Ingin Lulus Masuk PTN Impian? Jangan Lakukan 4 Hal ini

 Kiki | Sen, 06 Jan 2020

Ingin Lulus Masuk PTN Impian ? Jangan Lakukan 4 Hal ini – Menjelang Ujian Nasional tiba, para siswa Sekolah Menengah Atas atau sederajat bukan saja mempersiapkan dan memikirkan materi ujian, tapi juga memikirkan hal lain yakni langkah yang akan dipilih ketika lulus nanti. Sebagian besar siswa ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi impian mereka. Sebagian lagi ada yang memilih terjun ke dunia kerja. Masing-masing bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kemampuan. Ketika memutuskan untuk kuliah, bukan perkara mudah untuk dapat masuk ke perguruan tinggi impian karena kamu akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pendaftar dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Memutuskan untuk kuliah adalah impian semua orang, namun terkadang hambatan menghampiri sebagian siswa seperti biaya kuliah.

Ingin Lulus Masuk PTN Impian? Jangan Lakukan 4 Hal ini

Di Indonesia ada banyak perguruan tinggi ternama baik swasta maupun negeri yang menjadi favorit calon mahasiswa baru dan setiap tahunnya dipadati oleh pendaftar melalui berbagai jalur seleksi seperti SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri dan lain-lain. Jika fokus tujuanmu adalah perguruan tinggi negeri, mari kenali terlebih sejumlah perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yang mungkin masuk dalam daftar kampus impianmu, di antaranya:

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Sebelas Maret
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Lampung
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Telkom
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Hasanuddin

Adakah dari universitas di atas merupakan kampus impianmu? Sebagai calon mahasiswa alangkah baiknya persiapkan strategi berikut ini untuk bisa Lulus Masuk PTN Impian berikut ini.

Strategi Lulus Masuk PTN

1. Tentukan Bidang Ilmu yang Ditekuni

Strategi pertama adalah memilih ilmu yang akan kamu tekuni dan sebaiknya sesuai passion yang dimiliki. Biasanya orang-orang mengalami kesalahan dalam tahap ini dan berakhir dengan penyesalan karena salah memilih jurusan. Banyak siswa sekolah menengah atas yang ingin masuk jurusan tertentu dengan ikut-ikutan temannya tanpa memikirkan seperti apa bidang yang akan ditekuni dan kedepannya dapat melanjutkan atau tidak. Tahapan ini harus menjadi tantangan tersendiri suapa kamu lebih fokus dalam menjalankan kuliah.

2. Pilih program studi yang mendukung bidang ilmu yang dipilih

Langkah selanjutnya adalah memilih jurusan dan program studi yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipilih. Misalnya bidang ulmu yang diinginkan adalah medis maka ada beberapa alternatif prodi yang ditawarkan seperti kedokteran, pendidikan kedokteran, teknik biomedis atau biokimia. Memilih bidang ilmu medis bukan hanya akan menjadi seorang dokter tapi seseorang bisa berkontribusi di bidang lains eperti farmasi yang akan meracik obat untuk keperluan medis

3. Cari tahu perguruan tinggi yang menawarkan program studi pilihan

Ketika sudah memilih jurusan kuliah yang diinginkan, kemudian tentukan perguruan tinggi yang menawarkan prodi tersebut sesuai minat dan bakat kamu. Jika kamu memilih bidang ilmu medis, beberapa kampus yang menawarkan prodi ini seperti Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Teknik Biomedis Institut Teknologi Bandung, Fakultas Farmasi Universitas Indonesia dan lain-lain.

4. Memilih jalur seleksi yang akan ditempuh

Setelah yakin dengan pilihan bidang ilmu, jurusan dan program studi maka langkah selanjtunya adalah menentukan jurusan seleksi yang akan kamu jalani. Secara garis besar, jalur penerimaan calon mahasiswa baru terbagi menjadi empat yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur ujian Mandiri dan SMM PTN Barat Indonesia. Jika kamu memiliki prestasi dan tidak ingin repot-repot mengikuti tes ujian maka salah satu tawaran jalur seleksinya adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Namun apabila belum memiliki kesempatan untuk SNMPTN bisa mengikuti jalur lainnya yang masih terbuka luas.

Tidak mudah untuk dapat lulus masuk PTN Impian. Kamu harus menghindari hal-hal berikut yang akan menghambat kelulusanmu diterima di perguruan tinggi negeri terpilih, yaitu:

Hal yang Menghambat Kelulusan Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

1. Terlalu fokus UN

Tidak ada salahnya untuk memikirkan UN (Ujian Nasional), namun jangan lupa untuk memikirkan kuliah ketika masuk ke bangku kelas 3 SMA/sederajat. Karena kamu harus mempersiapkan banyak hal ketika akan mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Bukan sekedar biaya kuliah, tapi juga mempelajari soal-soal seleksi masuk perguruan tinggi jika tidak memiliki kesempatan lulus melalui jalur prestasi.

2. Teknik belajar yang salah

Hindari mempelajari materi ujian yang kamu jalani selama 3 tahun hanya dalam jangka waktu beberapa hari menjelang ujian tiba. Sedangkan kamu harus mempersiapkan materi ujian masuk perguruan tinggi dengan seabreg materi yang belum dipahami. Oleh sebab itu jangan sampai salah memilih manajemen waktu belajar ya.

3. Mengandalkan satu jalur tes

Jauh lebih baik jika kamu membagi kesempatan untuk mencoba beberapa jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri seperti SNMPTN. Jika tidak lulus seleksi SNMPTN masih bisa mencoba jalur lain yakni SBMPTN, UM PTKIN bagi yang ingin masuk perguruan tinggi Islam Negeri atau bahkan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing universitas.

4. Hanya memilih satu jurusan

Jangan terlalu ngotot untuk masuk ke perguruan tinggi A dan jurusan pilihanmu jika pada kenyataannya nanti tidak bisa lulus. Carilah alternatif lain yang jauh lebih baik dari pilihan pertama dan pikirkan kemungkinan buruk yang terjadi. Bukan untuk menakut-nakuti tapi hal ini sering terjadi pada siswa yang akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Setelah menghindari hal-hal di atas, tentu impianmu ingin berjalan dengan lancar sesuai harapan. Untuk dapat mengantisipasi hal tersebut terjadi, kamu dapat mengikuti beberapa tips lulus masuk PTN impian berikut ini.

Tips Lulus Masuk PTN

1. Menentukan pilihan program studi dari jauh-jauh hari

Jangan terlalu banyak membuang waktu untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Meskipun jadwal penerimaan calon mahasiswa baru masih lama, persiapkan dari sekarang untuk memilih bidang keahlian yang akan ditekuni nanti. Kamu bisa melihat potensi diri yang dimiliki untuk memilih program studi ketika kuliah nanti. Yakinkan pilihanmu sesuai dengan passion yang dimiliki sehingga ketika penerimaan mahasiswa baru telah dibuka tidak perlu lama untuk memikirkan pilihan jurusan dan prodi.

2. Mengasah kemampuan diri untuk program studi yang diambil

Jika sudah yakin dengan program studi yang diambil, saatnya untuk mengenali bidang tersebut dan mengasahnya lebih dalam. Tidak sedikit mahasiswa yang hanya asal pilih jurusan dan tidak mendalami bidang ilmu tersebut kemudian pada ahirnya nilai yang didapat tidak sesuai harapan. Menjadi seorang mahasiswa jangan disamakan ketika kamu masih menjadi anak sekolahan yang hanya menerima mata pelajaran di sekolah. Perdalam sendiri materi yang didapat dengan rajin membaca buku atau jurnal, berdiskusi dengan senior atau dosen.

3. Membuat rencana mengikuti tes masuk PTN

Matangkan perencanaanmu saat mengikuti tes masuk PTN. Seperti ulasan sebelumnya bahwa secara garis besar penerimaan mahasiswa baru dibagi menjadi tiga yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Usahakan untuk selalu up to date dalam mencari informasi jadwal penerimaan mahasiswa baru, baik yang dijadwalkan oleh pemerintah atuapun universitas masing-masing.

4. Jagalah kesehatan untuk mendukung kelancaran

Penting rasanya untuk selalu menjaga kesehatan agar aktifitasmu tidak terhambat. Meskipun saat ini kamu disibukkan dengan persiapan ujian sekolah dan ujian nasional, persiapkan fisik untuk menjalankan kegiatan lain yang tak kalah penting. Jaga pola makan setiap hari, olahraga yang cukup dan jangan terlalu memporsir tubuh untuk kegiatan yang kurang bermanfaat.

5. Jangan pernah menyerah ketika gagal

Rejeki ada di tangan Tuhan, dan kamu ditugaskan untuk berusaha dan berdoa. Ketika belum diberi kesempatan masuk ke pergirian tinggi impianmu, yakinlah Tuhan akan memberikan rencana terbaik lain yang belum sampai ke kamu saat ini. Ketika ada peribahasa kegagalan adalah awal dari kesuksesan maka tidak ada salahnya digunakan sebagai prinsip hidupmu. Lihatlah mereka-mereka yang sukses, banyak cerita yang didengar bahwa jalan yang dilalui tidak semulus yang dibayangkan orang-orang. Berjuanglah selama masih diberi kesempatan.

Itulah seputar informasi mengenai hal yang tak perlu kamu lakukan ketika ingin lulus masuk Perguruan Tinggi Negeri supaya untuk dapat dihindari. Update terus informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru pada artikel Mamikos.