Ingin Jadi Juragan Kos-Kosan? Ini yang Harus Kamu Persiapkan

Posted in: Bisnis Kost
Tagged: bisnis kost

Ingin Jadi Juragan Kos-Kosan? Ini yang Harus Kamu Persiapkan – Bisnis properti kos-kosan yang sedang naik daun kini banyak dilirik generasi muda sebagai bentuk investasi. Banyaknya kisah sukses pengelola kost yang berhasil mendapatkan pemasukan pasif dalam jumlah besar turut menambah motivasi. Memang tidak sepenuhnya salah, apalagi jika kamu ingin belajar mengelola kos. Namun, untuk menjadi juragan kos-kosan yang sukses diperlukan usaha keras serta modal.

Persiapan untuk Menjadi Juragan Kos-Kosan

Tidak ada bisnis yang mudah, terlebih lagi jika kamu mengharapkan keuntungan besar dari bisnismu. Selain perlu mengorbankan waktu tidur, waktu istirahat, bahkan waktu belajar, bisnis kos juga akan memakan waktumu untuk nongkrong bersama teman. Bisnis kos-kosan pun membutuhkan metode pengelolaan dan marketing yang tepat. Jika kamu masih pemula dan hal bisnis properti kos, ada beberapa tips yang dapat Mamikos berikan.

1. Modal Pembuatan Kos

pixabay.com

Hal terpenting yang perlu kamu siapkan sebelum menjadi juragan kos-kosan adalah modal untuk pembuatan kos. Jika dana untuk membangun kos-kosan sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari, pastinya hanya tinggal merealiasikannya saja. Menentukan budget untuk membangun kost bisa kamu lakukan dengan mempertimbangkan lokasi, jumlah kamar, serta jumlah pekerja.

Modal pembangunan kost bisa kamu dapatkan dari hasil tabungan, pinjaman, atau dari bank. Kamu juga dapat membangun kost bersama sahabatmu agar bisa merintisnya bersama-sama. Lakukan perhitungan matang terkait lama waktu kembalinya modal pembuatan kost dengan durasi waktu sewa kos yang diperlukan. Agar modal yang kamu pakai cepat kembali, diperlukan marketing kost yang baik agar kosmu semakin diminati.

2. Pemilihan Lokasi Kos

pixabay.com

Lokasi kos merupakan faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan minat penyewa. Semakin strategis lokasi suatu kost, peminatnya pun akan semakin banyak. Apalagi saat ini para penyewa kost lebih senang tinggal dari lokasi yang dekat tempat kerja atau kampus. Dengan demikian, penyewa tidak perlu menggunakan sarana transportasi hingga terjebak kemacetan.

Pemilihan lokasi kos juga berpengaruh pada harga sewa yang akan ditetapkan. Sudah bukan rahasia lagi jika kost dekat jalan raya atau jalan utama biaya sewanya akan jauh lebih tinggi dibandingkan kost dengan akses cukup jauh dari jalan utama. Perbedaan ini juga dipengaruhi fasilitas umum di sekitar lokasi. Sebab, kost dengan lokasi strategis biasanya dekat dari fasilitas umum, misalnya ATM, bank, apotek, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya.

Agar mendapatkan lokasi kos yang tepat, kamu perlu melakukan survey mendalam. Selain perlu mempertimbangkan fasilitas umum dekat kost, kondisi lingkungan masyarakat pun perlu diketahui. Usahakan untuk membangun kos di kawasan yang aman dan minim risiko kriminal.

3. Desain Bangunan Kos

pixabay.com

Desain rumah kos yang elegan dan modern mampu menarik minat pada penyewa kost. Sebagai referensi, terdapat banyak desain bangunan kost, mulai dari kost dengan kamar berjumlah sedikit hingga kamar yang jumlahnya cukup banyak. Kamu juga dapat berkonsultasi pada arsitek yang akan membuat desain kost.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu menyukai desain bangunan yang tua. Meskipun demikian, kamu perlu melakukan penataan yang baik sekaligus mendekorasinya agar tetap terlihat rapi. Kamu bisa melihat tren bangunan kos atau tren dekorasi yang disukai para penghuni kos. Cara ini diterapkan agar peminat kamar kost meningkat. Namun, pada akhirnya penyewa kost akan betah tinggal di kos yang nyaman, aman, dan bersih.

4. Pertimbangan Jumlah Kamar Kos

pixabay.com

Jumlah kamar kost yang disewakan akan sangat berpengaruh pada penghasilan dari sewa kostmu. Tentunya jika ada banyak kamar yang disewakan akan semakin tinggi pula penghasilan yang kamu dapatkan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan biaya operasionalnya. Setiap penyewa kos pasti membutuhkan listrik untuk kamarnya dan air untuk mandi dan mencuci. Pemilik kost pun perlu mempersiapkan daya listrik dan sumber air yang akan digunakan.

Perawatan yang diperlukan untuk kamar kos juga lebih banyak. Apalagi jika kost yang kamu buat menyediakan fasilitas mewah. Jadi, sebelum membangun banyak kamar kos, pertimbangkan baik-baik biaya operasional yang perlu dikeluarkan.

Kamu juga bisa membuat perkiraan jumlah pendapatan apabila seluruh kamar kost berhasil disewa ataupun tidak. Kemudian buatlah kebutuhan biaya operasional masing-masing. Dengan demikian, kamu dapat menentukan kapan harus membuat promo atau diskon agar penghuni kos tertarik, sehingga bisnis kostmu tidak sepi. Jangan sampai kamu rugi dalam berbisnis kost karena kesalahan ini.

5. Fasilitas Kos

pixabay.com

Berikan penawaran fasilitas kos lengkap agar calon penyewa kost semakin tertarik. Fasilitas dasar yang bisa kamu sediakan agar penyewa bisa langsung menempati kamar setelah membayar sewa adalah tempat tidur dan almari pakaian. Fasilitas tambahan lainnya, seperti meja dan kursi belajar, televisi, internet wifi, kamar mandi dalam, bisa kamu berikan jika memungkinkan. Banyaknya fasilitas kos yang diberikan tersebut juga berpengaruh pada biaya sewa kamar kos.

Modal kos minim yang kamu miliki sebenarnya bisa menjadi alasan untuk menyewakan kamar kost kosongan. Kamar kost tersebut tidak dilengkapi fasilitas apa pun, sehingga penyewa perlu membawa barang-barang sendiri, termasuk kasur dan almari. Perlu kamu perhatikan bahwa biaya sewa kamar kos kosongan akan jauh lebih murah dibandingkan kos berfasilitas lengkap. Meskipun demikian, kos kosongan di lokasi strategis atau di kota besar bisa disewakan dengan harga tinggi.

6. Harga Sewa Kos

pixabay.com

Harga kamar kos yang disewakan perlu ditentukan dengan matang. Faktor-faktor yang bisa menentukan harga sewa kamar kos diantaranya adalah lokasi bangunan kos, fasilitas kos, serta kemudahan akses kos. Sebelum menentukan harga sewa kamar, lakukan survey harga sewa dengan membandingkannya pada kos lain yang fasilitasnya sama. Cara ini perlu kamu lakukan agar biaya sewa kos yang akan kamu tetapkan tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Setelah itu, kamu bisa menambahkan fasilitas lain atau keuntungan yang bisa didapatkan jika penyewa tinggal di kosmu.

7. Cara Promosi

pixabay.com

Metode promosi atau iklan yang tepat bisa menentukan keberhasilan bisnis kost. Mengiklankan kamar kos melalui media cetak, seperti koran masih dinilai efektif. Namun, untuk menjangkau kalangan yang lebih luas, kamu dapat memanfaatkan media sosial. Beriklanlah di sosial media secara berbayar maupun gratis.

Sudah mendapatkan referensi terkait bisnis kost dari artikel di atas? Kini saatnya kamu memulai bisnis properti investasi yang menjanjikan. Berbekal pengetahuanmu di bidang properti, cobalah untuk percaya diri dalam berbisnis. Ada banyak referensi belajar tentang bisnis kost yang bisa kamu pelajari. Bertanyalah pada mentor bisnis atau orang yang kamu percaya sudah berhasil mengelola kost.

Tidak masalah jika kamu masih pemula dalam perihal bisnis kos. Mamikos akan membantumu mendapatkan properti kost yang dijual. Proses mendapatkan kost sesuai kriteria yang kamu cari pun sangat mudah. Hanya perlu mengisi data yang dibutuhkan dan kamu akan segera mendapatkan rekomendasi properti. Tanpa harus survey setiap properti kost, pencarian bangunan kost akan menjadi semakin praktis. Segera manfaatkan Mamikos untuk menjadi juragan kost!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: