Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Bahasa

 Posted on Jumat, September 7th, 2018  Posted in Jurusan Universitas, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Bahasa – Pemilihan jurusan ketika akan menjadi mahasiswa selalu dibuat dilematis. Padahal penentuan jurusan kuliah menentukan masa depanmu. Pilihlah bidang studi yang memiliki jenjang karir dan banyak diminati orang. Jika saat SMA kamu adalah anak bahasa, apakah jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa?

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Bahasa

Lowongan Kerja di Mall Malang

Sebelum mengulas lebih jauh, alangkah baiknya perhatikan tips berikut saat akan memilih jurusan kuliah agar tidak salah pilih.

1. Sesuaikan Minat dan Kemauan Belajar

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Secara umum, bahasa adalah ilmu sosial. Dan untuk kamu anak SMA jurusan bahasa maka bersyukurlah karena kedepannya kamu bisa menguasai bahasa asing selain bahasa dan sastra Indonesia. Ilmu bahasa itu luas. Sehingga kamu perlu mencari tahu dan tanyakan pada diri sendiri kemauan belajarmu ada di jurusan apa.

2. Cari Tahu Ketersediaan Jurusan

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Jika sudah menentukan minat serta kemauan belajar, kemudian cari tahu ketersediaan jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa di universitas terpilih. Hal ini harus kamu lakukan jauh-jauh hari supaya ketika jurusan yang diinginkan tidak tersedia mau tidak mau harus mencari kampus lain. Tapi jika ada pilihan jurusan kuliah lain yang kamu rasa cocok dengan minat tidak ada salahnya untuk mencoba.

3. Pertimbangkan Peluang Kerja

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Selain minat dan kemauan belajar, jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa perlu mempertimbangkan peluang karir kerja kedepan. Lanjutan jurusa bahasa memang banyak, namun kamu perlu melakukan riset seberapa tinggikah peluang kerja dari jurusan terpilih. Dengan demikian tidak perlu khawatir lagi bahwa setelah lulus akan sulit mencari pekerjaan dengan gelar yang didapat.

4. Perhatikan Akreditasi Universitas dan Jurusan

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Mungkin terlihat sepele saat akan memilih jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa, namun hal ini bisa berakibat serius kedepannya. Banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen dengan mensyaratkan nilai akreditasi tertentu. Cari tahu nilai akreditasi terlebih dahulu baik fakultas maupun jurusan melalui internet atau teman yang kuliah disana.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat akan memilih jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa. Jurusan bahasa di Universitas baik swasta maupun negeri masing-masing berbeda. Adapun beberapa jurusan yang cocok untuk kamu si anak bahasa di antaranya:

Berikut Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Bahasa

1. Bahasa Asing

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Bahasa asing selalu dibutuhkan oleh perusahaan besar. Salah satunya adalah penguasaan Bahasa Inggris. Mereka kerap mensyaratkan untuk calon pegawainya mampu menguasai bahasa asing. Namun bagaimanan kalau kamu menguasai bahasa lain? Hal ini menjadi nilai tambah untukmu.

Bahasa adalah jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa yang sangat luas dan salah satu spesialisasinya yaitu penerjemah. Dengan menguasai ilmu bahasa, kamu akan dibayar setidaknya 200 ribu per lembar. Jangkan setelah lulus kuliah, saat masih duduk di bangku kuliahpun kamu sudah bisa mencari penghasilan dari ilmu yang dikuasai.

2. Sastra

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Memang cukup jarang seseorang mengambil jurusan sastra di sebuah perguruan tinggi. Jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa ini biasanya memahami arti tersembunyi dalam sebuah percakapan. Sastra mempelajari banyak ilmu, transferable skill hingga mengerti pikiran manusia. Sastar pun menjadi salah satu hiburan untuk manusia misalnya tertuang dalam novel, film atau lagu.

3. Psikologi

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa selanjutnya yaitu jurusan Psikologi yang mempelajari pikiran, interaksi hingga semua hal yang berkaitan dengan pengalaman manusia. Profesi sebagai psikologi dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar. Karenanya tidak perlu khawatir untuk masa depan, peluang kerja bidang ini sangat luas.

4. Sosiologi

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Sebagai anak bahasa, Sosiologi ini termasuk jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa yang merupakan ilmu murni untuk menganalisa masyarakat. Selain teori yang dipelajari, disini kamu akan mendapatkan banyak praktikum dalam menganalisa perilaku masyarakat. Profesi Sosiolog dibutuhkan di banyak bidang seperti instansi pemerintah yang akan bertugas mengadakan riset. Dari hasil riset tersebut akan diteruskan ke pemerintah sebagai masukkan mengenai kebijakan untuk masa depan.

5. Jurnalisme

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Kamu menyukai dunia broadcasting? Jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa lainnya adalah jurnalisme. Profesi ini bisa bekerja dimana saja seperti stasiun televisi, kantor surat kabar, radio dan lain-lain. Selain keseruan saat kerja, kamu pun bisa mengeksplore tempat untuk mencari data kemudian diolah menjadi informasi kepada publik baik melalui media digtal ataupun cetak.

6. Komunikasi

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Masih banyak lagi jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa seperti bidang komunikasi. Jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana cara penyampaikan pesan, namun juga mempelajari pemanfaatan teknologi dari penemuan baru. Tren teknologi saat ini smakin berkembang dan tidak ada hentinya. Banyak perusahaan start-up yang berdiri di setiap kota di Indonesia.

7. Perhotelan dan Pariwisata

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Apakah kamu ingin bekerja di dunia perhotelan atau pariwisata? Jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa. Salah satu alasan memilih bidang ini karena banyak mahasiswa yang ingin bekerja dengan bepergian ke banyak tempat. Hal ini sangat menyenangkan.

Belum lagi untuk kamu yang tidak ingin bekerja di kantor dan berhadapan dengan orang yang sama setiap hari, ini adalah pilihan jurusan yang tepat. Kamu bisa membawa klien kemana saja sesuai dengan pesanan, bergaul dengan orang baru hingga mempelajari budaya asing.

8. Antropoligi

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Mungkin terbilang jarang ada jurusan Antropologi di Universitas di Indonesia. Namun bidang ini merupakan salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa. Terbilang jarang namun menurut informasi statistik dari Biro Tenaga Kerja Amerika, lowongan kerja untuk antropolog dan arkeolog meningkat sebanyak 4% mulai tahun 2004 hingga 2024.

Jadi untuk kamu yang akan menekuni jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa ini tidak perlu khawatir karena untuk kedepannya bidang antropologi memiliki peluang kerja cukup tinggi.

9. Hubungan Internasional

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Profesi bidang ini sangat memiliki peluang kerja dengan penghasilan yang menjanjikan. Jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa ini merupakan salah satu dari ilmu sosial yang mempelajari cara berkomunikasi dan diplomasi dengan orang asing. Karenanya, perlu untuk memahami budaya, etika serta kebiasaan dari orang-orang di belahan dunia.

Hubungan internasional menjadi salah sat program studi yang prestisius. Mahasiswa akan banyak mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas negara. Beberapa mata kuliah jurusan ini di antaranya organisasi internasional, hukum internasional, diplomasi, teori hubungan internasional dan sebagainya.Apakah kamu tertarik?

10. Seni

jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa

Apakah kamu termasuk pribadi yang memiliki jiwa kreatif? Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk anak bahasa adalah bidang seni. Disni selain diajarkan kelas bahasa, kamu pun bisa mengambil kursus di luar kelas seperti menari, musik, menggambar dan bidang lain yang berkaitan. Sebelumnya, jangan lupa untuk mencari informasi mengenai prospek kerja di bidang seni serta persyaratan saat akan mendaftar di jurusan ini.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: