Jurusan di Universitas Jayabaya Lengkap dengan Akreditasinya

Posted on Posted in Jurusan Universitas, Mahasiswa Baru, Perkuliahan, Seputar Mahasiswa

Jurusan di Universitas Jayabaya Lengkap dengan Akreditasinya – Universitas Jayabaya merupakan universitas tertua di Indonesia. Pada saat berdirinya, Universitas Jayabaya mulai dengan mengelola dua buah fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dengan jumlah mahasiswa 11 (sebelas) orang. Sebagai Rektor pertama diangkat Prof Mr AA Hakim sekaligus merangkap sebagai Dekan Fakultas Hukum.

Satu informasi pelengkap bagi kamu para calon mahasiswa/i yang sedang mencari kampus. Mami punya informasi mengenai jurusan berikut akreditas di Universitas Jayabaya. Hal tersebut tentu dapat menjadikan bahan pertimbanganmu sebelum menentukan pilihan mumpung masih punya waktu.

Pada tahun 1961/1962 Rektor Universitas Jayabaya diserahterimakan kepada Prof Dr H Moeslim Taher SH. sebagai Rektor yang kedua menjabat dari tahun 1962 sampai dengan 1988. Beliau diganti oleh Prof Dr H Tb Achjani Atmakusuma sebagai Pejabat Rektor pada tahun 1988, secara resmi menjabat Rektor sejak tahun 1989 sampai dengan tahun 1996.

Posisi rektor kemudian adalah Ir Syamsu Anwar MS dari tahun 1996 sampai dengan 2000. Kemudian dari tahun 2000 diganti oleh Prof Dr HR Taufik Sri Soemantri Martosoewignyo SH dan pada tahun September 2008 dipimpin oleh Prof H Amir Santoso M.Soc Sc Ph.D.

Untuk menggali dan mengembangkan sumber-sumber dana demi perkembangan Universitas Jayabaya telah dibentuk Yayasan Jayabaya, yang dikukuhkan dengan Akta Notaris Liem Toeng Kie di Jakarta Nomer 17 tanggal 6 Oktober 1960, dan diubah dengan Akta Notaris Muhamad Said Tadjoedin di Jakarta, Nomer 221 tanggal 17 Agustus 1983, dan disalin oleh Notaris Haji Abdul Kadir Usman tanggal 21 Maret 1997. Tercatat sebagai pendiri adalah Moeslim Taher dan Yuyun Moeslim Taher.

Universitas, Sekolah Tinggi & Akademi-akademi Jayabaya memiliki program-program kursus/workshop yang diselenggarakan atas keinginan dan kebutuhan pasar saat ini terhadap aplikasi ilmu bagi dunia industri modern. Program Kursus advokasi. Program ini terselenggara atas kerjasama Pasca Sarjana Jayabaya dengan Asosiasi Advokasi Indonesia.

Jurusan di Universitas Jayabaya Lengkap dengan Akreditasinya

Related image

Berikut ini daftar akreditasi jurusan Universitas Jayabaya jakarta dan masa berlakunya:

  1. Teknik Elektro ( D3 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 12-09-2013 ) ( Status dalam tahap Re-Akreditasi dan telah mengajukan Re-Akreditasi pada 23-10-2015 )
  2. Teknik Kimia ( D3 ) ( Akreditasi C ) ( Berlaku hingga 17-10-2013 ) ( Status kadaluarsa )
  3. Teknik Mesin ( D3 ) ( Akreditasi C ) ( Berlaku hingga 27-05-2015 ) ( Status masih berlaku )
  4. Akuntansi ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 28-12-2019 ) ( Status masih berlaku )
  5. Arsitektur ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 31-05-2017 ) ( Status masih berlaku )
  6. Ilmu Administrasi Negara ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 29-11-2018 ) ( Status masih berlaku )
  7. Ilmu Hubungan International ( S1 ) ( Akreditasi A ) ( Berlaku hingga 20-01-2019 ) ( Status masih berlaku )
  8. Ilmu Hukum ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 10-01-2014 ) ( Status dalam tahap Re-akreditasi dan telah mengajukan Re-Akreditasi pada 24-01-2014 )
  9. Ilmu Komunikasi ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 01-10-2019 ) ( Status masih berlaku )
  10. Manajemen ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 11-07-2019 ) ( Status masih berlaku dan telah mengajukan Re-akreditasi pada 29-12-2015)
  11. Psikologi ( S1 ) ( Akreditasi C ) ( Berlaku hingga 18-10-2017 ) ( Status masih berlaku )
  12. Teknik Elektro ( S1 ) ( Akreditasi C ) ( Berlaku hingga 22-10-2015 ) ( Status dalam tahap re-akreditasi dan telah mengajukan re-akreditasi pada 23-12-2015 )
  13. Teknik Kimia ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 31-10-2020 ) ( Status masih berlaku )
  14. Teknik Mesin ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 14-01-2016 ) ( Status kadaluarsa )
  15. Teknik Sipil ( S1 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 21-07-2016 ) ( Status masih berlaku dan telah mengajukan re-akreditasi pada 28-12-2015 )
  16. Ilmu Hukum ( S2 ) ( Akreditasi A ) ( Berlaku hingga 09-01-2019 ) ( Status masih berlaku )
  17. Ilmu Komunikasi ( S2 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 15-08-2020 ) ( Status masih berlaku )
  18. Kenotariatan ( S2 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 18-07-2019 ) ( Status masih berlaku )
  19. Manajemen ( S2 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 28-03-2019 ) ( Status masih berlaku )
  20. Ilmu Hukum ( S3 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 22-12-2018 ) ( Status masih berlaku )

FTI Jayabaya berdiri sejak tahun 1987 dan telah dikenal sebagai fakultas Teknik yang telah melahirkan banyak sekali pemimpin dan para ahli dalam dunia industri. Jurusan yang ada di FTI-UJ adalah Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Mesin. Dan ini adalah alasan bahwa kuliah di Jayabaya itu pilihan tepat.

Kurikulum Mengacu pada Peraturan Pemerintah

Dalam menyusun kurikulum serta bahan ajar, FTI Jayabaya senantiasa mengacu pada peraturan pemerintah yaitu kurikulum berbasis KKNI. Selain itu, dalam mengembangkan kurikulumnya, program studi yang ada FTI-UJ mengacu pada asosiasi masing-masing prodi. Kurikulum juga dikembangkan berdasarkan masukan dari stake holder agar benar-benar diperlukan dalam aplikasinya didunia industri. Jadi sudah dipikirkan dan dirembukan matang-matang terlebih dahulu.

Dengan proses penyusunan bersama para ahli pendidikan teknik di Indonesia, maka sudah dapat dipastikan bahwa kualitas kurikulum yang dihasilkan akan setara dengan universitas terkemuka di tanah air. Dan tentu saja dari sini akan dihasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Apa kamu ingin jadi yang berikutnya untuk menjadi bibit berkualitas Indonesia?

Staff Pengajar Berkualitas

Salah satu syarat menjadi staff pengajar di FTI jayabaya adalah minimal lulusan S2 dari Universitas ternama. Dengan demikian, FTI-UJ mampu mencetak para engineer  yang berkualitas. Selain itu, cara-cara pengajaran juga dipadukan dengan teknik audio visual ditambah dengan praktek di laboratorium. Hal ini guna memberikan gambaran yang lebih real tentang teori yang dipelajari di dalam kelas. Saat ini,  dosen yang mengajar di FTI-UJ 30 persen memiliki jenjang doktor /lulusan S3 dari dalam dan luar negeri. Jika staff pengajarnya saja berkualitas apalagi yang harus kamu khawatirkan, bukan?

Terkareditasi

Kalau kamu melihat banyaknya lowongan pekerjaan yang dibuka belakangan ini, maka kamu pasti akan melihat bahwa kebanyakan lowongan akan mensyaratkan para pekerja yang masuk ke perusahaannya adalah lulusan dari universitas terakreditasi.

Dan kalau soal itu, kamu juga tidak usah khawatir sebab  semua program studi yang ada di FTI Universitas Jayabaya sudah terakreditasi B. Hal tersebut tentu saja menandakan kalau FTI Jayabaya sudah diakui sebagai fakultas yang memiliki kurikulum, sarana prasarana serta segala hal penunjang perkuliahan yang dinilai sangat baik untuk dapat menjalankan misi pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sudah terpercaya kan.

Fasilitas Laboratorium Lengkap

ang namanya perkuliahan di teknik, sudah pasti membutuhkan laboratorium  FTI-UJ  dalam hal ini, selangkah lebih maju dibandingkan dengan universitas swasta lainnya. Karena Universitas Jayabaya memiliki alat laboratorim penunjang praktikum untuk teknik elektro, teknik kimia dan teknik mesin.

Tersedia Beasiswa

Informasi ini sangat penting bagi kamu yang memiliki prestasi sebab sudah pasti kamu tidak akan rugi jika masuk ke FTI Jayabaya. Di kampus ini sudah disiapkan beasiswa biaya kuliah full gratis. Apa tidak keren kayak gitu? Sudah kuliahnya berkualitas tinggi dapat beasiswa pula.

Kampus Mudah Di Jangkau

Kuliah di fakultas teknik  FTI-UJ cukup mudah dijangkau  letak kampusnya. Jika di Universitas lain, kamu harus masuk-masuk ke gang ditambah tidak adanya angkutan untuk sampai kesana, mungkin sedikit membebani langkahmu saat menuntut ilmu nantinya. Sebab selain memikirkan persoalan kuliah itu sendiri, terpaksa harus menghadapi keribetan lokasi yang harus ditempuh setiap hari.

Kalau di Jayabaya tentu saja sangat berbeda. Semua akses menuju lokasi kampus dari utara, timur, selatan dan barat tersedia dengan mudah. Mau naik kendaraan pribadi atau umum semuanya bisa dipilih, tinggal cek peta google juga bisa. Pokoknya cukup gampang kalau kamu mau sampai ke kampus FTI.

Biaya Murah dapat dicicil

Kelebihan selanjutnya dari perkuliahan teknik kimia di Jayabaya adalah biaya yang murah dan bisa dicicil. Kuliah di fakultas teknik dimana-mana banyak praktikum yang akan dijalani. Hal tersebut tentu saja berimbas pada biaya kuliah yang akan membengkak karena harus membayar biaya praktikum juga. Jika di FTI Jayabaya, khususnya kelas karyawan, biaya besar tersebut dapat dipecah dengan bayaran perbulan sehingga lebih ringan bagi para mahasiswanya nanti.

Kemudahan tersebut tentu hanya tersedia di FTI Jayabaya. Sudah kampusnya bagus, lokasinya mudah, kurikulumnya komprehensif, biayanya dapat dicicil juga. Sangat memudahkan para calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu.

Mudah Diterima Kerja

Poin ini menjadi salah satu pamungkas alasan kenapa harus kuliah di FTI Jayabaya khususnya jurusan Teknik Kimia. Dikarenakan Universitas Jayabaya telah dikenal oleh banyak perusahaan sebagai kampus yang selalu berhasil melahirkan para engineer yang ahli dan juga para pemimpin berbakat untuk perusahaan. Kita bisa sebut Bapak Erik Budiman seorang alumnus tahun 98 yang sekarang menjadi seorang pemimpin perusahaan di sebuah perusahaan Nasional terbesar untuk bidang produksi minuman susu. Makanya kamu yang kuliah di universitas ini tentu tidak perlu mengkhawatirkan menganggur seusai lulus kuliah.

Program Studi

Berikut adalah program studi pada Magister Ilmu Hukum Universitas Jayabaya:

  • Hukum Ekonomi

Suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.

  • Hukum Pidana

Keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya.

  • Hukum Tata Negara

Hukum yang mengatur organisasi kekuasaan suatu negara beserta segala aspek yang berkaitan dengan organisasi negara tersebut.

  • Advokat

Profesi yang memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan UU Advokat.

Baca juga :  10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu
Baca juga :  13 Kampus Untuk Karyawan di Lampung Terbaru

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Jurusan di Universitas Jayabaya Lengkap dengan Akreditasinya

Jurusan di Universitas Jayabaya Lengkap dengan Akreditasinya