Mengenal Tes TPS UTBK SBMPTN 2020 Lengkap Dengan Contoh Soal Dan Pembahasan

 Bella Carla | Rab, 08 Apr 2020

UTBK SBMPTN 2020 – Akhirnya, pemerintah secara resmi mengumumkan jadwal pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. UTBK 2020 rencananya akan dilaksanakan pada 5 hingga 12 Juli 2020. Materi yang diujikan dalam UTBK 2020 nantinya adalah TPS (Tes Potensi Skolastik). Di mana TPS ini adalah materi tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang sudah mulai diaplikasikan pada SBMPTN 2019. Buat kamu yang nantinya akan mengikuti UTBK SBMPTN 2020, di bawah ini Mamikos bagikan sedikit info terkait pengenalan Tes TPS UTBK SBMPTN hingga contoh dan pembahasannya.

Pengertian Hingga Contoh Soal & Pembahasan Tes TPS UTBK SBMPTN 2020

UTBK SBMPTN 2020
cdn-brilio-net.akamaized.ne

Melalui Surat Edaran No. 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020, LTMPT memutuskan pelaksanaan UTBK sebagai syarat SBMPTN tetap dilaksanakan. Namun, ada pula sejumlah perubahan terkait UTBK SBMPTN 2020 di dalam surat edaran tersebut. Salah satunya terkait materi yang diujiankan dalam UTBK 2020, jika sebelumnya materi yang diujiankan adalah TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TPA (Tes Potensi Akademik). Maka kini pemerintah memutuskan hanya TPS (Tes Potensi Skolastik) saja yang digunakan untuk menguji peserta UTBK 2020. Jika kamu masih bingung terkait TPS ini, mungkin info di bawah ini bisa memberikan sedikit pemahaman untuk kamu.

Apa itu Tes TPS (Tes Potensi Skolastik) UTBK SBMPTN?

TPS (Tes Potensi Skolastik) merupakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif siswa berupa penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting. Tak hanya digunakan dalam SBMPTN, TPS ini sendiri sudah ada sejak 1926 dan diterapkan di beberapa negara maju seperti Inggris, Finlandia, dan Australia. Di Amerika Serikat, TPS juga menjadi seleksi yang biasa digunakan untuk melanjutkan perkuliahan ke perguruan tinggi. Tes ini pertama kali diciptakan oleh The College Board, yakni organisasi nirlaba yang memiliki misi menjadi sebuah jembatan antara siswa dengan pendidikan tinggi.

Jenis Soal Pada Tes UTBK SBMPTN

Secara umum, TPS (Tes Potensi Skolastik) terbagi menjadi dua jenis, yakni reasoning test dan subject test. Di mana reasoning test menguji kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan matematika. Sementara subject test akan menguji keterampilan siswa dalam bidang studi tertentu seperti sains, sejarah, dan bahasa asing. Sedangkan soal yang akan muncul pada tes potensi skolastik pada SBMPTN 2020 mencakup empat jenis, yakni:

  1. Penalaran umum
    • Penalaran bacaan: membaca teks tabel/grafik, paragraph argumentative, memahami informasi dalam bacaan, analisis dari tabel/grafik/kurva yang disertakan dalam teks bacaan.
    • Penalaran kuantitatif: operasi bilangan bulat, pecahan, perbandingan, aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, dll.
  2. Pemahaman bacaan dan menulis
    • Memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, dll
    • Penggunaan EYD yang tepat
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    • Soal Bahasa Indonesia dan sebagian Bahasa Inggris
    • Pengetahuan tentang idiom, anonym, sinonim, identifikasi wacana, mencari informasi dari bacaan
  4. Pengetahuan Kuantitatif
    • Aljabar, aritmatika, geometri, peluang, kecukupan data ya/tidak, fungsi, statistika, dll.

Contoh Soal Test TPS UTBK SBMPTN

Agar kamu semakin memahami lagi seputar soal-soal TPS (Tes Potensi Skolastik) , maka kamu pun bisa mempelajari contoh soal dan memahami pembahasannya di bawah ini.

Contoh soal

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomer 1-5.

(1) Dengan peningkatan produksi dan perbaikan distribusi, maka pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat tercapai tanpa mengorbankan stabilitas harga. (2) Dengan meningkatnya kapasitas perekonomian tersebut menyebabkan tekanan terhada inflasi akan bekurang sehingga inflasi terus menurun. (3) Inflasi yang rendah dan adanya rencana kenaikan upah berakibat pada daya beli riil masyarakat yang meningkta sehingga konsumsi swasta diperkirakan akan tetap tumbuh dari tahun ke tahun. (4) Pertumbuhan konsumsi swasta tiga tahun terakhir dapat dilihat pada tabel berikut. (5) Sementara itu, dengan daya saing yang meningkat akan berdampak pada tetap tingginya kinerja ekspor. (6) Berbagai pembenahan struktural dilaksanakan pemerintah, seperti perbaikan infrastruktur, perizinan, bea cukai, dan perpajakan diperkirakan memberikan dukungan yang cukup signifikan dalam meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia.

Tabel Pertumbuhan Ekonomi dalam Tiga Tahun (2010-2012)

Aspek Perekonomian 2010 2011 2012
Upah 7% 12% 15%
Ekspor 17% 20% 21%
Konsumsi Swasta 5.5% 6% 7%
Pembangunan Infrastruktur 28% 32% 35%

 

(7) Meski prediksi melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia akan berdampak kontradiktif kepada kinerja ekspor Indonesia, harga komoditas yang tetap tinggi dan negara tujuan ekspor yang lebih terdiverivikasi diperkirakan masih akan menghasilkan dampak positif bagi produk ekspor Indonesia. (8) Impor diprediksi juga tumbuh tinggi(14,5%-15,5%) sebagai akibat kuatnya permintaan domestik. (9) Kondisi diatas menyebabkan neraca transaksi akan tetapp berada dalam kondisi surolus namun dengan nilai surplus yang terus mengecil. (10) Meskipun surplus neraca transaksi berjalan semakin kecil, namun tingginya aliran masuk FDI diprediksi akan mampu membawa neraca pembayaran dalam kondisi mantap sehingga nilai tukar akan cenderung stabil. (11) pada akhirnya sinergi antara stabilitas ekonomi makro dan perbaikan sisi penawaran diprediksi akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (12) Pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan tinggi akan mampu menyerap tambahan tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran yang ada. (13) meningkatnya penyerapan tenaga kerja dibarengi dengan inflasi yang terus menerus berdampak pada pengangguran tingkat kemiskinan.

1. Pernyataan manakah yang paling sesuai dengan isi tabel tersebut?

A. pertumbuhan upah lebih sejajar dengan pembangunan infrastruktur daripada konsumsi swasta.
B. arah pertumbuhan seluruh aspek perekonomian meningkat tajam, kecuali aspek konsumsi swasta.
C. pertumbuhan aspek pembangunan infrastruktur dalam tiga tahun membentuk garis lurus yang meningkat.
D. angka pertumbuhan pembangunan infrastruktur lebih tinggi daripada akumulasi dari ketiga aspek tersebut.
E. konsumsi swasta merupakan aspek perekonomian yang paling rendah peningkatan di tahun terakhir.

2. Kalimat yang tidak efektif terdapat pada …

A. 1 dan 7
B. 2 dan 8
C. 3 dan 11
D. 5 dan 9
E. 6 dan 10

3. Simpulan manakah yang paling tepat untuk teks tersebut?

A. peningkatan produksi dan pendisverivikasian ekspor berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga tercapai
peningkatan kesejahteraan.
B. sinergi antara stabilitas ekonomi makro dan perbaikan sisi penawaran produksi Indonesia diprediksi akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
C. kuatnya permintaan domestik Indonesia menyebabkan neraca transaksi akan tetap berada dalam kontribusi surplus namun dengan nilai surplus yang terus mengecil.
D. harga komoditas yang tetap tinggi dan negara tujuan ekspor yang lebih terdiverifikasi aka menghasilkan dampak positif bagi produk ekspor Indonesia.
E. pertumbuhan ekonomi yang tetap tinggi akan terjadi apabila peningkatan produksi dan perbaikan distribusi dilakukan sehingga tekanan terhadap inflasi akan beerkurang.

4. Penulis teks tersebut bertujuan agar pembaca …

A. Menyimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
B. Memperoleh gambaran bahwa ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh positif pada 2013 meskipun terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi dunia.
C. Menyadari adanya hubungan yang erat antara stabilitas ekonomi, penawaran, kesejahteraan, masyarakat, penyerapan tenaga kerja, ekspor dan inflasi
D. Menyadari bahwa perbaikan infrastruktur, perizinan, bea cukai, dan perpajakan akan memberikan dukungan dalam meninkatkan daya saing ekspor.
E. Mengetahui faktor-faktor yang dapat menunjang peningkatan perekonomian di Indonesia, baik ditinjau secara makro maupu mikro.

5. Apa kelemahan isi teks tersebut?

A. Tingginya nilai impor Indonesia tahun 2013 yang diprediksi mencapai 14,5%- 15,5% tidak diikuti dengan penjelasan faktor penyebabnya.
B. Penjelasan tentang pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun pada aspek konsumsi swasta tidak sejalan dengan isi tabel yang dirujuk.
C. Pernyataan tentang meningkatnya daya beli riil masyarakat tidak setara dengan penjelasan tentang faktor penyebab keadaan tersebut.
D. Positifnya pertumbuhan ekspor Indonesia akibat harga dan diverifikasi tidak diikuti dengan penjelasan besaran indeks ekspor tersebut.
E. Perkiraan tentang meningkatnya data saing produk ekspor dengan Indonesia tidak disertai dengan paparan tentang faktor-faktor pendukung perkiraan itu.

6. Dalam majalah Bunda yang diterbitkan tahun 2010, pada halaman 37, terdapat kutipan pendapat Sugiyanto dalam artikel karya Agra Mashudi sebagai berikut:
Orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1
(Sugiyarto, 2008: 11). Jika Ikang mengutip pendapat Sugiyarto tanpa membaca bukunya, kutipan yang benar adalah …

A. Menurut Sugiyarto (2008:11) orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1 (dalam Mashudi, 2010).
B. Sugiyarto (2008) dalam (Mashudi, 2010) menyatakan bahwa orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1.
C. Sugiyarto (dalam Masyudi, 2010) menyatakan bahwa orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1.
D. Orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1 (Sugiyarto, 2008 dalam Masyudi, 2010).
E. Menurut Sugiyarto (2008:11 dalam Mashudi 2010;37), menyatakan bahwa ”bahwa orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1.”

7. Dari perspektif sosiologi-politik, transisi demokrasi yang ditengarai oleh dominannya peran institusi partai politik sebagai mesin demokrasi, dalam praktiknya akan menimbulkan berbagai distorsi yang berimplikasi terhadap proses demokratisasi. Kata tengara dalam kata ditengarai dalam kalimat di atas bermakna…

A. Mata angin
B. Firasat
C. Bentuk
D. Tanda
E. Lambang

8. Sejumlah pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto mengalami kesulitan menghadapi aturan perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA) ASEAN-Chin. Mereka mengaku merugi sejak isu itu digulirkan pada awal Januari lalu. Para pedagang mengalami dampak negatif aturan itu. Pada sektor usada kecil sepatu, misalnya, pengusaha merugi sampai 50% “Orderan berkurang 50%. Artinya, produksi kami juga berkurang sebesar itu,” kata Budi Utomo, anggota Gabungan Pengusaha Sepatu (GPS) Kabupaten Mojokerto. Sepinya order terjadi karena sebagian besar pelanggan tidak melakukan pemesanan karena menunggu masuknya produk impor lebih murah dari pada harga produk lokal. Pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan isi paragraf diatas adalah …

A. FTA ASEAN-China membuat panik sejumlah pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto.
B. Para pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokertolebih memilih produk sepatu impor dari pada membeli sepatu lokal.
C. Sejak Januari lalu, kerugian akibat FTA ASEAN-China dirasakan para pengusaha sepatu kecil menengah di Kabupaten Mojokerto.
D. Akibat FTA ASEAN-China kerugian para pengusah kecil di Kabupaten Mojokerto mencapai sekitar 50%.
E. Banyak pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokerto menghentikan permintaan pesanan karena menunggu pelaksanaan FTA-ASEAN China.

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 9-18.

(1) Lembaga KPPOD bekerja sama dengan USAID dan The Asian Foundation (TAF) mengadakan survei daya saing daerah berdasarkan level economic governance. (2) Survei tersebut dilakukan pada 243 kabupaten/kota yang tersebar pada 15 provinsi
di Indonesia. (3) Indikator kinerja yang digunakan dalam survei ini adalah manajemen infrastruktur, aksesbilitas, kepastian lahan, dan program pengembangan sektor swasta. (4) di samping itu terdapat empat indikator kinerja lainnya, yakni hubungan antara pemerintah daerah dan bisnis, biaya transaksi, integretas, dan resolusi konflik, serta kualitias dari peraturan daerah.

(5) berdasarkan hal tersebut disusunlah indeks tata kella ekonomi/ economic government index (EGI). (6) pembobotan untuk masing-masing indeks disusun menurut presentase perusahaan di mana memandang indeks tersebut sebagai masalah utama yang memengaruhi lingkungan bisnis. (7) hasilnya adalah empat permasalahan utama yang terdapat dalam pengelolahan ekonomi lokal di Indonesia terdiri atas permasalahan manajemen infrastruktur, pembangunan sektor swasta aksesbilitas dan kepastian lahan, serta hubungan pemda dn sektor bisnis. (9) masing- masing permaslahan ini diberi bobot secara berurutan, yakni 35,5%, 14,8%, dan 14%. (10) berdasarkan hasil survei terdapat empat provinsi yang konsisten memporoleh nilai EGI. (11) keempat provinsi itu dengan indeks tata kelolanya dapat diamati pada tabel berikut.

Provinsi Kabupaten/Kota Nilai EGI
Jawa Timur Kota Blitar 76,0 
Kota Madiun 72,0 
Sumatera Selatan

Kota Pribumilih 74,7
Kab. Musi Banyuasin 74,3
Bali

Kab. Jemprana 73,7
Kab. Gianyar 71,3
Jawa Barat

Kab. Ciamis 67,9
Kab. Bekasi 54,8

 

9. Berdasarkan paragraf tersebut pernyataan yang benar adalah …

A. Indikator kinerja yang digunakan dalam survei daya siang daerah berdasarkan level economic governance ada enam.
B. Pembobotan masing-masing indeks disusun menurut laba perusahaan yang terdapat dalam pengelolahan ekonomi nasional.
C. Terdapat lebih dari empat provinsi yang konsisten memperoleh nilai EGI.
D. Salah satu indikator utama yang terdapat dalam survei daya saing daerah di Indonesia adalah manajemen infrastruktur.
E. Survei Lembaga KPPOD dilakukan di 243 kabupaten/kota yang tersebar di 10 provinsi di Indonesia.

10. Berdasarkan tabel Daya Saing Daerah Menurut EGI empat provinsi yang konsisten memperoleh nilai EGI adalah …

A. Bali, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Aceh
B. Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali
C. Sumatera Selatan, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah
D. Sumatera Selatan, Manado, Bali, Lampung
E. Jawa Barat, Sumatera Selatan, Bali, Jawa Timur

11. Berdasarkan tabel daya saing daerah Menurut EGI kabupaten/kota yang paling bermasalah adalah …

A. Blitar
B. Gianyar
C. Bekasi
D. Ciamis
E. Madiun

12. Berdasarkan tabel Daya Saing Daerah Menurut EGI, kesimpulan terhadap nilai EGI keempat provinsi di Indonesia adalah ..

A. Fluktuatif
B. Variatif
C. Cenderung sama
D. Menurun
E. Stabil

13. Berdasarkan tabel Daya Saing Daerah Menurut EGI Jika Blitar tidak masuk kabupaten/kota yang dinilai maka indeks EGI tertinggi ada di provinsi …

A. Jawa Timur
B. Sumatera Selatan
C. Bali
D. Jawa Barat
E. Jawa Tengah

14. Di dalam paragraf tersebut terdapat kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baku. Kalimat yang dimaksud adalah …

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (6)

15. Kata memengaruhi dalam kalimat tersebut …

A. Tidak perlu diperbaiki
B. Mempengaruhi
C. Pengaruhi
D. Dipengaruhi
E. Terpengaruhi

16. Kata swasta dalam kalimat tersebut …

A. Tidak perlu diperbaiki
B. Suasta
C. Suwasta
D. Swasta
E. “swasta”

17. Kata memeroleh di bacaan tersebut …

A. Tidak perlu diperbaiki
B. Memperoleh
C. Perolehan
D. Diperoleh
E. Pemerolehan

18. Kata tersebut di kalimat (5) merujuk pada …

A. Survei daya saing
B. Indikator kinerja
C. Lembaga KPPOD
D. Empat indicator
E. Level economic governance

19. Fisik plasma merupakan salah satu bidang fisika yang …. gas terionisasi, yang terkenal sebagai plasma. Dalam fisika dan kimia,
plasma adalah … fase gas berenergi, yang sering ditunjuk sebagai “keadaan benda keempat”, yang beberapa atau semua elektron di orbit atom terluar telah … dari atom atau molekul. Hasilnya adalah sebuah kolksi ion dan elektron yang tidak lagi … satu dengan yang lain. Urutan kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah …

A. Mempelajari, keadaan, terpisah, terkait
B. Membahas, keadaan, terdiri, terpisah
C. Menyangkut, sifat, terpisah, menyatu
D. Menguraikan, sifat, terikat, terpisah
E. Meliputi, keadaan, terurai, terpadu

20. Lidah lalat buah ternyata membantu memberikan jawaban atas pertanyaan mengenai kebiasaan makan manusia. Sebuah studi yang dilakukan tim dari Texas A&M University mengungkap bahwa lidah lalat itu juga menwarkan jalan baru untuk menangani obesitas. Paul Hardin dkk, meneliti organ perasa pada lidah drosophila yang memicu hasrat lalat buah untuk makan atau sebaliknya. Mereka menemukan bahwa jam tubuh harian serangga itu menemukan perilaku makan dan sensitifitas rasa. Ini kemungkinan juga berlaku pada manusia. Riset menunjukkan bahwa sensitifitas tinggi terhadap gula terjadi pada siang hari dan berkurang pada malam hari. Jika jam itu dihilangkan, lalat akan melahap lebih banyak makanan. Jadi, jam makan ini tampaknya menekan keinginan untuk makan pada waktu tertentu. Rangkuman yang tepat untuk paragraf di atas adalah…..

A. Resep tim dari Texas A&M University menunjukkan sel sensor lidah lalat buah bisa mengendalikan waktu makan dan jumlah makanan serta sangat berdampak terhadap nafsu makan serangga.
B. Penelitian tim dari Texas A&M University menunjukkan bahwa lidah lalat buah ternyata memberikan jawaban besar atas pertanyaan mengenai perilaku kebiasaan makan hewan tersebut yang mungkin juga berlaku bagi manusia.
C. Studi yang dilakukan tim dari Texas A&M University mengungkapkan bahwa Penelitian terhadap lidah lalat buah dapat menjadi solusi untuk mengendalikan nafsu makan pada serangga.
D. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Texas A&M University menunjukkan bahwa lidah lalat buah dan jam tubuh hewan tersebut menjadi salah satu faktor pengendali perilaku makan hewan tersebut yang mungkin juga berlaku pada manusia.
E. Hasil penelitian terhadap lidah lalat buah yang terkait dengan pengendalian waktu makan dan jumlah makanan yang dikonsumsi dapat menawarkan jalan baru untuk menangani obesitas pada manusia.

21. 72, 70, 67, 62, 55, 44, …

A. 14
B. 23
C. 29
D. 31
E. 33

22. 12, 13, …, …, 28, 37

A. 19, 12
B. 15, 18
C. 16, 21
D. 22, 18
E. 21, 21

23. Jika A = 20172017 ; B = 2017-2017; C = (-2017)2017 ; D = (-2017)-2017 Maka, nilai dari ABCD = …

A. 2017
B. 0
C. 1
D.
E. -1

24. Jika 2a=3b dan b=8c, maka pernyataan dibawah ini yang salah adalah …

A. a > b
B. a = 12
C. b+c > a
D. 1/8b+ a = 13c
E. a > c

25. Dalam rangka menyambut lebaran sebuah swalayan menerapkan dobel diskon sehingga sebuah baju mengalami diskon berturut-turut 30% dan 10%. Berapa penurunan total harga baju tersebut?

A. 31%
B. 33%
C. 36%
D. 37%
E. 40%

26. “di suatu pulau terpencil terdapat dua kelompok manusia, yaitu manusia jujur yang selalu berkata benar dan manusia pembohong yang selalu berkata dusta. Jika anda datang ke pulau tersebut dan bertemu dengan dua orang manusia X dan Y yang berkata :
X: “Y pembohong”
Y: “X pembohong”
Maka jenis kesimpulan yang paling benar
adalah …

A. X dan Y pembohong
B. X dan Y berasal dari jenis yang berbeda
C. X jujur, Y pembohong
D. X pembohong, Y jujur
E. A, B, C, dan D salah

27. Nilai t yang memenuhi persamaan adalah …

A. -6
B. -5
C. -4
D. -3
E. -2

Soal nomor 28 sampai 30 menggunakan petunjuk penyelesaian di bawah ini.

Putuskan pernyataan (1) dan pernyataan (2) berikut cukup untuk menjawab pertanyaan yang diberikan:

(A)Pernyataan (1) saja cukup untuk menjawab pertanyaan sedangkan pernyataan (2) saja tidak cukup.
(B) Pernyataan (1) saja cukup untuk menjawab pertanyaan sedangkan pernyataan (2) saja tidak cukup.
(C) Dua pernyataan bersama-sama cukup untuk menjawab tetapi 1 pernyataan saja tidak cukup.
(D)Pernyataan (1) saja atau (2) saja tidak cukup.
(E) Pernyataan (1) dan pernyataan (2) tidak cukup.

28. Berapakah luas persegipanjang ABCD dari gambar persegipanjang pada koordinat cartesius berikut ini?

(1) Koordinat A (-3, -1)
(2) Koordinat C (6,8)

29. Berapakah <P – <Q?

(1) <P = 2<Q
(2) <P = besar sudut pada segienam beraturan

30. Berapakah waktu yang diperlukan Andi untuk menyelesaikan pembuatan lemari?

(1) Septama dapat menyelesaikan pembuatan lemari yang sama selama 8 hari.
(2) Andi dan Septama memerlukan waktu 2/3 hari.

31. Dari sebuah pendataan tentang pengunjung sebuah pasar pada suatu hari adalah: 40% dari semua pengunjung adalah laki-laki, 55% dari pengunjung laki-laki tersebut sudah menikah dan 661⁄2% dari pengunjung perempuan sudah menikah. Banyak pengunjung yang belum menikah sebanyak 152 orang. Selisih banyak pengunjung laki-laki yang sudah menikah dengan yang belum menikah adalah …

A. 14 orang
B. 16 orang
C. 24 orang
D. 26 orang
E. 30 orang

32. ABCD adalah persegi panjang yang teretak didalam seperempat lingkaran yang berpusat di A. Maka panjang BD adalah …

A. 20√2 cm
B. 20√3 cm
C. 24 cm
D. 26 cm
E. 26√2 cm

33. Data hasi penjualan rata-rata setiap bulan sebuah penerbit sebagai berikut:

Tema Baku Omzet (juta) Keuntungan
Psikologi 250 35%
Penunjang Pendidikan 400 30%
Children Book 500 25%
Agama 150 20%
Motivasi 200 50%

 

Jika promosi berhasil meningkatkan omzet penjualan dua kali lipat untuk psikologi dan penunjang pendidikan, berapa besar total keuntungan yang diperoeh penerbit tersebut?

A. 430 juta
B. 550 juta
C. 620 juta
D. 670 juta
E. 770 juta

34. M dapat disimpulkan jika dan hanya jika N telah disimpukan. O dapat disimpulkan jika dan hanya jika N telah disimpulkan. Maka, jika M telah disimpulkan berarti …

A. N dan O belum disimpulkan
B. N telah dapat disimpulkan dan O dapat disimpulkan
C. N dapat disimpulkan dan O belum tentu telah disimpulkan
D. O dapat disimpulkan dan N belum tentu telah disimpulkan
E. N dan O belum tentu telah disimpulkan

35. Jika x2=p2-2 dan y=6+p2, maka …

A. x>y
B. x<y
C. x=y
D. hubungan x dan y tidak dapat ditentukan
E. 3x = 2y

36. 0,2; 0,2; 0,4; 0,6; 1; 1,6; 2,6; …, …

A. 3; 5,6
B. 3,6; 5
C. 4; 6,6
D. 4,2; 6,8
E. 4,6; 7

37. 2, …, 4, 6, …, 12, 16, 24, 32

A. 3 dan 9
B. 3 dan 8
C. 4 dan 8
D. 5 dan 7
E. 5 dan 8

Informasi berikut ini untuk soal nomor 38 sampai 40.

Lima peserta lomba memasak yaitu Nunung, Zizah, Ratna, Sari, dan Mirna. Hasil masakan mereka dinilai oleh tiga juri dengan tiga
kategori. Hasil peniaiannya adaa kelezatan dengan sajian makanan Nunung mengaahkan lima peserta lainnya meski paling lambat menyelesaikan masakannya. Dalam kecepatan, Mirna unggul dari lima peserta tetapi kelezatan masakannya masih kalah dibanding Ratna dan Sari; sajian masakannya kuran menarik dibandingkan Zizah dan Sari. Masakan Zizah kalah lezat dari Mirna tetapi sajian masakannya berada diurutan kedua. Kelezatan masakan Sari mengalahkan Ratna; dan lebih lambat daripada Zizah. Ratna lebih sering cepat menyelesaikan masakannya daripada Nunung.

38. Berdasarkan peniaian juri tersebut, maka yang menempati peringkat terkhir dalam kategori sajian makanan adalah …

A. Nunung
B. Zizah
C. Sari
D. Ratna
E. Mirna

39. Manakah pernyataan berikut yang benar mengenai Ratna?

A. Lebih lambat menyelesaikan masakan dibanding Zizah.
B. Masakannya lebih lezat dibanding Sari.
C. Sajian masakan lebih menarik daripada Zizah.
D. Masakannya tidak kalah lezat dibanding Nunung.
E. Salah semua.

40. Nunung dan Sari lebih unggul daripada Zizah dalam kategori …

A. Kelezatan
B. Kecepatan
C. Sajian
D. Kelezatan dan kecepatan
E. Kelezatan dan sajian

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 41-43.

(1) Dunia dewasa ini dicemaskan oleh perilaku organisasi kapitalis global yang ingin mengausai seluruh aspek kehidupan manusia. (2) Sebagian dari anak-anak negeri yang sedang berkembang yang memiliki ketrampilan intelektual terjerumus menjadi mitra modal asing dengan mengorbankan kepentingan bangsanya. (3) Sungguh sangat memprihatinkan keadaan itu. (4) Sebagian besar rakyat di negeri sedang berkembang miskin, menderita, dan sengsara, padahal sumber alamnya melimpah ruah, cukup untuk hidup layak dan manusiawi. (5) Kondisi kehidupan rakyat di negeri sedang berkembang, termasuk Indonesia, saat ini sungguh mengharukan.

(6) Kaum miskin makin bertambah banyak dari tahun ke tahun, demikian juga kaum pengangguran. (7) Negara nampaknya kurang menaruh perhatian terhadap mereka karena pejabatnya sibuk melayani kaum kapitalis global. (8) Kaum ilmuan disibukkan oleh proyek-proyek riset yang dibiayai oleh organisasi nonpemerintah (NGO= Non Government Organization) negara kaya dan kaum politisinya disibukkan oleh berbagai pembuatan kebijakan yang menguntungkan kaum kapitalis global.

41. Kata mengharukan pada kalimat (5) bacaan tersebut tidak tepat. Kata yang seharusnya menggantikan kata tersebut adalah ….

A. Menggembirakan
B. Menjengkelkan
C. Mengenaskan
D. Mengibakan
E. Memprihatinkan

42. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks tersebut adalah …..

A. Perilaku kapitalis global dicemaskan oleh dunia dewasa ini.
B. Para ilmuan disibukkan dengan proyek-proyek riset negara-negara kaya.
C. Pejabat negara sibuk melayani kaum kapitalis global.
D. Anak-anak yang mempunyai keterampilan di negara-negara berkembang mampu memperbaiki nasib bangsanya.
E. Kaum politisi disibukkan dengan kegiatan menguntungkan kaum kapitalis global.

43. Kata itu di kalimat (3) bacaan di atas merujuk pada …..

A. Perilaku kapitalis organisasi global.
B. Anak-anak negeri berkembang.
C. Mereka yang terjerumus menjadi mitra modal asing.
D. Penguasaan seluruh aspek kehidupan manusia.
E. Generasi muda yang tidak memiliki keterampilan.

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 44-48.

Fungsi rumah selain sebagai tempat tinggal adalah komponen investigasi. Beli murah hari ini dijual mahal esok hari. Kira-kira
begitu kredonya. Namun, nyatanya, menjual rumah itu bukan perkara gampang. Kita sering melihat rumah yang ditawarkan sejak lama, tetapi tidak laku-laku. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Mungkin harganya kemahalan, lokasinya tidak strategis, kondisinya yang tak oke, legalitasnya yang lemah, dan sebagainya. Berikut ini pertimbangan yang bisa digunakan untuk menjual rumah, disarikan dari berbagai sumber.  Pertama, kita perlu mencermati harga pasaran properti dengan lokasi dan kondisi rumah yang akan dijual. Pertimbangkan juga ukuran dan luas bangunan beserta materialnya, fasilitas di dalamnya dan akses rumah dengan lokasi-lokasi publik, seperti jalan raya rumah sakit, sekolah dan pasar. Untuk menentukan harga, kita bisa membandingkan dengan properti di sekitar. Pastikan harga rumah tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu murah. Usahakan harga murah sepadan dengan kualitas dan fasilitas.

Kedua, usahakan agar penjualan rumah tidak dilakukan musim hujan atau cuaca buruk. Dengan kondisi cuaca yang semacam ini, tampilan ruangan juga tidak maksimal. Dari luar, rumah pun bisa tampil kurang menarik karena cipratan dan genangan air di sekitar rumah kita. Ketiga, bila alasan menjual rumah terlalu pribadi, sebaiknya jangan diungkapkan keada calon pembeli. Hal ini bisa membuat calon pembeli kurang berminat dengan rumah kita atau justru calon pembeli semakin mendesak agar kita menurunkan harga.

Keempat, kita perlu mencantumkan harga rumah secara jelas. Calon pembeli akan berusaha menawar rumah dengan harga yang lebih rendah. Agar harga rumah tidak anjlok, berikan batas harga untuk penawaran rumah kita. Kelima, jangan lupa siapkan berkas dan dokumen penting untuk penjualan rumah. Sebagai bentuk kehati-hatian cermati pula latar belakang calon pembeli. Persiapkan pula kondisi rumah saat calon pembeli menyurvei rumah.

44. Gagasan utama paragraf ke-2 bacaan di atas adalah …..

A. Pertimbangan dalam membeli rumah.
B. Alasan menjual rumah bukan perkara gampang.
C. Menjual rumah bukan perkara gampang.
D. Kendala saat menjual rumah.
E. Masalah-masalah yang dihadapi saat menjual rumah.

45. Kata menyurvei pada kalimat kedua paragraf terakhir wacana di atas bermakna …..

A. Menyelidiki
B. Memeriksa
C. Meninjau
D. Mengamati
E. Melihat

46. Ringkasan yang tepat dari wacana di atas adalah …..

A. Rumah adalah tempat tinggal dan komponen investasi yang dibeli murah hari ini dan bisa dijual mahal keesokan hari.
B. Menjual rumah memiliki banyak hambatan ehingga kita harus mempersiapkan banyak hal.
C. Rumah adalah komponen investasi yang dapat dijual mahal jika kita mampu mempersiapkan penjualan rumah dengan baik.
D. Rumah adalah komponen tempat tinggal dan komponen investasi. Menjual rumah bukanlah perkara gampang tetapi dapat diatasi jika kita memperhatikan beberapa hal, seperti harga pasaran properti, waktu menjual rumah, alasan menjual rumah, mencantumkan harga dengan jelas, dan mempersiapkan dokumen penting.
E. Rumah adalah komponen tempat tinggal dan komponen investasi. Menjual rumah dapat dilakukan dengan mudah jika memperhatikan harga pasaran properti, waktu menjual rumah, alasan menjual rumah, mencantumkan harga dengan jelas, dan mempersiapkan dokumen penting.

47. Isi bacaan di atas berkaitan dengan …..

A. Nilai rumah
B. Manfaat memiliki properti
C. Rumah sebagai komponen investasi
D. Masalah penjualan rumah
E. Pertimbangan dalam menjual rumah.

48. Kata properti dalam bacaan di atas memiliki makna sebagai berikut kecuali …..

A. Harta
B. Prasarana
C. Sarana
D. Simpanan
E. Aset

The following text is for question 49-52.

The cinema did not emerge as a form of mass consumption until its technology evolved from the initial “peepshow”nformat to the point where images were projected on a screen in a darkened theater. In the peepshow format, a film was viewed through a small opening in a machine that was created for that purpose. Thomas Edison‟s peepshow device, the Kinetoscope, was introduced to the public in 1894. It was designed for use in Kinetoscope parlors, or arcades, which contained only a few individual machines and permitted only one customer to view a short, 50-foot film at any one time. The first Kinetoscope parlors contained five machines.

For the price of 25 cents (or 5 cents per machine), customers moved from machine to machine to watch five different films (or in the case of famous prizefights, successive rounds of a single fights). These Kinetoscope arcades were modeled on phonograph parlors, which had proven successful for Edison several years earlier. In the phonograph parlors, customers listened to recordings through individual ear tubes, moving from one machine to the next to hear different recorded speeches or pieces of music. The Kinetoscope parlors functioned in a similar way. Edison was more interested in the sale of Kinetoscope (for roughly $1,000 a piece) to these parlors than in the films that would be run in them (which cost approximately $10 to $15 each). He refused to develop projection technology, reasoning that if he made and sold projectors, then exhibitors would purchase only one machine-a projector- from his instead of several.

Exhibitors, however, wanted to maximize their profits, which they could do more readily by projecting a handful of films to hundreds of customers at a time (rather than one at a time) and by charging 25 to 50 cents admission. About a year after the opening of the first Kinetoscope parlor in 1894, showmen such as Louis and Auguste Lumiere, Thomas Armat and Charles Francis Jenkins, and Orville and Woodville Latham (with the assistance of Edison‟s former assistant, William Dickson) perfected projection devices. These earlu projection devices were used in vaudeville theaters, legitimate theaters, local town halls, makseshift storefront theaters, fairgrounds, and amusement parks to show films to a mass audience.

With the advent of projection in 1895-1896, motion pictures became ultimate from of mass consumption. Previously, large audiences had viewed spectacles at the theater, where vaudeville, popular dramas, musical and minstrel shows, classical plays, lectures and slide-and-antern shows had been prsented to several hundred spectcors at a time. But the movies differed significantly from these other forms of entertainment, which depended on either live performance or (in the case of the slide-and lantern shows) the active involvement of a master of ceremonies who assembled the final program.

49. According to paragraph 1, all of the following were true of viewing films in Kinetoscope parlors except . . . .

A. One individual at a time viewed a film
B. Customers could view one film after another
C. Prizefights were the most popular subjects for films
D. Each film was short
E. Customers needed to move from one machine to another to view different film

50. The author discusses phonograph parlors in paragraph 2 in order to . . . .

A. Explain Edison‟s financial success
B. Describe the model used to design Kinetoscope parlors
C. Contrast their popularity to that of Kinetoscope parlors
D. Illustrate how much more technologically advanced Kinetoscope parolrs were
E. Inform the price f Kinetoscope

51. Which of the sentences below best expresses “He refused to develop projection technology, reasoning that if he made and sold projectors, then exhibitors would purchase only one machine-a projector-from his instead of several.”

A. Edison was more interseted in developing a variety of machines than in developing a technlogy on only one.
B. Edison refused to work on projection technology because he did not think exhibitors would replace their projectors with newer machines.
C. Edison did not want to develop projection technology because it limited the number of machines he should sell.
D. Edison did not want to develop projection technology because he could not sell it to exhibitons.
E. Edison would not develop projections technology unless exhibitors agreed to purchase more than one projector from him.

52. According to paragraph 4, how did the early …..

A. They were a more expensive form of entertainment.
B. They were viewed by larger audiences.
C. They were more educational.
D. They did not require live entertainers.
E. They required active involvement of a master of ceremonies.

The following text is for question 53-56.

Education is often viewed as school in a traditional, formal sense. Many people believe that true learning can only take place in formal classroom setting. Others feel education occurs in many different forms and environments. They may not be a definitive answer to the question of, “What is education?” However, we can start thinking about the purpose of education.

In 1990, UNESCO launched EFA, the movement to provide quality education for all children, youth, and adults by the year of 2015. The unfortunate reality is that for many countries, larger issues come before improving the quality of education. How can we achieve the goals of EFA when the numerous countries around the world are faced with challenges that seem far too impossible to overcome? The answer lies in attempting to bridge some of the gaps that prevent developing nations to compete with developed nations. One example is that of providing greater access to technology and narrowing the ever widening digital divide. In many ways, the most basic access to technology can serve as a valuable educational tool. Individuals who are not afforded this access are at disadvantage when trying to grasp opportunities to make life better for themselves, their families, and their community.

53. The author‟s main concern in the first paragraph of passage is …..

A. There is no exact definition about education.
B. Education is a fundamental individual’s right
C. Everyone has the right to get quality education
D. Education occurs in any place not just schools
E. Development can be gained through education

54. If the author is right concerning the role of education, the following might be predicted to take place, EXCEPT …..

A. Longer life expectation
B. Lesser birth rate
C. Improved welfare
D. Better quality living
E. More jobs opportunities

55. The following sentences reflect the author’s opinions in the passage, EXCEPT …..

A. Everyone has the right to get education
B. Education cannot be easily defined
C. EFA provides quality education by 2015
D. Education is basic to human development
E. The EFA goals are faced with serious challenges

56. The situation the author shows in the passage above is best described as follows ….

A. Quality education fundamentally ensures quality living in all sectors
B. Education is essentially everyone’s right yet it still has its challenges
C. There are problems in eduaction in spite of it significant role
D. As long as nations compete, educations cannot progress
E. Absence of an exact definition causes problems in education

The following text is for question 57-60.

Soil liquefaction, also called earthquake liquefaction, is ground failure or loss of strength that causes solid soil to behave temporarily as a viscous liquid. The phenomenon occurs in water-saturated unconsolidated soils affected by seismic secondary waves, which cause ground vibfations during earthquakes. Although earthquake shock is the best known cause of liquefaction, certain construction practices, including blasting and soil compaction and vibroflotation (which uses a vibrating probe to change the grain structure of the surrounding soil), produce this phenomenon intentionally. Poorly drained fine-grained soils such as sandy, silty, and gravelly soils are the most susceptible to liquefaction.

Granural soils are made up of a mix of sil and pore spaces. When earthquake shock occurs in waterlogged soils, the water-filled
pore spaces collapse, which decreases the overall volume of the soil. This process increases the water pressure between individual soil grains, an the grains can then move freely in the watery matrix. This substantially lowers the soil‟s resistance to shear stress and causes the mass of soil to take on the characteristics of a liquid. In its liquified state, soil deform easily, and heavy objects such as structures can be damaged from the sudden loss of support from below.

Buildings constructed on loose soil pitch and tilt easily when liquefaction occurs, since the soil no longer supports the structures
foundations. In contrast, structured anchored to bedrock or stiff soils in earthquake-prone areas suffer less damage, because less vibration is transmitted through the foundation to the structure sbove. In addition, buildings anchored to bedrock have a reduced risk of pitching and tilting.

One of the most severe episodes of liquefaction in modern times occured in China during the Tangshan earthquake of 1976. Some scientist estimate that an area of more than 2,400 sq km was subjected to severe liquefaction, which contributed to the expensive damage that took place in the southearn part of the city. The liquefaction of the soft lake sediment upon which central Mexico city was built amplified the effects of the 1985 earthquake, the epicenter of which was located hundreds of miles away. In addition, the liquefaction of the ground beneath the Mission and Market districts in San Fransisco during the 1906 earthquake caused several sturctures to pitch and collapse. These districts were built on poorly filled reclaimed wetlands and shallow-water areas.

Liquefaction may also contribute to sand blows, which are also known as sand boils or sand volcanoes. Sand blows often accompany
the liquefaction of sandy or silty soil. With the collapse of the soil‟s granular structure, the density of the soil increases. This increased pressure squeezes the water out of the pore spaces between the soil grains and expels wet sand from the ground. Sand blows have been observed in the aftermath of several earthquakes, including the New Madrid earthquakes of 1811-12, the Tangshan earthquake of 1976, the San Fransisco-Oakland earthquake of 1989, and the Christchurch earthquakes of 2010-11. In addition, liquefaction may also cause landslides. For example, during the Alaska earthquake of 1964, the liquefaction of a sandy layer of soft clay beneath Turnagain Heights, a suburb of Anchorage, caused a landslide in the mass of ground above that destroyed appoximately 75 homes and disrupted utilities.

(Adapted from https://www.britanica.com/science/soil- liquefaction)

57. The passage above mainly deals with …..

A. Earthquake and its impact
B. Liquefaction and its impact
C. Examples of liquefaction cases
D. Liquefaction in China
E. Damages caused by liquefaction

58. Why does the author mention about Tangshan, San Fransisco, New Madrid, and Alaska earthquake?

A. To show how dangerous liquefaction could be
B. To explain the causes of liquefaction
C. To exemplify the damages caused by liquefaction
D. To describe those cities‟ role during liquefaction
E. To illustrate how liquefaction occurs

59. According to the passage, which of the following is not true about the impact o liquefaction?

A. It caused several structures in Mission and Market districts to pitch, tilt, and collapse
B. It may cause landslide and sand boils
C. It destroyed homes and disrupted utilities
D. It contributed to the massive damage in Tangshan earthquake
E. It weakened the effects of the 1985 earthquake in Mexico city

60. The author organizes the passage by starting with  …..

A. Describing the causes and effect of a certain natural phenomenon
B. Explaining how a certain natural phenomenon happens
C. Illustrating the impact of natural calamity
D. Giving an example of the effect caused by a disaster
E. Comparing two natural phenomena

61. Perhatikan teks berikut!
Pasar uang dan pasar modal Indonesia belum pulih. Rupiah masih terus mengalami tekanan mengikuti sebagian besar mata uang Asia. Masalah minimnya pasokan dolar AS di pasar valas semakin mempersulit mata uang lokal ini. Pada penutupan perdagangan valas tanggal 24 november 2008, rupiah melemah hingga 320 poin ke posisi 12.320 per dolar AS. Rupiah bahkan sempat menembus 12.325 per dolar AS. Pelaku pasar cemas karena belum ada sentimen positif dari dalam negeri. Oleh karena itu, pasar lebih memilih
memegang dolar AS dalam kondisi pasar global yang sedang rentan ini.

Paragraf diatas dikembangkan dengan menggunakan pola sebab-akibat karena …..

A. Kalimat utamanya menyatakan hubungan sebab dan akibat.
B. Kalimat pertama menyatakan sebab dan kalimat lainnya menyatakan akibat.
C. Kalimat ketiga menyatakan sebab, sedangkan kalimat lainnya menyatakan akibat.
D. Kalimat pertama dan ketujuh menyatakan akibat, sedangkan lainnya menyatakan sebab.
E. Kalimat ketujuh menyatakan akibat, sedangkan lainnya menyatakan sebab.

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 62 dan 63!

(1) Sebanyak 5 rumah di Kampung Koceang, kelurahan Kranggan, Kecamatan Setu, Tanggerang Selatan, hancur. (2) Rumah tersebut runtuh akibat pergerakan tanah di tebing dekat permukiman warga. (3) “Ada 5 rumah yang ambles. Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB,” kata Rusli, petugas satpol PP yang berjaga di lokasi, Rabu (10/5/2017). (4) Rusli mengatakan, sejak pagi, tanah di lokasi itu sudah ambles. (5) Ketika itu belum ada yang rubuh hingga ke dalam jurang.

(6) Karena kondisi tanah itu, penghuni rumah langsung mengamankan diri dan harta benda mereka. (7) Bencana yang terjadi tadi malam pun tak memakan korban jiwa. (8) “Korban alhamdulillah tidak ada. Pas kejadian rumah sudah dikosongkan,” ucapnya. (9) Berdasarkan pantauan detik.com di lokasi, sejumlah petugas dari Satpol PP, BPPD, polisi terlihat berjaga. (10) Garis polisipun dipasang untuk membatasi akses warga mendekati lokasi ambles. (11) Sejumlah warga juga terlihat berkumpul di sekitar lokasi. (12) Mereka ingin melihat langsung kondisi pasca amblesnya jurang. (Sumber dari detik.com).

62. Penulisan kata tidak baku pada kalimat di atas terdapat pada kalimat nomor …..

A. 1, 5, dan 9
B. 3, 8, dan 10
C. 1, 6, dan 11
D. 8, 9, dan 12
E. 5, 10, dan 12

63. Penggunaan konjugasi pada kalimat nomor 9 yang paling tepat adalah …..

A. dan
B. sehingga
C. sedangkan
D. atau
E. padahal

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 64-71.

Nelayan yang berdampak reklamasi Terminal Petikemas pelabuhan Belawan Medan meminta ganti rugi kepada PT Pelabuhan Indonesia I. Nelayan rugi karena reklamasi menutup alur kapal nelayan sehingga mereka harus menambah 1 mil perjalanan setiap hari dengan tambahan 1 liter solar. Perwakilan nelayan terdampak menyampaikan hal tersebut pada rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, Medan. Reklamasi Pelabuhan Belawan sudah berlangsung tiga tahun. Namun, sampai sekarang, nelayan belum mendapat ganti rugi. Rapat yang dipimpin Ketua Komisi B DPRD Sumut itu dihadiri Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Friska Irnawati Purba, serta Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Thomas Octavianus Sipa helut. PT Pelabuhan Indonesia I diundang, tetapi tidak hadir.

Selama tiga tahun mereka belum mendapat ganti rugi. Baru pada 10 April, ada 3.228 nelayan dinyatakan sudah diverifikasi dan akan menerima tali kasih Rp 3.097.000 pernelayan. Delapan orang menerima dana secara simbolis. Sebanyak 300 nelayan tidak masuk dalam daftar nelayan yang terdampak reklamasi yang diverifikasi. Para nelayan hanya minta ganti rugi untuk tambahan bahan bakar selama empat tahun, sekitar 6 juta per nelayan. Petugas Pertanian dan Perikanan Kota Medan kesulitan melakukan verifikasi karena ada penolakan nelayan di lapangan. Akibatnya,  sejumlah nelayan yang tidak masuk dalam daftar nelayan yang terdampak. Data hasil verifikasi terhadap 3.228 nelayan sudah final dan tidak ada tambahan lagi.

64. Kalimat inti kalimat pertama paragraf kedua teks tersebut adalah …..

A. Nelayan terdampak.
B. Nelayan menyampaikan hal tersebut.
C. Perwakilan nelayan mendengarkan pendapat.
D. Perwakilan nelayan menyampaikan hal tersebut.
E. Nelayan dengar pendapat.

65. Topik bacaan tersebut adalah …..

A. Keadaan nelayan reklamasi.
B. Realisasi ganti rugi nelayan reklamasi.
C. Dampak reklamasi.
D. Solusi bagi nelayan reklamasi.
E. Hak nelayan reklamasi.

66. Pernyataan berikut yang paling benar dari teks tersebut adalah …..

A. Realisasi ganti rugi yang diberikan sudah sesuai dengan tuntutan nelayan sekalipun belum terealisasi dengan baik.
B. Seluruh nelayan yang telah masuk verifikasi akan segera mendapat ganti rugi reklamasi.
C. Reklamasi Pelabuhan Belawan dinilai tidak efektif dan menimbulkan keresahan di masyarakat.
D. Nelayan meminta ganti rugi bahan bakar dan biaya melaut selama empat tahun akibat dampak reklamasi.
E. Sejumlah nelayan tidak masuk daftar nelayan terdampak karena adanya penolakan di lapangan.

67. Simpulan paragraf kedua teks tersebut adalah …..

A. Nelayan menyambut positif hasil rapat tersebut.
B. Dengan adanya rapat tersebut, nelayan optimis masalah mereka akan segera teratasi.
C. Jadi, rapat tersebut adalah salah satu solusi yang dinanti-nantikan nelayan.
D. Oleh karena itu, harus ada realisasi nyata dari rapat yang telah dilangsungkan tersebut.
E. Hasil rapat tersebut dinilai menguntungkan nelayan dan merupakan solusi yang terbaik dari semua pihak.

68. Kesalahan EYD dalam kalimat tersebut ditemukan dalam kalimat …..

A. Kalimat kedua paragraf ketiga.
B. Kalimat ketiga paragraf kedua.
C. Kalimat kelima paragraf keempat.
D. Kalimat kesatu paragraf kedua.
E. Kalimat keempat paragraf kedua.

69. Salah satu kalimat dalam paragraf tersebut tidak memenuhi unsur sebuah kalimat. Kalimat yang dimaksud adalah …..

A. Kalimat kedua paragraf ketiga.
B. Kalimat ketiga paragraf kedua.
C. Kalimat kelima paragraf kesatu.
D. Kalimat kesatu paragraf kedua.
E. Kalimat kedelapan paragraf ketiga.

70. Nelayan terdampak reklamasi menyampaikan keluhannya. Reklamasi membuat nelayan rugi. Hasil penggabungan dua kalimat tersebut yang tepat adalah …..

A. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya kalau reklamasi membuat nelayan rugi.
B. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya jika reklamasi membuat nelayan rugi.
C. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya bahwa reklamasi membuat nelayan rugi.
D. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya tentang reklamasi membuat nelayan rugi.
E. Nelayan terdampak menyampaikan keluhannya agar reklamasi tidak membuat nelayan rugi.

71. Kata reklamasi dalam kalimat tersebut bermakna …..

A. Pemanfaatan daerah yang tidak berguna.
B. Pertanggungjawaban terhadap sesuatu.
C. Penyelesaian suatu hal
D. Pelaksanaan suatu kegiatan.
E. Perwujudan sesuatu menjadi nyata.

72. Berikut ini deretan kata yang merupakan kalimat adalah …..

A. Tingginya angka kecelakaan di jalan raya merupakan salah satu indikator kurangnya tingkat kesadaran berkendara kita.
B. Perjuangan melawan penindasan dan ketidakadilan yang harus dilakukan oleh semua orang.
C. Menghilangnya BBM menjelang diberlakukannya tarif baru oleh pemerintah.
D. Pengaruh tayangan kekerasan terhadap perilaku manusia, khusunya remaja.
E. Bupati yang akan melakukan peninjauan ke berabagai wilayah kecamatan di wilayah itu.

73. Setiap mahasiswa harus belajar dengan baik agar indeks prestasi selalu tinggi. Klausa bawahan dalam kalimat di atas adalah …..

A. Perluasan subjek
B. Perluasan predikat
C. Perluasan objek
D. Perluasan keterangan sebab
E. Perluasan keterangan tujuan

Teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 74-77.

(1)Petani diminta mempercepat tanam padi untuk menyesuaikan dengan stok air yang masih melimpah. (2) Apabila tidak dilakukan, dikhawatirkan mereka mengalami masalah karena cuaca diprediksi segera memasuki musim kemarau. (3) Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan dari Sukoharjo Hasan Abdullah, mengatakan kebutuhan air untuk pertanian dari Sukoharjo sangat melimpah dengan stok sumber utama dari dam Colo. (4) Selain itu, air juga didapat petani dari Sungai Bengawan Solo, Waduk Mulur, dan saluran irigasi di sejumlah wilayah. (5) Ketersediaan air menjadi jaminan petani, sejak masa tanam hingga musim panen. (6) Namun, sampai sekarang Kepala Dinas Pertanian Sukoharjo masih menemukan sejumlah lahan pertanian yang belum ditanami. (7) Kondisi tersebt memaksa petugas untuk meminta para petani segera mempercepat tanam padi. (8) Percepatan dilakukan karena menyesuaikan dengan stok air yang masih melimpah. (9) Pengaruh cuaca juga diprediksi akan mempengaruhi lahan pertanian, terutama di daerah-daerah yang terdampak kekeringan.

74. Kalimat utama paragraf ke-3 bacaan di atas adalah . . . .

A. Dinas Sukoharjo masih menemukan ada sejumlah lahan pertanian yang belum ditanami.
B. Pengaruh cuaca akan mempengaruhi lahan pertanian.
C. Dinas Pertanian Sukoharjo meminta para petani mempercepat penanaman padi.
D. Percepatan penanaman padi kepada para petani dilakukan karena stok air melimpah.
E. Dinas Pertanian meminta petani mempercepat penanaman padi disebabkan stok air yang masih melimpah dan pengaruh cuaca
diprediksi akan mempengaruhi lahan pertanian.

75. Bentukan kata yang tidak tepat dalam teks tersebut adalah . . . .

A. Ketersediaan
B. Percepatan
C. Mempengaruhi
D. Mempercepat
E. Diprediksi

76. Pemakaian EYD yang tidak tepat dalam bacaan di atas ditemukan dalam kalimat . . .

A. (2)
B. (4)
C. (5)
D. (8)
E. (9)

77. Perbaikan kalimat ke (3) bacaan di atas benar kecuali . . . .

A. Menambahkan tanda koma di belakang kata Sukoharjo.
B. Menuliskan kata dan diawali dengan huruf kapital.
C. Menghilangkan tanda koma di depan kata mengatakan.
D. Menghilangkan kata dari di depan kata Sukoharjo.
E. Menuliskan kata stok tanpa dimiringkan.

78. Kalimat manakah yang di dalamnya terdapat pilihan kata yang tidak tepat?

A. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan terima kasih kepada hadirin.
B. Kepribadian siswa yang stau tidak boleh dibandingkan dengan kepribadian siswa yang lain.
C. Kita harus berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang gemilang.
D. Akan tetapi, akhirnya pemerintah tetap memperoleh hak kepemilikan lahan tersebut.
E. Tenggat pengumpulan tugas kelompok belajar XI belum diumumkan guru kami.

79. Manakah kalimat yang tidak efektif?

A. Tim peneliti arkeologi berhasil menganalisis teks kuno berusia sekitar 2.000 tahun.
B. Teks kuno itu dianalisis para ahli arkeologi dan menemukan banyak cerita yang ganjil.
C. Dalam teks kuno itu ditemukan kisah kutukan para dewa terhadap seseorang.
D. Karena kutukan tersebut, jiwa orang yang dikutuk itu tersiksa ribuan tahun.
E. Itulah makna yang membuat para peneliti bertanya-tanya tentang makna kisah tersebut.

80. Departemen Agama seharusnya sanggup menyelanggarakan ibadah haji secara baik. Sesuai dengan undang-undang terbaru, departemen ini tetap menjadi regulator sekaligus operator, bahkan ikut menentukan anggota komisi pengawas. Peningkatan kualitas pelayanan diharapkan terjadi lewat pembenahan manajemen. Keluhan mulai muncul ketika belum ada perbaikan yang berarti. Lihatlah, baru-baru ini 89 anggota jemaah calon haji dari Jakarta dilaporkan mengalami diare saat berada di Madinah. Penderitaan mereka diduga akibat makanan basi atau tidak memenuhi standar kesehatan. Insiden seperti ini tidak perlu terjadi seandainya perusahaan katering menjaga kualitas makanan yang disajikan. Kualitas layanan akan terjamin lagi jika tim kesehatan selalu mengecek dan mengawasi makanan untuk jemaah calon haji. (KoranTempo, 21 November 2008)

Pernyataan berikut ini merupakan opini dari teks di atas, kecuali . . . .

A. Jemaah calon haji Indonesia tidak memperoleh layanan maksimal dari Departemen Agama.
B. Departemen Agama tidak bekerja secara profesional dalam penyelanggaraan ibadah haji.
C. Manajemen Departemen Agama lemah sehingga tidak mampu meningkatkan pelayanan penyelanggaraan ibadah haji.
D. Tim kesehatan tidak mengecek dan mengawasi makanan sehingga calon jemaah haji makan nasi basi.
E. Koordinasi tidak berjalan baik di antara komponen panitia penyelenggara ibadah haji di Departemen Agama.

Pembahasan

1. Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel adalah pertumbuhan aspek pembangunan infrastruktur dalam 3 tahun membentuk garis lurus yang meningkat.

Jawaban: C

2. Kalimat efektif adalah kalimat yang menggunakan tata bahasa dan EYD yang tepat. Ciri kalimat efektif adalah subjek dan predikat (S-P), kata baku, hemat kata, sesuai EYD dan logis. Kalimat yang tidak efektif dalam paragraf tersebut adalah kalimat 6 dan 10.

Jawaban: E

3. Simpulan adalah sesuatu yang disimpulkan, hasil menyimpulkan. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan uraian sebelumnya) atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif dan deduktif. Simpulan teks tersebut adalah Sinergi antara stabilitas ekonomi makro dan perbaikan sisi penawaran produksi Indonesia diprediksi akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Jawaban: B

4. Penulis teks bertujuan agar pembaca mengetahui faktor-faktor yang dapat menunjang peningkatan perekonomian di Indonesia baik ditinjau secara makro maupun mikro.

Jawaban: E

5. Kelemahan isi teks tersebut adalah Positifnya pertumbuhan ekspor Indonesia akibat harga dan diversifikasi tidak diikuti dengan penjelasan tentang besaran indeks ekspor tersebut.

Jawaban: D

6. Kutipan adalah pinjaman pendapat dari seorang pengarang atau ucapan seseorang (ahli atau narasumber). Penulisan kutipan yang benar jika mengutip tanpa membaca buku adalah Menurut Sugiyarto dalam kurung (2008:11 dalam Mashudi, 2010: 37), menyatakan bahwa “orang gemuk dan anak-anak usia sekolah jauh lebih rentan terserang sakit hingga meninggal akibat virus flu babi H1N1”.

Jawaban: E

7. Kata tengara dalam kata ditengarai dalam kalimat di atas bermakna tanda.

Jawaban: D

8. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks adalah banyaknya pelanggan pengusaha sepatu di Kabupaten Mojokerto menghentikan permintaan pesanan karena menunggu pelaksanaan FTA ASEAN-China.

Jawaban: E

9. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut dapat diketahui dengan membaca paragraf tersebut secara keseluruhan dan mencocokkan jawaban yang ada di pilihan jawaban satu per satu. Pilihan jawaban D ada di kalimat (3) paragraf (1) bacaan tersebut.

Jawaban: D

10. Jawaban yang benar diperoleh dengan cara melihat gambar tabel yang tersedia. Untuk membaca tabel atau grafik dibutuhkan kecermatan dan ketelitian.

Jawaban: E

11. Berdasarkan tabel kabupaten atau kota yang paling bermasalah adalah Blitar.

Jawaban: A

12. Simpulan tabel adalah jawaban dari keseluruhan isi teks tersebut. Secara keseluruhan nilai EGI seluruh kabupaten atau kota cenderung sama.

Jawaban: C

13. Jika Blitar tidak termasuk dalam Kabupaten atau Kota yang ada di tabel tersebut maka nilai EGI terbesar ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Jawaban: B

14. INGAT! Kalimat baku atau efektif memiliki enam syarat:

– Terdiri atas subjek dan predikat
– Hemat kata
– Logis atau masuk akal
– Sesuai dengan EYD (tanda baca, penulisan huruf, penulisan kata, dan penulisan angka)
– Tidak ambigu
– Paralel atau sejajar

Di dalam paragraf tersebut terdapat kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baku. Kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia adalah kalimat (6). Kalimat tersebut tidak baku karena menggunakan kata dimana. Kata dimana tidak boleh digunakan di dalam kalimat yang bukan kalimat tanya. Kata dimana seharusnya diubah menjadi kata yang.

Jawaban: D

15. Kata mempengaruhi dalam kalimat tersebut tidak perlu diperbaiki karena kata tersebut terkena peluruhan kata.

INGAT! Kata dasar yang huruf I K, T, S, P + Huruf II vokal + imbuhan me, me-i, me-kan = huruf 1 luluh.

Jawaban: A

16. Kata swasta di kalimat tersebut sudah menggunakan ejaaan yang benar jadi tidak perlu diperbaiki.

Jawaban: A

17. Kata memeroleh di kalimat tersebut harus diperbaiki menjadi memperoleh. Kata tersebut tidak ikut peluruhan kata. Di dalam kata dasar peroleh terdengar masih ada kata inti oleh. Kata per menjadi imbuhan. Dua imbuhan berdekatan (me+per) tidak boleh luluh. Jadi, kata yang benar adalah memperoleh.

Jawaban: B

18. Kata itu merujuk pada indikator kerja. Untuk mencari makna kata rujukan harus mengacu pada beberapa kalimat sebelumnya.

Jawaban: B

19. Urutan kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah mempelajari, keadaan, terpisah, terkait.

Jawaban: A

20. Rangkuman adalah penyajian singkat dari suatu tulisan. Merangkum dapat dilakukan dengan cara menggabungkan gagasan-gagasan dari tiap paragraf menjadi satu kalimat. Rangkuman yang tepat untuk paragraf tersebut adalah pilihan jawaban E.

Jawaban: E

21. Bilangan yang mengurangi setiap suku di depannya merupakan urutan bilangan prima. Sehingga, bilangan yang mengurangi berikutnya adalah urutan bilangan prima setelah 11, yaitu 13. Jadi, bilangan selanjutnya yang melengkapi barisan bilangan adalah 44-13 = 31

Jawaban: D

22. Selisih antara 28 dan 13 = 15. Sedangkan diantaranya terdapat 3 kali lompatan. Jika kita asumsikan bilangan penjumlahan merupakan bilangan ganjil yang berurutan, maka kita cek terlebih dahulu (3+5+7) ,= 15 (sama dengan selisih antara 28 dan 13). Sehingga bilangan yang melengkapi adalah: 13 + 3 = 16 dan 16 + 5= 21

Jawaban: C

23. Jawaban: C

24. Jawaban: C

25. Dalam rangka menyambut lebaran, sebuah swalayan menerapkan dobel diskon, sehingga sebuah baju mengalami diskon berturut=turut 30% dan 10%. Misal, harga baju mula-mula = B

  • Setelah mendapat diskon 30%, maka harga baju menjadi: B x 70% = 0,7 B
  • Mendapat diskon kembali 10%, maka harga baju menjadi: 0,7% x 90% = 0,63

Sehingga, penurunan total harga baju adalah: B-0,63 = 0,37 B. Jika dirubah dalam presentase harga baju semula = 37%.

Jawaban: D

26. Ada dua kelompok manusia di suatu pulau, yaitu:

Manusia jujur yang selalu berkata benar dan manusia pembohong yang selalu berkata dusta.
X: “Y pembohong”
Y: “X pembohong”

Jika X merupakan kelompok jujur, maka perkataan bahwa Y adalah pembohong adalah benar. Sehingga, dengan keadaan tersebut, Y merupakan manusia pembohong, maka akan bilang bahwa X adalah pembohong. Jika X merupakan kelompok manusia pembohong, maka perkataan bahwa Y pembohong adalah dusta. Sehingga, Y merupakan manusia jujur. Maka Y akan mengatakan bahwa X adalah adalah pembohong. Jadi, dapat disimpulkan bahwa X dan Y berasal dari kelompok yang berbeda.

Jawaban: B

27. Jawaban: E

Koordinat A(-3, -1)

28.

Koordinat C(6, 8)

Dari dua koordinat yang diketahui, kita bisa mencari koordinat B dan D yaitu: B(6, -1) dan D(-3, 8). Sehingga bisa ditentukan panjang sisi-sisinya, dan bisa digunakan untuk mencari luas persegipanjang ABCD. Jadi, DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

Jawaban: C

29. Untuk menjawab pertanyaan: Berapakah <P – <Q ?

  • Jika <P =2<Q, maka dengan menyubstitusikannya: 2<Q -<Q = <Q
    Besar sudut Q belum bisa ditentukan.
  • <P = besar sudut pada segienam beraturan

INGAT! Besar sudut pada segienm beraturan = 120 derajat Celcius. Maka, maka dengan menyubstitusikannya diperoleh: 120 derajat
120 derajat – <Q

Hal ini belum bisa menjawab pertanyaan.
Jika pernyataan (1) dan (2) dipadukan, maka:  <P = 120 derajat

= 2<Q → 60 derajat
= <Q

Sehingga pertanyaan: berapa <P – <Q bisa terjawab, yaitu: 120 derajat
– 60 derajat
= 60 derajat

Jadi, DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU pernyataan SAJA tidak cukup.

Jawaban: C

30. Berapakah waktu yang diperlukan Andi untuk menyelesaikan pembuatan lemari?

(1) Septama dapat menyelesaikan pembuatan lemari yang sama selama 8 hari.
(2) Andi dan Septama memerlukan waktu 2
hari.

Sehingga, untuk mengetahui waktu yang diperlukan Andi dalam menyelesaikan pekerjaan lemari, maka diperlukan informasi dari pernyataan (1) dan (2) sekaligus. Jadi, DUA pernyataan BERSAMA-SAMA cukup untuk menjawab pertanyaan, tetapi SATU
pernyataan SAJA tidak cukup.

Jawaban: C

31. Dari sebuah pendataan tentang pengunjung sebuah pasar pada suatu hari adalah: 40% dari semua pengunjung adalah laki-laki, 55% dari pengunjung laki-laki tersebut sudah menikah dan dari pengunjung perempuan sudah menikah. Banyak pengunjung yang belum menikah sebanyak 152 orang.

Misal, banyak pengunjung laki-laki = L
banyak pengunjung perempuan = P
banyak pengunjung seluruhnya = S

Maka, L = 40% x S = 0,4S dan P = 0,6S

  • Banyak laki-laki yang sudah menikah: 0,4S x 55% = 0,22 S
    Maka, banyak laki-laki yang belum menikah = 0,4S – 0,22S = 0,18S
  • Banyak perempuan sudah menikah = 0,6 S – 0,4 S = 0,4 S

Maka, banyak perempuan yang sudah menikah 0,6S – 0,4 S = 0,2 S
Sehingga:
0,18S + 0,2S = 152
0,38 S = 152
S =
=400
Sehingga, selisih banyak pengunjung laki-laki yang sudah menikah dengan yang belum
menikah adalah : 0,22 S – 0,18 S = 0,04 S = 0,04 S X 400 = 16 orang

Jawaban: B

32. Perhatikan persegipanjang ABCD! Maka, Panjang BD = AC, sedangkan AC = jari-jari lingkaran = AP.

Jadi, panjang BD = 20 + 6 = 26 cm

Jawaban: D

33. Jawaban: D

34. Dari premis 1: M dapat disimpulkan jika dan hanya jika N telah disimpulkan. Artinya, jika M telah disimpulkan berarti N telah disimpulkan. Dari premis 2: O dapat disimpulkan jika dan hanya jika N telah disimpulkan. N telah disimpulkan. Pada kesimpulan awal diatas, N telah disimpulkan. Maka O juga dapat disimpulkan.

Jawaban: B

35. INGAT! Semua bilangan bulat positif atau negatif, jika dikuadratkan maka akan menghasilkan bilangan positif. Jika ada dua hal yang dibandingkan mengandung kuadrat dan pangkat tiga, maka hubungan tidak dapat dicari. Hal ini didiasarkan pada sifat perpangkatan.

Jawaban: D

36. 0,2; 0,2; 0,4; 0,6; 1; 1,6; 2,6; …, …
Pada barisan bilangan tersebut adalah barisan bilangan fibonanchi, yaitu barisan dimana suatu suku merupakan hasil dari penjumlahan dua suku sebelumnya.
0,4 = 0,2 +0,2
0,6 = 0,2 + 0,4
2,6 = 1 + 1,6

Sehingga, bilangan selanjutnya adalah:
1,6 + 2,6 = 4,2 dan
2,6 + 4,2 = 6,8

Jawaban: B

37. Jawaban: B

Pembahasan untuk soal nomor 38 sampai 40:

Hasil penilaian masakan dari Nunung, Zizah, Ratna, Sari, dan Mirna adalah:

  • Kelezatan dan sajian masakan Nunung mengalahkan ilmu peserta lainya meski paling lambat menyelesaikan masakannya.
    Dalam hal kecepatan, Mirna unggul dari lima peserta, tetapi kelezatan masakannya masih kalah dibandingkan Ratna dan Sari, sajiannya masakannya kurang menarik dibandingkan Zizah dan Sari.
  • Masakan Zizah kalah lezat dari Mirna tetapi sajian masakannya berada di urutan kedua.
  • Kelezatan masakan Sari mengalahkan Ratna dan lebih lambat daripada Zizah.
  • Ratna lebih cepat menyelesaikan masakannya daripada Nunung.

Sehingga tabel yang dibuat adalah:

Kelezatan Kecepatan Sajian Makanan (Menarik)
1 Nunung Mirna Nunung
2 Sari Zizah Zizah
3 Ratna Sari Sari
4 Mirna Nunung Mirna
5 Zizah Ratna Ratna

 

38. Berdasarkan tabel urutan yang telah dibuat diatas, maka yang menempati peringkat terakhir dalam kategori sajian makanan adalah Ratna.

Jawaban: D

39.

  • Pilihan A benar, Zizah lebih cepat menyelesaikan masakannya dibanding Ratna.
  • Pilihan B salah, masakan Sari lebih lezat dibanding Ratna.
  • Pilihan C salah, sajian makanan zIzah lebih menarik daripada ratna.
  • Pilihan D salah, masakan Nunung paling lezat.

Jawaban: A

40.

  • Dalam kategori kecepatan, Zizah lebih unggul dibanding Nunung dan Sari.
  • Dalam kategori kelezatan, nUnung dan sari lebih unggul daripada Zizah.
  • Dalam kategori sajian makanan, Nunung lebih unggul dari Zizah tetapi Sari tidak lebih unggul dari Zizah.

Jawaban: A

41. Kata mengharukan di kalimat tersebut seharusnya digantikan dengan kata memprihatinkan karena yang dibahas adalah kondisi kehidupan rakyat di negara berkembang yang dipaparkan di paragraf sebelumnya.

Jawaban : E

42. Pernyataan yang tidak sesuai didapatkan dengan membaca teks tersebut secara keseluruhan dan mencocokkan satu per satu jawaban yang ada. Pernyataan yang tidak sesuai adalah anak-anak yang mempunyai keterampilan di negara berkembang mampu memperbaiki nasib bangsanya. Hal ini tidak sesuai dengan kalimat (2) bacan tersebut.

Jawaban : D

43. Untuk mengetahui hal yang dirujuk oleh kata itu, kita harus membaca beberapa paragraf sebelumnya. Kata itu di kalimat (3) merujuk pada perilaku kapitalis organisasi global.

Jawaban : A

44. Gagasan pokok mempunyai nama yang berbeda-beda ada yang menyebutnya pokok pikiran, pikiran utama, topik utama, gagasan utama, dan kalimat utama, tetapi maksud yang ditanyakan tetap sama, yaitu mengenai isi paragraf.

Trik Praktis!
Cara mencari ide pokok:

  • Baca kalimat pertama di awal paragraf.
    Pada kalimat selanjutnya setelah kalimat pertama, ditemukan:

    1. Kata rujukan (ini, itu, tersebut, dll)
    2. Kata kunci
    3. Konjungsi antarkalima
  • Jika ide pokok tidak ada di awal, lanjutkan membaca kalimat terakhir. Ide pokok di akhir
    kalimat berbentuk kesimpulan (jadi, oleh karena itu, dengan demikian) dan dapat
    memimpin paragraf.
  • Jika ide pokok tidak ada di awal dan di akhir paragraf, baca keseluruhan paragraf dan
    temukan kata yang sering muncul (diulang).
    Gagasan utama paragraf tersebut adalah menjual rumah bukan perkara gampang.

Jawaban : C

45. Kata menyurvei pada paragraf tersebut bermakna memeriksa (lihat KBBI V) jika tidak paham sebuah kata dapat melihat pada konteks kalimat tersebut.

Jawaban : B

46. Ingat!
Syarat sebuah ringkasan adalah harus urut. Cara mencari sebuah ringkasan paragraf:

  • Temukan kalimat utama tiap paragraf.
  • Urutkan kembali kalimat utama itu dengan urut.
  • Tuliskan kembali dengan singkat.

Jawaban : D

47. Isi sebuah bacaan berkaitan dengan topik bacaan tersebut. Untuk mengetahui topik atau isi sebuah bacaan, kita harus membaca paragraf tersebut secara keseluruhan dan menemukan hal yang diulang-ulang atau hal yang dibahas berulang kali dalam bacaan itu. Isi bacaan tersebut adalah pertimbangan dalam menjual rumah.

Jawaban: E

48. Kata properti tidak sama dengan kata simpanan (lihat KBBI V)

Jawaban : D

49. Ingat!

Untuk tipe pertanyaan seperti ini, baca teksnya dengan teliti. Informasi detail yang diminta ada dalam teks secara tersurat. Soal ini meminta informasi secara spesifik yang dapat ditemukan di paragraf 1. Paragraf 1 tidak menyebutkan bahwa pertandingan memperebutkan uang adalah judul yang paling popular dalam film. Itu hanyalah subjek dari film-film pendek tapi belum tentu menjadi yang paling popular.

Jawaban : C

50. Yang ditanyakan adalah “Kenapa penulis membicarakan phonograph parlors di paragraph 2?” Penulis menjelaskan mengapa Edison merancag atapnya seperti panti fonograf karena deainnya telah berhasil untuknya di masa lalu (kalimat 1). These Kinetoscope arcades were modeled on phonograph parlors, which had proven successful for Edison several years earlier.

Jawaban : B

51. Ingat!

  • Restating= Paraphrasing : mengungkapkan kembali inti kalimat dengan memakai struktur/kosa kata yang berbeda tanpa mengurangi/menambah makna.
  • Padanan kata sering digunakan

Kalimat “He refused to develop projection technology, reasoning that if he made and sold projectors, then exhibitors would purchase only one machine-a projector-from his instead of several.” Artinya,”Dia menolak untuk mengembangkan teknologi proyeksi dengan beralasan bahwa jika dia membuat dan menjual proyektor maka para exhibitor hanya akan membeli satu mesin saja, yaitu proyektor, bukannya beberapa mesin darinya. Kalimat tersebut dinyatakan persis dalam kalimat C.

Jawaban : C

52. Trik Praktis!

  • Temukan keywords-kata kunci pertanyaan!
  • Kata kunci : paragraf 4, early movies, differ.

Film –film pada masa awal berbeda dengan bentuk tontonan lainnya karena tidak membutuhkan aktor langsung. Pernyataan itu bisa disimpulkan dari kalimat: But the movies differed significantly from these other forms of entertainment, which depended on either live performance or (in the case of the slide-and lantern shows) the active involvement of a master of ceremonies who assembled
the final program.

Jawaban : D

53. Ide pokok paragraf pertama bisa ditemukan pada kutipan “we can perhaps agree that education is the basic human right“. Gagasan ini lebih ditekankan penulis dibandingkan definisi pendidikan yang disebutkan di bagian awal paragraf.

Jawaban : B

54. Dari kutipan “the society as a whole is more likely to improve in areas such as health, nutrition,
general income and living standards, and population fertility rates“(paragraf 1 baris 8), dapat diketahui bahwa terjaminnya pendidikan akan meningkatkan angka kesuburan populasi. Jadi tidak sesuai dengan gagasan lesser birth rate.

Jawaban : B

55. Pilihan-pilihan jawaban yang ada merupakan opini penulis. Sedangkan yang merupakan fakta adalah kutipan “In 1990, UNESCO launched EFA, the movement to provide quality education for all children, youth, and adults by the year of 2015“.

Jawaban : C

56. Inti paragraf 1= pentingnya pendidikan sebagai hak azasi manusia, inti paragraf 2= masalah yang masih menghadang penerapan pendidikan. Jadi kesimpulannya, penulis menjelaskan pentingnya pendidikan bagi setiap individu namun penerapannya masih menghadapi berbagai tantangan.

Jawaban : B

57. Ingat!

  • The passage mainly deals with …. adalah tipe pertanyaan yang menanyakan tentang topik
    dari teks.
  • Ide pokok dari suatu teks biasanya tersirat dari kalimat pertama paragraf pertama.

Paragraf 1 menjelaskan tentang apa itu liquifaksi dan bagaimana terjadinya. Kemudian perhatikan paragraf selanjutnya, Paragraf 2: Kontur tanah yang rentan likuifaksi, Paragraf 3: Struktur bangunan. Paragraf 4,5,6 membahasa dampak likuifaksi di beberapa tempat di dunia. Jadi secara keseluruhan teks membahas likuifaksi dan dampaknya.

Jawaban : B

58. Trik Praktis!

– Cari kata kunci “Tangshan, San Fransisco, New Madrid and Alaska earthquake” dalam teks.
– Pahami penjelasan kalimat yang memuat kata kunci.

Tangshan, San Fransisco, New Madrid and Alaska earthquake” disebutkan oleh penulis pada paragraf 4,5, dan 6 untuk memberikan contoh dan penjelasan secara rinci mengenai kasus likuifaksi dan dampaknya kerusakan yang disebabkan “Exemplify” artinya memberikan contoh.

Jawaban: C

59. Untuk tipe pertanyaan seperti ini, baca teksnya dengan teliti. Informasi yang diminta ada dalam teks secara tersurat/tersirat. Yang bukan merupakan dampak likuifaksi adalah likuifaksi melemahkan dampak gempa 1985 di Mexico City (It weakened the effects of the 1985 earthquake in Mexico city). Seharusnya adalah : it amplified the effect at the 1985 earthquake in Mexico City.

Jawaban : E

60. Ketika ada pertanyaan yang merujuk pada “Bagaimana penyusunan ide dalam teks dimulai” maka yang harus diperhatikan adalah bagian awal teks (paragraph 1, khususnya kalimat pertama). Di paragraf 1 penulis mulai dengan menjelaskan apa itu likuifaksi dan bagaimana terjadinya.

Jawaban : B

61. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola sebab-akibat karena kalimat ketujuh menyatakan akibat, sedangkan lainnya menyatakan sebab.

Jawaban : E

62. Sesuai kaidah bahasa Indonesia, kata rubuh dalam kalimat nomor 5 seharusnya ditulis roboh, kata polisi pun dalam kalimat nomor 10 ditulis polisi pun, dan kata pasca ambles dalam kalimat nomor 12 seharusnya ditulis pascaambles.

Jawaban : E

63. Kalimat nomor 9 terdapat pemerian, sehingga konjungsi yang paling tepat adalah dan. Jadi penulisan kalimat yang benar sesuai kaidah adalah Berdasarkan pantauan detik.com di lokasi, sejumlah petugas dari Satpol PP, BPPD, polisi terlihat berjaga.

Jawaban : A

64. Yang harus dilakukan untuk menemukan kalimat inti atau inti kalimat adalah menemukan subjek dan predikat.
Caranya:

  • Hilangkan semua perluasan (yang, mengenai, yakni, yaitu, seperti, dll)
  • Hilangkan semua keterangan.

Jika kalimat aslinya berupa kalimat majemuk, kalimat intinya berupa klausa utama atau klausa pokok kalimat tersebut. Perwakilan nelayan terdampak menyampaikan hal tersebut pada rapat dengar pendapat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sumatera Utara, Medan.

Jawaban : D

65. Topik bacaan sama seperti menemukan kalimat utama. Karena yang ditanyakan adalah topik keseluruhan isi bacaan, kita harus membaca seluruhnya dan menemukan hal yang diulang atau yang dibahas terus-menerus. Topik bacaan ini adalah realisasi ganti rugi nelayan reklamasi.

Jawaban : B

66. Pernyataan yang paling benar berarti yang paling sesuai dengan isi teks tersebut. Pernyataan yang lain kemungkinan juga benar tapi pembaca diminta menemukan satu jawaban yang paling tepat. Pernyataan tersebut terdapat di kalimat terakhir.

Jawaban : E

67. Simpulan paragraf berarti hanya mengacu pada paragraf tersebut itu saja dan harus mencakup keseluruhan isi paragraf. Simpulan paragraf kedua teks tersebut ada di pilihan jawaban D.

Jawaban : D

68. Kesalahan EYD meliputi pemakaian tanda baca yang salah, penulisan huruf, serta penulisan kata dan angka. Kesalahan penulisan EYD di kalimat tersebut ditemukan di kalimat (2) paragraf (3) tulisan pernelayan harus dipisah menjadi per nelayan. Penulisan per yang digabung jika menyatakan tiap (contoh: per minggu), demi (contoh: satu per satu), dan mulai (contoh 1 Desember 2017).

Jawaban : A

69. Unsur mutlak sebuah kalimat harus terdiri atas subjek dan predikat. Kaliamt (8) paragraf (3) bacaan tersebut tidak mempunyai predikat karena diperluas dengan konjungsi yang.

Jawaban : C

70. Hasil penggabungan dua kalimat tersebut yang tepat adalah yang C. Pernyataan di kalimat tersebut sudah terjadi maka konjungsi yang tepat adalah konjungsi bahwa.

Jawaban : C

71. Kata reklamasi di kalimat tersebut bermakna pemanfaatan daerah yang tidak berguna (lihat KBBIV) atau bisa dengan cara menyesuaikan dengan konteks kalimat.

Jawaban : A

72. Kalimat merupakan satuan gramatikal yang minimal terdiri dari Subjek dan Predikat dan diakhiri oleh tanda baca akhir (titik, seru, tanya). Kalimat A merupakan kalimat karena memenuhi syarat minimal yakni terdiri dari subjek dan predikat. Tingginya angka kecelakaan di jalan raya adalah subjek, merupakan adalah predikat. Sementara itu, B, C, D, E bukan merupakan kalimat karena tidak memiliki subjek.

Jawaban : A

73. Klausa merupakan satuan gramatikal yang tidak diakhiri tanda baca akhir. Klausa bawahan mengalami perluasan. Klausa bawahan dalam kalimat tersebut adalah perluasan keterangan tujuan yakni agar indeks prestasi selalu tinggi.

Jawaban : E

74. Gagasan utama mempunyai nama yang berbeda-beda ada yang menyebutnya pokok pikiran, pikiran utama, topik utama, gagasan utama, dan kalimat utama, tetapi maksud yang ditanyakan tetap sama, yaitu mengenai isi paragraf.

Cara mencari ide pokok:

  • Baca kalimat pertama di awal paragraf.
    Pada kalimat selanjutnya setelah kalimat pertama, ditemukan:

    • Kata rujukan (ini, itu, tersebut, dll)
    • Kata kunci
    • Konjungsi antarkalimat
  • Jika ide pokok tidak ada di awal, lanjutkan membaca kalimat terakhir. Ide pokok di akhir
    kalimat berbentuk kesimpulan (jadi, oleh karena itu, dengan demikian) dan dapat
    memimpin paragraf.
  • Jika ide pokok tidak ada di awal dan di akhir paragraf, baca keseluruhan paragraf dan
    temukan kata yang sering muncul (diulang).
    Gagasan utama paragraf ini terletak di awal kalimat.

Jawaban : A

75. Kata dasar yang:
Huruf 1 K,T,S,P + Huruf II Vokal + imbuhan me, me-l, me-kan = huruf l luluh. Kata bentukan yang tidak tepat terdapat di teks tersebut adalah mempengaruhi. Kata mempengaruhi harusnya tertulis mempengaruhi karena dibentuk dari kata dasar pengaruh yang mengalami peluruhan kata.

Jawaban : C

76. EYD meliputi tiga hal, yaitu tanda baca, penulisan huruf, dan penulisan kata dan angka. Kesalahan EYD di kalimat tersebut ditemukan di kalimat (5) setelah kata petani tidak diberi tanda koma.

Jawaban : C

77. Kalimat (3) bacaan tersebut tidak bisa diperbaiki dengan cara menghilangkan tanda koma sebelum kata mengatakan. Seharusnya tanda koma ditambahkan setelah kata Sukoharjo karena kata Hasan Abdullah adalah keterangan aposisi.

Jawaban : C

78. Kalimat yang di dalamnya terdapat pilihan kata yang tidak tepat adalah kalimat Akan tetapi, akhirnya pemerintah tetap memperoleh hak kepemilikan lahan tersebut. Kata akan tetapi pada kalimat tersebut seharusnya dihilangkan.

Jawaban : C

79. Ciri-ciri kalimat efektif:

  • Terdapat Subjek (S) dan Predikat (P).
  • Tidak menimbulkan makna ganda/ambiguitas.
  • Bisa diterima logika.
  • Penggunaan tanda baca yang tepat.
  • Unsur-unsurnya setara

Kalimat yang tidak efektif adalah kalimat (B) Teks Kuno itu dianalisis para ahli arkeologi dan menemukan banyak cerita tidak efektif karena tidak mengandung unsur yang setara. Agar efektif, kata menemukan seharusnya ditemukan.

Jawaban : B

80. Pendapat/opini adalah respon seseorang terhadap suatu fakta yang belum tentu kebenarannya. Pendapar/opini merupakan respon dari sudut pandang pribadi dan sikap seseorang. Pada iklan, opini berkaitan erat dengan kelebihan dari suatu barang atau jasa untuk menarik minat calon konsumen (istimewa, bagus, harga terjangkau, harga murah, menarik, mulus, mewah, strategis, dll.)
Sedangkan, fakta adalah sesuatu yang kebenarannya sudah teruji atau dapat dibuktikan kebenarannya.

Pernyataan yang tidak berupa opini dari teks tersebut adalah Tim kesehatan tidak mengecek dan mengawasi makanan sehingga calon jemaah haji makan nasi basi.

Jawaban : D

 

Nah, itu tadi informasi terkait Tes TPS UTBK SBMPTN 2020  yang bisa Mamikos berikan untuk kalian. Buat kamu yang sebentar lagi akan menghadapi UTBK SBMPTN 2020, semoga info terkait Tes TPS di atas bisa cukup membantu kamu ya! Jangan lupa juga untuk mempersiapkan berkas-berkas administrasi yang dibutuhkan untuk pendaftaran UTBK SBMTPN 2020 nantinya. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: