6 Ide Bisnis Terbaru yang Bisa Dilakukan Anak Kos

Posted in: Seputar Anak Kos
Tagged: tips anak kost

6 Ide Bisnis Terbaru yang Bisa Dilakukan Anak Kos – Sebagai seorang perantau, anak kost tidak hanya dituntut untuk bertahan hidup dan lulus studi saja. Ada kemampuan lain yang juga perlu dimiliki anak kost agar setelah lulus bisa bersaing dengan yang lain. Selain itu, anak kost dengan waktu luang sebaiknya memanfaatkan waktu untuk mengembangkan diri daripada hanya bermalas-malasan.

Ide Bisnis untuk Anak Kost

pixabay.com

Anak kost yang hidup hanya dengan mengandalkan keuangan dari kiriman orang tua sudah saatnya belajar mandiri. Misalnya dengan mencari tambahan pemasukan dengan berbisnis atau berjualan. Namun, perlu diketahui bahwa aktivitas sampingan untuk mencari pemasukan tersebut jangan sampai mengganggu kuliah. Sebab, tujuan utama anak kost adalah menyelesaikan studi dan membanggakan orang tua. Seringkali anak kost yang terlalu asyik berbisnis justru membuat studinya bermasalah.

Jika belum pernah terjun ke dunia bisnis, lakukan bisnis yang mudah dengan bantuan relasi atau teman dekat. Hindari menanam modal dalam jumlah besar, apalagi jika kamu belum mendapatkan pemasukan sama sekali. Bisnis untuk anak kost tentunya berbeda dengan bisnis yang dilakukan organisasi atau kelompok skala besar. Selain karena modal yang terbatas, anak kost yang belum memiliki banyak jaringan perlu membangunnya terlebih dahulu. Sebagai referensi, Mamikos akan memberikan informasi berbagai ide bisnis yang cocok dilakukan anak kost.

1. Bisnis Perlengkapan Praktikum

pixabay.com

Bagi mahasiswa yang berkuliah di jurusan Saintek atau jurusan lainnya yang melaksanakan kegiatan praktikum, bisnis alat praktikum sangat menjanjikan. Misalnya saja sebelum melakukan praktikum di laboratorium, mahasiswa diminta membawa jas laboratorium, masker, sarung tangan, dan sebagainya. Namun, seringkali mahasiswa lupa membawanya dan berakibat dilarang mengikuti praktikum sebelum mendapatkan perlengkapan praktikum. Manfaatkan momen tersebut dengan menjual perlengkapan praktikum. Kamu bisa menjualnya beberapa ribu rupiah lebih tinggi dibandingkan tempat lain karena mahasiswa tidak perlu bersusah payah mendapatkannya.

Untuk harga perlengkapan praktikum yang cukup mahal, kamu pun bisa memilih untuk menyewakannya. Adapun alat-alat yang dapat disewakan dan memberikan keuntungan besar adalah kalkulator, jas laboratorium, kacamata, dan perlengkapan lainnya yang tidak hanya dipakai sekali. Dengan kemampuan marketing, pasarkan produkmu untuk angkatan yang berbeda. Jangan lupa untuk memasang label nama pada benda yang kamu sewakan agar tidak tertukar.

Jika kamu merasa tidak punya modal besar untuk berbisnis perlengkapan praktikum, tidak perlu khawatir. Mulailah dengan menjual alat praktikum yang harganya terjangkau. Setelah kamu mendapatkan keuntungan, kamu bisa membeli barang lainnya dengan harga yang lebih mahal. Bisnis ini memang memerlukan ketekunan. Namun, peluang keberhasilannya pun juga tinggi.

2. Bisnis Alat Tulis

pixabay.com

Pernah menjumpai teman yang tidak membawa alat tulis saat kuliah? Atau teman kuliah yang lebih suka meminjam alat tulis dibandingkan membawa sendiri? Bisa jadi karena temanmu malas membawa atau malas membelinya. Jika kamu berbisnis alat tulis, pastinya akan laku keras di kalangan mahasiswa tipe tersebut.

Perlu kamu perhatikan jenis pasar yang akan kamu datangi jika akan berbisnis alat tulis. Untuk pasar mahasiswa laki-laki, kamu dapat menjual alat tulis yang harganya terjangkau. Mereka akan mengutamakan fungsi dibandingkan tampilan. Lain halnya jika kamu akan fokus pada mahasiswa perempuan. Ada banyak pilihan alat tulis lucu dan berwarna-warni yang bisa ditawarkan. Terkadang, mahasiswi justru membeli alat tulis karena tertarik dengan tampilannya dibandingkan fungsinya.

Saat ini ada banyak suplier alat tulis dari dalam negeri hingga luar negeri yang menawarkan produk-produk unik. Kamu dapat membeli sampel satu atau dua macam, kemudian mengiklankannya. Alat tulis yang dapat ditawarkan antara lain buku catatan kuliah, pulpen, penghapus, tipe-x, sticky note, highlighter, dan sebagainya.

3. Bisnis Pulsa dan Paket Data

pixabay.com

Di era modern ini, hampir setiap mahasiswa sudah memiliki ponsel untuk menunjang aktivitas studinya maupun untuk berkomunikasi. Peluang untuk berbisnis pulsa dan paket data dengan harga mahasiswa pun terbuka lebar. Kamu bisa memasarkan bisnis ini dari mulut ke mulut. Bisnis pulsa yang ditekuni akan membawa keuntungan besar. Apalagi jika kamu menawarkan harga kompetitif dan pelayanan pembelian pulsa hingga malam hari. Namun, perlu kamu tekankan pada pembeli bahwa mereka harus membayar pulsa saat itu juga atau sehari setelahnya. Hal ini penting untuk mencegah bisnis pulsa bangkrut akibat banyak pelanggan berhutang.

4. Bisnis Kerudung

pixabay.com

Mahasiswi muslim yang update dengan fashion bisa menjadi pasar yang tepat untuk bisnis kerudung. Keuntungan dari bisnis kerudung dapat dikatakan besar, apalagi jika kamu sudah memiliki relasi dengan penjahit. Kamu hanya perlu membeli kain meteran, membawanya ke penjahit, kemudian memasang label brand tertentu. Pelanggan akan merasa bahwa kerudung miliknya eksklusif serta tidak dijual di tempat lain.

Sebelum memulai bisnis kerudung, lakukan survey pasar terlebih dahulu. Jangan sampai bisnismu tidak mampu bersaing karena teknik marketing yang salah. Mula-mula, lakukan survey jenis kerudung yang sedang diminati beserta motifnya. Setelah itu, tentukan harga yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu murah agar pelanggan mau mencoba. Berikan promo atau diskon untuk pembelian tertentu. Sebagai pebisnis pemula, hindari membeli barang dalam jumlah banyak. Terapkan metode PO atau pre order dan pembayaran uang muka agar kamu memiliki modal untuk membeli bahan.

Belum bisa membuat brand sendiri? Tidak perlu khawatir. Kamu bisa berbisnis kerudung dengan menjadi reseller merk kerudung ternama. Secara tidak langsung, kamu sudah berusaha membangun jaringan dengan para pelanggan. Apabila modal untuk membuat brand sendiri sudah terkumpul, kamu bisa memulai bisnis. Sebagai tambahan informasi, persaingan untuk bisnis kerudung cukup ketat. Namun, dengan metode marketing yang tepat, produkmu juga berpeluang sukses di pasaran. Jika memungkinkan, tambahkan packaging atau pengemasan yang unik, sehingga kerudungmu bisa menjadi hadiah bagi orang lain.

5. Bisnis Kado Wisuda

pixabay.com

Selama masih ada mahasiswa, bisnis kado wisuda akan selalu dicari. Penjual hadiah wisuda seperti bunga dan boneka selalu berjejer di depan kampus setiap kali wisuda tiba. Bahkan, tidak jarang mereka menawarkan diskon pada pembeli. Ide bisnis kado wisuda sangat beragam. Usahakan untuk membuat kado wisuda yang unik dan tidak mudah ditiru orang lain. Dengan mengandalkan kemampuan mendesain gambar, kamu bisa menjual kado wisuda sketsa foto dan ilustrasi. Kemampuan seni untuk merangkai bunga pun bisa membuat bisnis kado wisuda berupa buket bunga laris di pasaran. Gunakan bunga plastik agar tidak layu dan tetap bisa disimpan tanpa harus menyiramnya.

6. Bisnis Makanan

pixabay.com

Bisnis makanan untuk anak kost berpotensi sukses di pasaran. Jika kamu memiliki bakat memasak, buatlah bisnis sarapan seperti nasi bungkus atau nasi box dengan lauk sederhana. Anak kost pastinya akan semakin tertarik apabila makanan yang dijual harganya murah namun tetap mengenyangkan. Namun, kamu perlu meluangkan waktu untuk memasak dan membungkus makanan tersebut. Bisnis makanan dengan memasaknya sendiri juga membutuhkan dapur di kost. Bekerjasamalah dengan penghuni kost lain jika ingin melakukan bisnis sarapan, makan siang, atau makan malam.

Tidak punya waktu untuk memasak? Tenang. Masih ada ide bisnis makanan ringan yang bisa kamu coba. Carilah pemasok makanan kiloan agar kamu bisa mengemasnya dalam ukuran yang lebih kecil. Gunakan plastik yang bisa ditutup kembali untuk menambah kesan premium. Tempelkan pula label nama makananmu beserta nomor kontak pribadi agar orang-orang bisa langsung menghubungimu.

Sudah mendapatkan referensi ide bisnis anak kost yang cocok denganmu? Bisnis di atas tidak membutuhkan ruang penyimpanan besar, sehingga bisa dilakukan anak kost. Segera kerjakan bisnis tersebut dan manfaatkan peluang yang ada. Semakin banyak kamu menunda, akan semakin lama pula kesempatanmu untuk sukses. Agar semangat berbisnis tetap terjaga, carilah mentor yang bisa membimbingmu. Kamu juga bisa belajar dari para pebisnis sukses yang berjualan sambil menyelesaikan studi atau berbisnis dengan modal terbatas. Jangan pernah menyerah sekalipun kamu mengalami kerugian atau kegagalan. Semangat!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: