Jika Tidak Lulus SNMPTN 2022 Apa yang Harus Dilakukan? Berikut Solusinya

Posted in: Mahasiswa

Jika Tidak Lulus SNMPTN 2022 Apa yang Harus Dilakukan? Berikut Solusinya — Dalam pelaksanaan penerimaan Mahasiswa Baru seperti SNMPTN, tentu saja tidak semua yang mengikutinya dapat masuk atau diterima di kampus impan.

Jika sudah seperti itu, lantas kira-kira apa yang harus dilakukan? Apakah ada solusi yang harus dilakukan?

Dalam artikel Mamikos kali ini kamu akan mendapatkan beberapa rekomendasi dan solusi jika kamu tidak lulus dalam SNMPTN 2022 mendatang.

Langsung simak yuk apa saja solusi apabila kamu tidak lulus dalam pelaksanaan SNMPTN 2022 nanti berikut ini.

Simak Solusi Jika Kamu Tidak Lulus SNMPTN 2022 di Sini

freepik.com/senivpetro

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri biasanya selalu digelar lebih awal sebelum SBMPTN, atau Seleksi Mandiri.

Begitu pun dengan pengumuman kelulusan SNMPTN yang akan diumumkan lebih dini. Jika pada SNMPTN 2022 nanti kamu dinyatakan lulus, selamat Mamikos ucapkan.

Namun jika kamu mendapatkan keterangan yang sebaliknya, Mamikos punya solusi agar kamu tidak bersedih terlalu lama.

Solusi ini dapat kamu praktikkan agar kamu yang tidak lulus SNMPTN 2022 bisa segera move on, dan mempersiapkan diri untuk mengusahakan ujian berikutnya.

Jalan Keluar yang Dapat Kamu Pilih Jika Tak Lulus SNMPTN 2022

Di bawah ini sudah Mamikos rangkum beberapa solusi yang dapat kamu coba jika pada pelaksanaan SNMPTN 2022 nanti tidak berhasil lolos.

Selalu ingat untuk terus berpikir positif bahwa ketidaklulusan ini bukan akhir dari semuanya. Karena ada banyak jalan yang bisa kamu coba setelah itu.

Tetap jaga bara semangat dan segera lakukan beberapa tips Mamikos ini agar kamu berhasil meraih impian dan masuk ke kampus favorit.

1. Mengikuti Pelaksanaan UTBK

cnbc.com/2016/04/28/

Hal pertama yang dapat menjadi solusi untuk kamu yang gagal pada SNMPTN 2022 adalah dengan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer di tahun yang sama. Pendaftaran ujian tersebut biasanya dibuka tak lama setelah pengumuman SNMPTN 2022.

Jadi untuk kamu yang sempat gagal di SNMPTN, jangan bersedih dan cobalah untuk mendaftarkan diri pada Ujian Tulis Berbasis Komputer tersebut.

2. Persiapkan Pada Pemilihan SBMPTN

elpais.com/elpais/2018/05/03/

Solusi yang kedua dan bisa kamu coba apabila tidak lolos pada pelaksanaan SNMPTN adalah dengan mencoba mengikuti SBMPTN.

SNMPTN bukan satu-satunya pintu yang dapat kamu ketuk untuk dapat masuk atau diterima di Perguruan Tinggi Negeri impian kamu.

Sebab kamu masih bisa mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang pendaftarannya akan dibuka tak lama setelah SNMPTN.

Kamu pun bisa menggali lebih dalam berbagai informasi penting mengenai SBMPTN terlebih dahulu melalui link resmi ltmpt.ac.id.

Semua pengumuman terkait UTBK dan SBMPTN dapat kamu temukan di link LTMPT tersebut secara lengkap.

Supaya persiapan mengikuti SBMPTN semakin matang, kamu juga dapat membeli buku referensi SBMPTN untuk melatih diri dalam mengisi soal-soalnya.

3. Menjajal Seleksi Ujian Mandiri

unsplash.com/@fotospk

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan apabila tidak lolos pada pelaksanaan SNMPTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri atau seleksi mandiri yang terselenggara di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Namun sebelum itu, Mamikos sarankan untuk mencari dahulu beberapa informasi tentang jadwal ujian mandiri dan apa saja mekanisme yang ditetapkan sebagai syarat.

Secara umum, seleksi mandiri PTN mempunyai cara serta mekanisme yang berbeda dari satu PTN dengan PTN lainnya.

Maka bisa dibilang, peraturan atau sistem PTN B akan berbeda dengan sistem seleksi mandiri PTN C.

Jika di PTN B sistem seleksinya akan menggunakan nilai rapor, ujian bersama, atau SBMPTN, bisa saja di PTN C cukup mengikuti seleksi bersama saja.

4. Mencoba Lagi SNMPTN di Tahun Berikutnya

shoutaboutus.com/blog/

Siapa yang tidak ingin bisa masuk ke kampus atau Perguruan Tinggi Negeri favoritnya? Namun apabila pada tahun 2022 kamu belum diberikan rezeki untuk bisa masuk ke PTN idaman, jangan terlalu lama bersedih.

Sebab kamu masih memiliki kesempatan untuk mengikuti pelaksanaan SNMPTN di tahun berikutnya. Tidak ada salahnya mencoba lagi dan belajar dari kesalahan di masa lalu.

Siapa tahu pada tahun berikutnya justru kamu bisa dengan mudah masuk ke PTN favorit melalui jalur SNMPTN ini.

5. Mengikuti Kursus/Pengembangan Diri

callaborlaw.com/entry/

Sambil menantikan jadwal SNMPTN di tahun berikutnya, kamu juga dapat mengambil kursus-kursus singkat yang sesuai dengan bidang atau keahlian yang kamu miliki.

Contohnya kamu menyukai belajar bahasa asing, maka kamu bisa mengikuti kursus singkatnya dalam beberapa bulan.

Begitu juga jika kamu menyukai dunia digital marketing, desain, pengembangan web, memasak, dan lain sebagainya.

Mengikuti kegiatan baru ini cukup baik dan positif sebab keahlian yang kamu miliki pun akan semakin terasah dengan baik.

Siapa tahu saja justru itu akan menjadi bekal tambahan di masa depan saat kamu masuk ke dunia kerja.

6. Mengisi Waktu dengan Magang / Purna Waktu

fool.com/investing/2020/12/29/3-things-to-expect-from-visa-in-2021/

Solusi apabila kamu tak lulus SNMPTN versi Mamikos berikutnya adalah dengan mengisi waktu yang kamu miliki menjadi pemagang atau purna waktu.

Apalagi saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka peluang bekerja sebagai purna waktu hingga magang dengan upah yang cukup untuk jajan.

Untuk beberapa jenis pekerjaan purna waktu yang bisa kamu lirik pun ada banyak jenisnya. Misalnya saja kontributor berita, penulis artikel, fotografer, reporter, hingga pengulas.

7. Memulai Bisnis Kecil-kecilan

motus.com/what-does-working-remotely-mean/

Menjemput kesempatan juga bisa kamu lakukan dengan berbisnis kecil-kecilan di waktu luang kamu. Kedengarannya menarik bukan? Jadi waktu menunggu pun tidak terbuang sia-sia.

Apalagi di zaman sekarang, ada begitu banyak media yang di mana kamu dapat mempromosikan kinerja atau karya kamu. Misalnya saja media blog, YouTube, TikTok, Instagram dan lain sebagainya.

Beberapa bisnis kecil-kecilan yang dapat kamu buat misal jasa sketsa foto, pengulas makanan/kosmetik/beberapa produk lainnya hingga berbisnis minuman atau camilan kekinian.

8. Mencoba Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

programbusiness.com/news/

Kamu sudah menyerah untuk mengikuti SNMPTN atau SBMPTN karena sudah mencoba lebih dari dua kali? Mungkin rekomendasi memilih PTS adalah pilihan terakhir yang dapat kamu coba.

Jangan khawatir, ada banyak sekali Perguruan Tinggi Swasta yang saat ini bagusnya tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Justru di masing-masing PTS kini seperti berkompetisi untuk menunjukkan ‘peluang’ mereka dalam menghasilkan banyak lulusan terbaik dari kampus mereka. Jadi tidak ada salahnya juga untuk mencoba masuk PTS jika memang kamu merasa tidak ada kans masuk PTN.

Beberapa tips dan solusi tidak lulus SNMPTN di atas mungkin memang tidak cocok untuk semua orang. Namun daripada berlarut dalam kesedihan, apa tidak sebaiknya mencari jalan keluar?

Percayalah gagal di satu pintu tidak serta merta kamu tidak dapat membuka pintu yang lain. Justru siapa tahu pintu lainnya itu dapat makin mendekatkan kamu pada tujuan sebenarnya dari cita-cita kamu.

Jangan padamkan bara semangat dalam hati dan terus mencoba hingga keberhasilan yang sesuai dengan tujuan itu berada dalam genggaman.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta