Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94, Ucapan dan Quote Hari Sumpah Pemuda

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022, Ucapan dan Quote Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober – Sumpah Pemuda menjadi momen yang tidak terlupakan bagi Indonesia.



Perjuangan yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia jaman dulu untuk menyatukan perbedaan yang ada pantas untuk diapresiasi.

Sehingga, peristiwa Sumpah Pemuda ini menjadi salah satu hari besar bagi Indonesia untuk turut serta diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober.

Di masa yang serba digital, untuk bisa ikut merayakan momen berharga ini pasti kalian semua membutuhkan ucapan atau quotes Hari Sumpah Pemuda untuk bisa turut serta merayakannya.

Lantas seperti apa contoh ucapan dan quote untuk Hari Sumpah Pemuda? Simak terus artikel ini, ya!

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

https://www.freepik.com/author/freepik

Mari mengulas kembali materi sejarah mengenai peristiwa Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda berasal dari dua kata yaitu sumpah dan pemuda. Sumpah memiliki arti janji yang harus ditepati.



Maka secara keseluruhan arti dari Sumpah Pemuda, yaitu janji para pemuda Indonesia saat melakukan Kongres Pemuda II di Jakarta, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda II ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia.

Peserta dari Kongres Pemuda II ini lebih banyak dibandingkan pada waktu Kongres I yang digelar saat itu meliputi PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), Jong Sumtranen Bond, Jong Java, Jong Bataks Bond, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Katholikee Jongelingen Bond, Pemuda Kaum Betawi, Sekar Rukun, dan lainnya.


Kongres ini dihadiri oleh perwakilan dari pemuda peranakan kaum Tionghoa yang bertempat tinggal di Indonesia, di antaranya yaitu Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok, Tjio Djien Kwie, dan masih banyak lagi.


Latar belakang digelarnya Kongres Pemuda II ini disebabkan adanya rasa ketidakpuasan beberapa pihak yang menghadiri Kongres I.

Pada saat itu masih ada perbedaan pandangan sehingga belum menghasilkan keputusan akhir yang bisa diterima dari Kongres I.

Lantas, setelah itu disepakati untuk menggelar Kongres II demi menemukan kesatuan pemikiran.


Susunan Panitia Kongres Pemuda II

Pada buku Islam Dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan karya Ahmad Syafii Maarif, tertulis bahwa Kongres Pemuda II dibentuk susunan panitia sebagai berikut:


Ketua: Sugondo
Djojopuspito (dari PPPI)

Wakil: R.M.Joko
Marsaid (dari Jong Java)

Sekertaris: Muhammad
Yamin (dari Jong Sumatranen Bond)


Bendahara: Amir
Sjarifudin (dari Jong Bataks Bond)


Pembantu I: Johan
Mohammad Cai (dari Jong Islamieten Bond)

Pembantu II:
R.Katjasoengkana (dari Pemuda Indonesia)

Pembantu III:
R.C.I.Sendoek (dari Jong Celebes)


Pembantu IV: Johannes
Leimena (dari Jong Ambon)


Pembantu V: Mohammad
Rochjani Su’ud (dari Pemuda Kaum Betawi)

Wage Rudolf Supratman juga turut serta dalam Sumpah Pemuda ini. Beliau mendapatkan tugas untuk memainkan lagu Indonesia Raya pada Kongres Pemuda II.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Indonesia

Sumpah Pemuda
merupakan momen yang paling berharga bagi bangsa Indonesia terlebih di era
sekarang ini, berikut rincian mengenai makna Sumpah Pemuda bagi generasi
penerus bangsa Indonesia:


1. Mendorong semangat juang yang membara bagi generasi saat ini

Setelah melihat perjuangan para pemuda pemudi Indonesia 94 tahun yang lalu untuk mencapai kemerdekaan tentunya akan memberikan semangat yang membara bagi generasi Indonesia di era saat ini.

Terlebih setelah Indonesia bisa mencapai kemerdekaan, para generasi penerus bangsa harus bisa mengambil alih perjuangan untuk mengambil langkah serta mengantisipasi terjadinya perpecahan di Indonesia.

Menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia juga menjadi tanggung jawab seluruh warga Indonesia.

2. Menumbuhkan rasa bangga bisa menjadi bagian dari Negara Indonesia tercinta ini

Setiap kalimat dari sumpah pemuda mengandung makna yang mendalam seperti mendorong kita untuk bisa cinta dan bangga terhadap bangsa Indonesia.


Terlebih jika kita melihat Indonesia yang memiliki keragaman budaya serta memiliki kekayaan alam yang melimpah, tentunya kita harus bisa semakin bangga bisa menjadi bagian dari Negara Indonesia.


3. Menyatukan perjuangan bangsa Indonesia

Lahirnya sumpah pemuda merupakan titik awal perjuangan para generasi muda Indonesia.

Pemuda pemudi Indonesia 94 tahun yang lalu telah mengorbankan banyak tenaga dan pemikiran guna tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Pengorbanan lain seperti waktu atau bahkan harta benda yang mereka miliki itu semua mereka curahkan demi menyatukan bangsa Indonesia.

Tanpa perjuangan yang dilakukan para pemuda Indonesia kala itu, rasa kedaerahan mungkin masih tetap diunggulkan sehingga tidak dapat untuk melawan penjajahan.

Inilah mengapa kita harus senantiasa melanjutkan tongkat perjuangan generasi terdahulu guna melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia yang lain agar kerukunan, persatuan dan kesatuan, dan keadilan tetap terjaga,


4. Ajakan untuk turut serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

Menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia bukan merupakan hal yang mudah. Rakyat Indonesia sepatutnya turut serta berkontribusi dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Tidak memandang rendah gender, suku, dan budaya lain juga merupakan salah satu upaya penjagaan keutuhan Bangsa Indonesia.

Upaya yang bisa dilakukan supaya dapat selalu mengingat perjuangan para pemuda pemudi Indonesia jaman dahulu bisa dilakukan melalui pembelajaran sejarah di sekolah serta memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Dengan begitu perjuangan yang pernah mereka lakukan bisa terus kita ingat dan terpacu untuk melanjutkan perjuangan mereka.

Tujuan dari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda memiliki
beberapa tujuan, di antaranya:

  1. Membangkitkan
    rasa nasionalisme dan patriotisme seluruh rakyat Indonesia terutama para pemuda
    pemudi Indonesia dalam melawan serta mengusir penjajah guna mencapai kata kemerdekaan
  2. Melaksanakan
    cita-cita bangsa untuk bisa mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia
  3. Menyatukan
    seluruh rakyat Indonesia tanpa dihalangi oleh rasa kedaerahan
  4. Mengukuhkan
    rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  5. Memperluas
    gagasan dalam upaya untuk mencapai kemerdekaan Indonesia

Isi Sumpah Pemuda

Pada Kongres Pemuda II
yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928, membuahkan hasil berupa Sumpah
Pemuda yang berisikan sebagai berikut:

  1. Kami putra
    dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra
    dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra
    dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda ini dideklarasikan di area tempat dilaksanakannya Kongres Pemuda II yang dihadiri oleh beberapa pemuda lintas suku, agama, dan daerah.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 akhirnya bisa melahirkan dan melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Quotes Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94

  1. Sumpah Pemuda bukan hanya sekedar teks yang ada di buku sejarah, namun diibaratkan bagai kepalan tangan yang berlumuran darah. Meski sakit yang dirasa, tetap berbanggalah mengakui “Saya Indonesia”. Indonesia membutuhkan generasi masa depan yang kuat dan tangguh serta memiliki tekad untuk memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94! Semoga semangat yang dikobarkan para pemuda terdahulu tak lekang oleh waktu.
  2. Presiden Soekarno pernah berkata, “Beri aku 1000 orang tua maka akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku satu pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94. Semoga semangat generasi penerus bangsa tak kalah seperti perjuangan pemuda 94 tahun yang lalu.
  3. Jika tidak dapat mengubah Indonesia dengan kedudukan, ubahlah dengan semangat dan jadikan pribadi yang berkarakter guna memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94!
  4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan yang berjuang untuk meraih kemerdekaan. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-94!

Penutup

Demikian informasi mengenai Sumpah Pemuda, mulai dari sejarah singkat, tujuan, makna, dan quotes yang bisa kalian gunakan untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

Semoga informasi ini membantu!

Jangan lupa untuk selalu update informasi melalui blog Mamikos karena disini tempatnya berbagai macam informasi menarik dan tentunya up to date.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah