Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa TA 2019/2020!

 Mamikos | Jum, 18 Jan 2019

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa – Pendidikan itu adalah hal yang penting untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Sekolah merupakan wadah yang siap memberikan pendidikan kepada mereka yang membutuhkan. Selain memperoleh ilmu, pendidikan juga sebagai cara untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dengan kata lain, pendidikan berguna untuk membangun jaringan yang lebih luas.

Tingkat pendidikan seseorang sangatlah berpengaruh pada profesi yang akan dilakoninya nanti. Apabila tingkat pendidikannya tinggi, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan profesi yang tinggi. Tak heran jika orang menghabiskan waktu berpuluh-puluh tahun demi memperoleh gelar di bidang pendidikan salah satunya memperoleh gelar sarjana contohnya.

Semua orang punya cita-cita sejak ia kecil. Ada yang bercita-cita jadi dokter, guru, polisi, hakim, dan lain sebagainya. Untuk menggapai cita-cita tersebut, dibutuhkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya. Cita-cita ini sifatnya tidak tetap. Artinya, cita-cita seseorang bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Ada pula orang yang tidak kesampaian cita-citanya, tapi memiliki pekerjaan yang bagus. Hal ini bisa terjadi apabila seseorang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Pada kenyataannya, tingkat pendidikan seseorang memang akan menentukan apa profesinya pada masa mendatang.

Melanjutkan pendidikan tidak melulu harus tertuju pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tidak lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bukanlah akhir dari dunia. Masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun sebenarnya bukanlah sesuatu yang buruk, malah justruk cukup membanggakan juga karena sudah banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas pendidikan sangat baik. Jika kamu setuju, berikut Mamikos akan berikan informasi sedikit seputar universitas yang sudah membuka pendaftaran 2019/2020.

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa
Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa

1. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan salah satu universitas milik Yayasan Pendidikan Muhammadiyah di Pulau Sumatera. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendedikasikan diri sebagai tempat untuk mencetak generasi bangsa yang agamis dan cerdas. Tak heran jika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini menjadi kampus swasta favorit di Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menduduki peringkat ke-75 dan 5174 di dunia.

Bagi kamu yang tertarik meneruskan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, kabarnya universitas swasta yang satu ini sudah membuka penerimaan mahasiswa baru mulai tanggal 14 Januari 2019 hingga 28 September 2019 mendatang untuk jalur Computer Based Test dan pada tanggal 08 April 2019 hingga 18 Juni 2019 untuk jalur Paper Based Test. Umumnya, ada dua jalur tes masuk yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk penerimaan mahasiswa baru.

  • Paper Based Test (PBT)

Tes seleksi yang diselenggarakan dengan menggunakan soal tertulis dalam lembar kertas. PBT dilaksanakan dalam tiga gelombang Calon Mahasiswa dapat memilih program studi yang ada di UMSU, Calon Mahasiswa dapat mengikuti PBT sebanyak tiga kali.

– Prosedur pendaftaran PBT secara langsung:

  1. Calon mahasiswa menuju loket informasi Penmaru untuk mengisi formulir identitas pendaftar.
  2. Mengisi identitas formulir pendaftaran secara online.
  3. Persyaratan pendaftaran, yaitu :
     Membayar biaya pendaftaran IPA/IPS : Rp. 400.000 – Selama masa promosi event (s/d tanggal 26 Aproil 2018) menjadi Rp. 100.000,-
     Fotocopy Ijazah/SKHU/Raport SMA/sederajat yang sudah dilegalisir.
     Pas Foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
     Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.
  4. Melakukan tes kesehatan.
  5. Mencetak kartu peserta ujian/tes.
  6. Mengikuti tes PBT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

– Prosedur Pendaftaran PBT secara Online:

  1. Melakukan pendaftaran online melalui http://penmaru.umsu.ac.id
  2. Mahasiswa mencetak bukti untuk pembayaran pendaftaran dan melakukan pembayaran melalui bank BSM dan BRI Syariah.
  3. Mahasiswa membawa kelengkapan berkas persyaratan pendaftaran selanjutnya mengisi biodata secara online.
  4. Mahasiswa melakukan tes kesehatan
  5. Mahasiswa menerima kartu peserta ujian
  6. Mahasiswa mengikuti ujian/tes tulis dan tes lisan
  7. Mahasiswa melihat pengumuman kelulusan melalui Website http://penmaru.umsu.ac.id

– Tata Cara Pendaftaran PBT secara Online:

  1. Mendaftarkan diri melalui website http://penmaru.umsu.ac.id dengan mengisikan nama lengkap, email dan program studi yang diminati. Setelah melakukan proses pendaftaran, peserta akan mendapatkan bukti pendaftaran yang berisi Nomor Pendaftaran, Pasword dan data lainnya serta jumlah biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh peserta.
  2. Melakukan pembayaran pada Bank Syariah Mandiri atau BRI Syariah di seluruh wilayah Indonesia menggunakan Nomor Pendaftaran yang tertera pada bukti pendaftaran dengan jumlah yang tertera pada bukti pendaftaran tersebut. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada menu Alur & Tata Cara
  3. Mengisi Biodata dan Kelengkapan Lain Online
     Gunakan Nomor Pendaftaran sebagai Username dan password yang tertera pada bukti pendaftaran untuk login ke laman khusus peserta.
     Melakukan proses login pada Halaman Login
     Setelah proses login berhasil anda akan otomatis di arahkan ke halaman pengisian biodata
     Mengisi biodata, data orang tua, data sekolah, data ujian nasional dan pilihan program studi
     Unggah pas foto. Syarat: jenis file JPG, 472 x 709 pixel, dan tidak lebih dari 1 Mb
     Lakukan Login Ulang pada laman khusus Calon Peserta Ujian Untuk Memastikan Anda Sudah terdaftar pada sistem Pendaftaran Online, Jika pendaftaran anda berhasil pada layar akan tampil Foto, Nama, Email dan Pilihan Program Studi Anda.
     Apabila anda mengalami kesulitan dalam pengisian data,bisa menghubungi Contact Person Aisyah, Nisa, Assyifah dan Ara No HP. 081375030997 dan 081375030998 pada pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB atau email [email protected]
  4. Mencetak Kartu Ujian
  5. Wajib melakukan Tes Kesehatan di poliklinik UMSU sebelum pelaksanaan ujian, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum ujian dilaksanakan. Jadwal Tes Kesehatan Untuk Non Kedokteran bertempat di Aula Kampus UMSU Jl. Kapt. Mukhtar Basri No. 3 Medan pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk Fakultas Kedokteran jadwal tes kesehatan dapat dilihat di halaman Jadwal Pendaftaran.
  6. Anda harus ke halaman menu download laman pengisian data calon mahasiswa atau Klik Panduan Pendaftaran dan Pengisian Form Biodata PMB Online
  • Computer Based Test (CBT)

Layanan tes dengan nama one day service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar dan langsung melakukan tes yang hasilnya dapat diketahui setelah tes. Tes dilaksanakan di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Setiap calon mahasiswa dapat mengikuti CBT maksimal tiga kali. Pendaftaran ditutup setelah kuota terpenuhi.

– Prosedur Pendaftaran CBT:

  1. Calon mahasiswa menuju loket informasi penmaru untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.
  2. Memenuhi syarat pembayaran :
     Membayar biaya pendaftaran IPA/IPS Rp. 400.000- Selama masa promosi event menjadi (Rp. 100.000 s/d tanggal 26 April 2018)
     Foto copy Ijazah/SKHU/Raport SMA/sederajat yang sudah dilegalisir.
     Pas Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
     Foto copy KTP dan Kartu Keluarga.
  3. Tes Kesehatan.
  4. Mengikuti tes CBT.
  5. Menunggu hasil CBT dan Jadwal Registrasi Ulang.

– Tata Cara Pendaftaran CBT secara Online:

Layanan tes dengan nama one day service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar dan langsung melakukan tes yang hasilnya dapat diketahui setelah tes. Tes dilaksanakan di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Setiap calon mahasiswa dapat mengikuti CBT maksimal tiga kali. Pendaftaran ditutup setelah kuota terpenuhi.

  • Ketentuan umum untuk mengikuti jalur tes (PBT dan CBT) :
  1. Dalam formulir pendaftaran siswa dapat menentukan program studi dalam kelompok IPA atau IPS.
  2. Untuk pilihan pada program studi teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, pendidikan matematika, agroekoteknologi dan teknologi hasil pertanian hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA atau SMK jurusan eksakta.
  3. Untuk pilihan program studi pendidikan dokter hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA

2. Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan pada tanggal 19 Juni 1963 sebagai cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Pendirian Perguruan Tinggi ini adalah realisasi dari hasil Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke-21 di Kabupaten Bantaeng. Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) mengemban tugas dan peran yang sangat besar bagi agama, bangsa dan negara, baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Selain posisinya sebagai salah satu PTM/PTS di Kawasan Timur Indonesia yang tergolong besar, juga padanya tertanam kultur pendidikan yang diwariskan sebagai amal usaha Muhammadiyah. Nama Muhammadiyah yang terintegrasi dengan nama makassar memberikan harapan terpadunya budaya, keilmuan dan nafas keagamaan. Pada awal berdirinya, Universitas Muhammadiyah Makassar membina dua fakultas yakni fakultas keguruan dan seni jurusan bahasa Indonesia, dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan pendidikan umum (PU), dan pendidikan sosial (PS). Perkembangan berikutnya Universitas Muhammadiyah Makassar pada tahun 1965 membuka fakultas baru yaitu: fakultas ilmu agama dan dakwah (FIAD), fakultas ekonomi (Fekon), fakultas sosial politik, fakultas kesejahteraan sosial, dan akademi pertanian. Selanjutnya tahun 1987 membuka fakultas teknik, tahun 1994 fakultas pertanian, tahun 2002 membuka program pascasarjana, dan tahun 2008 membuka fakultas kedokteran, dan sampai saat ini, Universitas Muhammadiyah Makassar telah memiliki 7 Fakultas 34 Program Studi dan Program Pascasarjana yang telah terkareditasi BAN-PT. Sama seperti perguruan tinggi swasta lainnya, Universitas Muhammadiyah Makassar juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Untuk informasi jadwal dan tempat pendaftarannya, kamu bisa langsung cek situs resmi dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

3. Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya

Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya adalah salah satu institusi pendidikan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Provinsi Lampung, berdiri pada tahun 1995, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Alfian Husin. Nama “DARMAJAYA”, memiliki arti ” Dharma Bhakti dan Jasa Yoenidar Alfian“. Kampus Terpadu Darmajaya dibangun diatas tanah seluas 2,5 hektar, yang beralamat di jalan Zainal Abidin Pagar Alam, No.93B. Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Program Pendidikan dan Bidang Keilmuan yang diselenggarakan hingga saat ini adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), total program studi yang diselenggarakan berjumlah 8 (delapan) program studi, yaitu masing-masing antara lain: STMIK (Teknik Informatika-S1, Sistem Komputer -S1, Sistem Informasi-S1, Manajemen Informatika-D3, Teknik Komputer-D3) dan STIE (Manejemen-S1, Akuntansi-S1, Akuntansi-D3).

Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya saat ini telah menyelenggarakan program baru yaitu program Kelas Eksekutif yang merupakan bentuk lain dari kelas reguler yang diselenggarakan oleh Darmajaya. Kelas yang dibuka untuk jenjang pendidikan Strata Satu (S1) ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada para eksekutif muda yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Selain kelas Reguler, Ektensi dan Eksekutif Darmajaya dibuka juga kelas Double Degree dimana mahasiswa dapat mengikuti di dua jurusan sekaligus di Darmajaya dengan biaya yang sangat terjangkau dan waktu relatif lebih singkat.

Bersamaan dengan usia yang ketiga tahunnya dan terus menerusnya pengembangan bangunan gedung perkuliahan dan pengembangan sarana pendukung lainnya, maka pada tanggal 6 Juli 2000 berdiri lagi Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darmajaya (STIE Darmajaya) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 101/D/0/2000 dengan menetapkan status terdaftar untuk program studi :Manajemen (S1), Akuntansi (S1) dan Akuntansi (D3). Darmajaya terus berbenah untuk menjadi lebih baik dalam memposisikan diri sebagai perguruan tinggi yang konsen dengan perkembangan Informatika dan Bisnis. melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167/D/0/2008 tanggal 20 Bulan Agustus Tahun 2008, status STMIK-STIE Darmajaya berubah menjadi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya. Perubahan status ini membuktikan bahwa IBI Darmajaya diakui mempunyai keunggulan dibidang Informatika & bisnis dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat pada IBI Darmajaya.

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru IIB Darmajaya dilakukan secara Online di situs resminya https://pmb.darmajaya.ac.id/. Adapun prosedur yang harus dilewati adalah sebagai berikut.

  • Registrasi Akun PMB.
    Calon mahasiswa melakukan registrasi di laman pmb.darmajaya.ac.id/daftar. Setelah registrasi, Silahkan Klik menu Login.
  • Pembayaran Pendaftaran
    Calon mahasiswa melakukan pembayaran biaya PMB sebesar Rp 300.000 ke rekening Bank BNI dengan no Rekening Virtual Account (VA) Masing-masing Calon Mahasiswa sesuai yang tertera pada sistem PMB.
  • Pengisian Biodata
    Setelah melakukan pembayaran dan status berubah LUNAS, calon mahasiswa melakukan pengisian BIODATA.
  • Test Online
    Setelah melakukan pengisian BIODATA, Selanjutnya Calon Mahasiswa Menjalankan Test Online.
  • Pembayaran Daftar Ulang
    Setelah dinyatakan LULUS TEST ONLINE Calon mahasiswa melakukan pembayaran biaya Daftar Ulang ke rekening Bank BNI dengan no Rekening Virtual Account (VA) Masing-masing Calon Mahasiswa sesuai yang tertera pada sistem PMB.
  • Menyerahkan Syarat Pendaftaran
    Setelah melakukan pembayaran DAFTAR ULANG, Calon Mahasiswa mendownload / unduh Biodata yang telah diisi pada sistem dan kemudian di PRINT selanjutnya diserahkan ke bagian PMB berikut syarat-syaratnya.

4. Universitas Muslim Indonesia

Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar didirikan pada tanggal 23 Juni 1954 dan ditinjau dari segi usia, UMI merupakan perguruan tinggi tertua dan merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di kawasan timur Indonesia. UMI juga merupakan satu-satunya PTS yang terakreditasi Institusi di Indonesia Timur. Kelahiran UMI berawal dari keprihatinan dan kegelisahan para tokoh masyarakat, alim ulama dan para raja di Sulawesi, khususnya di Makassar, karena belum adanya perguruan tinggi Islam ketika itu, sedang penduduknya mayoritas muslim. Melihat kenyataan tersebut, dan disadari oleh para tokoh masyarakat dan ulama di Makassar, bahwa jika kondisi itu dibiarkan maka anak bangsa yang ada di wilayah ini (Sulawesi) akan ketinggalan jauh dibidang pendidikan, di banding dengan daerah-daerah lain, sementara potensi tenaga pengajar di Makassar cukup memadai untuk membuka perguruan tinggi.

Nama Universitas Muslim Indonesia bermakna universitas yang membina umat Islam, dalam bahasa arab disebut Jamiatul Muslimina Indonesiyah yang bermakna gerakan yang menghimpun umat Islam sedangkan dalam bahasa Inggris Moslem University Of Indonesia yang bermakna universitas milik umat Islam Indonesia. UMI yang dibina oleh Yayasan Wakaf UMI dengan ciri khasnya sebagai lembaga pendidikan dan dakwah mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih luas dan lebih berat dari sekedar menghasilkan sarjana, karena proses pendidikan di UMI memberi pengetahuan dan keterampilan sesuai disiplin ilmu yang digeluti, serta memberikan nilai plus kepada anak didiknya, melalui pengembangan aqidah, etika Islam dan pencerahan qalbu, sebagai pondasi dalam mengarungi masa depan. Kegaiatan akademik di UMI telah menerapkan standar jaminan mutu, sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, Insya Allah UMI akan melahirkan sumberdaya manusia yang “UMI” (Unggul, Mutu dan Islami).

Universitas Muslim Indonesia juga telah membuka penerimaan mahasiwa baru untuk tahun ajaran 2019/2020. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut.

  • Ketentuan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (bagi Warga Negara Asing telah mendapat izin belajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).
  2. Lulusan SMA/SMK/MA dan Pesantren atau Sederajat (termasuk Paket C).
  • Ketentuan Khusus
  1. Jenis Ijazah dan Jurusan yang dipersyaratkan :
    – Peserta yang berijazah IPA dapat memilih kelompok uji IPA, IPS atau IPC.
    – Peserta yang berijazah IPS dapat memilih kelompok uji IPA program studi sebagai berikut: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan semua program studi, Fakultas Pertanian semua program studi, Fakultas Teknologi Industri semua program studi, Fakultas Ilmu Komputer semua program studi, Fakultas Kesehatan Masyarakat semua program studi.
  2. Tidak Buta Warna bagi yang memilih program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Farmasi.
  3. Bagi Calon Peserta yang memilih Program Studi Keperawatan dan Kebidanan disyaratkan memiliki tinggi badan minimal 150 cm.
  • Kelas Pegawai (Perkuliahan Sabtu Ahad)
  1. Melampirkan fotocopy KTP
  2. Sudah bekerja dibuktikan dengan SK. Pengangkatan Pegawai
  3. Melampirkan Surat Izin dari Instansi tempat bekerja.
  4. Membayar biaya seleksi ujian masuk sebesar Rp. 500.000 (Biaya formulir sebesar Rp. 25.000, dan biaya pendaftaran sebesar Rp. 475.000)

Peluang kerja orang berpendidikan tentu lebih besar dibandingkan orang yang hanya tamatan SMA. Untuk menggapai cita-cita dan prestasi membanggakan, dibutuhkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apabila jenjang pendidikan semakin mantap, status kamu di perusahaan juga akan semakin diperhitungkan. Peluang kerja yang besar inilah yang menyebabkan seseorang rela menempuh pendidikan lebih tinggi, meskipun statusnya sudah bekerja. Lagi pula siapa yang tidak menginginkan jabatan tertinggi di perusahaan? Karena itu, melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana tentulah suatu hal yang penting. Untuk mendapatkan informasi mengenai universitas terbaik di kota lainnya di Indonesia serta informasi kost-kostan dan sewa apartemen di seluruh Indonesia, Anda bisa berkunjung ke situs Mamikos, dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi.

Klik dan temukan kost idamanmu di sini: [sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa TA 2019/2020!

Jadwal Pendaftaran UM Universitas Swasta di Luar Jawa TA 2019/2020!