8 Tips Persiapan Menghadapi Tes UTBK SBMPTN 2020 Agar Lulus

 Lailla | Jum, 29 Mei 2020

8 Tips Persiapan Menghadapi Tes UTBK SBMPTN 2020 Agar Lulus – Persiapan untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) perlu dilakukan dengan matang. Sebab, tahun 2020 ini penyelenggaraan UTBK mengalami perubahan akibat Pandemi Covid-19. Selain itu, materi yang diujikan pada UTBK pun tidak sebanyak tahun sebelumnya karena hanya menguji Tes Potensi Skolastik (TPS) saja.

Tips Lulus Menghadapi Tes UTBK SBMPTN 2020

pixabay.com

Meskipun perubahan pada pelaksanaan UTBK terdengar menguntungkan, kamu tetap perlu belajar keras. Tahun 2020 ini, UTBK tidak hanya diikuti lulusan SMA sederajat dan Paket C tahun ini saja, tetapi juga lulusan 2 tahun sebelumnya. Bahkan, mungkin saja ada calon mahasiswa yang mengambil gap year agar bisa mempersiapkan diri lebih baik tahun ini.
Sebelum hari pelaksanaan tes UTBK tiba, kamu masih punya kesempatan untuk berusaha agar diterima. Kali ini Mamikos akan memberikan tips agar kamu bisa berpeluang lebih besar lulus UTBK SBMPTN. Tips menghadapi ujian UTBK SBMPTN ini dapat kamu terapkan mulai saat ini hingga hari ujian tiba.

1. Membaca Tata Cara UTBK – SBMPTN 2020

pixabay.com

Pahami tata cara pelaksanaan UTBK dan SBMPTN yang paling update sebelum belajar. Sangat mungkin terdapat perubahan terkait pelaksanaan UTBK di tengah kondisi Pandemi Covid-19. Ditambah lagi, pada beberapa wilayah masih diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Penuhi syarat pendaftaran UTBK dan SBMPTN yang diwajibkan. Jika kamu melewatkan syarat yang ditetapkan, kamu tidak bisa melakukan pendaftaran, bahkan tidak bisa mengikuti seleksi. Setelah menyelesaikan tahapan pendaftaran, lakukan pembayaran biaya UTBK tanpa melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Catat baik-baik waktu dan sesi UTBK pilihanmu. Jika perlu, buatlah pengingat agar kamu tidak melewatkan waktu UTBK.

2. Melakukan Survey Jurusan Atau Program Studi

pixabay.com

Setiap kampus yang tergabung dalam SBMPTN memiliki daya tampung dan passing grade tersendiri. Dengan melakukan survey terkait jumlah peminat suatu jurusan di kampus tujuanmu, kamu pun bisa memperkirakan tingkat persaingannya. Semakin sedikit kuota suatu jurusan, akan semakin tinggi persaingannya. Apalagi jika pendaftar jurusan tersebut sangat banyak. Bandingkan kualitas kampus yang satu dengan yang lainnya, baik dari segi kurikulum maupun alumninya.

3. Cermat dalam Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Sangat penting bagi kamu memilih jurusan sesuai passion. Dengan demikian, kamu bisa memotivasi dirimu agar semakin giat belajar dan lulus UTBK. Jika masih bingung dengan jurusan tujuan ketika SBMPTN, tidak perlu terburu-buru memilih. Luangkan waktu khusus untuk mencari tahu minat karier yang akan kamu tuju maupun cita-citamu setelah lulus nanti.

Masih belum bisa menemukan passion?. Cobalah mencari panutan atau tokoh inspiratif dengan mendengarkan kisah-kisah atau cerita tentang dunia kuliahnya. Saat ini ada banyak tokoh inspiratif yang sering membagikan kehidupan kuliah melalui vlog di YouTube atau melalui blognya. Saringlah informasi penting untuk dijadikan referensi pemilihan jurusan ketika SBMPTN nanti.

Saran Mamikos, jika kamu bercita-cita untuk menjadi akademisi atau peneliti, kamu bisa mengambil Perguruan Tinggi dengan Program Akademik. Tapi, jika kamu lebih senang langsung bekerja setelah lulus, Program Vokasi lebih tepat untuk kamu.

4. Mengurutkan Program Studi

pixabay.com

Perhatikan pengisian program studi atau jurusan yang kamu lakukan. Pilihan yang kamu isikan menunjukkan prioritas tujuan. Maksudnya, jika kamu mengisikan Jurusan Kedokteran Umum pada pilihan pertama dan Jurusan Kedokteran Hewan pada pilihan kedua, kamu akan diseleksi pada pilihan pertama terlebih dahulu.

Jika skor UTBK yang kamu dapatkan tidak bisa bersaing di pilihan pertama, skor tersebut akan diseleksi pada pilihan kedua. Skor yang memenuhi syarat akan membuatmu diterima di pilihan pertama atau kedua. Tapi, jika skor tersebut lebih sedikit dari skor UTBK pendaftar lain di jurusan tersebut, peluangmu diterima akan semakin kecil. Bahkan, bisa jadi kamu tidak diterima. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik pilihan pengisian jurusan pada saat mendaftar UTBK – SBMPTN karena sangat berpengaruh pada kelulusanmu.

5. Berlatih Soal TPS UTBK

pixabay.com

Perbanyak latihan soal-soal Tes Potensi Skolastik (TPS) karena materi tes ini akan diujikan ketika UTBK. Tidak ada lagi Tes Kemampuan Akademik (TKA) materi Soshum dan TKA materi Saintek. Perubahan terkait materi tes UTBK ini sebenarnya memberikan keuntungan bagi peserta. Alasannya, belajar jadi lebih spesifik dan tidak banyak dibebani materi bidang soshum atau saintek.

Adanya soal TPS pada saat UTBK sebenarnya merupakan tantangan tersendiri. Peserta ujian akan dites dengan puluhan soal dengan tujuan mencari tahu kemampuan menyelesaikan studi selama di Perguruan Tinggi. Agar kamu semakin familier dengan jenis soal TPS, perbanyaklah latihan soal TPS.

Alokasikan waktu beberapa jam per hari untuk berlatih mengerjakan setiap jenis soal TPS. Pastikan bahwa kamu sudah mengetahui prinsip pengerjaan soal, tidak hanya mengetahui jawabannya saja. Dengan demikian, prinsip pengerjaan soal tersebut bisa kamu terapkan pada soal-soal lainnya.

6. Rajin Mengikuti Try Out atau Evaluasi

pixabay.com

Lakukan evaluasi pemahaman soal TPS UTBK dengan mengerjakan soal evaluasi secara berkala. Kerjakan latihan soal TPS tanpa melihat jawaban. Setelah itu, periksa kecepatan pengerjaan soal agar kamu bisa meningkatkan kecepatan dan membuat evaluasi singkat setelah belajar.

Ikuti pula try out yang diadakan untuk mengetes kemampuan mengerjakan soal-soal TPS. Biasanya try out diselenggarakan menjelang waktu TPS berlangsung. Cobalah mengikuti try out online maupun offline baik yang berbayar maupun gratis. Apabila mendapatkan hasil try out berupa skor UTBK, kamu bisa menganalisis peluangmu untuk dapat diterima di jurusan pada kampus tujuanmu.

7. Menjaga Kesehatan Tubuh

pixabay.com

Protokol kesehatan ketika pelaksanaan UTBK di setiap wilayah akan tetap diadakan. Setiap peserta akan diminta mematuhi protokol yang berlaku untuk mencegah penularan Covid-19. Sebelum memasuki ruangan ujian, peserta akan dipastikan sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda terjangkit Covid-19.

Agar kamu bisa lolos pemeriksaan pertama, kamu wajib datang dalam kondisi sehat dan tidak demam. Jagalah tubuh dengan istirahat cukup serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Lakukan olahraga ringan di dalam rumah atau di luar rumah dengan tetap menerapkan prinsip physical distancing.

8. Banyak Berdoa

pixabay.com

Setelah semua usaha dan perjuangan untuk mengikuti UTBK kamu lakukan, saatnya memasrahkan hasil pada Tuhan. Perbanyaklah berdoa agar dilancarkan dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Meskipun kamu yakin sudah menguasai seluruh materi, di lapangan nanti akan ada banyak tantangan tidak terduga. Bahkan, kamu tidak bisa menganalisis kemampuan peserta tes lainnya, apalagi tes ini diikuti calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

Tenangkan dirimu denganm berpikir positif. Berdoalah sesuai keyakinan masing-masing agar dimudahkan menghadapi UTBK dan diberikan hasil terbaik. Tidak ada salahnya pula membaca doa-doa agar lulus UTBK. Sebelum berangkat ke lokasi pusat UTBK, mintalah orang terdekat, seperti ayah, ibu, kakek, nenek, atau saudara untuk mendoakan.

Demikian informasi tips persiapan menghadapi tes UTBK SBMPTN 2020 agar lulus. Terapkan tips di atas dan lakukan modifikasi sesuai kebutuhanmu. Berusahalah secara maksimal sebelum jadwal UTBK tiba. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: