7 Fakta UTBK SBMPTN 2021 yang Wajib Kamu Tahu

7 Fakta UTBK SBMPTN 2021 yang Wajib Kamu Tahu – UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer sudah diberlakukan sejak tahun 2019 yang lalu. Untuk mengikuti SBMPTN kamu memang wajib juga untuk mengikuti UTBK ini. Selain untuk mengikuti proses SBMPTN, nilai UTBK nantinya juga bisa kamu gunakan untuk seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Akan ada Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang membuka jalur seleksi mandiri tanpa tes lagi, tapi tinggal menggunakan nilai UTBK. Menarik bukan.

Deretan Fakta UTBK SBMPTN

edukasi.kompas.com

Jadi apabila kamu memang memerlukan informasi lengkap seputar 7 fakta UTBK SBMPTN 2021 yang wajib kamu tahu, maka dalam artikel Mamikos kali ini, kamu akan menemukan sederet informasinya. Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mengetahui apa saja 7 fakta UTBK SBMPTN 2021 yang wajib kamu tahu itu? Simak selengkapnya penjelasan Mamikos tentang 7 fakta UTBK SBMPTN 2021 yang wajib kamu tahu:

Fakta UTBK SBMPTN 2021

Setiap tahunnya, selalu ada sistem SBMPTN yang berubah

Untuk kamu para pejuang yang ingin tembus masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang bisa Mamikos sarankan adalah sebaiknya kamu rutin untuk mencari tahu mengenai sistem UTBK untuk SBMPTN. Mengapa begitu? Tentu saja agar kamu tidak ketinggalan informasi terkait perubahan sistem SBMPTN tersebut.

Lantas apa yang baru dari sistem UTBK 2021 ini? Sebagai calon pejuang SBMPTN, kamu juga perlu tahu beberapa kebijakan UTBK 2021 agar dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang untuk menghadapi UTBK tahun ini. Kamu bisa mengunjungi laman resmi SBMPTN atau LTMPTN SBMPTN demi pembaruan informasinya. Lanjutkan membaca 7 fakta UTBK SBMPTN 2021 yang wajib kamu tahu.

Tahun 2021 menjadi tahun ketiga UTBK

Tahun 2021 memang menjadi tahun kedua dilaksanakannya SBMPTN dengan Sistem Ujian Berbasis Komputer (UTBK) atau yang sudah kita kenal yang sebelumnya kita lakukan dengan basis mengisi soal pada kertas dan pensil.

Untuk mahasiswa angkatan 2020 pasti sudah mengetahui dengan baik bagaimana rasanya berhadapan dengan sistem baru ini. Mungkin seakan baru kemarin angkatan 2020 merasakan sistem baru, sekarang kamu sebagai calon angkatan 2021 akan menjadi angkatan ketiga untuk UTBK 2021.

Peserta ujian hanya boleh mengikuti UTBK sebanyak 1 kali

Kebijakan baru berikutnya yang perlu kamu ketahui dari deretan 7 fakta UTBK SBMPTN 2021 yang wajib kamu tahu adalah poin ketiga ini. Bisa dibilang ini adalah poin kebijakan yang cukup mendebarkan. Sebab di tahun 2021 kamu hanya memiliki 1 kesempatan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN 2021.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu menjadi lebih bijaksana dalam mengenali dirimu dan menyesuaikannya dengan peluang yang ada di hadapanmu. Jangan lupa untuk melakukan persiapan dengan lebih matang. Belajar dari sekarang dan siapkan mental juga.

Adanya kebijakan Single Sign On (SSO)

Untuk pejuang SBMPTN 2021 khususnya, istilah SSO ini seharusnya sudah tidak asing lagi didengar bukan. Jika pada tahun sebelumnya peserta ujian langsung mendaftar UTBK melalui laman pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id. Maka untuk UTBK 2021 para calon peserta ujian harus memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan cara melakukan registrasi di laman portal.ltmpt.ac.id. Kebijakan SSO bisa dikatakan menjadi kewajiban pertama yang sudah harus kamu lakukan sebelumnya. Jadi, kamu sudah daftar akunnya, bukan?

Dibukanya kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum)

kebijakan satu ini mungkin akan kembali memberikan keuntungan kepada kamu. Apabila di tahun ajaran 2019 hanya ada ujian Saintek dan Soshum, ketahuilah bahwa di 2021 kamu bisa memilih kelompok ujian campuran. Kebijakan ini memungkinkan kamu lebih bebas dalam memilih jurusan yang ingin kamu pilih.

Bagi kamu yang akan memilih untuk masuk kelompok ujian Campuran, materi ujian yang nanti akan kamu hadapi adalah Tes Potensi Skolastik, Tes Kemampuan Akademik Saintek dan Tes Kemampuan Akademik Soshum. Catat baik-baik, ya.

Jadwal pelaksanaan UTBK

  1. Tahap registrasi akun LTMPT: 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021
  2. Tahap pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 15 Maret 2021 – 1 April 2021
  3. Tahap pelaksanaan UTBK gelombang 1: 12 April 2021 – 18 April 2021
  4. Tahap pelaksanaan UTBK gelombang 2: 26 April 2021 – 2 Mei 2021
  5. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021: 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB

Biaya pendaftaran UTBK

Bagi peserta kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum, biaya pendaftaran UTBK akan dikenakan sebesar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Sementara untuk kamu yang memilih kelompok ujian Campuran, biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

Informasi Tambahan Mengenai SBMPTN dan UTBK 2021

Bagi kamu yang saat ini tengah duduk di kelas 12 SMA atau sederajat dan sudah memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, pastinya sudah memikirkan Program Studi serta kampus tujuan kamu nanti bukan. Saat ini ada tiga tahap yang disediakan oleh Kemendikbud untuk penerimaan mahasiswa baru 2021. Tiga tahapan tersebut ialah jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Pada Penerimaan Mahasiswa Baru pada 2021 mendatang, semua peserta dari ketiga jalur tersebut harus melakukan registrasi terlebih dahulu akunnya masing-masing di laman https://portal.ltmpt.ac.id/. UTBK Bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021, hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali, dengan ketentuan sebagai berikut: UTBK kelompok Saintek; UTBK kelompok Soshum;

Apa Fungsi UTBK?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah hasil tes diberikan secara individu. UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Di mana UTBK sendiri bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Apakah UTBK Itu Wajib?

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN), mengikuti UTBK adalah suatu hal yang wajib kamu lakukan. UTBK sendiri menjadi syarat wajib siswa sebelum mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Tak hanya itu saja, nilai UTBK ini nantinya juga menjadi salah satu peryaratan untuk kamu mengikuti Jalur Seleksi Mandiri yang diadakan oleh PTN tujuan.

Berapa Nilai Maksimal UTBK?

Sama seperti tahun sebelumnya, di tahun 2021 ini UTBK juga memiliki standar nilai minimal dan nilai maksimal. Nantinya, standar nilai ini bisa menjadi acuan kamu untuk mengukur seberapa besar kemungkinanmu diterima di jurusan impian. Adapun standar nilai UTBK 2021 sendiri terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu:

  1. Kelompok pertama: kisaran nilai bawah yang berada pada nilai kurang dari 300 hingga di bawah 500.
  2. Kelompok kedua: kisaran nilai tengah yang berada di kisaran nilai 500 hingga 700.
  3. Kelompok ketiga: kisaran nilai maksimum yang berada di atas nilai 700.

Jika kamu ingin berada di garis aman dalam persaingan SBMPTN 2021, kamu harus memiliki nilai 500 atau di atas angka tersebut. Batas aman itu kiranya bisa membuatmu dapat bersaing ketat dengan kompetitor untuk diterima di jurusan yang sama. Meski disebut sebagai batas aman, bukan berarti kamu harus mengejar nilai 500. Sebisa mungkin kamu bisa meraih paling minimal nilai di kisaran 600. Dengan begitu, potensi kamu untuk diterima di perguruan tinggi negeri impian pun masih terbuka lebar.

Berapa Nilai UTBK Untuk Masuk PTN

Kisaran nilai UTBK yang aman untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri adalah yang harus adalah 655 ke atas, atau jika dibuat rentang maka nilai rata-rata yang perlu kamu dapatkan berada pada 650 hingga 700. Namun, untuk kamu yang nantinya mendapat nilai dari 560 – 650, juga masih berpeluang untuk lolos SBMPTN. Akan tetapi, kamu harus pintar dalam memilih jurusan dan usahakan jangan memilih jurusan terlalu favorit. Perhatikan juga daya tampung di jurusan yang kamu ambil, apakah memiliki daya tampung yang besar. Apabila nilai UTBK kamu tidak terlalu tinggi nilainya, usahakan jangan sembarangan memilih PTN.

Bagaimana Cara Melihat Nilai UTBK

Buat kamu yang masih bingung melihat hasil nilai UTBK, kamu mungkin bisa mengikuti cara di bawah ini:

  1. Peserta membuka laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id
  2. Peserta diminta menginput username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK untuk bisa masuk ke laman pengumuman.
  3. Pengumuman dapat diakses.

Berapa Soal UTBK?

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. Namun, pada UTBK 2021 ini yang akan diujiankan hanyalah TPS saja dengan total soal keseluruhan adalah 80 soal. TPS sendiri bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Tahapan UTBK

UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) Sementara itu, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan saat mendaftar UTBK 2021, yaitu:

  1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
  4. Memilih menu Pendaftaran UTBK.
  5. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK
  6. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  7. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
  8. Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
  9. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih

Pengumuman Hasil UTBK 2020

Hasil UTBK pada tahun 2021 dapat dilihat secara serentak. Mengacu pada tahun sebelumnya, untuk pengumuman hasil UTBK dapat dilihat pada laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id. Di sana kamu masukkan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK. Pengumuman dapat diakses

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 adalah sebuah seleksi yang dilakukan oleh PTN atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Untuk urusan hunian, Mamikos sarankan untuk mengunduh aplikasi cari kost Mamikos yang bisa kamu gunakan kapanpun dimanapun. Sebab aplikasi cari kost Mamikos dapat memastikan kamu memperoleh hunian yang kamu perlukan dan dengan biaya sewa yang bisa kamu sesuaikan. Caranya cukup unduh aplikasinya sekarang di Appstore dan Playstore dan nikmati kemudahan mendapatkan hunian hanya dengan satu aplikasi.

Download Soal UTBK SBMPTN 2021


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta