Pendaftaran dan Berbagai Jalur Ujian Tertulis 2019/2020 Masuk Perguruan Tinggi

 Mamikos | Kam, 24 Mei 2018

Jalur Ujian Tertulis 2019 – Momen tahun ajaran baru setiap tahunnya selalu disambut hangat oleh adik-adik kita yang baru saja menyelesaikan pendidikan mereka di bangku sekolah menengah. Di tahun ini, momen tahun ajaran baru pun ramai diserbu. Hal ini dibuktikan dengan naiknya angka pendaftar di sejumlah perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS). Perguruan tinggi negeri (PTN) sendiri merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Di Indonesia ini, perguruan tinggi negeri dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Rektor perguruan tinggi negeri merupakan pejabat setingkat eselon 2 di bawah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ataupun kementerian lainnya.

Sedangkan perguruan tinggi swasta (PTS) adalah perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan atau lembaga nonpemerintah. Semua Universitas Swasta di Indonesia dikoordinasikan oleh badan yang disebut Koordinator Perguruan Tinggi Swasta, disingkat Kopertis. Kopertis ini bukan hanya menaungi Univeritas Swasta saja, tetapi juga Institut Swasta, dan Sekolah Tinggi Swasta lainnya.

Ada banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas sangat baik di Indonesia. Oleh karena itu kamu pun tak perlu ragu merantau dan mendaftarkan diri di sejumlah perguruan tinggi swasta terbaik ini. Tersedia kost Jakarta murah, kost Malang murah, atau kost Surabaya murah jika kalian berminat untuk merantau dan mengenyam pendidikan disana.

Mungkin sebelumnya kamu sudah pernah mendengar bahwa untuk bisa terdaftar menjadi mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi, kamu harus menempuh jalur ujian terlebih dahulu. Nah, salah satu jalur ujian yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini adalah jalur ujian tertulis. Apa sih yang dimaksud dengan jalur ujian tertulis ini? Mungkin masih banyak diantara kita yang masih belum cukup memahami. Nah, kali ini Mamikos ingin membahas tentang topik yang satu ini guna menjadi bekal bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi.

Jalur ujian tertulis ini sebenarnya merupakan salah satu jalur masuk alternatif ke perguruan tinggi jika sebelumnya kamu telah menemuh jalur undangan (SNMPTN) tetapi tidak lulus seleksi. Jalur ujian tertulis diseleksi melalui ujian tertulis yang harus diikutin oleh seluruh peserta yang sudah mendaftarkan diri. Nantinya, kamu lulus atau tidak melalui jalur ini ditentukan dari hasil akhir nilai yang kamu peroleh. Apabila hasil akhir kamu mendapatkan nilai yang tinggi, maka kemungkinan besar kamu bisa menjadi salah satu peserta yang lulus dalam jalur ini.

Terdapat beberapa jalur ujian tertulis yang akan Mamikos bahas pada kesempatan kali ini, diantaranya ada jalur SBMPTN, jalur UM-PTKIN, jalur SPMB, serta jalur UMPN yang mungkin bermanfaat bagi kamu.

Jalur Ujian Tertulis 2019/2020 serta Jadwal Pendaftarannya

Jalur Ujian Tertulis 2018

1. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis SBMPTN 2019/2020

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur sleeks penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). SBMPTN sendiri bisa diikuti oleh siapa saja yang memenuhi syarat. Nantinya Pengumuman hasil seleksi SBMPTN ini dapat kamu akses melalui laman resminya di http://pengumuman.sbmptn.ac.id dan laman mirror di beberapa PTN.

1. Persyaratan Pendaftaran SBMPTN 2019

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah.
  • Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

2. Prosedur Pendaftaran SBMPTN 2019

  • Pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.
  • Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

3. Biaya Pendaftaran SBMPTN 2019

  • Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  • Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut: Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
  • Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. UM-PTKIN ini sendiri adalah nama jalur ujian tertulisnya untuk penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di sejumlah Perguruan Tinggi seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan lainnya. Di Jakarta sendiri, UIN merupakan salah satu perguruan tinggi favorit. Jika kamu tertarik untuk mengenyam pendidikan disana kamu pun tak perlu ragu merantau. Ada banyak kost Tangerang Selatan murah berada di sekitar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nah, perlu diketahui pula bahwa ada beberapa kelompok ujian tertulis yang dapat kamu pilih ketika mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yakni kelompok ujian IPA, kelompok ujian IPS, dan kelompok ujian campuran.

1. Ketentuan Umum Pendaftaran UM-PTKIN 2019

  1. Lulus tahun 2017, 2018 dan 2019 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2019 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
    Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
    Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPA
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPS
  • Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan Campuran (IPA dan IPS)

2. Ketentuan kelompok program studi, jumlah pilihan dan lokasi ujian adalah sebagai berikut:

  1. Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS dan jika peserta memilih prodi IPA dan IPS diantara semua pilihan maka kelompok peserta adalah IPS
  2. Semua kelompok ujian (IPA/IPS/IPC) dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
  4. Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia

3. Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai, Ada 2 (dua) macam tipe ujian yaitu :

  1. Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
  2. Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

3. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis UMPN 2019

UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) merupakan pola penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri yang dilaksanakan secara serempak oleh seluruh Politeknik Negeri di Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa jalur UMPN ini merupakan salah satu jalur alternatif masuk ke Politeknik Negeri. Penerimaan melalui jalur UMPN sendiri dilaksanakan secara nasional, namun pendaftaran mahasiswa barunya menggunakan sistem penerimaan masing-masing politeknik terkait. Melalui jalur UMPN ini nantinya para peserta akan diseleksi berdasarkan kemampuan akademis (ujian tulis), serta tes kekhususan bagi pemilih program studi tertentu.

4. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis SPMB 2019

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB merupakan salah satu bentuk ujian penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, selain program mandiri (melalui ujian mandiri) dan penyaluran minat dan bakat melalui sekolah-sekolah (dahulu PMDK). Ujian ini dilaksanakan selama dua hari dalam setiap tahunnya secara serentak di seluruh Indonesia, biasanya dilaksanakan pada awal bulan Juli.

SPMB sendiri diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPBMN). Nah, perlu kamu ketahui pula bahwa P-SPBMN ini terbagi menjadi 3 jenis seleksi, yakni UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI.

Demikianlah informasi yang dapat Mamikos berikan seputar pendaftaran jalur ujian tertulis 2019/2020. Bagi jalur ujian tertulis yang sudah lewat tanggal pendaftarannya, mungkin kamu bisa mengikuti jalur lain yang masih tersedia untuk dapat kamu ikuti. Simak informasi lebih banyak lagi mengenai perguruan tinggi hanya di situs Mamikos. Download aplikasi Mamikos di Play Store jika tidak ingin ketinggalan informasi ter-updatenya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: