Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022/2023, Syarat dan Jadwalnya

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022/2023, Syarat dan Jadwalnya — Sekolah Kedinasan kembali membuka pendaftaran untuk para calon mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 yang siap mengabdi pada negara dan menjadi kebanggaan bangsa. Apabila kamu salah satu peminat dari salah satu sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, maka kamu sangat wajib membaca artikel Mamikos di sini.

Geliat peminat dari Sekolah Kedinasan ini memang tak dapat dipungkiri selalu tinggi. Fenomenanya mungkin sama seperti saat dibukanya pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan PPPK Guru dan Non Guru yang tiap tahun peningkatannya tak dapat diprediksi.

Simak Informasi Pendaftaran Sekolah Kedinasan TA 2022/2023 di Sini

mediaindonesia.com

Seperti yang telah Mamikos singgung sedikit di atas bahwa pada tahun akademik 2022/2023 ini, sekolah kedinasan akan membuka kembali pendaftaran calon mahasiswa baru. Pendaftaran tersebut dibuka pemerintah melalui Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenpanRB.

Biasanya informasi mengenai pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022/2023 tersebut akan dilakukan berbarengan dengan pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan PPPK Guru/Non Guru. Sebab pada pembukaan pendaftaran sekolah kedinasan 2021 ini juga berbarengan dengan pendaftaran CPNS dan PPPK. Hal tersebut seperti yang sudah diinformasikan oleh Kemenpan RB secara resmi melalui laman resminya.

Maksud dan tujuan dibukanya pendaftaran seluruh sekolah kedinasan di Indonesia ini tentu saja untuk memperbanyak tenaga teknis dan abdi negara yang dapat terjun langsung melayani masyarakat. Informasi ini juga berkenaan dalam rancangan untuk mengurangi jumlah PNS/ASN dalam pelaksanaan tugas-tugas administrasi.

Makanya, jika kamu merasa tertarik dan memang berminat untuk menjadi salah satu abdi negara melalui sekolah kedinasan, maka kamu dapat langsung menyimak informasi tentang pendaftaran sekolah kedinasan TA 2022/2023 dengan lengkap sebagaimana berikut ini.

Persyaratan Untuk Melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022/2023

Apabila kamu tertarik untuk mendaftarkan diri, tentu saja kamu wajib untuk mengetahui apa saja syarat utama agar kamu dapat melakukan pendaftaran di Sekolah Kedinasan tersebut. Kamu sebagai calon pelamar wajib tahu mengenai apa saja ketentuan umum dari jurusan, pendidikan, hingga profil dari sekolah dinas yang hendak kamu lamar.

Namun yang pasti jangan sampai terlewat adalah persyaratannya yang perlu dipenuhi saat kamu hendak melakukan pendaftaran tersebut. Kamu perlu menyiapkan dan memastikan bahwa semua syarat dokumen yang dibutuhkan telah disiapkan sebelumnya. Di bawah ini adalah beberapa syarat dokumen yang wajib disiapkan sejak dini:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pelamar bersangkutan
  2. Kartu Keluarga (KK) pelamar
  3. Ijazah resmi pelamar
  4. Rapor SMA/Sederajat pelamar
  5. Pas foto terbaru pelamar
  6. Dokumen dan berkas penting lain sesuai ketentuan dari sekolah kedinasan tujuan.

Tata Cara Melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022/2023

educenter.id

Setelah beberapa syarat dokumen, maka tata cara untuk melakukan pendaftaran sekolah kedinasan pun perlu diketahui sejak awal. Di bawah ini kamu bisa simak beberapa tata cara serta langkah melakukan pendaftaran sekolah kedinasan tersebut sesuai ketentuan.

  1. Akses dan masuk ke portal utama SSCASN di link resmi sscasn.bkn.go.id.
  2. Kamu dapat langsung memilih menu Sekolah Kedinasan atau Dikdin. Setelah masuk, kamu bisa langsung membuat akun, dan segera mencetak Kartu Informasi Akun di laman resmi dikdin.bkn.go.id.
  3. Jika akun sudah dibuat, kamu dapat mengulang ‘log in’ dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan password yang telah kamu buat.
  4. Lakukan swafoto, lakukan pendaftaran di sekolah dan jurusan sesuai minat, dan jangan lupa lengkapi serta isian dalam formulir.
  5. Lakukan penginputan nilai dengan benar.
  6. Lengkapi biodata diri sesuai yang diminta pada kolom.
  7. Mengunggah seluruh berkas atau dokumen persyaratan.
  8. Pastikan kembali isian dengan mengeceknya berulang.
  9. Jika sudah mengisi semuanya dengan benar, kamu dapat mengklik ‘Kirim’.
  10. Proses verifikasi sedang berlangsung.

a. Mengecek Hasil dari Verifikasi Data

Untuk hasil verifikasi data yang telah kamu unggah dapat kamu cek langsung pada portal resmi SSCASN tersebut. Untuk patokan syarat kelulusan dari seleksi administrasi tersebut juga bisa kamu cek dan lihat dengan melakukan login terlebih dahulu ke akun SSCASN yang sudah dibuat tersebut.

b. Cara Pembayaran

Apabila kamu telah dinyatakan lolos seleksi administrasi atau saat data kamu terverifikasi, maka kamu akan memperoleh Kode Billing untuk digunakan pada saat pembayaran tes seleksi. Alur dan aturan pembayaran dapat kamu cek secara langsung pada situs web sekolah kedinasan yang kamu tuju tersebut. Begitu juga dengan tata cara pembayaran yang bisa kamu akses pada layanan informasi sekolah kedinasan tujuan.

c. Mengikuti Tes Seleksi

Apabila kamu sudah melakukan pembayaran dan telah diverifikasi oleh sistem, maka kamu akan memperoleh yang namanya Kartu Ujian. Setelah itu kamu bisa mengikuti tahapan tes seleksi di sekolah kedinasan terkait.

Kamu tinggal menantikan hasil kelulusan tes seleksi yang kamu ikuti tersebut. Apabila kamu dinyatakan lulus atau diterima di sekolah kedinasan terkait, maka kamu dapat langsung menghubungi instansi atau sekolah kedinasan yang kamu tuju untuk mengikuti proses selanjutnya. Biasanya di laman web resmi akan langsung diunggah rangkaian prosesnya.

Beberapa Sekolah Dinas yang Menerima Seleksi Mahasiswa Baru 2022/2023

indonesia-college.com

Apabila kamu mulai ingin menentukan pilihan ke Sekolah Kedinasan mana kamu hendak mendaftar, maka beberapa sekolah sudah Mamikos cantumkan di sini. Kamu bisa mengeceknya satu per satu dan menyesuaikan dengan minat kamu sebenarnya. Jadi, apa saja Sekolah Kedinasan yang menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023 tersebut? Daftar lengkap sekolah kedinasannya ada di sini.

  1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN): link website resmi pknstan.ac.id
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN): link website resmi spcp.ipdn.ac.id/spcp
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS): link website resmi stis.ac.id
  4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN): link website resmi stin.ac.id
  5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG): link website resmi ptb.stmkg.ac.id
  6. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN): link website resmi poltekssn.ac.id

Daftar Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD): link website resmi ptdisttd.ac.id
  2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun: link website resmi ppi.ac.id
  3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal: link website resmi pktj.ac.id
  4. Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang: link website resmi poltektranssdp-palembang.ac.id
  5. Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali: link website resmi poltradabali.ac.id
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta: link website resmi stipjakarta.ac.id
  7. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar: link website resmi pipmakassar.ac.id
  8. Politeknik Pelayaran Surabaya: link website resmi poltekpel-sby.ac.id
  9. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang: link website resmi pip-semarang.ac.id
  10. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat: link website resmi poltekpelsumbar.ac.id
  11. Politeknik Pelayaran Banten: link website resmi poltekpel-banten.ac.id
  12. Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh: link website resmi poltekpelaceh.ac.id
  13. Politeknik Pelayaran Barombong: link website resmi poltekpelbarombong.ac.id
  14. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug: link website resmi ppicurug.ac.id
  15. Politeknik Penerbangan Makassar: link website resmi poltekbangmakassar.ac.id
  16. Politeknik Penerbangan Medan: link website resmi poltekbangmedan.ac.id
  17. Politeknik Penerbangan Surabaya: link website resmi poltekbangsby.ac.id
  18. Politeknik Penerbangan Jayapura: link website resmi poltekbangjayapura.ac.id

Catatan tambahan:

Perlu kamu ingat, sebagai pelamar di Sekolah Kedinasan, kamu hanya dapat menentukan dan memilih 1 saja sekolah yang kamu ingin daftar. Untuk aturan selengkapnya tentang Sekolah Kedinasan 2022 yang hendak kamu tuju tersebut, bisa langsung dicek pada situs web resmi Sekolah Kedinasan tersebut masing-masing.

Selain itu, semua informasi yang tercantum pada artikel ini merupakan informasi sekolah kedinasan tahun akademik 2021/2022. Sebab pada laman resmi Kemenpan BR, informasi mengenai pendaftaran sekolah kedinasan tersebut masih belum diperbarui. Akan tetapi, segera Mamikos akan perbarui saat info resmi pendaftaran sekolah kedinasannya dirilis.

Dari beberapa pilihan Sekolah Kedinasan yang sudah terlampir di atas, manakah yang kira-kira paling kamu ingin segera daftar atau sudah diidamkan sejak lama? Jika ada salah satunya sekolah yang memang sudah sejak dahulu kamu impikan dan tujuan kamu adalah mengabdi pada bangsa dan negara, maka tak perlu tunda waktu lagi. Segera siapkan diri dan mendaftarlah pada Sekolah Kedinasan tersebut.

Mamikos juga ingin memberitahukan informasi lain yang tak kalah pentingnya dari info pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022/2023 seperti yang sudah tertulis di atas. Informasi penting tersebut tak lain adalah tentang situs resmi dan aplikasi Mamikos yang bakal memudahkan penelusuran kos kamu. Apalagi pilihan kos nya bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan, jadi makin mudah menemukan hunian kos yang cocok.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta