Jalur Mandiri UTUL UGM 2021 Bakal Pakai Nilai UTBK dan Rapor

Jalur Mandiri UTUL UGM 2021 Bakal Pakai Nilai UTBK dan Rapor – Peminat kampus favorit di Indonesia, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) sangat tinggi. Bahkan, setiap tahun bisa dikatakan bahwa calon mahasiswa yang mendaftar di UGM senantiasa bertambah. Tidak hanya mendaftar melalui seleksi nasional saja, tetapi calon mahasiswa UGM juga mendaftar ujian jalur mandiri.

Ketentuan Pelaksanaan Jalur Mandiri Ujian Tulis UGM 2021

UTUL UGM

Ujian mandiri di suatu kampus menjadi sarana bagi calon mahasiswa agar tetap bisa diterima. Biasanya, calon mahasiswa yang tidak lulus jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Nasional, seperti SNMPTN dan SBMPTN akan mencoba jalur mandiri. Tahun ini, UGM mengadakan jalur mandiri berupa ujian tulis bagi calon-calon mahasiswanya. Tapi, ada ketentuan bahwa nantinya pelaksanaan Ujian Tulis UGM akan menggunakan nilai UTBK dan nilai rapor.

Jenis Ujian Masuk di UGM

Sebelum mendaftar salah satu jurusan di UGM, pastinya kamu perlu mengetahui berbagai jalur masuk yang ada. Jangan sampai kamu salah memilih jalur yang mengakibatkan peluang diterima semakin kecil. Tahun 2021 ini, UGM menerima mahasiswa melalui tiga macam jalur, yaitu:

1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
3. Jalur Mandiri Ujian Tulis (UTUL) UGM

Pelaksanaan jalur SNMPTN sudah berakhir, sedangkan penerimaan mahasiswa baru dari jalur SBMPTN masih dalam proses. Agar bisa mengikuti SBMPTN, calon mahasiswa harus menjalani tes menggunakan komputer yang disebut UTBK. Nantinya, nilai UTBK ini juga menjadi syarat agar calon mahasiswa dapat diterima untuk masuk melalui jalur mandiri UTUL UGM. Adapun jalur mandiri yang dilaksanakan UGM selain membutuhkan nilai UTBK juga membutuhkan nilai rapor.

Update Informasi Pelaksanaan Ujian Mandiri UTUL UGM

Meskipun seleksi Ujian Mandiri UGM adalah ujian tulis, tapi tahun 2021 ada beberapa perubahan yang berlaku. Seleksi masuk sebagai mahasiswa UGM tahun ini melalui jalur mandiri tidak menggunakan ujian tulis. Tapi, calon mahasiswa akan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021, nilai rapor, serta bukti prestasi yang dimiliki.

Alasan perubahan ketentuan pelaksanaan Ujian Mandiri UTUL UGM adalah pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Jadi, dengan adanya pertimbangan protokol kesehatan dan meminimalisir kerumunan massa mahasiswa saat pelaksanaan ujian. Berdasarkan data dan fakta pelaksanaan Ujian Mandiri Ujian Tulis UGM tahun sebelumnya, calon mahasiswa yang mengikuti seleksi mencapai lebih dari 40 ribu. Apabila tahun ini peserta yang mendaftar sebanyak itu, dikhawatirkan risiko adanya kerumunan massa semakin tinggi.

Alasan Perubahan Penyelenggaraan Ujian Mandiri UTUL UGM

Berikut ini adalah alasan adanya perubahan pada pelaksanaan ujian mandiri di UGM:

1. Pendaftar pada saat normal mencapai 46 ribu orang. Dikhawatirkan jika tahun ini diadakan ujian tulis, pendaftar akan membludak. Hal tersebut memungkinkan terciptanya kerumunan.
2. Ujian Mandiri UTUL UGM membutuhkan banyak ruang.

Adanya perubahan pada pelaksanaan UTBK – SBMPTN yang semula empat gelombang menjadi dua gelombang juga berpengaruh pada UTUL UGM. Jika biasanya ujian mandiri di UGM hanya berselang beberapa hari setelah UTBK – SBMPTN diumumkan, tahun ini ada perubahan ketentuan.

Demikian informasi tentang Jalur Mandiri UTUL UGM 2021 bakal pakai nilai UTBK dan rapor. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti UTBK agar peluang masuk dan diterima sebagai mahasiswa UGM bisa lebih besar. Perlu kamu ketahui bahwa persaingan menjadi mahasiswa UGM sangat ketat, sehingga selain perlu berusaha dengan keras, kamu juga perlu berdoa. Selain itu, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengumpulkan bukti prestasi selama duduk di bangku sekolah.

Persiapan Ujian Mandiri UTUL UGM

Selagi menunggu pengumuman kelulusan sebagai mahasiswa Universitas Gadjah Mada, ada tips yang bisa kamu lakukan. Carilah tempat tinggal atau hunian sementara yang dekat dari kampus, misalnya kost dekat UGM murah. Manfaatkan aplikasi pencari kost gratis Mamikos untuk membantu mendapatkan informasi kost murah dekat kampus. Kamu yang berstatus sebagai mahasiswa rantau tidak perlu khawatir tersesat di Jogja karena pada aplikasi tersebut sudah terdapat informasi lengkap. Tanpa perlu bersusah payah survey ke setiap kost, kamu dapat menghubungi sang pemilik kost, melakukan negosiasi, bahkan melakukan booking.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta