Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018/2019

 Mamikos | Kam, 07 Jun 2018

Beasiswa LPDP 2018 – Pernah mendengar seputar beasiswa LPDP? Jika iya, tahukah kamu seluk beluk dari beasiswa LPDP ini? Nah, kali ini Mamikos akan membantuk kalian mengetahui lebih dalam lagi seputar beasiswa LPDP agar nantinya kalian tidak memiliki salah pemahaman terkait beasiswa LPDP. Perlu diketahui LPDP sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Nah, LPDP ini merupakan lembaga yang bekerja di bawah pengawasan 3 kementerian sekaligus yakni Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama. LPDP ini umumnya lembaga yang bertugas untuk mengelola dana abadi pendidikan, dan hasil pengelolaannya disalurkan dalam bentuk berbagai program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan. Tentu beasiswa LPDP ini telah ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh deretan anak kost Jogja murah, kost Jakarta murah yang memiliki keterbatasan dana untuk melanjutkan pendidikan.

Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi perlu digarisbawahi lagi bahwa beasiswa LPDP ini tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1 ya.

Beasiswa LPDP bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan khususnya dalam mencari lowongan kerja freelance Jakarta.

Sehingga orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP adalah orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri. Perlu diketahui beasiswa LPDP ini juga memiliki maksimal masa studi, untuk program Magister (S2) sendiri memiliki maksimal masa studi 2 tahun dan untuk program Doktor (S3) adalah 4 tahun, dan jika melebihi masa waktu tersebut tentu saja bisa dikenakan penalti bagi pemegang atau pelakasana beasiswa tersebut.

Dalam rangka memberikan program yang terbaik dan tepat sasaran kepada masyarakat, pada tahun 2018 LPDP mengeluarkan beberapa perubahan kebijakan. Rincian perubahan kebijakan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Daftar Perguruan Tinggi
A. Perguruan Tinggi Luar Negeri

  • Program Reguler
    Perguruan tinggi tujuan untuk luar negeri diambil dari daftar perguruan tinggi luar negeri berperingkat Top 20 dari daftar 3 pemeringkat internasional yaitu Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan Academic Ranking of World University (ARWU) ditambah dengan Top 10 Program Studi.
  • Program Afirmasi
  • Perguruan tinggi tujuan untuk beasiswa afirmasi LPDP berasal dari Top 200 Universitas dari daftar 3 pemeringkat internasional yaitu Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan Academic Ranking of World University (ARWU) ditambah dengan Top 50 Program Studi.

B. Perguruan Tinggi Dalam Negeri

  • Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri untuk jenjang Magister pada program BPI Reguler adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A. Khusus perguruan tinggi dibawah pengelolaan Kemenristekdikti, perguruan tinggi masuk dalam peringkat 20 besar perguruan tinggi yang diterbitkan oleh Kemenristekdikti.
  • Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri untuk jenjang Magister pada program BPI Afirmasi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A dan B, serta perguruan tinggi yang terakreditasi B pada program studi yang terakreditasi A. Khusus perguruan tinggi dibawah pengelolaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), perguruan tinggi masuk dalam klaster 1 (Mandiri) dan klaster 2 (Utama).
  • Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri untuk jenjang Doktoral pada program BPI Reguler dan Afirmasi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A.

2. Program Co-Funding

Mulai tahun 2018 LPDP membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa melalui mekanisme co-funding. Jika memilih mekanisme ini, penerima beasiswa akan bersama-sama membiayai pendidikannya dengan LPDP (sharing cost) berupa uang kuliah, biaya hidup, atau biaya lainnya. Dengan mengikuti program ini, penerima beasiswa dapat memberikan kesempatan lebih banyak beasiswa bagi putera-puteri terbaik bangsa yang lain.

3. Seleksi Berbasis Komputer

Seleksi Berbasis Komputer (SBK) merupakan seleksi yang bertujuan untuk menilai potensi akademik pendaftar beasiswa dalam menyelesaikan studi dengan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditentukan. Peserta yang mendapat nilai di atas passing grade diberikan kesempatan mengikuti pemetaan kompetensi dan penulisan esai sebagai bahan penilaian pada seleksi substansi. Seleksi SBK ini menggantikan seleksi Online Assessment yang dilaksanakan di tahun sebelumnya. Metode SBK ini telah diaplikasikan untuk berbagai seleksi sejenis di Indonesia.

4. Daerah Afirmasi

Daerah afirmasi LPDP tahun 2018 dikhususkan untuk daerah tertinggal serta daerah yang ada di Papua dan Papua Barat. Pemilihan daerah afirmasi ini bertujuan untuk mendorong pembangunan di daerah-daerah yang paling membutuhkan di Indonesia.

5. Jenis Beasiswa Baru

Pada tahun 2018 terdapat beberapa jenis beasiswa baru yang dikeluarkan, yaitu Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI, dan Beasiswa Afirmasi Santri (info lebih lanjut mengenai Beasiswa Afirmasi Santri menyusul). Peserta Beasiswa Afirmasi PNS/TNI/POLRI harus diusulkan oleh instansi masing-masing.

6. Tidak Diizinkan Pindah Perguruan Tinggi dan Program Studi tujuan

Pada tahun 2018 para pendaftar yang lulus seleksi substansi beasiswa LPDP tidak diizinkan pindah Perguruan Tinggi dan Program Studi Tujuan. Para penerima beasiswa LPDP diwajibkan untuk melaksanakan studi di perguruan tinggi dan program studi yang telah dipilih pada saat seleksi beasiswa LPDP.

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018
Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018

Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka program beasiswa magister dan doktoral pada tahun ini. Kapan tahapan pendaftarannya? Tertarik untuk mendaftakan diri mengikuti beasiswa LPDP tahun 2018 ini? Sebelum kamu mendaftarkan diri ada baiknya kamu mengetahu terlebih dahulu program beasiswa apa saja yang dibuka oleh LPDP pada tahun 2018 ini. Nah, untuk mempermudah kalian mendapatkan informasi ini, berikut Mamikos berikan informasinya untuk kalian. Berikut ada penjelasan program beasiswa yang dibuka tahun 2018:

1. Beasiswa Reguler

Beasiswa yang satu ini dapat diikuti oleh seluruh kalangan Warga Negara Indonesia, baik freshgraduate, pegawai swasta, BUMN, PNS, dosen, guru, dan lain sebagainya yang memenuhi syarat dan ketentuan. Para pendaftar beasiswa reguler dapat mendaftar langsung ke website LPDP dengan menyertakan surat izin/rekomendasi atasan/tokoh beserta berkas-berkas lain yang disyaratkan.

2. Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI

Beasiswa yang kedua ini adalah beasiswa yang khusus ditujukan untuk PNS, TNI, dan POLRI dengan menyertakan surat pengantar dari institusi masing-masing. Beasiswa afirmasi ini diselenggarakan sejalan dengan roadmap SDM di institusi masing-masing.

3. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi selanjutnya adalah program beasiswa magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang perlu diberikan kebijakan afirmasi dalam mendapatkan beasiswa.

4. Beasiswa Disertasi
Sasaran program disertasi ini adalah Mahasiswa Doktoral dari Perguruan Tinggi dalam negeri atau Perguruan Tinggi luar negeri.

5. Beasiswa Dokter Spesialis
Beasiswa yang satu ini bertujuan untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia yang berkualifikasi menempuh PPDS di perguruan tinggi yang ditetapkan oleh LPDP guna mendukung ketersediaan sumber daya manusia dokter spesialis di Indonesia.

6. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
Beasiswa yang satu ini bertujuan untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia yang berkualifikasi menempuh PPDS di perguruan tinggi yang ditetapkan oleh LPDP guna mendukung ketersediaan sumber daya manusia dosen di Indonesia.

• Program Beasiswa LPDP 2018

Dalam rangka mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia, LPDP kembali membuka program beasiswa magister dan doktoral dalam dan luar negeri untuk periode seleksi tahun 2018. Seluruh proses pendaftaran (unggah dokumen) untuk beasiswa LPDP 2018 ini dapat dilakukan secara online melalui laman www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Adapun program beasiswa yang dibuka untuk tahun 2018 ini antara lain sebagai berikut:
1. Beasiswa Reguler
2. Beasiswa Disertasi
3. Beasiswa Dokter Spesialis
4. Beasiswa Afirmasi:

  • Beasiswa Daerah Tertinggal
  • Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi
  • Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera
  • Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan
  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  • Beasiswa Santri
  • Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan / Talent Scouting

5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)*; dan
6. Program Co-Funding

• Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP 2018

Umumnya, ada dua kategori tahapan seleksi beasiswa LPDP 2018 yakni:

1. Kategori beasiswa reguler, Afirmasi Daerah 3T, Beasiswa Indonesia Timur, Alumni Bidikmisi Berprestasi, Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera, serta Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan:

  • Pendaftaran pada website LPDP;
  • Seleksi Administrasi;
  • Seleksi Berbasis Komputer; dan
  • Seleksi Substansi

2. Kategori Beasiswa PNS/TNI/POLRI, Beasiswa Santri, dan Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan/Talent Scouting:

  • Pendaftaran
  • Seleksi atau pengusulan oleh Kementerian/Lembaga/Pemda
  • Pendaftaran pada website LPDP
  • Seleksi Berbasis Komputer
  • Seleksi Substansi

• Jadwal Penting LPDP 2018

1. Tahap I: Dalam Negeri

Program Beasiswa Reguler, Beasiswa Dokter Spesialis, dan Beasiswa Afirmasi (kecuali Beasiswa Santri, BIT, dan BUDI).
a) Pembukaan pendaftaran: 7 Mei 2018
b) Submit dokumen: 7 Mei – 8 Juni 2018
c) Penutupan pendaftaran: 8 Juni 2018
d) Penetapan hasil seleksi administrasi: 29 Juni 2018
e) Seleksi Berbasis Komputer: 9-25 Juli 2018**
f) Penetapan hasil Seleksi Berbasis Komputer: 31 Juli 2018
g) Seleksi substansi: 13 Agustus – 7 September 2018
h) Pengumuman hasil seleksi substansi: 14 September 2018

2. Tahap II: Luar Negeri
Program Beasiswa Reguler, dan semua Beasiswa Afirmasi (untuk Beasiswa Afirmasi Santri, perguruan tinggi tujuan dalam negeri dan luar negeri)
a) Pembukaan pendaftaran: 2 Juli 2018
b) Submit dokumen: 2 Juli – 21 September 2018
c) Penutupan pendaftaran: 21 September 2018
d) Penetapan hasil seleksi administrasi: 12 Oktober 2018
e) Seleksi Berbasis Komputer: 22 Oktober – 12 November 2018**
f) Penetapan hasil Seleksi Berbasis Komputer: 17 November 2018
g) Seleksi substansi: 26 November – 22 Desember 2018
h) Pengumuman hasil seleksi substansi: 28 Desember 2018

3. Beasiswa Disertasi Periode I
a) Pembukaan pendaftaran: 7 Mei 2018
b) Submit dokumen: 7 Mei – 8 Juni 2018
c) Penutupan pendaftaran: 8 Juni 2018
d) Seleksi desk evaluation: 13 Agustus – 7 September 2018
e) Pengumuman hasil seleksi desk evaluation: 14 September 2018

4. Beasiswa Disertasi Periode II
a) Pembukaan pendaftaran: 9 Juni 2018
b) Submit dokumen: 9 Juni – 21 September 2018
c) Penutupan pendaftaran: 21 September 2018
d) Seleksi desk evaluation: 26 November – 22 Desember 2018
e) Pengumuman hasil seleksi desk evaluation: 28 Desember 2018

• Tempat Pelaksanaan Seleksi Berbasis Komputer dan Seleksi Substansi LPDP 2018

• Proses dan Waktu Pelaksanaan Seleksi Beasiswa LPDP 2018

Proses Seleksi:
Daftar Online –> Pengumuman Seleksi Administrasi –> Wawancara –> Pengumuman Hasil Wawancara –> Program Kepemimpinan (PK) –> Pengumuman Kelulusan.

Waktu Pelaksanaan:
Pendaftaran beasiswa ini di buka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali.

• Biaya yang ditanggung Beasiswa LPDP 2018

Biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, biaya tesis/disertasi/penelitian, biaya wisuda, biaya transport PP, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, biaya hidup dan biaya kedatangan.

• Sasaran Bidang Ilmu Prioritas

Beberapa Bidang ilmu yang menjadi prioritas dari LPDP saat ini adalah : Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang Pertanian, Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Hukum, Bidang Agama, Bidang Pendidikan, Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa, Bidang lainnya.

• Syarat Umum bagi Calon Penerima Beasiswa Afirmasi

1. Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1), atau program magister (S2).
3. Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi.
4. Memiliki Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas/Klinik
5. Pemerintah dengan masa berlaku paling lama 6 (enam) bulan.
6. Usia maksimum pendaftar program magister pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 40 (empat puluh) tahun, dan usia maksimum pendaftar program doktoral pada 31 Desember di tahun pendaftaran adalah 45 (empat puluh lima) tahun.
7. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk program Magister dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 2,75 pada skala 4 atau yang setara, dan 3,00 pada skala 4 atau yang setara untuk program doktoral.

Harap diperhatikan bahwa pendaftar yang lulus seleksi di tahun 2018 dapat memulai perkuliahan di tahun 2019 dan tidak ada opsi pindah perguruan tinggi setelah submit dokumen dan lulus seleksi LPDP. Mulai tahun 2018, LPDP juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa melalui mekanisme co-funding. Jika memilih mekanisme ini, penerima beasiswa akan bersama-sama membiayai pendidikannya dengan LPDP (sharing cost) dapat memberikan kesempatan lebih banyak beasiswa bagi putera-puteri terbaik bangsa yang lain.

Nah, itu tadi informasi seputar pendaftaran beasiswa LPDP 2018 yang bisa Mamikos sampaikan kepada kalian. Sebagai informasi tambahan untuk kalian, kuota beasiswa LPDP tahun 2018 ini hanya tersedia sebanyak 4.000 kursi. Jadi untuk kalian yang tertarik mendapatkan beasiswa LPDP 2018, segera catat persyaratan dan ingat kembali tanggal-tanggal penting terkait pendaftaran beasiswa LPDP 2018 ini ya.

Mamikos doakan semoga kalian bisa mendapatkan beasiswa LPDP 2018 dan menggapai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Jika ada informasi seputar beasiswa LPDP 2018 yang kurang, kalian bisa cari informasi lainnya di situs Mamikos. Jangan lupa juga download aplikasi Mamikos di Play Store agar tidak ketinggal informasi ter-updatenya ya!