Tips Melakukan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020/2021 Besok 2 Juni

Posted in: Pendidikan SBMPTN

Tips Melakukan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020/2021 Besok 2 Juni – Pelaksanaan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 sudah di depan mata. Setelah sempat ditunda karena adanya pandemi Covid-19, akhirnya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 jatuh pada tanggal 2 hingga 20 Juni. Kamu harus segera mempersiapkan diri semaksimal mungkin dan memantapkan pilihan jurusan maupun PTN. Kamu juga tidak boleh asal mendaftar karena ada banyak hal penting yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan.

Informasi Lengkap Tips Melakukan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

unsplash.com

Agar proses pendaftaranmu besok berjalan lancar, kamu harus memperhatikan setiap detail informasi UTBK-SBMPTN 2020. Kamu memang harus fokus berlatih untuk menghadapi tes UTBK-SBMPTN 2020 mendatang. Tapi, bukan berarti kamu melupakan hal penting lain seperti tata cara pendaftaran dan syarat pendaftaran. Berikut akan Mamikos bagikan informasi tentang tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 agar lancar.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Terkait Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

LTMPT kembali mengingatkan para calon peserta UTBK-SBMPTN 2020 beberapa hal penting terkait pendaftaran. Beberapa di antaranya adalah perubahan jadwal, materi ujian, hingga jumlah tes yang bisa diambil. Selain itu, ada 9 hal lain lagi yang harus kamu perhatikan sesuai dengan instruksi LTMPT. Berikut daftarnya.

  1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN tanggal 2-20 Juni 2020.
  2. Pastikan kamu sudah memiliki akun LTMPT.
  3. Yang sudah lulus SNMPTN, tidak bisa mendaftar UTBK-SBMPTN.
  4. Pilih lokasi Pusat UTBK terdekat dengan tempat tinggal.
  5. Hanya bisa mendaftar UTBK-SBMPTN 1 kali.
  6. Pemilik Nomor KIP Kuliah tidak dipungut biaya pendaftaran.
  7. Pilih prodi sesuai persyaratan SMTA yang ditetapkan PTN.
  8. Pastikan isian data sudah benar, termasuk data disabilitas (jika ada).
  9. Jika sudah disimpan permanen (cetak kartu), data tidak dapat diubah lagi.

10 Tips Melakukan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Nah, kamu jangan sampai melupakan hal-hal penting yang sudah dihimbau oleh LTMPT di atas, ya. Selain itu, kamu juga harus tahu beberapa tips agar pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 kamu menjadi lebih lancar. Kamu bisa simak penjelasan Mamikos tentang 10 tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 di bawah ini.

1. Sudah Tahu Informasi Lengkap Pendaftaran Sejak Jauh-Jauh Hari

unsplash.com

Tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang pertama adalah mengetahui segala informasi terkait pendaftaran hingga pengumumannya. Informasi tersebut mulai dari syarat, tata cara, hingga aturan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Dengan mengetahui semua informasi, kamu akan lebih mudah untuk melakukan pendaftaran karena kamu tidak “buta arah”. Kamu akan tahu pendaftaran dimulai dari mana dan apa tahap selanjutnya.

Selain itu, kamu juga harus rajin meng-update semua informasi tersebut. Seperti misalnya perubahan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 karena adanya pandemi Covid-19. Kalau kamu tidak rajin mencari informasi tersebut, kamu mungkin tidak akan tahu kalau jadwal UTBK-SBMPTN 2020 telah dimundurkan oleh LTMPT. Kamu bisa mencari segala informasi terkait pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 di laman Mamikos juga, lho!

2. Menunggu Beberapa Saat

unsplash.com

Kamu harus tahu bahwa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 akan dibuka pada tanggal 2 Juni mendatang. Tidak hanya kamu dan teman satu sekolahmu, tapi seluruh calon mahasiswa baru yang belum diterima di perguruan tinggi akan menyerbu laman pendaftaran UTBK-SBMPTN ketika sudah dibuka. Akibatnya, bisa saja server laman tersebut mengalami down dan tidak bisa diakses. Ketika hal seperti ini terjadi, kamu tidak perlu khawatir.

Menunggu beberapa saat setelah pembukaan pendaftaran merupakan tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN yang kedua. Kamu bisa menunggu beberapa jam setelah pembukaan atau bahkan hingga hari berikutnya. Kamu tidak usah buru-buru akan mendaftar karena pendaftaran UTBK-SBMPTN dibuka hinggal 20 Juni 2020. Kamu masih memiliki banyak waktu untuk menunggu server kembali pulih sekaligus memberi waktu kepada panitia untuk memperbaikinya.

3. Jangan Mendaftar Terlalu Mepet

unsplash.com

Meskipun kamu disarankan menunggu beberapa saat, kamu juga tidak boleh mendaftar terlalu mepet pada tanggal penutupan. Kamu tidak tahu ada hambatan apa ketika kamu melakukan pendaftaran. Skenario terburuknya adalah kamu baru tahu kalau akunmu ternyata mengalami kesalahan data. Kamu tidak akan punya cukup waktu untuk memperbaikinya jika kamu baru mendaftar di akhir.

Kamu harus lebih pandai dalam memperhitungkan segala kendala yang akan muncul dan berapa lama waktu yang akan kamu habiskan untuk mengatasinya. Usahakan untuk mendaftar di beberapa hari awal hingga pertengahan masa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Dengan mendaftar agak jauh dari waktu penutupan, kamu akan memiliki waktu lebih untuk memperbaiki error. Kamu juga bisa lebih leluasa jika ada dokumen yang tidak lengkap.

4. Sediakan Koneksi Internet yang Cepat

unsplash.com

Kamu tentu tidak mau mengalami gangguan jaringan ketika mendaftar UTBK-SBMPTN 2020, bukan? Maka dari itu, tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN selanjutnya adalah menggunakan koneksi internet yang cepat. Kamu tentunya sudah tahu bahwa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dilakukan secara online. Sehingga, memiliki koneksi internet yang stabil merupakan suatu hal yang krusial.

Koneksi internet yang cepat dan stabil akan membuat proses pendaftaranmu menjadi lebih lancar. Jika koneksimu terputus karena jaringan yang tidak kuat, ada kemungkinan bahwa datamu menjadi tidak lengkap atau bahkan hilang. Akibatnya, kamu harus mengulangi pendaftaran dari awal lagi. Jangan sampai hal itu terjadi, ya!

5. Gunakan Komputer Desktop atau Laptop

unsplash.com

Kamu disarankan menggunakan komputer desktop atau laptop agar pendaftaranmu menjadi lebih lancar lagi. Selain internet yang stabil, kamu juga butuh perangkat yang memadai. Dengan mendaftar dari perangkat seperti komputer atau laptop, kamu akan lebih mudah melihat tulisan yang tertera di layar. Selain itu, interface dari laptop dan komputer juga akan lebih user friendly daripada smartphone.

Kalau kamu tidak memiliki perangkat tersebut, kamu bisa meminjamnya dari kerabat, tetangga, atau temanmu. Kamu juga bisa pergi ke warnet karena di sana juga tersedia internet yang stabil. Kamu tidak harus memaksakan diri kalau memang tidak ada komputer atau laptop. Karena kalau kamu merasa mendaftar melalui smartphone sudah cukup, maka kamu tidak perlu repot-repot mencari komputer atau laptop.

6. Pilih Pusat UTBK Terdekat Dari Rumah

unsplash.com

Seperti himbauan dari LTMPT, kamu lebih baik memilih Pusat UTBK yang terdekat dari tempat tinggalmu. Di masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah melarang masyarakat Indonesia untuk melakukan mobilisasi ke luar daerah. Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Sehingga, ada baiknya kamu memilih lokasi tes UTBK di provinsi yang sama dengan tempat tinggalmu saat ini.

Selain itu, kamu juga bisa lebih menghemat biaya transportasi yang harus kamu keluarkan. Kalau kamu memilih Pusat UTBK di provinsi yang lain, kamu akan menghabiskan biaya untuk membayar tiket bus, kereta api, hingga pesawat. Jika kamu memilih untuk melakukan tes di dekat rumahmu, kamu mungkin cukup merogoh kocek untuk membeli bensin bagi kendaraan pribadimu saja. Maka dari itu, terapkan tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN yang satu ini, ya!

7. Persiapkan Dokumen Sebelum Pendaftaran Dibuka

unsplash.com

Ada beberapa jurusan dan program studi di PTN tertentu yang mewajibkan kamu mengunggah beberapa dokumen. Salah satunya seperti portofolio atau sertifikat prestasi. Pastikan kamu sudah memindai atau men-scan dokumen tersebut sejak sebelum pendaftaran dibuka. Tujuannya adalah agar kamu tidak keteteran jika sudah diharuskan mendaftar.

Kalau kamu tidak memiliki alat scan, kamu bisa pergi ke warnet atau tempat fotokopi terdekat untuk melakukan scan dokumen. Tetapi, jika kamu tidak ingin keluar rumah karena pandemi Covid-19, kamu bisa men-scan dengan menggunakan smartphone kamu. Kamu bisa mencari beberapa aplikasi scanner gratis yang tersedia di internet. Kualitas yang mereka berikan juga tidak kalah dengan hasil scan dengan menggunakan scanner asli.

8. Sudah Menentukan Pilihan Jurusan, Program Studi, dan PTN

unsplash.com

Tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN ini merupakan tips yang tidak kalah penting dari tips lainnya. Kamu harus memastikan bahwa kamu sudah tahu jurusan atau program studi di PTN mana yang akan kamu pilih. Kamu juga harus menyesuaikan pilihan tersebut dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Kamu juga harus tahu bagaimana ketentuan pemilihan jurusan dan program studi dalam UTBK-SBMPTN.

Selain menyesuaikan dengan minat dan kemampuan, kamu juga harus tahu syarat SMTA dari jurusan atau program studi yang kamu pilih. Setiap jurusan dan program studi di PTN yang berbeda akan memiliki syarat SMTA yang berbeda-beda. Pastikan bahwa jurusan atau program studi yang kamu pilih sesuai dengan pilihan SMTA-mu. Kamu bisa mengecek syarat SMTA tiap jurusan dan program studi melalui laman resmi LTMPT.

9. Sudah Tahu Tingkat Persaingan Jurusan yang Diincar

unsplash.com

Kamu sudah tahu berapa daya tampung jurusan yang kamu incar? Sudah tahu juga berapa pendaftar di jurusanmu pada UTBK-SBMPTN tahun lalu? Kamu harus mengetahui kedua informasi tersebut sebelum melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020. Dengan mengetahui keduanya, kamu bisa memperhitungkan berapa tingkat persaingan di jurusan pilihanmu.

Tingkat persaingan akan memudahkanmu untuk memperkirakan peluang kelolosanmu di jurusan tersebut. Semakin kecil tingkat keketatan persaingan, maka semakin besar pula persaingan untuk memperebutkan bangku UTBK-SBMPTN 2020. Kamu cukup membandingkan daya tampung tahun ini dengan jumlah pendaftar dari tahun sebelumnya. Dari sana kamu akan mendapat rasio persaingan jurusan incaranmu.

10. Mengecek Kembali Isian Data Sebelum Menyimpan

unsplash.com

Seperti yang sudah dihimbau oleh LTMPT, kamu tidak bisa lagi mengubah datamu jika kamu sudah menyimpannya secara permanen. Maka dari itu, kamu wajib meneliti kembali seluruh isian datamu sebelum kamu mengakhiri pendaftaran. Pastikan bahwa kamu sudah mengisi data diri dengan benar sesuai identitas. Pastikan juga kamu mengisinya tanpa ada salah penulisan atau typo.

Kamu bisa menyiapkan segala dokumen yang berkaitan dengan data yang kamu isi agar kamu tidak salah. Jika kamu memiliki disabilitas, kamu juga wajib mengisinya dengan benar. Setelah selesai meneliti isian data, kamu bisa mengakhiri pendaftaran lalu mencetak kartu peserta. Pastikan kamu menyimpan kartu peserta tersebut dengan benar karena akan kamu gunakan ketika pelaksanaan tes UTBK-SBMPTN 2020 nanti.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Setelah kamu mengerti tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, kamu bisa melanjutkan untuk mendaftar UTBK-SBMPTN 2020. Untuk kembali mengingatkanmu, pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan dalam waktu yang berurutan. Setelah mendaftar untuk UTBK, maka kamu bisa melanjutkan untuk mendaftar SBMPTN. Berikut alur pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Alur Pendaftaran UTBK 2020

  1. Peserta mendaftar UTBK melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Peserta memilih Pusat UTBK.
  3. Peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra. Jika peserta memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah dan ada flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapat nomor peserta.
  4. Pesera mendapatkan nomor peserta.

Alur Pendaftaran SBMPTN 2020

  1. Setelah berhasil mendaftar UTBK, peserta dapat mendaftar SBMPTN.
  2. Peserta memilih program studi dengan ketentuan sebagai berikut.
    • Pilihan Prodi tidak boleh lintas PTN SN-SB dengan Politeknik.
    • Pilihan 1 Prodi anggota SN-SB (Non Politeknik) dan Pilihan 2 Prodi anggota SN-SB (Non Politeknik).
    • Pilihan 1 Prodi Politeknik dan Pilihan 2 Prodi Politeknik.
  3. Peserta mengupload portofolio (apabila disyaratkan oleh program studi pilihan).
  4. Peserta melakukan konfirmasi dan simpan permanen.
  5. Jika telah melakukan simpan permanen, peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2020.

Demikianlah tips melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 yang bisa Mamikos berikan untukmu. Pastikan kamu menerapkan setiap butir tips tersebut agar pendaftaranmu lebih lancar. Setelah mendaftar, maka kamu bisa kembali berlatih soal-soal terkait UTBK-SBMPTN 2020. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPTN 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: