Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Jogja 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Jogja 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya – Sebentar lagi pelaksanaan seleksi untuk penerimaan calon mahasiswa baru akan kembali dibuka untuk tahun akademik 2022/2023. Apakah kamu sudah siap menghadapinya dan menentukan kampus serta jurusan tujuan yang akan diambil?

Buat kamu yang tertarik untuk lebih mendalami pendidikan dalam bidang seni, maka ISI Jogja menjadi pilihan tepat atau sebagai bahan pertimbangan tujuan yang akan diambil. Apabila kamu tertarik dengan kampus satu ini, cari tahu dulu mengenai pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 seperti yang akan bahas pada artikel kali ini.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Jogja 2022

sdm.isi.ac.id

Berbicara mengenai pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022, tentunya pihak kampus sendiri juga memiliki aturannya masing-masing. Hal ini lebih condong ke arah persyaratan yang perlu dipenuhi oleh para peserta yang ingin mengikuti seleksi.

Terdapat dua jenis persyaratan yang perlu dipenuhi dengan baik yaitu secara umum dan kesehatan. Pada beberapa program studi, peserta perlu untuk memiliki kondisi kesehatan yang benar-benar fit agar nantinya tidak mengganggu kelancaran dalam menyelesaikan pendidikan.

Hal ini penting untuk diperhatikan dan dipahami dengan baik karena menyangkut keberlangsungan dari pelaksanaan seleksi yang ada. Tentunya kamu perlu untuk berada dalam kondisi yang benar-benar sehat untuk bisa dengan lancar menjalani seleksi ini.

Tidak hanya sampai tahap seleksi saja, tetapi jika sudah diterima akan lebih baik untuk bisa menjalankan pendidikan dengan lancar dan baik-baik saja. Oleh karena itu, pihak kampus sendiri memberlakukan persyaratan untuk kesehatan dengan lebih detail.

Perhatikan dan pahami persyaratan tersebut dengan baik seperti yang ada di bawah ini.

A. Syarat Umum

Berikut ini merupakan syarat umum yang perlu untuk kamu penuhi saat melakukan pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 diantaranya:

  1. Peserta merupakan lulusan dari SMA/MA/SMK atau Paket C dari semua jurusan dan tidak terbatas jurusan tertentu.
  2. Peserta memiliki ijazah/STTB atau bagi yang lulus pada tahun 2022, bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan oleh pihak sekolah. Surat Keterangan Lulus tersebut wajib untuk menyertakan nilai dari hasil ujian sekolah.
  3. Peserta juga bisa menggunakan Surat Keterangan Kelas 12 yang disertai dengan dokumen nilai rapor semester 3 sampai 5. Khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah.
  4. Bagi peserta yang sebelumnya sudah pernah menjadi mahasiswa ISI Jogja, maka perlu untuk melaporkan hal ini ke pihak panitia terlebih dahulu.

B. Syarat Kesehatan

Bentuk persyaratan untuk pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 selanjutnya yang perlu dipenuhi yaitu berkaitan dengan kondisi kesehatan. Secara umum, peserta diwajibkan untuk berada dalam kondisi yang sehat agar nantinya tidak mengganggu jalannya seleksi calon mahasiswa baru.

Secara lebih detail, berikut ini persyaratan berkaitan dengan kesehatan peserta yang perlu untuk diperhatikan dan dipenuhi diantaranya:

  1. Peserta yang memilih Fakultas Seni Pertunjukan diwajibkan untuk memiliki kondisi tertentu. Beberapa diantaranya seperti kondisi paru-paru yang sehat, THT tidak terganggu, tidak gagap dan mengalami cacat secara fisik. Hal ini dilakukan agar proses studi yang dijalani tidak akan terganggu.
  2. Peserta yang memilih program studi Tari, Teater, Pendidikan Seni Pertunjukan, dan Seni Pedalangan bebas dari buta warna yang dibuktikan dengan keterangan dari dokter spesialis.
  3. Peserta yang memilih Fakultas Seni Rupa wajib untuk tidak mengalami buta warna, tidak gagu, tidak mengalami gagap, serta cacat fisik. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan proses studi bisa berjalan dengan lebih lancar.
  4. Peserta yang memilih Fakultas Seni Media Rekam diwajibkan untuk tidak mengalami buta warna serta tidak ada cacat secara fisik. Syarat ini diberikan untuk menghindari proses studi yang menjadi terganggu.

Pelaksanaan Seleksi dan Biaya Jalur Mandiri ISI 2022

Dalam pelaksanaan pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 sendiri, terdapat beberapa ketentuan yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini penting agar nantinya saat menjalankan seleksi, kamu sudah tahu apa saja yang perlu untuk dilakukan.

Berikut ini ketentuan dalam pelaksanaan seleksi untuk jalur mandiri di ISI Jogja diantaranya:

  1. Peserta wajib untuk menyelesaikan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00 untuk tiap orangnya.
  2. Keseluruhan proses pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 akan dilaksanakan secara online.
  3. Peserta wajib untuk mengunggah portofolio yang diminta dari setiap program studi sesuai dengan ketentuan resmi yang ada.
  4. Informasi lengkap mengenai panduan untuk membayar, cara pembayaran, ketentuan portofolio, serta tata cara pendaftaran secara lengkap bisa didapatkan di sini.

Fakultas dan Program Studi yang Ada di ISI Jogja

Membahas mengenai pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 tentunya perlu juga untuk menyinggung tentang fakultas dan program studi yang ditawarkan. ISI Jogja bisa dikatakan lengkap dalam hal program studi yang berkaitan dengan bidang seni yang lebih luas.

Apabila kamu masih bingung untuk menentukan pilihan program studi mana yang akan diambil, maka perlu untuk mengetahui apa saja yang ada di ISI Jogja itu sendiri. Maka dari itu, berikut ini akan diberikan informasi mengenai fakultas dan program studi yang ada di ISI Jogja.

A. Fakultas Seni Pertunjukan

Berikut ini terdapat beberapa program studi yang menjadi bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Jogja diantaranya:

  1. Program studi D4 Penyajian Musik
  2. Program studi S1 Tari
  3. Program studi S1 Seni Karawitan
  4. Program studi S1 Musik
  5. Program studi S1 Penciptaan Musik
  6. Program studi S1 Pendidikan Musik
  7. Program studi S1 Teater
  8. Program studi S1 Etnomusikologi
  9. Program studi S1 Seni Pedalangan
  10. Program studi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan

B. Fakultas Seni Rupa

Berikut ini merupakan program studi yang termasuk ke dalam Fakultas Seni Rupa ISI Jogja diantaranya:

  1. Program studi D3 Batik dan Fashion
  2. Program studi S1 Seni Murni
  3. Program studi S1 Kriya
  4. Program studi S1 Desain Interior
  5. Program studi S1 Desain Komunikasi Visual
  6. Program studi S1 Desain Produk
  7. Program studi S1 Tata Kelola Seni

C. Fakultas Seni Media Rekam

Berikut ini merupakan program studi yang ada di Fakultas Seni Media Rekam ISI Jogja diantaranya:

  1. Program studi D3 Animasi
  2. Program studi S1 Fotografi
  3. Program studi S1 Film dan Televisi

Itu tadi merupakan informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri ISI Jogja 2022 yang perlu untuk perhatikan dan pahami dengan baik. Apakah kamu menjadi semakin yakin untuk mendaftarkan diri pada PTN satu ini?

Tentunya jika kamu sudah memantapkan diri dengan baik, maka perlu untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran dan memilih program studi apa yang nantinya akan diambil. Informasi lainnya seputar penerimaan universitas atau seleksi calon mahasiswa baru 2022/2023 yang terbaru bisa kamu dapatkan di situs blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta