Jadwal & Waktu Sesi Tes SKD Kemenkumham 2021 PDF, Ada Jakarta, Yogyakarta, Bandung

Posted in: CPNS

Jadwal & Waktu Sesi Tes SKD Kemenkumham 2021 PDF, Ada Jakarta, Yogyakarta, Bandung – Setelah berhasil melewati tahapan seleksi administrasi, hal selanjutnya yang perlu untuk dilewati yaitu sesi tes SKD Kemenkumham. Kamu yang sedang menunggu jadwal, sekarang ini sudah bisa untuk mencari informasi pelaksanaan setiap individu. Pihak dari Kemenkumham melalui website resminya juga sudah melampirkan dokumen yang bisa kamu baca dengan lebih jelas terkait pelaksanaan tes satu ini. Simak penjelasan yang akan diberikan di bawah ini terkait dengan cara untuk mengecek jadwal dan waktu sesi setiap peserta tes SKD Kemenkumham 2021.

Cek Jadwal dan Waktu Sesi Tes SKD Penerimaan CPNS Kemenkumham 2021

kalteng.kemenkumham.go.id

Bagi kamu yang akan mengikuti sesi tes SKD Kemenkumham, tentunya sudah tidak sabar untuk mendapatkan informasi terkait jadwal pelaksanaan. Untuk Kemenkumham sendiri, tes SKD ini akan dilaksanakan mulai dari akhir September hingga pertengahan Oktober 2021. Setiap peserta akan mendapatkan sesinya masing-masing sesuai dengan ketentuan yang sudah disampaikan melalui informasi yang ada. Pada lampiran dokumen jadwal, kamu bisa langsung mencari namamu untuk mengetahui jadwal sesi tes SKD ini.

Agar kamu lebih mudah untuk mengakses jadwal sesi tes SKD Kemenkumham, kali ini akan disediakan link yang bisa langsung kamu klik. Berikut ini merupakan link untuk dokumen informasi jadwal dan waktu sesi berdasarkan lokasi provinsi, diantaranya:

  1. Informasi pengumuman cek di sini
  2. Provinsi Aceh cek di sini
  3. Provinsi Bali cek di sini
  4. Provinsi Banten cek di sini
  5. Provinsi Bengkulu cek di sini
  6. Provinsi D.I. Yogyakarta cek di sini
  7. Provinsi DKI Jakarta cek di sini
  8. Provinsi Gorontalo cek di sini
  9. Provinsi Jambi cek di sini
  10. Provinsi Jawa Barat cek di sini
  11. Provinsi Jawa Tengah cek di sini
  12. Provinsi Jawa Timur cek di sini
  13. Provinsi Kalimantan Barat cek di sini
  14. Provinsi Kalimantan Selatan cek di sini
  15. Provinsi Kalimantan Tengah cek di sini
  16. Provinsi Kalimantan Timur cek di sini
  17. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cek di sini
  18. Provinsi Kepulauan Riau cek di sini
  19. Provinsi Lampung cek di sini
  20. Provinsi Maluku cek di sini
  21. Provinsi Maluku Utara cek di sini
  22. Provinsi Nusa Tenggara Barat cek di sini
  23. Provinsi Nusa Tenggara Timur cek di sini
  24. Provinsi Papua Barat cek di sini
  25. Provinsi Riau cek di sini
  26. Provinsi Sulawesi Barat cek di sini
  27. Provinsi Sulawesi Selatan cek di sini
  28. Provinsi Sulawesi Tengah cek di sini
  29. Provinsi Sulawesi Tenggara cek di sini
  30. Provinsi Sulawesi Utara cek di sini
  31. Provinsi Sumatera Barat cek di sini
  32. Provinsi Sumatera Selatan cek di sini
  33. Provinsi Sumatera Utara cek di sini

Materi Tes SKD Kemenkumham 2021

Tidak kalah pentingnya dari jadwal pelaksanaan sesi tes SKD Kemenkumham, kamu juga perlu untuk mengetahui apa saja materi yang nantinya akan diujikan. Hal ini penting agar kamu bisa dengan lebih siap untuk menghadapi soal ujian yang akan diberikan nanti. Mengetahui materi ini penting apalagi jika kamu sedang mempersiapkan diri dengan mengerjakan latihan soal yang ada. Kamu nantinya sudah tidak kaget lagi untuk melihat bagaimana tipe soal yang diujikan sehingga bisa menjawab dengan tepat.

Terdapat tiga jenis materi yang akan diujikan dalam sesi tes SKD Kemenkumham, diantaranya:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang terdiri dari 5 (lima) topik yang akan diujikan. Topik tersebut diantaranya yaitu tentang Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan juga Bahasa Indonesia.
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU) yang memiliki 3 (tiga) jenis soal yang akan diujikan. Ketiganya yaitu kemampuan secara verbal, numerik, dan juga figural.
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang terdapat 6 (enam) tipe soal yang diberikan. Tipe tersebut diantaranya Pelayanan Publik, Jejaring Kerja, Sosial Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Profesionalisme, serta Anti Radikalisme.

Sistem Kelulusan Tes SKD Kemenkumham 2021

Setelah membahas apa saja materi dari sesi tes SKD Kemenkumham, kamu juga perlu untuk memahami bagaimana sistem kelulusan yang digunakan. Total soal yang nantinya akan diujikan yaitu sejumlah 110 soal yang terdiri dari tiga materi yaitu TWK, TIU, dan TKP. Untuk TWK sendiri terdapat 30 butir soal dan TIU terdapat 35 butir soal yang nantinya akan diujikan. Sementara untuk materi TKP kamu perlu untuk mengerjakan sebanyak 45 butir soal yang telah disediakan.

Tidak hanya materi saja, kamu juga perlu untuk mengetahui nilai ambang batas dari sesi tes SKD Kemenkumham yang ditentukan. Nilai ini sendiri nantinya yang akan menentukan apakah kamu lulus dari tes SKD atau dinyatakan gugur. Dalam istilah yang lain, nilai ambang batas ini seperti standar kelulusan yang digunakan untuk menentukan siapa saja peserta yang bisa dinyatakan lulus. Maka dari itu, kamu perlu untuk mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin untuk bisa mencapainya.

Berikut ini ketentuan terkait nilai ambang batas, diantaranya:

  1. Nilai ambang batas untuk peserta dengan kebutuhan umum yaitu TWK sebesar 65, TIU sebesar 80, dan TKP sebesar 166.
  2. Nilai ambang batas untuk peserta kebutuhan khusus Putra/Putri Lulusan Terbaik yaitu nilai kumulatif untuk SKD paling rendah sebesar 311 dan TIU paling rendah sebesar 85.
  3. Nilai ambang batas untuk peserta dengan kebutuhan khusus penyandang disabilitas yaitu nilai kumulatif SKD yang paling rendah sebesar 286 dan TIU paling rendah sebesar 60.
  4. Nilai ambang batas untuk peserta dengan kebutuhan khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai kumulatif yang paling rendah yaitu 286 dan TIU paling rendah yaitu 60.

Ketentuan dalam Pelaksanaan Tes SKD Kemenkumham 2021

Pelaksanaan sesi tes SKD Kemenkumham yang masih di tengah kondisi pandemi COVID-19 tentu membutuhkan regulasi yang ketat. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan seluruh pihak yang terlibat selama pelaksanaan tes SKD sendiri. Selain itu, ada beberapa peraturan yang dibuat agar pelaksanaan SKD dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

Berikut ini merupakan ketentuan yang harus kamu perhatikan untuk pelaksanaan sesi tes SKD Kemenkumham diantaranya:

  1. Peserta mengisi Formulir Deklarasi Sehat yang bisa diakses melalui sscasn.bkn.go.id dari kurun waktu 14 hari sebelum pelaksanaan tes SKD. Formulir ini diisi selambat-lambatnya H-1 dari pelaksanaan SKD dan wajib untuk dibawa saat registrasi di tempat.
  2. Peserta wajib untuk sudah mendapatkan vaksin dosis pertama bagi yang berada di wilayah Pulau Jawa, Madura, dan Bali. Bagi yang tidak vaksin dengan alasan kondisi medis, maka wajib menyertakan surat keterangan dari dokter.
  3. Peserta wajib melakukan swab test atau tes rapid antigen dengan hasil negatif atau non-reaktif.
  4. Peserta wajib untuk sudah berada di lokasi tes setidaknya 90 menit sebelum waktu pelaksanaan.
  5. Peserta wajib untuk menggunakan pakaian rapi dan sopan sesuai ketentuan serta membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.
  6. Peserta wajib untuk menggunakan double masker dengan masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar.
  7. Pada saat pelaksanaan, peserta wajib untuk saling menjaga jarak setidaknya satu meter dan tidak membentuk kerumunan.
  8. Peserta wajib mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau juga bisa menggunakan hand sanitizer.

Itu tadi merupakan informasi yang berkaitan dengan jadwal dan waktu untuk pelaksanaan sesi tes SKD Kemenkumham tahun 2021 ini. Kamu bisa untuk segera mengecek jadwal yang kamu dapatkan melalui link yang ada di atas. Semoga kamu bisa menyelesaikan soal tes dengan baik dan nantinya mendapatkan hasil yang maksimal pula. Jika kamu nanti diterima menjadi CPNS dan membutuhkan tempat tinggal kosan baru, kamu bisa dengan mudah mencarinya melalui aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah