Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus Dari Kampus Dan Banyak Diidamkan

Posted on Posted in Jurusan Universitas, Seputar Mahasiswa

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus – Memasuki dunia kampus akan memberikan cerita dan pengalaman baru. Mulai dari masa-masa pencarian kampus hingga nanti mendapatkan gelar yang selama ini diimpikan. Fase awal ketika kamu masuk dunia kuliah adalah menentukan jurusan. Dilematis di masa-masa ini memang seringkali terjadi. Bahkan mereka berpikir untuk memilih jurusan kuliah paling cepat lulus supaya tidak mengemban beban berat terlalu lama.

Semua mahassiwa pasti ingin kuliahnya cepat lulus. Banyak yang menganggap bahwa jurusan mata kuliah paling mudah kerap membawa mereka ke waktu yang singkat untuk mendapatkan gelar. Padahal tidak bisa menjamin semua ini terjadi. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kuliahmu cepat lulus.

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Lowongan Kerja Bank Pekanbaru Terbaru

Tidak hanya jurusan yang menjadi kunci kuliahmu lulus, ada faktor lain yang mendukungnya. Kamu perlu hati-hati dalam memilih program studi karena bisa jadi menurutmu itu mudah dan sesuai belum tentu di lapangan sesuai dengan harapan. Jangan lupa untuk memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja.

Mengapa hal ini dilakukan? Persaingan ketat di lapangan kerja akan kamu rasakan setelah lulus nanti. Dengan demikian persiapkanlah dari sekarang semua hal yang dibutuhkan untuk menentukan masa depanmu. Mungkin saja di antara kalian ada yang ingin masuk jurusan kuliah yang menjajikan gaji tinggi? Karenanya jangan sampai salah pilih program studi.

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk memilih jurusan kuliah paling cepat lulus dengan tepat? Ikuti tips berikut ini.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

1. Pilih Sesuai dengan Keinginan

Kunci pertama untuk memilih jurusan kuliah paling cepat lulus adalah sesuai dengan keinginan atau passion yang dimiliki. Tujuannya agar proses perkuliahan berjalan dengan maksimal dan akan berdampak pula pada nilai kamu. Misalnya kamu tertarik di bidang IPA, maka pilihlah jurusan yang terbaik untuk IPA seperti Biologi, Kimia, Fisika, Kedokteran dan sebagainya.

2. Motivasi Diri

Menentukan jurusan kuliah paling cepat lulus harus didukung oleh motivasi yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa menjalani pendidikan sebaik mungkin di bangku kuliah hingga selesai. Ingatlah tujuan awalmu kuliah untuk apa?

3. Jangan Mengikuti Orang Lain

Saran orang lain terkadang dibutuhkan untuk meyakinkan atas keputusanmu. Namun ketika pendapat mereka tidak sejalan dengan pilihanmu sebaiknya tinggalkan. Hal ini justru akan membuatmu semakin dilema. Orang tua sekalipun, jika mereka menginginkan pilihan lain sebaiknya diskusikan terlebih dahulu tujuanmu.

Bukan berarti harus membantah keinginan mereka, kami yakin tidak ada orang tua yang tidak ingin anakanya sukses. Dengan menjelaskan baik-baik arah tujuan untuk memilih jurusan kuliah paling cepat lulus, mereka akan memahaminya.

4. Cari Ketersediaan Jurusan

Setiap universitas memiliki jurusan kuliah yang berbeda-beda. Jika sudah yakin dengan pilihan, jangan lupa untuk mencari informasi terkait ketersediaan bidang studinya. Karena bisa jadi kampus yang kamu pilih tidak menyediakan jurusan kuliah paling cepat lulus. Sehingga perlu mencari referensi kampus lain atau mengganti jurusan yang relevan.

5. Perhatikan Prospek Karir

Jangan sampai asal memilih jurusan kuliah hanya karena ingin cepat lulus. Perlunya menggali informasi untuk prospek karir menentukan peluang kerjamu di masa depan. Apakah program studimu memilih peluang kerja luas? Atau bahkan sebaliknya?

6. Perhatikan Nilai Akreditas

Kredibilitas universitas maupun jurusan sangat penting untuk dipertimbangkan. Tanyakan informasi kepada pihak kampus atau senior yang kuliah di kampus pilihanmu. Untuk kedepannya, terkadang akreditasi dibutuhkan saat mencari lapangan kerja. Di banyak perusahaan hal ini sangat penting lho.

7. Biaya Kuliah

Ini hal terpenting dari semuanya. Jika semua cara sudah dilakukan, biaya adalah faktor untuk membuat perkuliahanmu semakin lancar. Tanpa biaya, bisa jadi kuliahmu terhambat. Jika belum cukup biaya carilah peluang beasiswa supaya mendapatkan keringanan.

Tips Supaya Cepat Lulus Kuliah

Sebelum mengulas lebih jauh jurusan kuliah paling cepat lulus, ada baiknya untuk memperhatikan hal berikut supaya kamu yakin bahwa proses perkuliahan bisa dilalui dengan cepat.

1. Pahami dengan baik Materi yang Disampaikan

Cara pertama sangat menentukan waktu kelulusanmu. Apapun mata kuliahnya dan siapapun dosennya, kamu perlu memahami setiap materi yang disampaikan. Jangan pernah malu untuk bertanya kepada dosen, agar saat ujian atau menyelesaikan tugas bisa diselesaikan dengan baik.

2. Bikin target IPK tiap semester

Nilai IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif semester sangat penting untuk menentukan jumlah beban skas di semester berikutnya. Semakin besar nilai IPK maka semakin besar pulang untuk mengambil mata kuliah lebih banyak. Dengan membuat target kamu akan termotivasi untuk lebih rajin belajar dan memahami semua mata kuliah.

3. Usahakan Tidak ada nilai mata kuliah jelek

Tips lain supaya kuliah cepat lulus harus menjaga nilai. Apalagi kalau sudah masuk semester 4 usahakan jangan sampai ada mata kuliah yang gak lulus. Tidak lulus mata kuliah akan menghambat keinginan untuk cepat lulus. Misalnya ada beberapa mata kuliah yang mengulang, usahakan ambil remidi di semester pendek supaya tidak mengganggu waktu efektif kuliah.

4. Pastikan tidak ada mata kuliah prasyarat yang ketinggalan

Rasanya hampir setiap kampus memberikan buku panduan kuliah untuk dipahami seluruh mahasiswa. Disana tertuang mata kuliah yang wajib ditempuh tiap semesternya. Jika semua mata kuliah wajib sudah terdata, fikirkan untuk membuat daftar mata kuliah pilihan yang harus ditentukan untuk minat tertentu.

5. Pastikan semua nilai baik

Tidak hanya berkeinginan untuk cepat lulus, kamu pun harus memiliki nilai yang bagus. Mengapa? Percuma dong kuliah cepat tapi nilai IPK pas-pasan dan ilmu yang didapat hanya sedikit. Selain itu, nilai Indeks Prestasi akan berpengaruh terhadap SMK di semester selanjutnya.

6. Ambil SKS yang banyak

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, agar kuliah cepat lulus pastikan SKS yang diampuh setiap semester berjumlah banyak. Semakin banyak mata kuliah yang diambil maka SKS nya pun semakin besar. Namun kamu perlu memperhatikan kembali bidang studi yang dipilih sesuai dengan minatmu atau tidak.

7. Kerjakan Skripsi lebih awal

Kerjakanlah skripsi lebih awal setelah mata kuliah wajibmu ditempuh. Hal ini akan membawamu menuju kelulusan lebih cepat. Proses penyusunan karya ilmiah tidaklah mudah bahkan bisa berbulan-bulan untuk menyelesaikan proses dari awal hingga akhir. Karenanya agar waktu kuliah bisa lebih cepat saat menginjak semester-semeseter akhir mulai cari objek penelitian dan jangan sampai menundanya sekali saja.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kuliah cepat lulus. Pertanyaannya, apa saja jurusan kuliah paling cepat lulus?

Berikut Daftar Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Ingat, cepat atau tidaknya sebuah proses kuliah tergantung dari usaha masing-masing. Namun beberapa jurusan kuliah ini bisa memudahkanmu agar cepat lulus.

1. Administrasi Bisnis

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus pertama yaitu Administrasi Bisnis atau kerap disebut dengan istilah Administrasi Niaga. Mata kuliah ini mengajarkanmu beragam hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Beberapa di antaranya proses pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia dan keuangan, kegiatan produksi dan sebagainya.

Untuk kamu yang minat dalam bidang administrasi, program studi ini sangat cocok untuk ditekuni. Pada umumnya beberapa mata kuliah yang diampu antara lain Matematika bisnis, dasar orgranisasi, strategi pemasaran, akuntansi dan sebagainya.

2. Administrasi Pendidikan

jurusan kuliah paling gampang pelajarannya dan Paling dibutuhkan

Ingin bergabung di dunia pendidikan? Salah satu jurusan kuliah paling cepat lulus yaitu administrasi pendidikan. Semua mahasiswa aakan mempelajari proses yang berkaitan dengan lembaga pendidikan. Seorang ahli administrasi pendidikan sangat dibutuhkan untuk mendukung manajemen lembaga pendidikan. Meskipun peminat jurusan ini terbatas namun sebenarnya memiliki prospek kerja yang cukup luas.

3. Jurusan Animasi

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Kamu penggemar film animasi? Jangan hanya menontonnya saja. Kamu bisa bergabung bersama program studi animasi dalam jurusan kuliah paling cepat lulus. Jika sudah menguasai semua hal yang diajarkan maka kamu bisa segera lulus dari kampus. Jangan lupa untuk memperhatikan tips agar cepat lulus kuliah.

4. Biologi

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Bagi kalian yang ingin mendalami ilmu tentang makhluk hidup, jurusan kuliah paling cepat lulus seperti Biologi ini menjadi pilihannya. Pelajaran ini sudah dikenalkan sejak SMP. Sehingga di dunia kampus tugasmu hanya mendalami dan mengembangkannya kembali. Disana kamu bisa memahami seluk beluk makhluk hidup mulai dari sel hingga spesies yang ada.

5. Bisnis Digital

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Di era teknologi yang semakin canggih ini semua kebutuhan manusia didukung olehnya. Apapun kebutuhannya, selama masih ada bantuan teknologi semua akan mudah. Karenanya jika kamu berminat untuk masuk jurusan bisnis digital yang merupakan salah satu jurusan kuliah paling cepat lulus ini memberikanmu prospek karir yang cemerlang.

Semua mahasiswa yang ada di jurusan ini akan mempelajari bagaimana cara mempesiapkan sumber daya manusia di bidang start up digitl, big data, dan sebagainya. Menurut informasi bahwa tahun 2020 nanti transaksi e-commerce di Indonesia bisa mencapai 130 milliar dollar. Menarik bukan?

Baca juga :  Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Wanita / Perempuan Ini Cocok Untukmu

6. Bisnis Islam

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Masih berkaitan dengan jurusan kuliah paling cepat lulus sebelumnya, Bisnis Islam memberikan pelajaran bagaimana cara merencanakan hingga membuat keputusan dalam bisnis Islam. Agama Islam mengatur etika berbisnis yang sangat banyak cabang ilmunya. Beberapa mata kuliah yang biasanya diampu di Bisnis Islam antara lain akuntansi Islam, akuntansi keuangan, fiqh muamalah, ekonomi moneter Islam dan sebagainya.

7. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Apakah bakatmu di dunia desain? Eksplorlah minatmu dengan memilih jurusan yang relevan saat memasuki dunia kuliah. Salah satu jurusan kuliah paling cepat lulus yaitu Desain Komunikasi Visual. Jika dasarnya sudah kamu kuasai maka proses kuliah tidak akan terhambat dengan catatan nilai mata kuliah lain jangan sampai ada yang mengulang.

Jurusan Desain Komunikasi Visual akan mempelajari banyak hal tentang penyampaian pesan secara visual atau rupa. Cukup banyak mata kuliah yang tersedia di prodi ini, seperti Rupa Dasar 3d, Dasar Seni Rupa dan Desain, Narasi Visual dan sebagainya.

8. Destinasi Pariwisata

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Beralih ke dunia pariwisata. Untuk kamu yang hobi jalan-jalan atau apapun yang berkaitan dengan berwisata, cobalah untuk memilih jurusan kuliah paling cepat lulus yaitu Destinasi Pariwisata. Seluruh mahasiswa akan mempelajari bagaimana menjadi seorang tenaga profesional di bidang pariwisata. Tidak hanya sekedar eksplor bidang wisata melainkan kamu akan diajarkan bagaimana cara mengembangkan destinasi tersebut supaya lebih baik.

9. Ekonomi

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Jurusan kuliah paling cepat lulus selanjutnya adalah Ekonomi. Disini membuka peluang untuk kalian yang menyukai kemampuang kuantitatif yang baik. Bahkan sebagai pribagi yang memiliki jiwa kritis dan suka meneliti sangat cocok untuk ditekuni. Bidang studi ekonomi akan mempelajari bagaimana cara mengalokasi sumberdaya sebaik mungkin.

10. Fashion Bisnis

Jurusan Kuliah Paling Cepat Lulus

Tidak sedikit orang yang suka fashion yang ingin mendalaminya namun ada keterbatasan dalam hal medesain atau menggambar, tidak perlu khawatir. Ada solusi untuk mendalami semuanya yaitu dengan memilih jurusan fashion bisnis yang merupakan salah satu jurusan kuliah paling cepat lulus.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari cara mengatur bisnis dalam dunia fashion. Peluang karir ke depannya sangat besar sehingga tidak salah jika memilih Fashion Bisnis saat masuk kuliah.

Baca juga :  Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Gaji Tinggi Berikut Banyak Peminat

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: