Jumlah Formasi Penerimaan Perguruan Tinggi Kedinasan 2019/2020

 Posted on Jumat, Juni 14th, 2019  Posted in Pendaftaran, Sekolah Tinggi Kedinasan  Mamikos

Jumlah Formasi Penerimaan Perguruan Tinggi Kedinasan 2019/2020 – Bukan hanya universitas negeri dan universitas swasta saja yang pada tahun 2019 ini membuka penerimaan mahasiswa baru. Beberapa perguruan tinggi kedinasan atau yang juga disebut sebagai sekolah tinggi kedinasan rupanya juga membuka penerimaan mehasiswa baru untuk tahun ajaran 2019-2020. Selain pengumuman berupa tanggal pendaftaran dan berkas apa sajan yang harus disiapkan sebelum mendaftar, jumlah formasi yang disediakan di masing-masing sekolah tinggi kedinasan ini juga perlu diperhatikan.

Jumlah Formasi Penerimaan Perguruan Tinggi Kedinasan 2019/2020 Berikut Perlu Kamu Tahu

1. Formasi PKN STAN : 3.000 Formasi

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. PKN STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Studi Diploma I dan III dengan jurusan/program studi sebagai berikut :

  1. Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
  2. Program Studi Diploma I / III Pajak
  3. Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  4. Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  5. Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  6. Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah :

  1. Program Studi Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
  2. Program Studi Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  3. Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus
  4. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai dengan Kurikulum Khusus

2. Formasi IPDN : 1.700 Formasi

Institut Pemerintahan Dalam Negeri disingkat IPDN adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Berdasarkan Keppres No. 87 Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.

3. Formasi STSN : 100 Formasi

(STSN) Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah Sebuah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. STSN merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. STSN didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang siber dan sandi yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

STSN didirikan berdasarkan surat Mendiknas tanggal 17 Januari 2002, dan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan peningkatan status dari Akademi Sandi Negara (Aksara) atau Pendidikan Ahli Madya Sandi (PAMS).

4. Formasi POLTEKIP dan POLTEKIM: 600 Formasi

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau disingkat POLTEKIP adalah perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik permasyarakatan. Sedangkan Politeknik Imigrasi atau disingkat POLTEKIM adalah perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik keimigrasian. Kedua perguruan tinggi tersebut bernaung di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

5. Formasi STIN : 250 Formasi

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Kampusnya terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berdirinya STIN bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

6. Formasi POLITEKNIK STATISTIKA STIS : 600 Formasi

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Politeknik Statistika STIS yang dikenal saat ini mempunyai catatan riwayat yang cukup panjang dalam pembentukannya, dimulai dengan berdirinya Akademi Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi Politeknik Statistika STIS seperti sekarang. Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Republik Indonesia waktu itu, Ir. H. Djuanda, mengeluarkan Surat Keputusan No. 377/PM/1958 tentang berdirinya Akademi Ilmu Statistik.

7. Formasi STMKG : 250 Formasi

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

8. 11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi : 2676 Formasi

Selain sekolah tinggi dan politeknik yang ada di nomor sebelumnya, terdapat pula 11 sekolah tinggi, poltek, dan akademi yang juga membuka formasi dan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru.

”]

”]