan karier ASN berbasis sistem merit dengan memperhatikan kebutuhan nasional berdasarkan manajemen talenta
  6. Peningkatan kesejahteraan ASN melalui reformasi kebijakan gaji, tunjangan, fasilitas seperti perumahan, serta pensiun dan jaminan hari tua.

Persiapan Pendaftaran CPNS 2021

Selagi menunggu informasi resmi dirilis oleh pemerintah, sebaiknya persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Hindari mempersiapkan dokumen saat mendekati batas waktu pendaftaran. Hal ini sangat penting agar kamu tetap bisa mempersiapkan diri secara maksimal sekaligus bisa melengkapi persyaratan yang kurang. Dokumen dan syarat yang perlu dipersiapkan untuk CPNS tahun 2021 antara lain.

  1. Pas foto formal dengan background warna merah.
  2. Swafoto (foto selfie) sambil membawa kartu identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun.
  3. KTP atau surat keterangan kependudukan (didapatkan dari Catatan Sipil) dan Kartu Keluarga (KK).
  4. Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan terakhir (disesuaikan pada ketentuan formasi yang dipilih).
  5. Surat lamaran yang ditujukan pada instansi sesuai formasi yang dipilih pelamar.
  6. Dokumen pendukung lainnya (disesuaikan instansi yang dituju).

Seluruh proses pendaftaran CPNS tahun 2021 akan dilakukan secara online, sehingga kamu bisa mulai melakukan digitalisasi dokumen-dokumen di atas sejak sekarang. Nantinya pelamar akan diminta meng-upload atau mengunggah dokumen yangs udah di-scan pada laman SSCAN.

Mekanisme Pelaksaan CPNS 2021

Proses Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 belum benar-benar berakhir. Berdasarkan penjelasan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), mekanisme perekrutan CPNS tahun 2021 akan mengadopsi aturan tes dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada CPNS tahun 2019. Peserta dapat memilih lokasi tes CPNS 2021 asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Secara umum, pelaksanaan seleksi CPNS 2021 akan sama seperti seleksi CPNS tahun sebelumnya. Pelamar perlu menjalani seleksi dan melewati tahapan tes, mulai dari seleksi berkas, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) oleh BKN, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dari instansi tujuan, dan sebagainya. Informasi terkait waktu pelaksanaan CPNS 2021, jumlah, dan perkiraan formasi yang dibuka belum dirilis secara resmi. Meskipun demikian, akan ada sedikit perubahan prioritas formasi yang akan dibuka sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Sudah menemukan jenis formasi yang akan dilamar pada seleksi CPNS tahun 2021 nanti? Jangan lupa persiapkan diri sebaik mungkin. Selain perlu mengurus dokumen persyaratan, materi seleksi CPNS juga perlu dipelajari. Sebab, sistem gugur yang diterapkan pada seleksi CPNS akan membuat seleksi di tahun 2021 nanti semakin ketat. Demikian informasi 1 juta formasi rekrutmen CPNS 2021 yang bakal dibuka sebagai referensi sebelum kamu menentukan pilihan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah