Ingin lolos SBMPTN 2019 tanpa ikut Bimbel ? Begini caranya…

Posted on Posted in SBMPTN, Seputar Mahasiswa

Ingin lolos SBMPTN 2019 tanpa ikut Bimbel ? Begini caranya… – Les atau bimbingan belajar termasuk ke dalam jenis pendidikan non formal. Bimbingan Belajar merupakan suatu kegiatan belajar-mengajar seperti halnya sekolah. Perbedaannya adalah bahwa Bimbingan Belajar biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari beberapa mata pelajaran tertentu. Bimbimngan Belajar berfungsi membantu para pelajar yang kurang mengerti atau tidak mengerti pelajaran yang ada di sekolah, dengan cara mengulang kembali pelajaran tersebut.

Banyak siswa di sekolah yang mengikuti bimbingan belajar karena merasa belum jelas akan penjelasan guru tentang mata pelajaran di sekolah. Ataupun, mereka ikut les atau bimbingan belajar di sekolah karena untuk mempersiapkan diri menmepuh ujian atau SBMPTN ataupun juga SNMPTN.

Namun, beberapa siswa tetap tak ikut bimbingan belajar dalam menghadapi ujian, SBMPTN, dan SNMPTN dan tetap mendapatkan hasil yang memuaskan. Apa saja rahasianya?

Ingin lolos SBMPTN 2019 tanpa ikut Bimbel ? Begini caranya…

1. Pelajari website resmi SBMPTN dan baca lagi syarat-syaratnya

Sebelumnya, masuk ke website resmi SBMPTN dan pelajari syarat-syaratnya. Jangan lupa cek apakah PTN impianmu masuk dalam daftar kampus yang menerima mahasiswa lewat jalur ini, begitu pula jurusan yang ingin kamu ambil.

Hal ini sangatlah penting karena kamu harus tahu medan dimana kamu akan bertempur, dengan membuka websitenya kamu akan tahu penerimaan mahasiswa lewat jalur ini. Dengan hal tersebut kamu bisa mengambil strategi belajar.

2. Persiapkan dari jauh-jauh hari

Persiapkan diri jauh-jauh hari. Karena kamu tidak ikut bimbingan belajar, kamu harus curi start dengan belajar jauh-jauh hari agar lebih mantap dan lebih memahami pelajaran.

3. Perbanyak latihan soal

Kamu bisa juga mencari contoh perdiksi kisi – kisi SBMPTN 2018 untuk bahan pembelajaran. Dengan mengunuh soal tryout SBMPTN 2019 kamu harus yakin bahwa kali ini kamu akan berhasil. Persiapkan sebaik mungkin supaya kamu bisa bersaing dengan peserta seleksi SBMPTN yang lainnya. Buka website Mamikos atau instal aplikasi Mamikos untuk mendapatkan informasi seputar SBMPTN 2019 lainnya!

4. Belajar kelompok

Sukses Hadapi UAS - Belajar

Ajak beberapa teman untuk belajar kelompok bersamamu. Pelajari konsep dasarnya, pahami juga rumus-rumus, kata kunci dan lain sebagainya bersama temanmu yang juga tak mengikuti bimbingan belajar. Kamu dan teman-temanmu bisa belajar dari youtube, buku, perpustakaan bahkan guru kalian ketika sekolah.

5. Kuasai dasar materi pelajarannya

Jangan hanya menghafal, konsep dasar juga penting. Tak hanya sibuk menghafal kamu juga harus mengerti konsep dasar dari mata pelajaran atau bagian yang tengah kamu pelajari. Karena bila kamu paham konsep dasarnya, kamu akan lebih mudah dalam menjawab soal yang rumit sekalipun.

6. Sadar diri dan tidak memaksakan diri

Sadar diri disini ialah, kamu harus tahu sejauh mana batas kemampuan kamu, ini bukan UN, yang meskipun kamu menjawab asal-asalan tetap gak berpengaruh terhadap nilai kamu. Jika kamu menemui soal yang jawabannya masih “mengambang” alias kamu tidak yakin, lebih baik tidak usah dijawab. Karena jika nantinya jawabanmu salah, nilai kamu akan dikurangi satu point. lebih baik dikosongi saja dari pada ambil resiko.

Baca juga :  Ingin lolos SBMPTN 2019 tanpa ikut Bimbel ? Begini caranya...
Prediksi Kisi-kisi Tes SBMPTN 2019/2020″]

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Ingin lolos SBMPTN 2019 tanpa ikut Bimbel ? Begini caranya...

Ingin lolos SBMPTN 2019 tanpa ikut Bimbel ? Begini caranya...