Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya Tahun Ajaran 2019/2020!

 Mamikos | Sel, 15 Jan 2019

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta – Buat kamu yang sekarang duduk di kelas XII, tentu selain sibuk mempersiapkan Ujian Nasional (UN) 2019 juga sibuk memikirkan tentang Perguruan Tinggi mana yang akan menjadi tujuan mengenyam pendidikan selanjutnya. Buat kita yang pengin melanjutkan studi di universitas swasta, beberapa kampus udah mulai membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 lho! Buat kamu yang berada di Jakarta sekitarnya dan berkeinginan melanjutkan pendidikan di universitas swasta, ternyata ada beberapa kampus yang sudah mulai membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 lho! Kota yang terkenal dengan kerak telornya ini memang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi pula. Banyak Perguruan Tinggi atau Universitas swasta di Jakarta yang menjadi incaran mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut ini Mamikos akan memberikan informasi untuk kalian yang ingin melanjutkan studi di universitas swasta di Jakarta dan sekitarnya. Karena nyatanya sudah ada beberapa universitas yang sudah membuka pendaftaran 2018/2019. Apa saja sih universitas yang sudah membuka pendaftaran 2019/2020 ini? Nah, langsung saja simak infonya di bawah ini.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya
Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya

1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia. Menduduki peringkat ke-23 sebagai Universitas terbaik di Indonesia, Universitas Trisakti atau yang lebih akrab disapa Usakti ini terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol, yang merupakan sebuah kawasan padat perkotaan di daerah Jakarta Barat. Salah satu universitas swasta favorit di Ibukota ini kabarnya sudah membuka pendaftaran ujian masuk dari tanggal 1 November 2018 hingga 10 Agustus 2019 mendatang. Pelaksanaan ujian masuk pun dilakukan setiap bulan di tanggal yang berbeda.

Buat kamu yang tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Trisakti, kamu diharuskan untuk membuat akun di spmb.trisakti.ac.id terlebih dahulu. Setelah membuat akun dan mengisi data diri, kamu diharuskan untuk membayar biaya ujian masuk sesuai dengan yang tertera pada website.
Jika kamu sudah membayar biaya pendaftaran, nantinya kamu bisa langsung mencetak kartu ujian, dan mengikuti ujian masuk sesuai dengan tanggal yang udah ditentukan. Sebagai informasi tambahan, ujian masuk di Universitas Trisakti ini akan ada dua tahapan tes. Tahapan pertama adalah Ujian Saring Masuk (USM), kemudian tahapan kedua meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kepribadian. Nantinya soal yang akan diujikan pada Ujian Saring Masuk (USM) ini terdiri dari tes tertulis dan juga tes menggambar. Sedangkan untuk TPA dan Tes Kepribadian merupakan tes psikologi yang akan disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Hasil Ujian Saring Masuk (USM) biasanya diumumkan sehari setelah tanggal tes, sedangkan untuk seleksi tahap 2 (TPA dan Tes Kepribadian) diumumkan seminggu setelah tanggal tes.

2. Bina Nusantara University (Binus)

Dikenal dengan sapaan Binus University, Universitas swasta di Jakarta yang satu ini bernanung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Dengan spesialisasi sebagai kampus teknologi informasi, Binus University kini menjelma menjadi salah satu universitas yang disegani di Indonesia. Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds merilis QS ASIA University Ranking 2019 berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan terhadap lebih dari 400 perguruan tinggi dari 17 negara di Asia dan 23 perguruan tinggi di Indonesia.

Hingga sekarang ini, Binus University masih menduduki peringkat ke-15 sebagai Universitas terbaik di Indonesia. Kampus favorit yang satu ini juga kabarnya telah membuka pendaftaran ujian masuk mahasiswa baru 2019/2020. Jika kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa Binus University ini, kamu bisa mendaftarkan diri dari sekarang karena pendaftarannya sudah mulai dibuka dari tanggal 17 Desember 2018 kemarin dan akan ditutup pada tanggal 19 Januari 2019 ini. Adapun tahapan tes ujian masuk yang akan kamu ikuti di Binus University ini adalah Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS).

Tes ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 19 dan 20 Januari 2019 mendatang. Untuk mengikuti tes ini, kamu harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 300.000 terlebih dahulu. Sebagai info tambahan, kamu juga berkesempatan mendapatkan beasiswa sebesar 50% kalau TPKS kamu mendapatkan hasil yang bagus lho! Jadi jangan asal dikerjakan ya Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS) nya!

3. Universitas Katolik Atma Jaya

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan bergengsi, Unika Atma Jaya mendapat rangking ke-3 di antara seluruh universitas swasta di Indonesia menurut versi Majalah Globe Asia (2008). Tak sampai disitu saja, Unika Atma Jaya juga masuk ke dalam kategori 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut survey PDAD tahun 2011 lalu. Kini, Unika Atma Jaya telah memiliki delapan fakultas dengan dua puluh satu program studi untuk program sarjana (S1) dan Program Pasca Sarjana dengan tujuh program magister: Magister Manajemen (MM) dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 1992, Magister Profesi Psikologi pada 2005, Magister Bioteknologi pada 2011, Magister Sains Psikologi, Magister Ilmu Hukum pada 2012 dan Magister Teknik Mesin pada 2013 serta satu program doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) pada tahun 2002. Untuk program sarjana (S1): Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) berdiri pada tahun 1960, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992 dan Program Magister Profesi Psikologi tahun 2005, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002.

Apabila kamu tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa dari Unika Atma Jaya ini, kamu sudah bisa mendaftarkan diri lho! Kabarnya, Unika Atma Jaya sudah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru untuk periode bulan Januari 2019. Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun offline dari tanggal 17 Desember 2018 hingga 11 Januari 2019. Nantinya, Tes Regulernya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2019, berlokasi di kampus Semanggi Unika Atma Jaya.

Jenis tes yang akan diujikan antara lain; ujian bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik, Tes Kepribadian, dan wawancara. Tapi, enggak semua tes ini akan kamu ikuti, karena disesuaikan dengan Fakultas dan jurusan yang kamu pilih juga. Kamu pun bisa mengetahui hasil tesnya seminggu setelah jadwal tes yaitu pada tanggal 21 Januari 2019. Adapun tes ini akan dikenakan biaya sebesar Rp.300.000.

4. London School Public Relation (LSPR)

STIKOM The London School of Public Relations atau STIKOM-LSPR merupakan sebuah Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi Swasta Nasional dengan konsentrasi Mass Communication, Public Relations, Marketing, Digital media & advertising, International relations dan Performing Arts of Communication, yang berdiri sejak 1 Juli 1992. Setelah 7 tahun, pada tahun 1999 akhirnya lembaga tersebut diresmikan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi-The London School of Public Relations (STIKOM-LSPR). Prita memimpin langsung lembaga itu dengan menjabat sebagai direkturnya. STIKOM LSPR menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi dengan konsentrasi mass communication, digital media & advertising, performing arts communication, public relations, international relations, dan marketing. Pada tahun 2016, STIKOM LSPR merencanakan penambahan 3 jurusan baru yaitu tourism & hospitality communication, entrepreneurship business communication, dan maritime communication yang totalnya akan ada 9 konsentrasi pada tahun 2017 nanti.

Kabarnya, LSPR sudah membuka pendaftaran gelombang ke-III nya nih! Pendaftaran ujian masuk gelombang III nya sudah dibuka dari tanggal 15 Desember 2018 hingga 11 Januari 2019 mendatang. Tes masuknya akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2019 yang akan datang. Adapun tes yang harus kamu ikuti antara lain; tes Pengetahuan Umum, Matematika Logika, dan English Placement Test.
Selain ketiga jenis tes di atas, kamu juga wajib mengikuti tes beasiswa reguler yang nantinya berpengaruh sama potongan biaya kuliah yang akan kamu dapat. Untuk mengikuti tes masuk di LSPR ini nantinya kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000. Kamu pun bisa mengetahui hasil tesnya di pada tanggal 14 Januari 2019. Di LSPR juga bakal ada jadwal pertemuan dengan orang tua atau wali dari calon mahasiswa lho! Pertemuan ini dijadwalkan akan berlangsung tanggal 16 Januari 2019.

5. Universitas Budi Luhur (UBL)

Menjadi salah satu universitas swasta paling bergengsi di Ibukota, Universitas Budi Luhur ini terletak di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pada awalnya, universitas ini berdiri sebagai sebuah akademi. Akademi yang saat itu bernama Akademi Ilmu Komputer Budi Luhur ini berdiri pada tahun 1979. Namun, seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan sekolah tinggi tingkat lanjutan, akademi tersebut kemudian berganti menjadi sebuah universitas dan disebut dengan Universitas Budi Luhur. Pergantian dari akademi ke universitas ini terjadi pada tahun 2002 berdasarkan keputusan dari Menteri Pendidikan Nasional. Saat ini, Universitas Budi Luhur menjadi salah satu universitas swasta yang diminati oleh banyak pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kalau kamu juga pengen kuliah di Universitas Budi Luhur, baca dulu nih informasi tentang pendaftaran dan biaya kuliah Universitas Budi Luhur.

Sering disapa dengan singkatan UBL, Universitas Budi Luhur memiliki 5 fakultas dan 1 akademik. Semuanya tersedia dengan jenjang S1 dan D3. Semua prodi di universitas ini sudah terakreditasi oleh BAN PT dan memiliki status disamakan bagi yang D3. Beberapa di antara fakultas yang dimiliki oleh Universitas Budi Luhur adalah Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki satu prodi yaitu prodi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ekonomi memiliki dua prodi yaitu prodi Akuntansi dan Manajemen. Fakultas Teknik memiliki prodi Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Arsitektur. Fakultas Teknologi Informasi memiliki tiga prodi yaitu prodi Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Teknik Informatika. Sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki prodi Hubungan Internasional dan Kriminologi.

Kabarnya, UBL juga sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 gelombang I dari bulan Oktober 2018 lalu dan akan berakhir bulan Desember 2018 ini. Tes untuk gelombang I sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2019 mendatang nih. Tesnya dikenakan biaya sebesar Rp. 250.000, ya! Kamu pun enggak perlu takut enggak lolos, karena dari hasil tes yang udah kamu lakukan, kamu akan mendapatkan grade yang nantinya berhubungan sama biaya kuliah yang harus kamu bayar dan beasiswa.

Sebagai informasi tambahan, ternyata enggak cuma pendaftarannya aja yang dilakukan secara online karena tesnya pun akan dilaksanakan secara online lho! Buat yang ketinggalan pendaftaran gelombang I juga enggak usah khawatir, karena akan ada pendaftaran gelombang ke II yang akan dibuka setelah proses pendaftaran gelombang I telah usai. Kamu bisa pantau terus informasi ter-updatenya di Mamikos ya!

6. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanagara adalah salah satu universitas yang berada di Jakarta, Indonesia. Nama universitas ini berasal dari nama kerajaan Tarumanagara. Universitas ini berdiri sejak Oktober 1959 dengan ditandai berdirinya “Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara” di bawah naungan “Yayasan Tarumanagara” yang berdiri pada tanggal 18 Juni 1959. Pada tahun 1967 merupakan awal kebangkitan kembali UNTAR. Saat itu diresmikan penggunaan kampus Jalan S. Parman dengan upacara yang cukup meriah pada waktu itu. Peresmian itu dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Dr. R. Soewondo, yang kemudian pada tahun 1974 menjabat sebagai Ketua Yayasan Tarumanagara

Untuk kamu yang tertarik menjadi mahasiswa kampus yang satu ini kabarnya kamu bisa menempuh 2 jalur masuk terlebih dahulu, yang pertama ada jalur Penelusuran prestasi (PP) dan jalur Ujian Saringan Masuk (USM). Pendaftaran jalur PP juga kabarnya sudah dibuka dan akan ditutup pada tanggal 31 Januari 2019. Hasil dari Penelusuran prestasi (PP) sendiri akan diumumkan di tanggal 15 Februari 2019. Untuk Ujian Saringan Masuk (USM), pendaftaran akan ditutup pada tanggal 19 Januari 2019. Tesnya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019. Formulir pendaftaran bisa kamu dapatkan di situs resmi Universitas Tarumanegara. Kamu juga bisa lho daftar langsung ke kampusnya, jika ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjutnya lagi.

7. Universitas Paramadina

Universitas Paramadina didirikan sebagai kampus peradaban yang terbuka dengan mengedepankan nilai-nilai Ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan Ke-Moderenan. Universitas Paramadina mempersiapkan mahasiswa untuk siap menghadapi tantangan kompetisi global. Kesempatan menjalin kerjasama baik secara nasional dan internasional sebagai langkah awal pengembangan kompetensi menjadi sumber daya manusia Indonesia berkualitas dalam persaingan dunia. Universitas Paramadina memiliki visi menjadi universitas unggulan berbasiskan etika-religius untuk mewujudkan peradaban yang luhur.

Buat kalian yang minat kuliah di Universitas Paramadina, kampus ini memiliki 8 program studi. Delapan jurusan ini antara lain ada jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Produk Industri, Falsafah dan Agama, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Psikologi, dan Teknik Informatika. Tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa berbakat di Universitas Paramadina? Segera daftarkan diri kamu karena Universitas Paramadina sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020.

Pendaftaran calon mahasiswa baru 2019/2020 Universitas Paramadina sudah dilakukan secara online dari bulan Oktober 2018 lalu dan akan berakhir pada tanggal 30 April 2019. Kamu pun diwajibkan untuk menyerahkan beberapa persyaratan ke bagian administrasi sebelum melakukan tes. Untuk dapat mengikuti tes masuk Universitas Paramadina, kamu juga diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000. Nantinya, kamu akan mengikuti beberapa tes meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan tes beberapa mata pelajaran yang di-UN-kan, serta beberapa materi SNMPTN dan SBMPTN. Untuk jadwal tesnya sendiri belum diumumkan, jadi pantengin terus situs resmi dari Universitas Paramadina, ya!

8. Universitas Mercu Buana Jakarta

Universitas Mercu Buana adalah salah satu kampus PTS terbaik dan masuk urutan 10 besar, awalnya bermula dari pengembangan mahasiswa kuliah dan sampai akhirnya berubah menjadi lebih besar sampai sekarang ini. Tidak hanya itu saja Mercu Buana memiliki banyak sekali fakultas yang tersedia dan beberapa fasilitas lainnya, jika dilihat sepintah tidak ada yang special dari kampus ini masih sama seperti kebanyakan kampus pada umumnya, tetapi setelah diamati yang memiliki perbedaan adalah cara belajar, tidak tanggung-tanggung Mercu Buana selalu meningkatkan kwalitas belajar para siswa agar bisa bersaing tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia.

Meski Swasta Mercu Buana tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri atau kampus elite lainnya, terlebih Jakarta merupakan pusat kota dan persaingan sumber daya manusia juga tinggi apalagi untuk kampus jika tidak berkualitas dipastikan tidak akan bisa bertahan, itulah rahasia sukses kampus yang akrab dipanggil mercu buana tersebut selain itu kampus ini beberapa kali mendapatkan penghargaan atas prestasi gemilang kampus. Berdiri sejak tahun 1985, kampus utama Universitas Mercu Buana atau biasa disebut Kampus A terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Sedangkan untuk kampus lainnya, yakni Kampus B, berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Kampus C di Depok, Jawa Barat, serta Kampus D di Bekasi, Jawa Barat.

Kampus favorit di Ibukota yang satu ini juga kabarnya telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Jika tertarik, kamu bisa mengikuti test beasiswa UMB yang telah dibuka dari Desember 2018 lalu hingga 18 Januari 2019 mendatang. Nantinya akan dilakukan tes seleksi wawancara pada tanggal 19 Januari 2019, dan hasil tes seleksi tersebut akan diumumkan pada 24 Januari 2019.

9. Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan di Indonesia yang berada di Jakarta, Indonesia. Sesuai dengan motonya yaitu “Melayani bukan dilayani”, UKI hadir untuk melayani dan mengabdi kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan pendidikan sebaik-baiknya. Pada awal nya Universitas Kristen Indonesia terdiri atas 7 fakultas, 3 akademi dan program pascasarjana, namun ingga saat ini UKI telah memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sastra (FS), Ekonomi (FE), Hukum (FH), Kedokteran (FK), Teknik (FT), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL). Selain ketujuh fakultas tersebut, UKI juga memiliki 3 akademi yang terdiri dari Akademi Fisioterapi, Akademi Keperawatan, dan Akademi Perbankan, serta Program Pascasarjana.

Perguruan tinggi swasta yang satu ini juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Bagi kamu yang tertarik mendaftarkan diri di fakultas kedokteran Universitas Kristen Indonesia, kamu bisa melakukan registrasi online pada tanggal 13 November – 06 Desember 2018. Nantinya akan diadakan ujian saringan masuk pada 08 Desember 2018. Dan hasil dari ujian saringan masuk tersebut akan diumumkan pada 15 Desember 2018.

Nah, untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri di fakultas non kedokteran di Universitas Kristen Indonesia, kamu bisa melakukan registrasi online yang dibuka pada 03 Desember 2018 hingga 17 Januari 2019. Nantinya, kamu diwajibkan untuk mengikuti ujian saringan masuk yang diadakan pada tanggal 19 Januari 2019. Selanjutnya hasil dari tes tersebut akan diumumkan pada 26 Januari 2019. Silahkan melakukan registrasi online di pmb.uki.ac.id.

Itulah ulasan singkat terkait jadwal pendaftaran UM Universitas swasta di Jakarta dan sekitarnya. Jika Anda tertarik untuk melanjutkan kuliah di kota metropolitan yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan daftar diatas sebagai rujukan tepat dalam mencari kampus terbaik. Dari sekian kota yang ada di Indonesia, entah kenapa Ibukota Jakarta masih saja menjadi magnet bagi para remaja dari berbagai penjuru daerah yang ingin mengenyam pendidikan. Di Jakarta sendiri memang terdapat banyak kampus yang berkualitas, dimana bukan hanya kampus yang berstatus universitas negeri saja namun juga universitas swasta yang tentu tidak bisa kamu pandang remeh sebelah mata.

Untuk mendapatkan informasi mengenai universitas terbaik di kota lainnya di Indonesia serta informasi kost Jakarta murah dan sewa apartemen di Jakarta serta di seluruh Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situs Mamikos, dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: [sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya Tahun Ajaran 2019/2020!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Jakarta dan sekitarnya Tahun Ajaran 2019/2020!