√ 6 Isi Seserahan Lamaran Adat Jawa Untuk Pria

Posted in: Informasi
Tagged: Pernikahan

Isi Seserahan Lamaran Adat Jawa Untuk Pria – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman salah satunya bisa kalian lihat dari banyaknya suku yang ada. Salah satu suku yang memiliki banyak anggota yaitu Suku Jawa. Suku yang satu ini bila dikupas lebih dalam akan memiliki banyak sekali hal menarik salah satunya dalam hal pernikahan.

Seserahan Untuk Mempelai Pria

Banyak dari kalian hanya mengetahui ketika akan melangsungkan pernikahan hanya pihak wanita saja yang akan mendapatkannya. Namun untuk pernikahan adat Jawa pria juga akan mendapatkan yang namanya seserahan lamaran. Tradisi yang satu ini biasa dikenal dengan sebutan angsul-angsul.

pinterest.com

Tradisi yang satu ini merupakan sebuah kunjungan balasan dari pihak mempelai wanita setelah sebelumnya menerima lamaran dari pihak pria. Tujuan dari kegiatan yang satu ini yang pertama tentu saja untuk silaturahmi. Kemudian untuk tujuan selanjutnya yaitu memberikan jawaban atas lamaran yang sudah diberikan.

Jawaban yang dimaksudkan disini adalah kapan pastinya rencana pernikahan akan dilakukan. Untuk mencapai kesepakatan tersebut tentunya diperlukan musyawarah diantara kedua belah pihak keluarga yang bersangkutan.

Pada saat kunjungan balasan inilah pihak perempuan biasanya akan diperbolehkan membawa seserahan lamaran sebagai bentuk balasan yang biasa dikenal dengan angsul-angsul. Pemberian tersebut bertujuan sebagai salah satu bentuk ucapan rasa terima kasih atas kesungguhan pihak calon mempelai pria.

Barang Seserahan Untuk Pria

Ketika mencari beragam seserahan lamaran tersebut tentunya akan mudah jika yang diberikan adalah mempelai wanita. Namun jangan khawatir, bagi kalian yang sedang bingung mencari referensi barang yang bisa digunakan untuk angsul-angsul maka kalian bisa menyimak informasi berikut ini.

1. Perlengkapan Ibadah

Barang pertama yang bisa kalian pilih yaitu perlengkapan ibadah. Perlengkapan ibadah ini biasanya berisikan sarung, baju koko, sajadah dan alat sholat lainnya. Barang semacam itu umumnya sering digunakan sebagai barang utama untuk seserahan.

pinterest.com

Pemilihan perlengkapan alat sholat tadi tentu saja tidak asal namun kaya akan makna. Maknanya agar nantinya kedua mempelai bisa lebih baik lagi terutama dalam hal agama. Selain itu agar nantinya sang suami bisa membimbing keluarganya selalu di jalan yang benar dan lurus.

2. Pakaian Formal

Suami merupakan kepala keluarga dan memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Maka hal ini yang mendasari barang seserahan lainnya berupa pakaian formal. Jadi bisa diartikan barang tersebut menyimbolkan dukungan atas karir suaminya.

pinterest.com

Bagi yang merasa bingung apa saja barang formal yaitu sepatu fantofel, kemeja, celana resmi dan lain sebagainya. Agar menambah semarak seserahan maka kalian bisa menambahkannya dengan beragam aksesoris lain seperti dasi, dompet, ikat pinggang dan lainnya.

3. Produk Perawatan

Barang lain yang bisa kalian masukan dalam seserahan yaitu produk perawatan. Masa sekarang ini tidak hanya kaum wanita saja yang memerlukan suatu perawatan namun juga pria tentunya. Namun tenang saja untuk produknya sudah barang tentu tidak sebanyak wanita.

pinterest.com

Beberapa referensi produk perawatan pria seperti shampoo, sabun, handuk deodorant, sikat gigi dan lainnya. Akan lebih baik lagi jika kalian memberikan produk tersebut sesuai dengan yang sering digunakan oleh mempelai pria. Jika kalian mengetahui produk tersebut tentu saja kalian akan dianggap sebagai calon istri yang sangat pengertian.

4. Barang Kegemaraan

Supaya seserahan lamaran untuk pria tidak mainstream maka kalian bisa memasukkan barang yang berkaitan dengan aktivitas kegemarannya. Kegemaran atau hobi ini merupakan salah satu hal yang terkadang menjadi suatu masalah dalam rumah tangga.

pinterest.com

Ibarat kata hobi itu merupakan salah satu belahan jiwa lainnya. Maka dari itu agar hubungan pernikahan menjadi lebih stabil kalian bisa menunjukkan sedikit dukungan terhadap hobinya melalui barang seserahan tadi. Jika calon suami suka membaca maka kalian bisa menghadiahinya buku yang memang dia sukai.

5. Barang Untuk Pernikahan

Referensi lain yang bisa kalian berikan yaitu berbagai macam barang yang nantinya berguna atau akan digunakan untuk pesta pernikahan.

pinterest.com

Di dalam adat Jawa dikenal dengan sebutan  ‘kancing gelung’ yang merupakan sebuah pakaian pengantin yang akan digunakan untuk pesta pernikahan nantinya.

6. Makanan

Selain berbagai macam barang tentunya kalian bisa memberikan makanan sebagai salah satu bentuk seserahan lamaran untuk calon mempelai pria. Makanan tersebut bisa berupa makanan khas atau lainnya.

pinterest.com

Untuk masalah makanan atau jajanan ini sebenarnya tidak ada aturan pasti harus bagaimana dan apa saja macamnya. Makanan ini benar-benar sesuai selera kalian saja, walaupun tidak ada patokan khusus namun usahakan untuk membawa makanan yang pantas.

Perlu diperhatikan disini adalah untuk barang seserahan yang sudah disebutkan diatas murni hanya sebagai bahan referensi saja. Selain itu untuk penyelenggaraan seserahan untuk calon mempelai pria bisa diadakan sesuai dengan kesepakatan saja.

Bila nantinya proses tersebut ada jangan jadikan beban karena akan mengeluarkan banyak uang. Ambil hikmahnya dan anggap itu semua sebagai salah satu sarana untuk melakukan silaturahmi antar keluarga yang nantinya akan sepenuhnya menjadi keluarga besar.

Jangan Lupa Hias Seserahan

Untuk barang seserahan tadi ada baiknya dihias dulu sebelum diberikan kepada pihak laki-laki. Walaupun tidak ada aturan khususnya namun sebuah seserahan akan lebih baik jika dihias. Tidak perlu hiasan yang mahal, cukup tata dengan rapi itu sudah cukup.

Namun bagi kalian yang ingin momen seumur hidup sekali ini terasa lebih berkesan maka bisa menggunakan box seserahan. Untuk box seserahan tersebut bisa kalian beli ataupun sewa yang mana saat ini sudah banyak jasa penyewaan box tersebut.

Penggunaan box untuk seserahan lamaran dinilai mampu menimbulkan kesan lebih mewah dan juga elegan. Sehingga barang yang tadinya terlihat biasa saja, namun setelah dimasukkan ke dalam kotak menjadi lebih menawan dan memiliki nilai yang lebih tinggi.

Agar kesan menawan tadi lebih terpancar maka sebaiknya gunakan box kayu dengan penutup berbahan kaca. Walaupun lebih mahal namun kualitas yang akan kalian dapatkan lebih sebanding, jika tidak memiliki banyak uang maka kalian bisa menyewanya saja.

Namun jika kalian ingin membungkusnya pastikan kemasan antar masing-masing barang dibuat berbeda. Sehingga hiasan seserahan tidak terkesan monoton dan itu-itu saja, tidak perlu perbedaan besar karena cukup dengan membedakan sedikit aksesoris saja maka seserahan akan langsung terlihat berbeda.

Salah satu tips untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan barang-barang seserahan tadi maka tidak ada salahnya ketika membeli barang tersebut ajaklah mempelai pria. Barang-barang seperti baju dan sepatu akan sangat sia-sia jika salah ukurannya dan berujung pada terbengkalainya barang tersebut.

Mengajak calon mempelai pria untuk bersama-sama membeli seserahan saat ini bukanlah suatu hal yang tabu. Tidak seperti dahulu bahwa pemilihan benar-benar dilimpahkan ke salah satu pihak saja, walaupun lebih praktis namun resiko barang yang diberikan kurang cocok akan sangat besar.

Jadi itulah beberapa referensi dan juga tips agar barang seserahan lamaran untuk pria menjadi lebih menarik lagi. Jangan lupa juga jangan terlalu memaksa, buatlah anggaran untuk seserahan agar nantinya pengeluaran kalian menjadi tidak terlalu besar. Sehingga dengan anggaran tersebut kalian menjadi lebih terkontrol dalam membeli barang.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah