Gak Lolos SNMPTN, SBMPTN & Ujian Mandiri, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

 Mamikos | Rab, 23 Mei 2018

Gak Lolos SNMPTN, SBMPTN, & Ujian Mandiri – Sebentar lagi hasil SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 akan segera diumumkan. Gimana nih perasaan kalian yang sudah tak sabar mendengarkan hasil pengumuman tersebut? Tentu hati kamu gelisah, tidur pun tak nyenyak, dan adapula yang selera makannya berkurang. SBMPTN memang merupakan cara selanjutnya bagi para siswa-siswi yang gagal dalam SNMPTN 2018 lalu agar bisa menggapai cita-cita mereka mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN).[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Namun, bagi kamu yang nantinya dinyatakan belum dinyatakan lulus SBMPTN 2018 pula, tak perlu langsung patah semangat. Sebab, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 ini sesungguhnya bukan satu-satunya ‘tiket masuk’ kamu untuk kuliah di kampus idaman karena kamu masih bisa mengikuti jalur mandiri yang diadakan oleh hampir sebagian besar perguruan tinggi negeri (PTN) di tanah air.

Namun, jika pada akhirnya hasil yang kamu harapkan tidak sesuai, jangan berkecil hati. Karena hasil SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri bukanlah segala-galanya. Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut Mamikos berikan rinciannya.

Yang Harus Dilakukan Ketika Gak Lolos SNMPTN, SBMPTN & Ujian Mandiri

Gak Lolos SNMPTN, SBMPTN, & Ujian Mandiri
Gak Lolos SNMPTN, SBMPTN, & Ujian Mandiri

1. Masuk Perguruan Tinggi Swasta

Tidak ada salahnya juga bukan buat mendaftarkan diri di salah satu perguruan tinggi swasta (PTS), kalo kamu gagal lolos di semua proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Kamu tetep bisa mengembangkan potensi diri kamu, meskipun impian kamu buat masuk perguruan tinggi negeri (PTN) udah pupus. Terbukti sudah banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki kualitas tak kalah hebar dari perguruan tinggi negeri (PTN).

Beberapa diantaranya ada Universitas Atma Jaya, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, dan lainnya. Meskipun biaya kuliah di perguruan tinggi swasta akan jauh lebih mahal, tapi tentunya kualitas perguruan tinggi swasta ini juga tidak bisa kamu pandang sebelah mata ya.

2. Coba Sekolah Tinggi Kedinasan

Buat kamu yang enggan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi swasta dan pengen coba mencari dunia baru yang lebih menantang, tak ada salahnya kamu mengikuti tes di sekolah kedinasan. Nantinya, kamu akan dituntut buat belajar lebih keras, karena biasanya para lulusan dari sekolah-sekolah kedinasan ini akan langsung direkrut atau ditempatkan di lembaga atau kementrian yang membawahinya.

Tak hanya itu saja, ketika diterima di sekolah kedinasan ini kamu akan dituntut buat lebih disiplin, menggunakan baju seragam lagi, dan tidak akan sebebas anak kuliahan pada umumnya. Ada banyak sekolah kedinasan yang dibawahi sama kementerian, contohnya saja ada STAN, IPDN, Poltekkes, STPI, STIP.

Dan ada pula sekolah kedinasan yang tidak dibawahi oleh kementrian dan bisa kamu coba pula, antara lain ada STT-PLN, STMKG, STIS, STSN dan AKPOL. Mau kuliah dengan nuansa pendidikan yang anti main stream? Coba deh buat masuk Sekolah tinggi kedinasan!

3. Kursus Bahasa Inggris

Menunda untuk kuliah satu tahun lagi bukan masalah! Selagi menunggu dan mempersiapkan, mereka bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris untuk memperlancar kemampuan berbahasa mereka. Hitung-hitung buat persiapan kerja karena setelah wisuda dan bekerja ini akan menolong banget! Tidak jarang sarjana dijumpai masih mengikuti kursus Bahasa Inggris, lho. Nah, dengan mengikuti kursus ini, mereka bisa melangkah satu tahap lebih awal.

Selain kursus bahasa Inggris, kamu jugaa dianjurkan untuk mengikuti berbagai kursus lainnya yang bisa jadi bekal untuk ujian tahun berikutnya. Banyak calon mahasiswa yang sengaja menunda setahun dan mengisinya dengan berbagai les pelajaran yang akan diujikan. Jadi kamu tak perlu malu ya!

4. Bekerja

Kerja part-time sambil menunggu waktu ujian masuk perguruan tinggi lainnya? Kenapa tidak! Tidak ada salahnya anak atau keponakan kita disarankan untuk bekerja dulu untuk menunggu waktu kuliah. Tapi berikan juga pengertian agar jangan sampai mereka terlena dan mengurangi semangat melanjutkan kuliah karena sudah merasakan enaknya bisa menghasilkan uang sendiri, ya!

Jadikan kesempetana bekerja part-time ini untuk lebih memahami minat dan menambah pengalaman bekerja untuk bekal ke depannya. Kamu bisa dengan mudah mencari lowongan kerja part time Jakarta di portal online.

5. Mengembangkan Skill Lewat Hobi

Selagi belum memiliki keterbatasan waktu karena sibuk kuliah, dukung mereka agar bisa leluasa melakukan hal yang mereka inginkan. Misalnya saja, mengembangkan diri lewat hobi. Dengan waktu yang lebih lama, mereka akan lebih maksimal dalam mengembangkan bakat. Siapa tahu, hobi mereka ini berguna untuk menambah penghasilan kecil-kecilan dan menjadi peluang untuk mereka menemukan kesempatan kerja sesuai hobi.

6. Magang

Jika pada akhirnya kamu pun memutuskan untuk menunda kuliah, mungkin kamu bisa memanfaatkan waktu satu tahun ini untuk mencari pengalaman bekerja. Jika memungkinkan, carilah tempat magang yang sesuai dengan cita-cita, minat, skill, serta pilihan jurusan kuliah yang kamu tuju. Dengan begitu, kamu pun bisa menimba pengalaman dan membuat kamu lebih yakin lagi dengan pilihan jurusan yang dipilih saat kuliah nanti.

Tak perlu ragu pula untuk merantau ketika kamu memilih untuk magang, karena semakin bonefit perusahaan tempat kamu magang maka akan berpengaruh terhadap masa depan karir kamu nantinya. Jika kamu takut untuk kesulitan mencari tempat tinggal ketika memilih magang di luar kota, kamu bisa memanfaatkan sederetan kost Jakarta murah serta sewa apartemen di Jakarta jika memilih Jakarta sebagai kota tujuan.

7. Liburan

Gagal dalam sederetan tes untuk masuk perguruan tinggi yang sudah diimpikan sejak lama memang akan membuat kamu bersedih, tapi jika kamu sedih terus menerus mungkin hanya akan bikin kamu tambah stres. Nah, untuk menghindari hal ini mungkin kamu bisa pergi liburan sejenak. Hitung-hitung refreshing setelah selama berbulan-bulan terakhir ini kita memforsir otak untuk belajar sekeras mungkin demi SNMPTN/SBMPTN/jalur mandiri.

8. Ikut SBMPTN Tahun Depan

Jika kamu masih memiliki ambisi untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN), mungkin kamu bisa mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya. Siapa tahu, tahun depan kamu bisa lolos dan cita-cita kamu menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri impian kamu pun akan tercapai.

Terbukti bukan SNMPTN, SBMTPN, dan ujian mandiri itu bukanlah segalanya? Kamu masih bisa melakukan banyak hal jika gagal dalam sederetan test untuk masuk perguran tinggi negeri (PTN) tersebut. Intinya, apapun impian kamu, kejarlah dan jangan pernah putus asa! Karena masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan mimpimu tersebut.

Meski sekarang kamu gagal dalam ujian SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri. Untuk mendapatkan informasi ter-update seputar SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri 2018, kamu bisa intip infonya langsung di situs Mamikos. Tak hanya itu saja, temukan pula info kost-kostan, sewa apartemen, serta lowongan kerja di seluruh Indonesia hanya dengan download aplikasi Mamikos di Play Store.